in

Jangan Sakit Hati, Ini 6 Cara Menanggapi Kritikan Orang Lain

Menanggapi Kritik

Sekarang kita tidak peduli lagi apakah itu membangunkan atau menjatuhkan, sebab kita semua pasti setuju bahwa menghadapi kritik tidak pernah menyenangkan. Entah itu berasal dari guru favorit kita, teman baik atau musuh bebuyutan. Intinya kita semua tidak suka dikritik!

Tapi seperti yang sudah-sudah, bahwa hanya kematianlah yang bisa menghindarkan kita dari kritikan. Artinya selama kita hidup, setiap hal yang kita jalani tidak pernah jauh-jauh dari yang namanya kritik!

Jadi pada akhirnya, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus belajar caranya menghadapi kritik. Ini sangat dibutuhkan, sebab jika kita tidak tahu caranya maka hancurlah semua, baik hubungan, reputasi dan karir.

Jika kamu belum menemukan cara untuk menghadapinya, bacalah 7 cara paling efektif berikut ini!

1. Dengarkan Baik-Baik

Dengarkan Baik-Baik
Dengarkan Baik-Baik

Jika kamu sedang berbicara, tentunya kamu ingin orang lain mendengarkan ucapanmu, bukan? Begitu pula ketika seseorang memberi kritikan terhadap dirimu, dengarkanlah dengan baik apa yang sedang ingin ia katakan.

Jangan terlalu kikir untuk memberikan telinga dan waktu kepada orang lain, dengarkanlah meskipun mungkin apa yang ia sampaikan bukanlah hal yang kamu sukai. Biarkan saja pikiranmu terombang-ambing kesana kemari, tapi tetaplah berusaha untuk tenang.

Mungkin kamu ingin segera membalas apa yang ia katakan, tetapi tahanlah sebentar, tarik napas dalam-dalam dan buat dirimu senyaman mungkin. Sebab jika kamu membiarkan emosi lepas kendali, semuanya akan jadi berantakan.

Terutama jika orang yang mengkritik dirimu lebih tua, lebih berpengalaman dan lebih berilmu. Tentu saja kamu harus menuntut dirimu sendiri untuk fokus mendengarkan, meskipun ada beberapa hal yang menurutmu tidak perlu didengar.

2. Temukan Apa yang Dapat Kamu Pelajari Dari Kritikan Itu

Pelajari Kiritikan Tersebut
Pelajari Kiritikan Tersebut

Jika kamu berprinsip teguh pada pertumbuhan dan pengembangan diri, seharusnya kamu senang ada seseorang yang memberi kritikan terhadapmu. Sebab oleh hal itu kamu bisa menemukan pengetahuan baru dan mempelajari hal-hal yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

Ketika temanmu, atasanmu, guru atau siapapun yang memberi kritikan padamu sudah selesai berbicara, usahakan untuk mencerna semua ucapan mereka. Sehingga kamu bisa menemukan sesuatu yang bisa menjadi pelajaran untuk dirimu.

Simpanlah kritikan itu dalam pikiranmu dan renungkan lagi disaat kamu sendiri. Sebab kesendirian dan keheningan terkadang menghadirkan jawaban-jawaban tak terduga yang membuat kita terbangunkan.

Kritik terkadang tampak negatif, tapi jika kamu bisa melihat sisi baiknya maka kamu akan menjadi orang yang lebih bijaksana. Jadi, apapun yang mereka katakan, tetaplah fokus pada apa yang bisa mengarahkan kamu menjadi lebih baik.

3. Menerima Bahwa Dirimu Tidak Sempurna

Menerima Kekurangan Diri
Menerima Kekurangan Diri

Mungkin kamu merasa percaya diri bahwa apa yang kamu kerjakan sudah baik, sudah sempurna sebagaimana semestinya. Namun terkadang hal itulah yang membuat kamu kesulitan menghadapi kritikan dari orang lain.

Sadarilah bahwa dirimu tidak sempurna, sebab memang tidak satu pun dari kita yang sempurna. Maka bisa saja kita berbuat keliru atau bisa saja apa yang kita lihat baik sebenarnya tidak begitu baik.

Saat kita sudah menerima kenyataan ini, tentunya akan lebih mudah untuk menghadapi kritikan dari orang lain. Artinya, kita siap mengakui kesalahan dan siap pula untuk memperbaikinya.

Perlu diingat, kesadaran akan kekurangan diri membukakan pandangan kita menjadi lebih luas dan membuat pikiran lebih terbuka terhadap setiap kemungkinan yang ada.

4. Susun Rencana Untuk Mengatasinya

Menyusun Rencana Perbaikan Diri
Menyusun Rencana Perbaikan Diri

Ada sebagian orang yang setiap kali diberi kritik tidak mau mendengarkan dan tidak mau mengubah sudut pandangnya, sehingga ia menjadi buntu dan terhambat disitu-situ saja. Jadi, bukankah akan sangat melelahkan jika setiap hari mendengar kritikan?

Oleh karena itu, kalau kamu sudah bosan mendengar kritikan yang sama dari orang yang sama, maka cobalah untuk berpikir lebih terbuka. Susun rencana baru untuk mengubah cara kerjamu, sikapmu dan caramu bertindak.

Jangan menjadi orang bodoh yang percaya diri, teruslah belajar dan belajar meskipun ada banyak hal yang tidak kamu sukai. Pikirkan secara matang apakah kritik itu benar-benar untuk membangunkan dirimu?

Jika iya, maka sekarang juga ikuti. Perbarui dirimu sehingga orang-orang bingung untuk mencari celah mana yang bisa di kritik. Jangan biarkan dirimu berada di posisi yang kalah terus menerus. Bangkit!

5. Abaikan Jika Hanya Menjatuhkan

Abaikan Jika Hanya Menjatuhkan
Abaikan Jika Hanya Menjatuhkan

Kita pasti sudah tahu bahwa ada dua macam kritik, yaitu kritik yang membangun dan kritik yang menjatuhkan. Setelah kita mengetahui hal ini, tentunya kita perlu cukup cerdas untuk membedakan mana yang membangun dan mana yang menjatuhkan, bukan?

Jika kamu sudah bisa membedakannya, maka jangan terjebak dengan kritikan yang hanya menjatuhkanmu. Percayalah, tidak semua orang suka melihatmu berkembang dan bertumbuh menjadi lebih baik, karena itulah mereka mengkritik dirimu.

Tugasmu jika bertemu orang-orang seperti ini adalah mengabaikan mereka. Dengan tetap diam, artinya kamu telah menghargai dirimu sendiri sebagai orang yang tidak mudah dijatuhkan.

Kamu berhak memegang prinsip hidupmu sendiri dan jika kamu sudah yakin bahwa itu benar, jangan biarkan orang lain mengubahmu. Kamu harus menghargai hal-hal inti dalam dirimu yang tidak boleh di kritik oleh siapapun.

Sebab ada saatnya kita perlu berpikiran terbuka, menerima saran dan mendengarkan orang lain, namun ada saatnya kita perlu berpegang teguh pada prinsip atau pedoman hidup masing-masing.

6. Balas Dengan Senyum

Senyum Mampu Mengubah Hati
Senyum Mampu Mengubah Hati

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada kritik yang benar-benar menyentuh emosi kita, namun semarah dan sekesal apapun kamu, tetaplah berusaha untuk tersenyum.

Entah itu senyum tulus atau senyum terpaksa, pada intinya senyuman selalu membuat kita menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri dan orang lain. Ini sudah terbukti!

Menurut penelitian, menarik napas panjang, menahannya sebentar lalu melepaskannya secara perlahan serta tersenyum dapat mengubah detak jantung kita, mengubah aliran darah dan membuat kita menjadi lebih rileks.

Cara ini diperlukan saat kamu sudah benar-benar merasa tertekan oleh seseorang. Tentu saja kita perlu menjaga hubungan yang baik, oleh karena itu tersenyumlah dan buat suasana menjadi lebih hangat.

Ketika suasana terasa begitu panas, kamu bisa menciptakan kesejukan dari dalam dirimu. Caranya tentu saja seperti yang sudah dijelaskan!

7. Ucapkan Terimakasih!!!

Mengucapkan Terimakasih
Mengucapkan Terimakasih

Kita sering membalas pujian dengan ucapan terimakasih, tapi dalam menghadapi kritikan kita kerap membalasnya dengan kritikan juga. Seharusnya, ketika dipuji kita juga balas memuji, namun ketika di kritik kita cukup mengucapkan terimakasih dan tak perlu balas mengkritik.

Selain harus cerdas menghadapi kritikan, kita juga harus cerdas dalam menghadapi pujian. Selama ini kita sering keliru dan sekarang saatnya untuk mengubah kebiasaan yang menyesatkan ini.

Sebab pujian yang disampaikan orang lain terkadang mewakili keinginannya yang ingin menjadi seperti kita, maka mereka layak untuk mendapatkan balasan pujian agar tidak menganggap dirinya lebih rendah daripada kita.

Sementara saat orang lain menyampaikan kritik, kita tidak perlu membalasnya dengan kritik sebab hal itu adalah tanda nyata dari kesesatan berpikir. Balaslah dengan ucapan terimakasih, karena biasanya kritikan itu merupakan tanda ketulusan dan kejujuran.

Baca Juga : 

Jangan jadikan sebuah kritikan sebagai alasan untuk membenci satu sama lain, seharusnya kita berterimakasih karena setiap kritikan membuat kita sadar dimana letak salahnya kita dan apa yang harus diperbaiki.

Jika kamu tidak suka di kritik, maka ubahlah suasananya menjadi lebih hangat dengan mengajaknya berdialog. Tanyakan apa inti masalahnya dan apa solusinya, sebab dengan begitu peluang untuk bertumbuh akan lebih terbuka lebar.