in , ,

5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Hampa Dalam Hidup

Kamu mungkin sudah memiliki pacar atau pasangan hidup, kamu mungkin juga sudah memiliki pekerjaan, kamu mungkin masih memiliki teman dan keluarga yang selalu hadir dalam situasi atau kondisi apapun.

Namun, entah mengapa, kamu sendiri tidak mengerti, meskipun kamu sudah memiliki semua itu tetap saja kamu masih merasa hampa. Seolah dirimu dan semua yang ada di hidupmu tak ada artinya.

Setiap bangun tidur, kamu merasa tidak ada tujuan, tidak memiliki semangat meskipun sebenarnya ada banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan dan masalahnya, apapun yang kamu lakukan untuk menolong dirimu sendiri, tetap saja kamu masih merasa hampa.

Jika kamu pernah atau sedang mengalami kehampaan seperti yang dijelaskan tadi, simak cara mengatas rasa hampa berikut ini!

1.  Temukan Cinta Disekitar Anda!

Menemukan Cinta
Menemukan Cinta

Di era yang canggih sekarang ini kebanyakan kita berpikir bahwa uang, pekerjaan, harta dan ketenaran adalah kunci kebahagiaan. Namun fakta membuktikan, bahwa semua itu hanya membuatmu sumpek sendiri dan kehilangan arti dirimu sesungguhnya hingga merasa hampa.

Ternyata kebahagiaan bukanlah soal seberapa besar atau seberapa kecil penghasilan kita, tetapi itu soal seberapa banyak cinta yang tumbuh di dalamnya. Tanpa adanya cinta, maka dunia dan seisinya ini akan terasa hampa.

Jadi, temukanlah cinta dengan terhubung bersama orang-orang di sekitarmu seperti keluarga, teman atau pasangan. Jika itu terasa sulit bagimu, maka keluarlah dan temukan orang baru atau pasangan yang nantinya memberi warna baru dalam hidupmu.

Orang-orang baru tentu saja akan menghadirkan pengalaman baru dalam hidup kita, hal-hal seperti ini akan meningkatkan rasa berharga dalam jiwa serta mengarahkan kita untuk melihat hidup dengan sudut pandang yang baru.

2. Kunjungi Panti Asuhan, Panti Jompo atau Rumah Sakit

Mengunjungi Panti Asuhan
Mengunjungi Panti Asuhan

Kehampaan berasal dari kurangnya rasa berharga di jiwa atau bisa jadi kamu kurang bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki. Tanpa rasa syukur tentu saja akan sulit untuk memaknai apa yang sudah kita capai dalam hidup dan apa yang sudah kita miliki.

Untuk menggeser sudut pandangmu dalam menilai dirimu sendiri, kamu perlu pergi ke panti asuhan, panti jomblo atau menjenguk orang sakit. Cara ini ampuh bagi orang-orang yang hatinya datar, dengan kata lain tidak perasa.

Hati kita akan kembali hidup saat bersentuhan langsung dengan anak-anak yang ada di panti asuhan, melihat tatapan matanya dan mengusap-usap rambutnya, kamu akan mengerti betapa berharganya kehadiranmu bagi mereka.

Mungkin selama ini kita memiliki keluarga dan teman sebaya, namun kehadiran kita sepertinya jarang sekali dihargai. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan rasa hampa di hati kita, sehingga kadang kita merasa sepi ditengah keramaian.

Jika kamu mengunjungi panti jompo, kehadiranmu pasti akan sangat dihargai, orang tua yang disana akan bercerita panjang lebar kepadamu dan mengucapkan terimakasih untuk kehadiranmu.

Begitu pun jika kamu menjenguk orang yang sedang sakit, kehadiranmu pasti akan sangat dihargai, sebab ketika seseorang sedang sakit tiada apa-apa yang diharapkan kecuali ditemani.

3. Temukan Seseorang yang Mencintaimu Apa Adanya

Menemukan Pasangan
Menemukan Pasangan

Tanpa seseorang harus mengatakan perasaannya, kamu pasti mengetahui mana orang yang tidak mencintaimu dengan tulus dan mana orang yang mencintaimu apa adanya. Ikuti intuisi dan temukanlah orang itu!

Bisa jadi dia adalah orang tuamu, keluarga, pasangan atau mungkin teman sebaya, jika kamu sudah tahu siapa orangnya, maka ceritakanlah tentang apa yang kamu rasakan dan tanyakan apakah dia pernah merasakan hal yang sama?

Perlu kamu ketahui bahwa setiap orang pasti pernah merasa hampa hidupnya. Jadi, kamu tak perlu merasa paling menderita di dunia ini, tetapi kamu perlu berbagi perasaanmu tentu saja dengan orang yang mau mendengarkanmu dengan tulus.

Singkirkan rasa malu. Tidak ada yang salah dengan dirimu sebab perasaan hampa itu normal. Jadi tak perlu terlalu banyak memendam sebab memendam hanya akan menambah rasa hampa dalam dirimu.

4. Tingkatkan Kualitasmu Dalam Bidang yang Kamu Cintai

Meningkatkan Kualitas Diri
Meningkatkan Kualitas Diri

Tidak ada salahnya jika kamu bekerja di bidang yang tidak kamu cintai, masalahnya adalah jika kamu tidak belajar menumbuhkan cinta ke dalam pekerjaanmu. Jadi, apapun yang kamu kerjakan, landasannya harus cinta.

Dengan kata lain, kamu mencintai prosesnya, kamu menikmati pekerjaanmu dan bukan hanya fokus terhadap hasil. Saat kamu sudah mencintai pekerjaanmu dan menikmati segala proses dalam rutinitasmu sehari-hari, pasti hidupmu tidak akan terasa hampa lagi.

Selain itu, tetaplah meningkatkan kualitas di bidang yang kamu cintai. Tetaplah melakukan hobi dan minat yang kamu sukai, sebab hal-hal seperti itu akan membantumu untuk menjadi lebih produktif, sekaligus juga bisa menyembuhkan kehampaan di jiwa.

Jadilah lebih terhubung dengan dirimu sendiri, jangan berikan dirimu sekeping untuk yang ini dan sekeping lagi untuk yang itu, tetapi jadilah dirimu yang utuh untuk setiap hal yang kamu lakukan.

Nah, untuk hal yang satu ini, kamu bisa melatihnya dengan teknik mindfulness.

Baca Juga : 7 Cara Menikmati Pekerjaan Agar Hidup Tidak Mudah Stres

5. Temukan Keheningan dan Ketenangan Untuk Jiwamu

Menemukan Keheningan
Menemukan Keheningan

Perasaan hampa bukan berarti hati dan pikiran kita kosong, justru perasaan hampa itu menandakan bahwa jiwa kita penuh hanya saja semua hal yang memenuhi jiwa itu kehilangan maknanya. Mungkin kamu merasa bahwa pikiranmu begitu berisik dan tidak pernah tenang.

Jika kamu merasakan hal seperti ini, kamu perlu menenangkan diri dengan cara meditasi, beribadah dan berdoa. Meditasi dapat membantu kita untuk memahami perasaan hampa yang kita alami, sehingga nantinya kita tahu apa yang harus diubah dalam diri masing-masing.

Penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi atau mendapatkan keheningan selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi stress, kecemasan, depresi dan meningkatkan fungsi otak.

Atau cara lainnya kamu juga bisa mencoba berdoa kepada suatu kekuatan besar yang kamu yakini, namun berdoa dalam hal ini bukan soal meminta melainkan berterimakasih dan bersyukur.

Dalam doa syukur, kamu tak perlu mengucapkan kata-kata dari mulut, tetapi dari hati dan perasaan. Rasakanlah bagaimana kamu sewaktu bayi tidak mengetahui apa-apa, tidak memiliki apa-apa hingga bisa menjadi besar dan bertumbuh seperti sekarang ini.

Lalu rasakanlah bagaimana kasih sayang dan cinta Sang Pencipta yang begitu luas, juga karunianya yang tidak henti-hentinya diberikan kepadamu, lewat makanan yang kamu serap, lewat udara yang kamu hirup dan lewat pelajaran penting yang sudah kamu alami. Bersyukurlah untuk semuanya.

Coba pelajari juga : 4 Manfaat dan Potensi Dari Keheningan yang Selalu Kita Abaikan

Akhir Kata

Poin terakhir yang paling penting adalah kehampaan bisa jadi berasal dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Jika kita terjebak dalam kebiasaan yang kompulsif, maka wajar saja kita merasa hampa.

Maka, ubahlah kebiasaanmu dan jadikan waktumu lebih produktif. Pelan-pelan saja mengubahnya, jangan terlalu menyiksa diri juga. Sekianlah artikel tenang 5 cara mengatasi rasa hampa dalam hidup. Semoga bermanfaat!