in

7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Hidup Hanya Sekali Kamu Berhak Bahagia

Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri sangat diperlukan agar anda bisa menghargai usaha yang telah dicapai oleh diri. Hal ini juga berguna agar anda juga dapat menghargai orang lain sebelum mengharapkan orang lain untuk menghargai dan mencintai anda.

Masih banyak yang belum merasakan manfaat dari mencintai diri sendiri, padahal cara tersebut sangat ampuh untuk menjadikan diri kita sebagai pribadi yang selalu bahagia.

Orang yang belum mampu untuk mencintai dirinya sendiri kemungkinan memiliki alasan tersendiri misalnya merasa secara fisik tidak sebaik orang lain. Selain itu adanya rasa merendahkan diri yang berlebihan karena masih banyak orang lain yang lebih baik dari dirinya juga dapat berdampak buruk.

Kurang mencintai diri  juga dapat berdampak pada self-esteem seseorang.

Hampir mirip dengan people pleaser karena orang yang belum mencintai diri sendiri sepenuhnya masih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Namun mereka lebih memiliki risiko untuk mudah menerima pengaruh buruk hingga tidak dicintai oleh orang lain.

Mengapa kita harus mencintai diri kita sendiri?

Pentingnya mencintai diri ini dapat menjadi kunci untuk dapat hidup dengan tenang dan bahagia. Bukan egois dan mementingkan diri sendiri, namun mencintai diri sendiri ini berarti anda dapat menerima segala hal yang terjadi di hidup anda beserta kekurangan diri anda.

Lalu bagaimana cara untuk mencintai diri sendiri agar anda siap untuk bahagia dan dicintai oleh orang lain?

1. Melakukan Aktivitas Yang Disukai

Melakukan Aktivitas Yang Disukai
Melakukan Aktivitas Yang Disukai

Anda bisa memulai untuk mencintai diri sendiri dengan melakukan aktivitas yang anda sukai. Hobi yang anda miliki bisa menjadi salah satu tanda bahwa anda mencintai diri sendiri.

Apapun hobi positif yang anda lakukan dapat meningkatkan skill dan rasa bahagia dalam diri anda. Anda bisa meluangkan waktu di sela kesibukan untuk melakukan hobi ini.

Melakukan aktivitas yang anda sukai merupakan bentuk penghargaan bagi diri sendiri yang telah berjuang selama ini.

Dengan menikmati hobi yang anda miliki, anda juga sekaligus merawat diri anda karena merasakan efek puas setelah melakukannya.

2. Memaafkan Kesalahan Diri Di Masa lalu

Memaafkan Kesalahan Diri
Memaafkan Kesalahan Diri

Tidak ada manusia yang tidak melakukan kesalahan semasa hidupnya. Manusia hidup dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Jadi jika seseorang melakukan kesalahan di masa lalu, itu bisa menjadi wajar karena kesalahan dapat menjadi pembelajaran bagi seseorang.

Untuk dapat mencintai diri sendiri, anda perlu menerapkan self forgiveness atau memaafkan kesalahan diri yang sudah lalu.

Jika anda belum memaafkan diri sendiri karena kesalahan masa lalu, anda akan sulit berdamai dengan diri sendiri. Berdamai saja sulit apalagi mencintai diri sendiri.

Perlu diingat bahwa yang sudah berlalu tidak akan terulang kembali. Sama dengan kesalahan anda.

Anda akan hidup di masa sekarang, sehingga anda perlu membereskan kesalahan di masa lalu dan memaafkan diri anda tanpa melihat lagi ke belakang.

Ngomongin tentang masa lalu, coba pelajari 5 Hal Yang Membuatmu Tetap Menjaga Kenangan Masa Lalu.

3. Berikan Kepercayaan Pada Diri

Kepercayaan Kepada Diri Sendiri
Kepercayaan Kepada Diri Sendiri

Memiliki keyakinan bahwa anda mampu untuk melewati segala hambatan dalam hidup adalah hal yang perlu ditanamkan untuk dapat mencintai diri sendiri.

Anda perlu mempercayai diri anda sendiri bahwa anda memiliki kekuatan untuk menggapai impian anda. Barengi pula dengan berpikir positif agar anda dapat bahagia menjalaninya.

Kepercayaan diri yang anda miliki dapat meningkatkan semangat pada diri sehingga anda tidak mudah putus asa ketika menghadapi kegagalan dalam hidup.

4. Stop Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Berhenti Membandingkan Diri
Berhenti Membandingkan Diri

Cukup mudah untuk membandingkan diri anda sendiri dengan oran lain. Banyaknya pemicu perbandingan diri pada masa sekarang ini cukup mudah ditemukan.

Misalnya pada media sosial. Anda bisa melihat orang lain yang tampak lebih bahagia dan mudah kehidupannya disbanding anda.

Namun semuanya hanya tampak. Tidak ada orang yang ingin menampakkan kesulitannya di media sosial.

Jika anda ingin mulai untuk mencintai diri sendiri, buang jauh-jauh kebiasaan membandingkan diri anda dengan orang lain. Karena membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat anda menyesali kehidupan yang anda miliki saat ini.

Membandingkan diri dengan orang lain dapat menjadi positif jika membuat anda termotivasi untuk mencapai tujuan.

Jika tidak, anda akan jauh dari merasa bahagia dan akhirnya anda tidak benar-benar mencintai diri anda sendiri.

5. Jangan Pikirkan Omongan Orang Lain

Jangan Pikirkan Omongan Orang Lain
Jangan Pikirkan Omongan Orang Lain

Kata-kata dari orang lain yang disampaikan pada anda bisa negatif dan positif. Jika berdampak negatif tentu hal ini akan memengaruhi ketenangan dan kebahagiaan hidup anda.

Lalu bagaimana menyikapinya?

Anda tidak perlu memikirkan omongan orang lain yang negatif pada diri anda. Karena jika dibiarkan terus menerus akan membuat anda tertekan dan cenderung tidak bahagia.

Hal ini akan memengaruhi emosi anda dan bergantung pada penilaian orang lain dalam menjalani hidup.

Cobalah untuk menanamkan pada pikiran anda bahwa anda yang berhak mengatur hidup anda karena hanya anda yang tahu mana yang tepat.

Anda tidak dapat mengendalikan perkataan orang lain, anda tidak dapat menyenangkan banyak orang sekaligus dan anda memiliki hak yang sama dengan orang lain sebagai manusia.

Maka anda akan lebih kuat menghadapi perkataan orang lain dan mencintai diri sendiri dengan lebih baik.

6. Rawat Diri Anda

Merawat Diri Sendiri
Merawat Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri juga dapat diwujudkan dengan merawat tubuh dan pikiran.

Tentu masing-masing orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Manusia memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk pada bentuk tubuh.

Apapun bentuk tubuh yang anda miliki sekarang, bersyukurlah karena anda masih diberikan sehat.

Untuk itu yang bisa anda lakukan adalah merawat diri anda dengan segala kekurangannya. Anda bisa merawat tubuh dari segi kecantikan dan juga merawat tubuh dengan menjaga pola makan serta menerapkan gaya hidup sehat.

Mencintai diri sendiri tentu dimulai dari jiwa yang sehat dengan mencintai tubuh anda melalui gaya hidup yang sehat.

7. Hindari Lingkungan Toxic

Lingkungan Penuh Toxic
Lingkungan Penuh Toxic

Akan selalu ada yang baik dan buruk dalam kehidupan. Begitu juga orang-orang disekitar kita. Tentu ada yang baik adapula yang toxic.

Sebagai manusia yang diberikan akal dan pikiran tentu dapat dengan mudah mengetahui mana yang toxic dan mana yang tidak.

Untuk itu anda sebaiknya menghindari orang-orang toxic beserta lingkungannya karena hanya akan memberikan dampak negatif bagi diri anda.

Hal ini dapat menghambat anda untuk mencintai diri sendiri. Dalam lingkungan tersebut anda akan diminta secara tidak langsung untuk mengikuti kemauan orang-orang tersebut tanpa memikirkan diri anda sendiri.

Agar anda lebih nyaman dan bahagia, sebisa mungkin menghindari atau tidak sering bertemu dengan orang-orang toxic tersebut.

Karena akan cukup sulit jika lingkungan tersebut tak lain adalah keluarga anda sendiri. Coba pelajari juga tentang 6 Tips Menghadapi Orang Tua Toxic, Biar Gak Dicap Durhaka.

Untuk itu anda sebaiknya mencari cara agar anda dapat bahagia meski dalam kondisi yang cukup rumit.

Karena anda memiliki hak untuk bahagia dengan mencintai diri sendiri sepenuhnya.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.