in , ,

9 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Jenuh Dalam Bekerja

Jenuh Dalam Bekerja
Jenuh Dalam Bekerja

Bekerja dari pagi sampai sore bahkan saat lembur harus di kantor sampai malam. Rutinitas ini diulang – ulang setiap harinya. Tidak heran kalau kamu mulai ada rasa jenuh dengan pekerjaan.

Pekerjaan yang menumpuk, deadline yang padat, ditambah lagi masih banyak revisi. Rasa bosan dan stress semua kumpul jadi satu!

Wajar kalau sebagai karyawan kamu sedang ada di fase jenuh dengan pekerjaan kamu. Hampir semua orang pasti pernah merasakan hal ini.

Akan tetapi, jangan jadikan kejenuhan tersebut alasan untuk mengeluh. Apalagi sampai ada niatan untuk resign. Waduh, sebaiknya dipikirkan ulang!

Ketimbang berkutat dengan rasa jenuh kamu, lebih baik kamu menghilangkannya agar bekerja kembali nyaman dan produktif. Berikut cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja.

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Kamu Butuh Waktu Sendiri
Kamu Butuh Waktu Sendiri

Pekerjaan memang harus diselesaikan sesempurna mungkin. Kamu pun memberikan yang terbaik dan mengerjakannya dengan maksimal.

Tentu hal tersebut bagus, tetapi jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu untuk diri kamu sendiri. Ketika sudah mulai merasa jenuh,  mungkin terlalu fokus bekerja adalah salah satu alasannya.

Kalau sudah begitu, biasanya produktivitas jadi ikut menurun.

Dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan adalah hal yang baik apalagi kalau kamu ingin karirmu mencapai puncak. Namun harus tetap diingat kamu pun punya kehidupan pribadi yang tidak boleh diabaikan.

Ketika sudah mulai jenuh, rehatlah sejenak. Apresiasi dirimu sendiri yang sudah berhasil sampai di titik kamu sekarang ini.

Banyak minum air putih, makan makanan favoritmu, dan lakukan hal yang kamu suka di waktu luang kamu.

Baca Juga : 13 Tips Hidup Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja Bagai Kuda

2. Lakukan Hal Menyenangkan Saat Bekerja

Melakukan Hal Menyenangkan
Melakukan Hal Menyenangkan

Biar tidak jenuh saat bekerja, kamu bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya, bisa dengan mendengarkan musik kesukaan kamu di tengah kesibukan menyelesaikan deadline pekerjaan.

Buat mood kamu senang jadi bekerja pun tidak jenuh. Putar lagu yang membuat kamu semangat dari band favorit kamu. Selain itu, buka juga cemilan favorit kamu untuk menemani kamu bekerja.

Ketika sudah benar – benar penat, berhentilah sebentar lalu main game. Cari game – game santai yang bisa dimainkan agar membuat lebih rileks. Nonton video juga bisa memberikan kamu hiburan sejenak.

Intinya adalah buat waktu bekerja menjadi lebih menyenangkan tetapi juga tidak mengganggu konsentrasi.

3. Dekorasi Meja Kerja

Dekorasi Meja Kerja
Dekorasi Meja Kerja

Meja kerja kamu penting untuk diperhatikan karena menjadi tempat kamu bekerja setiap hari. Suasana yang itu – itu melulu bisa saja membuat kamu cepat jenuh saat bekerja.

Coba atur ulang meja kerja kamu agar terasa lebih nyaman. Mulai dari rapikan tumpukan kertas atau alat tulis yang berantakan, lalu sortir lagi apa yang perlu dibuang agar meja tidak penuh.

Dekorasi meja kerja kamu bila perlu. Letakkan hiasan agar meja jadi lebih cantik, seperti action figure kecil, bingkai foto, pot bunga, dan lain – lain.

Melihat tampilan baru yang lebih seru ketika bekerja pasti akan membuat mood kamu lebih baik.

4. Berpikir Positif

Selalu Berpikir Positif
Selalu Berpikir Positif

Apa yang membuat kamu jenuh? Tekanan yang berat? Pekerjaan yang banyak? Atau justru semua datang dari pikiran kamu sendiri.

Bisa saja semunya sebenarnya baik – baik saja hanya kamu yang terlalu membawa pekerjaan kamu sebagai beban. Hilangkan pikiran – pikiran semacam itu dan mulai berpikiran positif.

Hadapi pekerjaan yang datang secara santai. Dengan kemampuan yang kamu miliki, percayalah semua akan dapat kamu lewati dengan mudah.

Ketika rasa jenuh kamu mulai membuat kamu semakin tidak nyaman dalam bekerja, pahamilah bahwa kamu adalah orang yang beruntung. Kamu punya pekerjaan yang layak di saat di luar sana masih banyak yang ingin ada di posisi kamu.

5. Kurangi Lembur

Kurangi Lembur
Kurangi Lembur

Tidak ada yang salah dengan mengambil lembur. Akan tetapi, saat pikiran sedang lelah dan merasa ada di titik jenuh sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap lembur.

Kamu bisa saja malah jatuh sakit karena tubuh yang sudah terlalu lelah. Untuk menghindari lembur, kerjakan tugas kamu secepat mungkin atau dicicil keesokkan harinya.

Manfaatkan waktu libur akhir pekan untuk bersantai. Bisa dengan liburan atau menghabiskan waktu di rumah. Tidak perlu memikirkan pekerjaan untuk sejenak.

6. Sharing Dengan Rekan Kerja

Sharing Dengan Rekan Kerja
Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja

Pikiran yang mulai penat dapat menghambat pekerjaan karena jadi tidak fokus. Di saat seperti itu, mengobrol lah dengan teman kerja. Ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa bosan dalam bekerja.

Saat jam istirahat, sharing dengan mereka tentang pekerjaan atau hal – hal lainnya. Mungkin mereka mempunyai solusi untuk kejenuhan yang sedang kamu rasakan.

Bersosialisasi dengan teman kerja sangatlah penting. Misalnya di saat – saat seperti ini, kamu butuh bercanda agar menjadi lebih rileks. Apalagi setelah seharian di depan layar laptop kamu.

7. Nikmati Pekerjaan Kamu

Nikmati Pekerjaanmu
Nikmati Pekerjaanmu

Tanggung jawab pekerjaan adalah kewajiban yang harus diselesaikan. Meskipun begitu, jangan jadikan itu sebagai beban karena hanya akan membuat pekerjaan terasa berat.

Akhirnya, ini membuat perasaan kamu tertekan dan mulai timbul kejenuhan dalam bekerja.

Dibandingkan merasa terbebani, jadikan pekerjaan kamu sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Nikmati semua prosesnya sehingga dapat mengurangi kejenuhan yang kamu rasakan.

Segala masalah yang dihadapi agaknya akan selalu ada di setiap pekerjaan. Anggaplah hal tersebut proses kamu dalam mencapai kesuksesan karir ke depannya. Sukses butuh pengorbanan, bukan?

8. Tidur Malam Yang Cukup

Tidur Lebih Awal
Tidur Lebih Awal

Menjaga jam tidur kamu juga penting untuk dilakukan. Itu akan berpengaruh terhadap mood di pagi hari. Tak hanya itu, tidur malam juga berpengaruh pula terhadap kesehatan.

Hindari tidur terlalu larut bahkan untuk urusan pekerjaan. Kamu harus menghilangkan kebiasaan begadang yang mungkin kamu lakukan.

Sebaiknya lebih diatur lagi waktu pengerjaan tugas yang diberikan kepada kamu ketimbang harus mengerjakannya sampai begadang.

Kalau sudah begitu, pasti mood jadi berantakan dan lama – lama merasa jenuh hingga stress.

Tidur malam yang cukup adalah 5 – 8 jam dan itu sudah bisa membuat kamu merasa fresh keesokkan harinya. Jam tidur yang baik jam 10 atau 11 malam dan jangan sampai tidur di atas jam 12 malam.

9. Cari Tahu Penyebab Rasa Jenuh

Cari Penyebab Rasa Jenuh
Cari Penyebab Rasa Jenuh

Kejenuhan dalam bekerja memang kadang datang tiba – tiba. Akan tetapi tentu saja ada awal yang jadi pemicu rasa jenuh tersebut.

Coba identifikasi penyebab rasa jenuh yang kamu rasakan agar kamu bisa tahu apa yang perlu kamu lakukan.

Penyebabnya bisa bermacam – macam, mulai dari urusan pekerjaan seperti tugas yang banyak dengan deadline singkat sampai masalah rekan kerja bahkan gaji yang kamu terima.

Konsultasikan dengan atasan kamu kalau memang hal – hal tersebut yang jadi penyebabnya. Mungkin beliau bisa membantu permasalahan kamu.

Baca Juga : 7 Pertimbangan Ini Harus Kamu Pikirkan Sebelum Resign dari Pekerjaan

Demikianlah tips tentang bagaimana caranya untuk menghilangkan kejenuhan dalam bekerja. Pada dasarnya semua pekerjaan punya tantangan dan benefit yang berbeda – beda.

Jenuh dengan pekerjaan Itu tergantung bagaimana kamu sendiri yang menjalaninya. Ketiwka memang sudah dilanda rasa bosan, sebaiknya atasi dulu agar tidak menggangggu produktivitas kamu dalam bekerja.

Tidak mau kan kalau sampai dicap tidak profesional oleh rekan kerja bahkan atasan kamu? Semangat terus ya!

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.