in ,

Sedang Mencari Pasangan Hidup yang Baik? Perhatikan Hal 5 Ini

Mencari Pasangan Yang Baik

Sebelum kita menemukan pasangan yang tepat ada hal-hal yang harus diperhatikan baik dari diri sendiri mau pun calon pasangan. Ini sangat penting, sebab terkadang seringkali kita hanya fokus pada keinginan saja tanpa memikirkan hal-hal yang pada akhirnya menghalangi kita untuk mewujudkan keinginan itu.

Sebelumnya mari kita bercermin sejenak, misal, saat kita berkeinginan untuk memiliki obrolan yang hangat, nyambung dan berkualitas dengan seseorang, coba sadari apakah pikiran kita hanya fokus pada keinginan itu atau kita fokus memikirkan dan mencari tahu bagaimana caranya untuk mewujudkan keinginan itu?

Terlalu banyak dari kita yang hanya fokus pada keinginan saja, pada akhirnya ini hanya menjadi ekspektasi yang tak pernah menjadi realita. Lalu kecewa dan merasa hidup tidak adil karena sampai sekarang belum juga menemukan kekasih yang tepat.

Nah, kembali lagi pada pertanyaan bagaimana agar kita menemukan pasangan yang tepat? Simak langkah-langkah berikut!

1. Perhatikan Caramu Berpikir

Memperhatikan Cara Berpikir
Memperhatikan Cara Berpikir

Apa pentingnya memperhatikan cara kita dalam berpikir? Sebab, cara kita dalam berpikir mengarah pada cara kita dalam bertindak. Lalu tindakan kita membentuk kenyataan yang ada. Maka kenyataan hidup yang tidak kunjung berubah ini bermula dari pikiran. Benar?

Masalah mengapa seseorang tidak kunjung menemukan pasangan yang tepat, mungkin dikarenakan ekspektasi yang tidak seimbang, ketakutan akan penolakan dan ketidakmampuan untuk mengontrol diri sendiri. Semua ini berasal dari pikiran, kita terjebak akan hal-hal yang sebenarnya hanya ilusi.

Banyak orang menganggap dirinya tidak cukup layak untuk dicintai oleh seseorang yang menurutnya tepat, lalu ia menyerah begitu saja dan akhirnya orang yang tepat itu dimiliki orang lain.

Seandainya ia memperhatikan pikirannya dan tidak terbawa oleh arus pikirannya sendiri, mungkin ia bisa mendapatkan orang yang dianggapnya tepat.

Dengan kata lain, jika kamu benar-benar ingin memiliki pasangan yang tepat, jangan biarkan pikiran-pikiran liar menghalangi kamu untuk mewujudkan itu.

2. Perhatikan Dibarisan Mana Kamu Berdiri

Memperhatikan Level Diri
Memperhatikan Level Diri

Jika pasangan yang tepat bagimu adalah dia yang mampu memenuhi kebutuhan finansial dan kebutuhan emosional, coba perhatikan apakah kamu sudah cukup mapan secara finansial dan emosional? Dengan kata lain, pasangan yang tepat untukmu adalah dia yang memiliki kesamaan dengan mu.

Mungkin kamu tidak percaya karena realitanya ada juga pasangan yang jauh berbeda dalam hal finansial atau yang lainnya. Tetapi, mungkin itu hanya sebagian kecil saja bukan? Faktanya, lebih banyak hubungan yang terjalin atas dasar kesamaan. Misal, si kaya dengan si kaya, si pintar dengan si pintar atau si religius dengan si religius.

Bahkan dua orang yang berbeda, kebanyakan menjadi orang yang sama setelah menjalin hubungan. Mungkin sudah begitulah hukum semesta, bahwa kesamaan akan selalu menarik kesamaan.

Sederhananya begini, jika kamu berdiri di barisan orang-orang yang tidak berkualitas, memiliki pasangan yang berkualitas hanya akan menjadi mimpi kecuali kamu keluar dari zona lamamu.

Maka perhatikanlah lingkungan sekitarmu, perhatikan teman-teman mu dan perhatikan kebiasaan mu, apakah semua itu mendukung kamu ke arah yang kamu inginkan? Jika tidak, keluarlah dan kejar keinginanmu.

Baca Juga :

3. Perhatikan Bagaimana Dia Memperlakukan Keluarganya

Memperhatikan Pasangan Dengan Keluarganya
Memperhatikan Pasangan Dengan Keluarganya

Kita menginginkan orang yang tepat untuk dijadikan pasangan hidup, tapi kenyataannya kita tidak benar-benar menginginkan itu. Sebab kebanyakan dari kita hanya menginginkan seseorang yang tampak indah di mata. Kita menginginkan orang yang membuat hati jatuh cinta, bukan benar-benar cinta yang tepat.

Perhatikan, seberapa sering kamu kecewa oleh seseorang yang kamu cintai? Seberapa sering logika mu buta karena seseorang yang kamu cintai? Perhatikan hal ini baik-baik.

Jika kamu menginginkan orang tepat untuk dijadikan pasangan hidup, maka kamu akan lebih teliti dalam memilih, kamu akan melihat dengan pertimbangan yang jelas, bukan hanya mengandalkan perasaan saja.

Jika kamu tidak memperhatikan bagaimana ia memperlakukan keluarganya, dan mengikuti egomu untuk memilikinya hanya berlandaskan rasa cinta, maka itu bukanlah orang yang tepat untukmu. Sebab ada perbedaan yang jelas antara orang yang tepat dengan orang yang kamu dambakan.

Orang yang tepat dijadikan pasangan hidup adalah dia yang perhatian dan baik terhadap keluarganya. Sebab setelah semua itu, nantinya kamu juga akan menjadi bagian dari keluarganya. Jika dia adalah orang yang mementingkan diri sendiri dan tak peduli terhadap keluarga, apakah kamu mau mendapat perlakuan yang sama sebagaimana dia memperlakukan keluarganya?

4. Perhatikan Ego Masing-masing

Memperhatikan Ego
Memperhatikan Ego

Orang yang tepat menjadi pasangan hidupmu adalah dia yang menerima kamu apa adanya dan kamu juga menerima dia apa adanya. Selain daripada itu, maka ia bukan orang yang tepat.

Jadi saat kamu mencoba melakukan pendekatan dengan seseorang, tunjukkan siapa dirimu dan beranilah menjadi jujur. Jika nanti ia mencoba untuk mengubah dirimu menjadi seperti apa yang ia inginkan, maka kembali lagi, dia bukanlah orang yang tepat untukmu atau kamu bukanlah orang yang tepat untuknya.

Lebih penting lagi yang harus kamu perhatikan adalah ego yang ada di dalam diri sendiri. Saat kamu mengenal seseorang dan kamu ingin mengubahnya menjadi apa yang kamu inginkan, maka dia bukanlah orang yang tepat untukmu. Jangan buang-buang waktu untuk mengubah orang lain, tinggalkan saja dan carilah yang orang yang pas di hatimu.

Sebab bersama orang yang tepat, hubungan akan terasa mudah untuk dijalani. Kamu tidak perlu berjuang keras untuk mengubahnya atau kamu tidak perlu berjuang keras untuk menciptakan keharmonisan dalam hubungan itu, semuanya menjadi menyenangkan secara alami.

5. Perhatikan Setiap Hal yang Kamu Lakukan

Memperhatikan Setiap Hal Yang Dilakukan
Memperhatikan Setiap Hal Yang Dilakukan

Kita lebih banyak memberi perhatian terhadap pikiran orang lain dan kita kurang peduli terhadap apa yang sebenarnya kita pikirkan. Hal ini dianggap sepele, padahal disinilah penghambat kita untuk menemukan orang yang benar-benar tepat.

Kebanyakan orang berfokus pada penampilan seperti apa yang menarik/tidak menarik, kata-kata seperti apa yang terdengar menarik/tidak menarik, pekerjaan seperti apa yang menarik/tidak menarik dan segala hal apa yang menarik/tidak menarik.

Adalah hal baik jika kita ingin menjadi orang yang memiliki daya tarik, tapi kekeliruan kita adalah apa alasan dibalik itu semua? Apakah kamu melakukan semua itu karena mencari perhatian dari lawan jenis? Atau kamu menjadi orang yang menarik karena benar-benar dari hatimu sendiri tanpa ada tekanan dari luar?

Perhatikanlah setiap tindakanmu, apakah semua yang kamu katakan dan semua yang kamu lakukan itu hanyalah trik manipulatif agar disukai lawan jenis? Jika Ya, maka tidak ada orang yang tepat untuk dirimu, karena kamu pun juga tidak pernah menjadi dirimu.

Jika kamu peka terhadap tindakan manipulatifmu sendiri, maka kamu akan lebih peka untuk melihat kepalsuan dan kejujuran dari orang lain. Hal inilah yang akan membantumu untuk tidak salah pilih pendamping!

Akhir Kata

Inti dari semua adalah untuk berdampingan dengan orang yang berkualitas kamu juga harus menjadi orang yang berkualitas. Tetapi, itu bukan berarti kamu harus membuat kepribadian palsu dan itu bukan berarti kamu harus membohongi diri sendiri agar disukai orang lain.

Coba beri perhatian lebih terhadap caramu berpikir dan caramu bertindak, semakin kamu peka terhadap diri sendiri, semakin pula kamu peka terhadap orang lain sehingga mudah bagimu untuk menemukan orang yang tepat menjadi pasangan hidup nantinya.

Baca Juga :

Sekianlah artikel tentang 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum mencari pasangan. Semoga bermanfaat.

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati