in

Saatnya Mengatur Keuangan Pribadi, Lakukan 6 Hal Ini Agar Kantong Tak Jebol

Mengatur Keuangan Pribadi
Mengatur Keuangan Pribadi

Tidak semua orang ahli dalam mengatur keuangan pribadi. Khususnya bagi para generasi muda yang kini sudah mendapat sebutan sebagai generasi millenial. Banyak anak muda zaman sekarang yang suka menghabiskan uang untuk sekadar nongkrong bareng teman sampai melakukan perjalanan dalam rangka liburan.

Keahlian yang masih kurang dalam mengatur keuangan, tak jarang membuat seseorang kebingungan di akhir bulan. Pemasukan hanya ada di kisaran angka 3-5 jutaan perbulan, tapi pengeluaran bisa jadi melebihi pendapatan.

Intinya harus pintar-pintar sih dalam mengelola keuangan. Nah, buat kamu yang masih sering kebobolan, alias besar pasak daripada tiang, mungkin kamu bisa coba beberapa cara ini. Jangan sampai kantongmu gampang jebol lagi, ya!

1. Buat Daftar Rincian Pengeluaran Per hari

Membuat Daftar Rincian Pengeluaran Setiap Hari
Membuat Daftar Rincian Pengeluaran Setiap Hari

Sebagian orang mungkin malas membuat daftar rincian pengeluaran setiap hari, namun hal ini nyatanya bisa cukup membantumu dalam mengatur keuangan loh. Setidaknya kamu akan lebih tahu berapa rata-rata uang yang kamu habiskan dalam satu hari.

Kalau kamu sudah tahu berapa kisaran rata-rata pengeluaranmu per hari, kamu bisa memprediksi berapa uang yang kamu butuhkan dalam satu bulan.

Tak hanya itu, daftar rincian pengeluaran per hari juga bisa membantumu untuk bisa membatasi diri dalam menggunakan uang setiap harinya. Saat pengeluaran sudah mencapai jumlah yang cukup tinggi, kamu bisa lebih menahan diri untuk mengeluarkan uang lebih.

2. Tentukan Budget Maksimal Setiap Bulan

Menentukan Budget Maksimal
Menentukan Budget Maksimal

Cara kedua, kamu bisa mulai menentukan budget maksimal pengeluaranmu dalam satu bulan penuh. Kamu bisa menyesuaikan budget maksimal ini dengan jumlah gaji yang kamu terima dalam satu bulan.

Ingat ya, jangan sampai budget mu melebihi jumlah gajimu per bulan. Dengan menentukan budget maksimal, kamu bisa lebih menahan diri untuk menghabiskan uangmu.

Jangan lupa juga untuk merinci budget maksimal tersebut untuk beberapa hal. Misalnya, kamu bisa menentukan budget untuk jajan 500 ribu rupiah per bulan, budget makan 1 juta per bulan, jalan-jalan 500 ribu per bulan, dan begitu juga dengan kebutuhan lainnya.

3. Tabung Beberapa Persen dari Pendapatan Setiap Kali Gaji Cair, Jangan Nunggu Akhir Bulan

Tabung Beberapa Persen dari Gaji
Tabung Beberapa Persen dari Gaji

Tabungan sangatlah penting. Kamu juga harus mulai memikirkan tabungan masa depanmu bukan? Nah, tipsnya, jangan menabung di akhir bulan. Yang ada malah gajimu sudah ludes semua.

Kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung pada hari di mana kamu menerima gaji bulananmu. Dengan begitu, sisa uang yang tidak ditabung bisa kamu atur sedemikian rupa untuk kebutuhanmu dalam satu bulan.

Jika memang di akhir bulan masih ada sisa, kamu bisa masukkan juga sisa uangmu itu ke dalam tabunganmu.

Baca Juga : Sedang Mengumpulkan Biaya Pernikahan? 10 Hal Ini Wajib Diperhatikan

4. Kurangi Jadwal Nongkrong Bareng Kawan

Kurangi Jadwal Nongkrong
Kurangi Jadwal Nongkrong

Tidak bisa dipungkiri, keseringan nongkrong bareng teman juga bisa buat kantong jebol. Nah, untuk mengakalinya, kamu bisa mencoba untuk mengurangi jadwal nongkrongmu.

Kalau kamu kesulitan dalam menolak ajakan mereka, setidaknya kamu bisa mengurangi sedikit demi sedikit saja. Misalnya, jika biasanya kamu bisa nongkrong 3-5 kali dalam seminggu, kamu bisa mulai menguranginya menjadi 2-4 kali dalam bulan pertama.

Tenang saja, dengan merubah polanya secara perlahan, kamu pasti bisa melakukannya. Bukan langsung menghilangkan kebiasaan nongkrong ya. Kamu juga butuh berkumpul dengan teman-temanmu. Kamu hanya perlu menguranginya saja.

5. Masak Makanan Sendiri, Biar Lebih Hemat

Memasak Sendiri
Memasak Sendiri

Cara selanjutnya, agar pengeluaranmu tidak terlalu banyak, kamu bisa masak makanan sendiri. Selain lebih hemat, kamu juga bisa lebih mudah untuk mengatur asupan makananmu.

Kamu bisa memperbanyak konsumsi sayuran misalnya. Bukan hanya karena harganya yang lebih murah, tetapi juga karena kandungan serat dan gizi yang ada dalam sayuran sangat baik untuk tubuhmu.

Layaknya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui bukan? Kamu bisa lebih berhemat dan juga hidup lebih sehat tentunya.

6. Sebelum Pergi Belanja, Buat Daftar Belanjaan yang Dibutuhkan Terlebih Dulu

Membuat Daftar Belanjaan
Membuat Daftar Belanjaan

Terkadang saat kita belanja, kita seringkali lupa akan hal yang menjadi kebutuhan dan hal yang sekadar keiginan. Niatnya hanya belanja dua tiga barang saja. Tetapi saat sudah tiba di tempat belanja, seolah semua ingin dibeli. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama?

Nah, jika iya, kamu bisa mengakalinya dengan cara ini. Sebelum kamu berangkat untuk berbelanja, kamu bisa mencatat apa saja barang yang kamu butuhkan. Ingat, yang benar-benar kamu butuhkan ya, bukan sekadar kamu inginkan.

Sesampainya di tempat belanja, kamu harus fokus untuk mencari barang yang kamu butuhkan. Setelah itu, jangan tengok kanan kiri lagi. Langsung pulang saja agar kamu tidak tergoda untuk membeli barang yang lainnya.

7. Manfaatkan Fasilitas Gratis untuk Liburan

Memanfaatkan Fasilitas Gratis Untuk Hiburan
Memanfaatkan Fasilitas Gratis Untuk Hiburan

Yang terakhir, karena salah satu hal yang cukup menghabiskan uang adalah liburan, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Manfaatkanlah fasilitas liburan gratis yang tersedia. Misalnya taman, atau wisata alam gratis lainnya.

Tidak mungkin kan jika kamu tidak butuh yang namanya liburan setelah penat memikirkan segala pekerjaan yang tidak ada habisnya. Untuk lebih berhemat kamu bisa melakukan cara ini.

Jika memang kamu ingin pergi ke luar kota, kamu juga bisa banget menggunakan transportasi umum yang paling murah. Kamu bisa cek terlebih dulu harga tiketnya sebelum menentukan ingin menggunakan jenis transportasi yang mana. Setelah itu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas wisata gratis yang ada di kota atau daerah wisata tujuanmu.

Baca Juga : 7 Pemahaman Finansial Yang Sangat Penting Bagi Generasi Milenial

Mengatur keuangan memang bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Kamu hanya perlu belajar sedikit demi sedikit agar bisa ahli dalam mengatur keuanganmu sendiri. Dari semua cara di atas, kira-kira kamu sudah melakukan cara yang mana saja?

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.