in , ,

Tips dan Manfaat Mendengarkan Musik Ketika Bekerja

Mendengarkan Musik Ketika Bekerja

Kesibukan di tempat kerja terkadang pasti membuatmu jenuh. Kamu butuh sesuatu yang bisa mengembalikan semangatmu dalam bekerja. Bagi beberapa orang, salah satu hal yang bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja adalah dengan mendengarkan musik.

Musik dapat menambah semangatmu dalam bekerja. Terlebih jika dalam keseharianmu, pekerjaanmu tak pernah lepas dari layar komputer. Musik akan membuatmu lebih rileks dan membantumu dalam meningkatkan semangat dalam bekerja.

Tips Mendengarkan Musik Ketika Bekerja

Sebelum beranjak pada manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan musik ketika bekerja, mari kita simak terlebih dahulu tips apa saja yang harus kamu perhatikan saat mendengarkan musik ketika bekerja.

1. Dengarkan Musik dalam Waktu 15 – 30 Menit

Mendengarkan musik terlalu lama juga bukan pilihan yang tepat. Idealnya, kamu hanya perlu mendengarkan musik selama 15 sampai 30 menit saja. Jangka waktu tersebut sudah cukup untuk membangun kembali semangatmu dalam bekerja.

Dengan mendengarkan musik dalam waktu yang tepat, kamu akan lebih mudah untuk kembali berkonsentrasi pada pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Dengan begitu, produktivitasmu dalam bekerja pun akan meningkat.

2. Dengarkan Musik dengan Metode 60 – 60

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang metode 60 -60 dalam mendengarkan musik? Jika belum, kamu harus tahu bahwa metode ini merupakan sebuah metode untuk mengontrol intensitas volume maksimal 60% dan dilakukan dalam 60 menit saja.

Metode ini cukup aman untuk digunakan. Penggunaan volume dan batas waktu dalam mendengarkan musik dengan metode 60 – 60 dapat mencegah timbulnya gangguan pendengaran akibat volume yang terlalu keras dan waktu yang cukup lama dalam mendengarkan musik.

3. Gunakan Headphone Saat Mendengarkan Musik

Headphone memiliki bentuk yang lebih besar dibanding earphone. Hal tersebut lebih memungkinkan suara yang keluar dari dalam headphone dapat terdengar dengan baik oleh telinga. Sedangkan suara dari luar dapat diredam dengan lebih maksimal.

Penggunaan headphone akan membuatmu lebih fokus pada pekerjaanmu. Kamu tidak akan terganggu dengan suara lain yang berasal dari luar. Hal ini tentu akan membuatmu lebih rileks dan bersemangat dalam melakukan pekerjaanmu.

Coba baca juga9 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja

Manfaat Mendengarkan Musik Ketika Bekerja

Selanjutnya, akan dibahas mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mendengarkan musik ketika sedang bekerja. Penasaran? Langsung saja, berikut rinciannya.

1. Memperbaiki Mood dalam Bekerja

Mendengarkan musik mampu memperbaiki mood -mu yang mungkin saat itu sedang tak baik loh. Kok bisa? Secara ilmiah, aktivitas mendengarkan musik yang disukai dapat membantu meningkatkan proses pelepasan hormon dopamin dalam otak.

Apa sih hormon dopamin ini? Hormon dopamin merupakan hormon yang memiliki peran besar dalam menentukan perasaan senang atau bahagia dalam otak seseorang. Itulah kenapa mood seseorang akan lebih baik jika kadar hormon dopamin dalam tubuh mereka meningkat.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan, apakah mendengarkan musik dalam membuat perasaanmu lebih senang atau bahagia? Jika iya, artinya aktivitas mendengarkan musik benar-benar mampu membantu proses pelepasan hormon dopamin ini dalam otak, sehingga mood -mu pun berubah menjadi lebih baik.

Bukan sesuatu yang mengherankan jika pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat mood -mu menurun atau memburuk. Nah, untuk memperbaiki mood -mu itu, kamu bisa banget mendengarkan musik ketika sedang bekerja.

2. Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Mendengarkan musik ketika bekerja sudah terbukti mampu meningkatkan produktivitas seseorang dalam bekerja loh. Hal ini sudah pernah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang bertujuan untuk melihat apakah mendengarkan musik memiliki keterikatan dengan produktivitas seseorang dalam bekerja.

Sebenarnya, peningkatan produktivitas dalam bekerja ini tidak serta merta terjadi karena mendengarkan musik. Tetapi karena adanya peningkatan mood dalam bekerja ketika mendengarkan musik.

Dengan mood yang baik, produktivitas dalam bekerja pun akan meningkat. Nah, salah satu cara membangun mood yang menunjang dalam menyelesaikan pekerjaan adalah dengan mendengarkan musik.

3. Meningkatkan Konsentrasi dalam Bekerja

Selain memperbaiki mood dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja, mendengarkan musik juga dapat membantumu dalam meningkatkan konsentrasi ketika bekerja loh. Kok bisa sih, apa penyebabnya?

Suasana tempat bekerja tidak selalu dapat mendukungmu dalam bekerja. Terkadang suasana tempat kerja yang bising justru akan membuatmu sulit berkonsentrasi untuk melakukan pekerjaanmu. Nah, di sinilah mendengarkan musik bisa jadi salah satu solusi.

Mendengarkan musik dengan menggunakan headphone atau earphone akan membuatmu lebih mudah mengabaikan suara dari luar. Hasilnya, kamu pun akan lebih mudah fokus pada pekerjaanmu saja. Cara ini cukup efisien loh, kamu harus mencobanya.

4. Memberikan Motivasi Positif dalam Bekerja

Manfaat yang keempat adalah memberikan motivasi positif dalam bekerja. Motivasi positif ini dapat muncul dari mana saja, termasuk dari aktivitas mendengarkan musik. Mungkin saja dengan mendengarkan musik, kamu akan termotivasi untuk melakukan sebuah ide kreatif tertentu.

Munculnya motivasi positif saat kamu mendengarkan musik sambil bekerja tentu akan mempengaruhi kinerjamu juga. Jika ide yang kamu miliki cukup bagus, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan apresiasi istimewa dari atasanmu.

5. Mengurangi Kadar Stres Ketika Bekerja

Yang terakhir, mendengarkan musik dapat membantumu dalam mengurangi kadar stres ketika bekerja. Bukan suatu hal yang asing lagi dalam dunia kerja, pasti kamu memiliki banyak tekanan di dalamnya. Tekanan tersebut bisa saja berasal dari atasan, rekan kerja, atau semua pekerjaanmu yang tidak ada habisnya.

Semua tekanan yang ada dapat membuat kadar stresmu meningkat seiring bertambahnya tekanan demi tekanan itu. Kamu tidak akan bisa menghindarinya, tapi kamu bisa mencoba menghadapinya dengan hati dan pikiran yang lebih tenang.

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa membuat segala tekananmu tidak terlalu terasa berat. Dengan begitu, tingkat stresmu pun akan berkurang. Cukup dengarkan saja musik yang kamu sukai saat kamu sedang bekerja. Hal ini akan sangat membantumu untuk lebih tenang.

Baca Juga : 8 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kehidupanmu Sehari-Hari

Nah, itu dia tips dan manfaat mendengarkan musik ketika bekerja. Dengan memperhatikan tips di atas, kamu akan lebih mudah untuk memetik manfaat dari mendengarkan musik.

Mendengarkan musik dapat membantumu dalam meningkatkan efektivitas dalam bekerja. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba mendengarkan musik saat kamu merasa jengah atau lelah karena pekerjaan yang harus segera kamu selesaikan.

Untuk tipe musik apa yang cocok didengarkan saat bekerja dapat disesuaikan dengan genre yang disukai. Tidak ada keharusan untuk mendengarkan jenis musik tertentu. Dengarkan saja jenis musik yang menurutmu enak untuk kamu dengarkan ketika sedang bekerja.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer