in ,

Mengapa Manusia Butuh Tidur? Ini Alasan dan Manfaatnya

Alasan Kenapa Manusia Butuh Tidur

Mengapa seseorang butuh tidur? Tidur merupakan hal esensial bagi kehidupan setiap makhluk hidup. Selain manusia, binatang pun memerlukan tidur yang cukup. Tidur merupakan bagian dari istirahat yang berfungsi agar tubuh Anda tetap dalam kondisi sehat.

Tidur ini juga sebaiknya disesuaikan pada kebutuhan masing-masing. Berbeda usia memerlukan waktu tidur yang berbeda pula.

Rata-rata pada orang dewasa memerlukan tidur selama kurang lebih 8 hingga 9 jam. Manusia tidur agar dapat mengisi kembali energi yang sudah dikeluarkan selama beraktivitas. Aktivitas yang dibarengi dengan proses berpikir akan membuat Anda mudah lelah.

Tidur yang cukup akan membantu otak untuk mengatur kembali memori dan untuk proses berpikir. Tubuh juga akan melakukan proses healing ketika tidur yang cukup. Contohnya ketika Anda sedang flu, maka Anda perlu untuk tidur yang cukup selain mengonsumsi obat.

Kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan otak Anda. Lalu mengapa seseorang butuh tidur? Ini sebabnya.

1. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Jika Anda adalah orang yang sibuk dengan aktivitas harian, rasanya Anda perlu mengatur waktu tidur agar terpenuhi selama kurang lebih 8 jam. Jika Anda kurang tidur dan ini dilakukan secara terus menerus atau continue, maka penyakit akan mengintai kesehatan tubuh.

Dampaknya memang tidak langsung terasa. Namun Anda akan merasakan dampak kesehatan ketika suatu penyakit sudah pada tahap parah.

Kekurangan tidur dapat berisiko untuk menimbulkan penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, stroke, detak jantung yang tidak teratur hingga penyakit jantung.

Bahkan hormon stres Anda dapat naik dan penyakit diabetes dapat datang ke tubuh Anda. Pada kasus diabetes, insulin yang mengendalikan glukosa atau gula darah dapat terpengaruh hingga batas normal.

Inilah yang menyebabkan seseorang rentan mengidap diabetes karena kurang tidur. Untuk itu usahakan agar Anda dapat beristirahat dengan cukup dibarengi asupan makanan sehat dan minum air putih yang cukup.

2. Tumbuh Kembang Tubuh

Tahukah Anda mengapa seseorang butuh tidur? Faktor lainnya adalah adanya hubungan dengan pertumbuhan tubuh Anda. Tidur yang cukup dan berkualitas akan memengaruhi tubuh untuk berkembang dengan baik dan sehat.

Hal ini karena adanya hormon yang dilepaskan untuk memperbaiki sel dan jaringan pada tubuh dan meningkatkan masa otot. Khususnya pada anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan yang masif.

Tidur yang cukup juga dapat membantu remaja yang sedang memasuki masa pubertas dalam hal kesuburan.

3. Menjaga Berat Badan tetap Stabil

Apakah Anda sedang diet? Merasakan kesulitan dalam proses penurunan berat badan? Coba periksa jam tidur Anda. Hal penting yang harus diperhatikan mengapa seseorang butuh tidur adalah untuk menjaga berat badan Anda.

Baik itu mempertahankan berat badan maupun membantu penurunan berat badan. Mengapa bisa begitu?

Karena dengan tidur dapat membantu Anda untuk memproses serta menyimpan asupan karbohidrat yang Anda makan dalam sehari. Kemudian hormonnya akan rasa lapar (ghrelin) atau lapar (leptin) tetap terjaga.

Sehingga Anda tidak mudah merasa lapar di malam hari. Tidur yang cukup akan membantu hormone ghrelin turun dan hormone leptin naik, bukan sebaliknya.

Maka Anda tidak mudah merasa kelaparan. Bukankah ini adalah hal yang baik untuk membantu diet Anda?

4. Menjaga Anda tetap Aktif di Siang Hari

Mengapa seseorang butuh tidur? Rasanya hal yang paling simpel untuk diketahui adalah agar Anda tetap segar dalam beraktivitas di siang hari. Kurang tidur akan menyebabkan Anda terlihat lesu dan tidak bergairah untuk beraktivitas di siang hari.

Seseorang yang kurang tidur juga cenderung tidak produktif baik di sekolah, tempat kerja atau di rumah sekalipun.

Dampak lain yang dapat terasa adalah konsentrasi menurun, respon terhadap lingkungan melambat hingga menghambat dalam penyelesaian tugas. Untuk itu tidur sangat diperlukan agar Anda dapat mencapai goals baik akademik maupun non-akademik.

5. Memperbaiki Mood

Suasana hati memang dapat memengaruhi aktivitas seseorang. Adanya faktor seperti masalah dalam keluarga, hubungan, pekerjaan hingga sekolah dapat membuat mood atau suasana hati Anda kacau.

Semakin Anda pikirkan, maka kemungkinan untuk Anda sulit tidur akan semakin besar. Maka Anda akan kurang tidur di mana akan menyebabkan Anda menjadi lebih sensitif.

Anda akan cenderung mudah marah, lesu, tidak bersemangat, kurang motivasi hingga stres bahkan tidak sedikit yang depresi. Inilah mengapa seseorang butuh tidur yang cukup agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena individu yang kurang baik suasana hatinya akibat kurang tidur cenderung memiliki peluang untuk bertindak impulsif lebih tinggi.

6. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun seseorang juga dipengaruhi seberapa cukupnya tidur. Jika masih mempertanyakan mengapa seseorang butuh tidur yang cukup dan berkualitas, Anda perlu tahu bahwa menurunnya sistem imun juga dapat disebabkan dari masalah tidur.

Tidur yang kurang akan membuat tubuh menjadi mudah sakit dan rentan terserang penyakit.

7. Mudah Lupa

Pernahkah Anda melupakan sesuatu? Tentu semua orang pernah mengalaminya. Namun jika Anda sering sekali lupa pada hal kecil misalnya lupa meletakkan remote tv, kunci hingga kacamata, mungkin hal ini muncul karena Anda kurang tidur.

Pada tahap tubuh yang kelelahan, Anda menjadi kurang memperhatikan hal kecil mendetail yang ada di sekitar.

Hal ini karena otak terus menerus digunakan tanpa beristirahat. Meskipun pada saat tidur otak juga masih bekerja, namun ketika Anda tidur dengan cukup maka kinerja otak akan kembali “menata” dirinya.

Mengapa seseorang butuh tidur? Jawabannya adalah untuk membantu mempertajam ingatan Anda. ketika tidur otak akan melakukan proses detoksifikasi.

Otak akan memproses dan menguatkan ingatan yang didapatkan dalam sehari untuk digabungkan. Memori tersebut akan disimpan dengan baik jika Anda cukup tidur.

8. Pro Kontra Tidur

Meskipun jawaban dari mengapa seseorang butuh tidur ini cukup penting bagi tubuh, ada pula yang memandang bahwa seseorang tidak harus tidur selama 8 jam sehari. Hal ini karena adanya perbedaan kebutuhan akan tidur dan juga cara seseorang berespon dari proses sehari-hari. Hal ini mengacu pada kualitas tidur itu sendiri.

Pasalnya meskipun jam tidur Anda selalu cukup, bukan berarti tidur Anda berkualitas. Anda dapat mengatur jam tidur yang berkualitas berdasarkan apa yang sedang dirasakan. Misalnya bagaimana suasana hati Anda saat itu, berapa level energi Anda pada akhir hari dan apakah ada keluhan kesehatan pada diri Anda.

Jika Anda tidur selama 5 jam sehari dan tetap bugar serta bersemangat, kemungkinan tidur Anda sebentar namun kualitasnya baik. Ada pula yang tidur 8 jam sehari dan tetap semangat keesokan harinya. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa tidur kurang dari 8 jam tetap tidak membuat Anda bersemangat. Hal ini kembali lagi pada kualitas dari tidur Anda.

Jadi tidak dapat disamaratakan bahwa semua orang wajib tidur 8 jam sehari. Jika dipenuhi pun baik, namun perhatikan kualitas tidurnya. Apakah kasurnya nyaman, tubuh Anda nyaman dan terhindar dari faktor lingkungan yang menyebabkan tidur Anda menjadi kurang atau tidak berkualitas.

Cukup penting mengapa seseorang butuh tidur. Maka biasakan untuk tidur tepat waktu secara rutin dan kenali pola tidur pada tubuh Anda ya.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.