in

8 Alasan Seseorang Ingin Mencintai Tanpa Adanya Komitmen

Mencintai Tanpa Komitmen

Adanya komitmen dalam hubungan adalah bentuk keseriusan pasangan. Ada yang bilang, apabila pasanganmu berani membangun komitmen bersamamu, maka kadar cinta yang dia miliki untukmu telah mampu mengalahkan segala aspek yang membuatnya ragu untuk menjalani sisa hidupnya bersamamu.

Sayangnya, komitmen yang sudah dibangun sejak diucapkannya janji pernikahan belum tentu mampu bertahan hingga akhir. Ada banyak hal yang mampu menggoyahkan komitmen dalam menjalani hubungan tersebut. Penyebabnya pun sangat beragam.

Mengambil keputusan untuk menetapkan hati hanya pada satu orang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu dan pasanganmu pun mungkin merasakan hal yang sama. Baik kamu dan dia memiliki rasa cinta untuk satu sama lain, namun tidak menutup kemungkinan ada ketakutan yang kalian miliki untuk membangun sebuah komitmen dalam hubungan.

Lantas, apa saja sih alasan seseorang ingin mencintai namun enggan untuk membangun komitmen dalam sebuah hubungan dengan menikah? Jika kamu penasaran, langsung cek saja 8 alasan berikut.

1. Ada Ketakutan akan Hilangnya Kebebasan dalam Menjalani Hidupnya

Kebanyakan orang memiliki alasan ini dibalik rasa enggannya untuk membangun sebuah komitmen dalam hubungan. Terlebih bagi seorang perempuan, mengingat masih banyak pandangan bahwa perempuan yang sudah menikah harus tinggal di rumah dan melayani suami serta anak-anaknya dengan baik.

Tidak jarang beberapa perempuan harus rela mengorbankan karirnya yang sedang di puncak karena harus menuruti permintaan suami untuk fokus mengurus keluarga. Padahal tidak seharusnya sebuah pernikahan menjadi batu sandungan bagi karir seseorang.

Tidak hanya mengenai karir saja, jalinan hubungan yang serius bukan hanya tentang dua orang saja, melainkan tentang dua keluarga. Seseorang yang sudah memutuskan untuk berkomitmen harus mampu membagi perhatiannya dalam banyak hal, entah itu urusan pribadi, keluarga kecilnya maupun keluarga besarnya.

2. Masih Memiliki Rasa untuk Orang di Masa Lalunya

Tak bisa dipungkiri, alasan yang satu ini juga kerap menjadi penyebab seseorang belum berani berkomitmen dalam sebuah hubungan. Masih ada rasa untuk sang mantan yang belum bisa sepenuhnya dia hilangkan.

Meskipun saat ini dia sudah memiliki sosok baru yang teramat baik, namun untuk urusan perasaan memang tidak bisa dipaksakan. Dibutuhkan waktu yang entah sampai kapan untuk bisa benar-benar menyiapkan diri dan berani mengambil sikap untuk sebuah komitmen dalam hubungan.

3. Ada Luka yang Belum Sembuh dari Hubungan Sebelumnya

Kisah masa lalu tak jarang menyisakan luka yang sulit disembuhkan. Alasan kenapa seseorang enggan untuk membangun sebuah komitmen dalam hubungan mungkin karena masih adanya bekas luka dari hubungan sebelumnya yang belum benar-benar sembuh.

Entah itu luka akibat pengkhianatan atau karena permasalahan lainnya, butuh waktu yang berbeda-beda bagi seseorang untuk menyembuhkannya. Kamu tidak bisa membandingkan cepat lambatnya setiap orang untuk bisa move on dan melupakan segala kenangan buruk dalam hubungannya yang lalu.

Saat luka dari hubungan masa lalu belum benar-benar musnah dari hati seseorang, akan sulit baginya untuk bisa memulai lagi sebuah keseriusan dalam menjalin hubungan. Wajar jika pada akhirnya mereka enggan untuk berkomitmen.

4. Masih Belum Ingin Serius dalam Menjalin Hubungan

Beberapa orang masih menganggap bahwa usia adalah tolak ukur yang tepat untuk melihat kedewasaan seseorang. Padahal anggapan itu bukanlah anggapan yang benar. Usia yang sudah matang tidak menjamin kedewasaan yang dimilikinya pun sudah matang.

Hal semacam ini juga berlaku dalam menjalin sebuah hubungan. Ada beberapa orang yang sudah siap berkomitmen di usianya yang masih muda. Namun, tak jarang juga ada yang masih belum siap berkomitmen meski sudah usianya sudah cukup untuk membangun sebuah rumah tangga.

Kenapa? Jawabannya karena mereka masih belum ingin menjalin hubungan yang serius. Mereka masih ingin menghabiskan waktu mereka untuk bermain-main dan memperbanyak pengalamannya, salah satunya dalam urusan asmara.

5. Menginginkan Sosok Pasangan yang Lebih Baik

Ada yang mengatakan bahwa selalu tidak puas dengan apa yang dimiliki adalah sifat dasar manusia. Meski di depannya sudah terlihat ada sosok yang baik, tidak menutup kemungkinan dia masih mengharapkan sosok pasangan yang lebih baik lagi.

Sebelum dia benar-benar membatasi pandangannya dan berhenti membandingkan pasangannya dengan orang lain, perasaan ingin mendapatkan sosok pasangan yang lebih baik tidak akan muncul.

Sayangnya, hal semacam ini bisa dibilang sebagai naluri dalam diri manusia. Terlebih bagi mereka yang tidak pernah merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang sudah dia miliki saat ini.

6. Masih Ingin Fokus pada Pendidikan atau Karirnya

Alasan yang satu ini juga banyak dimiliki seseorang. Prioritas yang mereka miliki bukanlah sebuah hubungan percintaan, melainkan pendidikan dan karirnya.

Terlebih bagi seorang laki-laki. Mereka cenderung fokus pada pendidikan dan mengejar karir mereka terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkomitmen dalam hubungan. Ada tanggung jawab besar yang harus mereka siapkan sejak dini. Memutuskan untuk berkomitmen adalah hal besar yang harus mereka persiapkan secara matang.

7. Adanya Perbedaan yang Sulit Disatukan

Pada dasarnya perbedaan memang selalu ada antara satu orang dengan orang lainnya. Namun dalam urusan percintaan terkadang ada aturan yang tak mampu diabaikan.

Di luar sana sudah banyak pasangan yang masih enggan berkomitmen salah satunya karena adanya perbedaan kepercayaan. Contoh lainnya, adanya perbedaan suku atau budaya yang memang sulit untuk bisa disatukan.

8. Tidak Adanya Restu dari Keluarga

Yang terakhir adalah tidak adanya restu dari keluarga. Seperti yang sudah diketahui, restu keluarga adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk melangkah pada komitmen dalam hubungan.

Beberapa orang yang menjunjung tinggi restu keluarga dalam menjalin sebuah hubungan tidak akan berani membangun komitmen tanpa adanya restu tersebut. Di sisi lain, mendapatkan restu keluarga bukanlah suatu hal yang mudah. Wajar jika akhirnya banyak orang yang ingin mencintai tapi tak kunjung membangun komitmen dalam hubungan.

Baca Juga :

Itulah 8 alasan kenapa seseorang enggan untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan. Di luar sana pasti masih ada banyak hal yang menjadi alasan seseorang takut untuk berkomitmen.

Jika saat ini kamu tengah dihadapkan dengan orang yang enggan atau takut berkomitmen denganmu, kamu memiliki beberapa pilihan. Yakinkan dia, tunggu dia, atau mundur dari hubungan yang tak ada kejelasan untuk ke depannya.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.