in , ,

5 Cara Ampuh Menghadapi Orang yang Tidak Kita Sukai

Cara Menghadapi Orang Yang Tidak Kita Sukai

Kadang hidup ini lucu. Ketika kita menyukai seseorang, dia malah bersikap cuek. Sebaliknya, ketika seseorang menyukai kita, kita malah bingung sendiri harus berbuat apa. Benarkah begitu? Nah, hal-hal seperti ini tidak hanya terjadi dalam urusan percintaan saja.

Bahkan dalam pertemanan juga, ketika kita ingin berteman dekat dengan seseorang, eh dia malah menjauh. Sebaliknya, kita terkadang juga begitu, dan begitulah seterusnya sampai akhirnya kita menemukan orang yang memang benar-benar tepat.

Namun sebelum kita menemukan seseorang yang benar-benar tepat untuk dijadikan sahabat atau pasangan hidup, biasanya kita akan melewati berbagai ujian seperti bertemu dengan orang-orang yang kehadirannya tidak pernah kita harapkan.

Nah, agar kita bisa naik level dan menyelesaikan ujian ini dengan baik, berikut ini 5 cara dalam menghadapi orang yang tidak kita sukai.

1. Cari Aktivitas Baru yang Bisa Mengalihkan Perhatianmu Darinya

Jika seseorang yang tidak kamu sukai itu adalah teman sekolah atau teman kampus, maka cara yang paling mudah untuk menghindarinya adalah menyibukkan dirimu dengan aktivitas baru yang tidak ia lakukan.

Ini bisa menjadi cara terhormat yang menjauhkanmu darinya tanpa harus menunjukkan ketidaksukaanmu kepadanya. Jika dia mengikuti kelas pagi, maka kamu berpindahlah ke kelas siang.

Atau jika memang terpaksa harus bertemu setiap hari, maka lakukanlah aktivitas yang kamu sukai di sekolah seperti membaca buku atau bermain dengan teman-teman lainnya yang membuatmu merasa lebih nyaman.

Sementara jika orang yang tidak kamu sukai itu adalah teman satu tongkrongan, maka kamu hanya perlu mengurangi interaksi dengannya untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Intinya, apapun yang kamu lakukan, kamu hanya perlu mengalihkan perhatian darinya. Sebab biasanya semakin kita tidak menyukai seseorang, maka semakin mudah ia mencuri perhatian kita. Maka, sibukkanlah dirimu dengan hal-hal yang penting saja.

2. Berusahalah Bersikap Tegas dan Jujur

Bersikap tegas dan jujur bukan berarti kamu harus secara balk-blakan mengatakan bahwa kamu tidak menyukainya atau tidak ingin bertemu dengannya. Bukan kejujuran seperti itu yang dimaksud sebab hal itu akan membuatmu terkesan sombong.

Kamu mungkin takut menyakiti perasaan orang yang tidak kamu sukai itu, tetapi alih-alih menghindar ada baiknya kamu menyatakan dengan jelas tentang hal yang membuatmu tidak suka kepadanya.

Kita tidak menyukai seseorang bukan secara tiba-tiba, pasti ada alasannya. Contohnya, kamu tidak menyukai seorang temanmu karena ia suka merendahkan dirimu di depan orang banyak. Daripada terus menghindar, ada baiknya kamu tegur dia seperti.

“Aku salut sama kamu. Karena kamu hebat sekali dalam merendahkan orang lain.” Ucapkan sambil tersenyum. Cara ini memang tidak secara langsung membuatnya sadar akan apa yang ia lakukan, tapi sesampai dirumah ia pasti akan memikirkan kata-kata yang kamu ucapkan tadi.

3. Kurangi Komunikasi

Ketika kamu tidak menyukai seseorang, maka jangan membohongi dirimu dengan berpura-pura memperlakukannya dengan baik. Terkadang kita rela membiarkan perasaan sendiri tersakiti demi menjaga perasaan orang lain, ini sungguh salah.

Jangan biarkan dirimu terjebak dalam perasaan yang tertekan, sebab hal itu bisa menurunkan tingkat kesejahteraan emosimu. Inilah kita perlu mengurangi komunikasi dengan mereka, karena ini juga demi kebaikan diri sendiri.

Namun bukan berarti kita harus benar-benar tidak bicara sama sekali dengan mereka, kita hanya mengurangi koneksinya saja. Jika ia bertanya suatu hal, jawablah sekedarnya dan jangan berbicara terlalu banyak.

Ketika kamu berbicara terlalu banyak kepadanya, itu bisa membuatnya berpikir bahwa kamu nyaman-nyaman saja dengannya. Sehingga akhirnya ia juga tidak sungkan lagi untuk lebih sering mengajakmu ngobrol. Kamu juga bisa mempelajari cara Menyikapi Emosi Negatif Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.

4. Tumbuhkan Perasaan Positif Dihatimu

Kamu mungkin tidak menyukainya dengan alasan-alasan tertentu, namun jangan biarkan ketidaksukaanmu terhadapnya menjadikan hatimu penuh dengan perasaan-perasaan negatif seperti iri, benci, dan dendam.

Sadari apa alasanmu tidak menyukainya dan dibagian mana kamu tidak menyukainya, sebab bagaimana pun setiap orang juga memiliki sisi baik. Tetaplah berteman dan tetaplah tunjukkan ekspresi yang positif saat bertemu dengannya.

Meskipun kamu harus mengurangi waktu berkomunikasi dengannya, itu bukan berarti kamu harus mengurangi perasaan positif dalam hatimu ketika berbicara dengannya. Tetaplah tunjukkan hal positif, hanya saja kurangi durasinya.

Jaga terus perasaan positif dalam hatimu seperti cinta kasih, rasa syukur, kedamaian dan ketentraman. Tidak menyukai seseorang bukan berarti kita harus menghilangkannya dari muka bumi ini, sebab ada banyak alasan positif mengapa kita bertemu dengan orang sepertinya.

5. Tetapkan Batasan ( Personal Boundaries }

Menetapkan batasan berlalu kepada setiap orang, bahkan dengan seseorang tercinta sekali pun kita masih perlu menetapkan batasan, apalagi dengan orang yang tidak kita cinta.

Membuat batasan dalam hubungan apapun sangat diperlukan, ini berarti kita memberi tahu orang lain bahwa ada batas-batas dalam diri kita yang tidak boleh mereka masuki.

Memang benar, berinteraksi dengan siapapun selalu memberikan kita pelajaran baru yang sangat berharga, bahkan orang yang tidak kita sukai pun juga ikut andil dalam proses pertumbuhan kita menjadi sosok yang lebih dewasa.

Namun meskipun begitu, kita perlu membatasi interaksi dengan orang lain terlebih dengan orang yang tidak kita sukai, sebab semakin intens interaksinya, semakin banyak pula toxic yang masuk ke dalam pikiran dan hati kita.

Buatlah batasanmu sendiri tanpa perlu persetujuan orang lain. Misal, ketika kamu dan dia memiliki proyek bersama, bekerja samalah dengan baik untuk kesuksesan proyek itu, tetapi setelahnya batasi komunikasi untuk hal-hal yang lebih intens.

Tentang batasan personal coba pelajari juga tentang Personal Boundaries.

Akhir Kata

Rasa tidak suka terhadap seseorang itu wajar, sebab memang tidak harus semua orang bisa membuat kita nyaman hingga suka kepadanya. Jangan salahkan dirimu karena tidak menyukainya, ikuti saja hatimu, seiring waktu semua akan berubah.

Entah dia yang berubah membuat kamu nyaman hingga akhirnya kamu jadi suka, atau keadaannya berubah dalam arti kamu dan dia terpisah begitu saja secara alami. Pada akhirnya, setiap hal akan menjadi pelajaran dan pengalaman saja, jadi nikmatilah apapun itu.

Orang-orang yang tidak kita sukai cenderung menjadi toxic dalam kehidupan kita. Beberapa artikel dibawah ini akan memberikanmu inspirasi lebih untuk menghadapinya.