in , ,

6 Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris
Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris

Mengajarkan bahasa inggris pada anak merupakan salah satu investasi jangka panjang yang berguna baginya nanti.

Jika diajarkan sejak dini, maka anak akan mampu menguasai bahasa asing selain bahasa ibu dengan cepat dan baik.

Karena pada masa sekarang dirasa penting untuk menguasai bahasa lain selain bahasa ibu. Hal ini berbarengan dengan masa modern di mana dituntut untuk menguasai bahasa inggris ketika bekerja.

Pembelajaran ini paling baik dimulai sejak kecil karena akan dapat dipahami dan dipelajari oleh anak dengan baik.

Masa pembentukan anak paling baik dalam belajar dimulai sejak kecil dari lingkungan terdekatnya yakni orang tua.

Mengajari Anak Bahasa Inggris
Mengajari Anak Bahasa Inggris

Namun masing-masing anak tentu memiliki kemampuan dan kapasitasnya untuk belajar sesuai dirinya sendiri. Untuk itu orang tua sebaiknya mengenali gaya belajar anak terlebih dahulu sebelum mengajarkannya.

Bahasa inggris ini nantinya bisa membantu anak ketika bersekolah, sebagai nilai plus ketika hendak mendapatkan beasiswa luar negeri dan juga membantunya untuk berbicara dengan rekan kerja ketika ia berada dalam lingkup pekerjaan.

Terlepas dari pentingnya belajar bahasa inggris pada anak, mereka memiliki keunikan yakni cara belajar dan pemahamannya masing-masing. Selain belajar di sekolah, anak juga bisa belajar bahasa inggris di rumah atau di tempat kursus.

Lalu seperti apa tips dan cara mengajari anak bahasa inggris?

1. Gunakan Suara Yang Unik

Menggunakan Suara Unik
Menggunakan Suara Unik

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mereka belajar dengan mengenali pola berbicara seseorang. Maka anda bisa menerapkan teknik ini untuk mengajarkan bahasa lain selain bahasa ibu kepada anak.

Anda bisa menggunakan suara tertentu untuk memudahkan anak memahami bahasa yang anda katakan.

Dengan begitu anak akan hafal dengan sendirinya bahasa apa yang anda pakai ketika anda bersuara demikian. Dari sini anak akan lebih mudah belajar kosa kata bahasa inggris yang diajarkan orang tua.

Teknik mengajarkan anak dengan suara ini juga bisa anda lakukan dengan memperdengarkan musik pada anak.

Pastikan musiknya sesuai dengan bahasa yang sedang anda ingin ajarkan pada anak. Gunakan musik berbahasa inggris jika ingin mengajarkan bahasa inggris pada anak.

2. Ciptakan Lingkungan Belajar Yang Nyaman

Lingkungan Belajar Yang Nyaman
Lingkungan Belajar Yang Nyaman Via wthr.com

Agar anak dapat belajar dengan baik, sebaiknya anda juga perlu memfasilitasi anak dengan lingkungan belajar yang aman dan santai.

Cara lain untuk mengajarkan anak selain bahasa ibu adalah dengan membiarkan anak bercakap-cakap dengan orang lain menggunakan bahasa tersebut.

Jika anak merasa dituntut sekali untuk menguasai bahasa tersebut, anak justru malas untuk belajar bahasanya. Terlebih lagi jika lingkungannya tidak cukup nyaman bagi anak untuk belajar.

Maka anak akan semakin ragu-ragu untuk belajar karena memikirkan tuntutan dan lingkungan yang tidak kondusif. Misalnya terlalu banyak kebisingan dan suara orang lain yang tidak ada kaitannya dengan yang ia pelajari.

Untuk itu anda dapat membuat kamar anak senyaman mungkin agar anak betah untuk belajar apapun di dalamnya.

Hai moms, sebelum lanjut coba baca dulu 5 Hal ini Dapat Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.

3. Mengajari Secara Perlahan

Mengajari Bahasa Inggris Secara Perlahan
Mengajari Bahasa Inggris Secara Perlahan

Mengajarkan anak bahasa inggris dirumah selain di sekolah atau di tempat kursus membuat suasana jauh lebih santai dan tenang.

Gak perlu terlalu terburu-buru. Untuk itu ajarkan secara perlahan bahasa pada anak, kata demi kata.

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari kartu atau gambar-gambar untuk mengajarkan kata demi kata bahasa inggris kepada anak.

Pada masa sekarang ini anda dapat menggunakan video dan rekaman suara dan juga aplikasi bahasa inggris yang tersedia gratis.

Anak akan mencontoh suara dari video yang anda contohkan. Lakukan pengulangan beberapa kali agar anak terbiasa dengan bahasa tersebut kata demi kata.

4. Anda Harus Fasih

Orang Tua Juga Harus Fasih
Orang Tua Juga Harus Fasih

Ketika mengajarkan bahasa inggris pada anak, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pelafalan bahasa yang digunakan.

Cara baca dan penulisan diajarkan pada anak sejak dini. Untuk itu anda sendiri juga haruslah fasih berbahasa asing tersebut agar anak tidak salah dalam belajar melafalkan dan menuliskannya.

Terlebih lagi jika anak anda sudah memasuki usia sekolah hingga remaja.

Jika anda mengajarkan anak tanpa anda telah menguasainya terlebih dahulu, anak akan merasa pembelajaran bahasa inggris tersebut tidak penting.

Karena orang tua nya saja tidak menguasainya mengapa anak harus dipaksa mempelajarinya?

Maka jangan paksa anak jika ia belum mau atau belum siap ya moms.

5. Gunakan Bahasa Berbeda Dengan Pasangan

Kerja Sama Dengan Pasangan
Kerja Sama Dengan Pasangan

Untuk mengajarkan bahasa pada anak selain bahasa ibu, diperlukan kerja sama antara anda dengan pasangan. Anda bisa menggunakan teknik berbeda bahasa.

Misalnya jika anda menggunakan bahasa Indonesia, maka pasangan anda sebaiknya menggunakan bahasa asing ketika bercakap-cakap.

Hal ini akan membantu anak untuk memudahkan bahasa utama dan bahasa kedua yang dipelajari.

Jadi dia bisa tau bahwa ibu menggunakan bahasa Indonesia sedangkan ayah berbicara dengan bahasa inggris.

Meski demikian, anak juga harus diberikan penjelasan bahwa ibu dan ayah saling mengerti bahasa yang digunakan satu sama lain meski berbicara dengan bahasa berbeda.

Dalam pengasuhan anak, sebaiknya sang ayah juga aktif berpartisipasi. Coba baca dulu 4 Peran Ayah Sebagai Orang Tua Yang Perlu Diperhatikan.

6. Hindari Komentar Negatif

Hindari Berkomentar Negatif
Hindari Berkomentar Negatif

Sering kali ketika kita mengajarkan bahasa inggris pada anak, sebagai orang tua tentu pernah mendengar komentar orang lain yang mengatakan bahwa kita tidak nasionalis.

Orang lain memang tidak perlu tahu urusan dapur rumah tangga dan pengasuhan kita. Click To Tweet

Sebaiknya hindari komentar negatif orang lain.

Tanamkan juga pada anak bahwa belajar bahasa inggris ini untuk keperluan pengetahuan sebagai bekal di masa depan. Bukan untuk mengganti bahasa utama dari bahasa ibu.

Dengan demikian anak akan lebih mudah menempatkan diri untuk menggunakan bahasa tersebut ketika berada di luar rumah dan bukan untuk pamer kepada orang lain.

Mengajarkan sesuatu hal pada anak memang membutuhkan wawasan yang luas pada diri sendiri. Anda akan otomatis ikut belajar ketika anak sedang belajar.

Alih-alih beralasan macam-macam, sebaiknya jika anda sebagai orang tua yang tidak fasih bahasa inggris, anda bisa mengatakan bahwa, “kita akan mencarinya bersama-sama”.

Maka anak akan terbiasa untuk belajar bersama tanpa ada rasa menggurui. Semoga bermanfaat ya moms!

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.