in ,

5 Hal Yang Harus Diingat Saat Mengenalkan Pasangan kepada Keluarga

Mengenalkan Pacar Ke Orang Tua

Saat kamu sudah menjalani hubungan yang serius, maka sudah seharusnya kamu memperkenalkan pasanganmu kepada keluargamu, bukan? Bagaimana pun keluargamu harus tahu dengan siapa kamu menjalin hubungan dan seperti apa pasangan yang kamu jadikan pilihan.

Sejatinya restu keluarga sangatlah penting dalam menjalin sebuah hubungan. Sayangnya banyak anak muda zaman sekarang yang merasa takut untuk memperkenalkan pasangannya kepada orang tua mereka. Padahal orang tua pasti akan lebih merasa lega jika anaknya mau bersikap terbuka dan jujur tentang hubungan yang saat ini sedang dia jalani.

Meskipun orang tuamu adalah orang tua yang cukup tegas kepada anaknya, tidak ada salahnya kok kamu membawa pasanganmu ke rumah dan memperkenalkannya kepada orang tuamu. Jika kamu memperkenalkan pasanganmu dengan cara yang tepat, pasti orang tuamu bisa menerima pasanganmu dengan baik.

Nah, untuk kamu nih yang masih saja merasa takut mengenalkan pasangan kepada orang tua, kamu bisa melakukan 5 hal ini. Meskipun cukup sederhana, tapi pasti akan membuatmu lebih mudah memperoleh restu dari orang tuamu.

1. Cari Momen Baik untuk Memperkenalkan Pasanganmu pada Orang Tuamu

Perhatikan Suasana Hati Orang Tua
Perhatikan Suasana Hati Orang Tua

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari momen yang tepat untuk memperkenalkan pasanganmu kepada orang tuamu. Usahakan untuk mencari momen di mana suasana hati orang tuamu dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk meminimalisir adanya respon negatif dari orang tuamu.

Jika kamu tidak siap untuk membawanya langsung, kamu bisa mulai memperkenalkan pasanganmu dengan menceritakan terlebih dulu kepada mereka tentang siapa pasanganmu. Jangan lupa untuk menceritakan latar belakang yang dimiliki oleh pasanganmu.

Kamu bisa membawa pasanganmu untuk bertemu dengan orang tuamu jika kondisinya sudah memungkinkan. Dengan begitu orang tuamu bisa berkomunikasi langsung dengan pasanganmu dan menanyakan apa yang ingin mereka ketahui tentang pasanganmu secara langsung.

2. Sampaikan Kepada Orang Tuamu Tentang Alasanmu Menjalin Hubungan

Sampaikan Alasan Yang Tepat Kepada Orang Tua
Sampaikan Alasan Yang Tepat Kepada Orang Tua

Biasanya hal yang menjadi penyebab orang tua tidak mengizinkan anaknya pacaran adalah karena takut hal tersebut akan mengganggu anaknya dalam menuntut ilmu maupun mengejar karirnya.

Hal ini terjadi karena tidak banyak anak yang berani menjelaskan secara rinci alasan kenapa dia menjalin hubungan dengan pasangannya.

Sebenarnya, orang tua pasti bisa memberi pengertian jika kamu mau memberikan penjelasan yang jelas tentang alasanmu menjalin hubungan pacaran.

Mereka tidak akan langsung melarangnya tanpa alasan yang jelas. Terlebih jika kamu sudah memasuki usia dewasa, pasti orang tuamu akan lebih pengertian atas kondisi tersebut.

Masih bingung hubungan yang sehat itu seperti apa? Coba baca dulu 9 Gaya Pacaran Sehat Agar Langgeng Sampai ke Pernikahan.

3. Membuat Komitmen dengan Orang Tua Tentang Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Lakukan dalam Menjalin Hubungan

Membuat Kesepakatan Dengan Orang Tua
Membuat Kesepakatan Dengan Orang Tua

Hal lain yang juga harus kamu lakukan adalah membuat komitmen dengan orang tuamu.

Kamu bisa membuat perjanjian dengan orang tuamu tentang apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan selama kamu menjalin hubungan dengan pasanganmu.

Kamu harus bisa bersikap terbuka kepada orang tuamu. Dengan begitu orang tuamu akan lebih mudah dalam memberikan kepercayaan mereka kepadamu.

Selain itu, kamu juga harus meyakinkan orang tuamu bahwa kamu tidak akan menghabiskan semua waktumu untuk pasanganmu saja. Waktumu dengan pasangan tidak akan mengganggu aktivitas lainnya, termasuk kewajiban yang harus kamu selesaikan dan waktu bersama keluarga.

4. Membuktikan pada Orang Tua Bahwa Hubungan yang Jalani Memberi Pengaruh Positif dalam Dirimu

Membuktikan Bahwa Hubunganmu Berjalan Positif
Membuktikan Bahwa Hubunganmu Berjalan Positif

Setelah kamu mendapatkan restu dari kedua orang tuamu, ada baiknya kamu juga memberikan bukti kepada orang tuamu bahwa hubungan yang saat ini sedang kamu jalani dapat memberikan dampak positif dalam hidupmu.

Jadilah pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dan tunjukkan bahwa pasanganmu memang sosok yang layak untuk kamu perjuangkan.

Dengan begitu, orang tuamu pasti akan lebih tenang dan percaya bahwa hubungan yang saat ini kamu jalani dengan pasanganmu tidak hanya melulu tentang cinta, tetapi juga tentang saling memberi pengaruh positif untuk satu sama lain.

Jadi, berusahalah untuk menciptakan hubungan yang sehat. Baik kamu maupun pasanganmu harus tetap terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya untuk kemudian menunjukkan kepada orang tua kalian bahwa kalian tidak salah dalam memilih pasangan.

5. Menjaga Kepercayaan yang Sudah Orang Tuamu Berikan Kepadamu

Menjaga Kepercayaan Orang Tua
Menjaga Kepercayaan Orang Tua

Jika orang tuamu sudah memberikan kepercayaan kepadamu, maka kamu harus bisa menjaga kepercayaan itu dengan semaksimal mungkin. jangan sampai membuat orang tuamu kehilangan kepercayaan mereka kepadamu karena kamu tidak bisa menjaganya dengan baik.

Jangan mengecewakan orang tuamu yang sudah memberi amanat kepadamu. Saat kamu sudah berkomitmen untuk menjaga kepercayaan orang tuamu, maka kamu harus melakukannya dengan benar. Sekali saja kamu mengecewakan mereka, mungkin mereka akan sulit untuk kembali percaya kepadamu.

Apapun yang terjadi, jangan pernah mengecewakan kepercayaan orang tua yang sudah mereka berikan kepadamu hanya karena hubungan asmaramu saja. Berpikirlah tentang mana yang layak untuk lebih kamu prioritaskan.

Lalu bagaimana jika hubunganmu tidak direstui? Coba pelajari juga Hubunganmu Masih Belum Direstui, Cobalah Pegang Teguh Nasihat Ini.

Itu dia 5 hal yang harus kamu lakukan saat kamu memperkenalkan pasanganmu kepada orang tuamu. Jika kamu melakukan hal yang benar, pasti orang tuamu akan memberikan dukungan yang positif kepadamu. Tapi kamu pun jangan asal ya dalam memilih pasangan.

Ada baiknya sejak awal menjalin hubungan kamu memilih pasangan berdasarkan kriteria orang tuamu juga. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan restu. Jadi, intinya kamu juga harus hati-hati dalam memilih pasangan, jangan terlalu asal-asalan dan akhirnya membuat orang tuamu enggan untuk memberikan respon positif terhadap hubungan yang kamu jalani.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.