in

8 Cara Menghadapi Sikap Istri yang Keras Kepala, Suami Jangan Mudah Terpancing Emosi

Istri Keras Kepala

Menjadi seorang suami yang memiliki peran sebagai pemimpin dalam rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Mengingat kamu harus mendidik istrimu menjadi istri yang baik dan juga ibu yang baik untuk anak-anakmu.

Karakter yang berbeda antara suami dan istri merupakan salah satu sumber masalah yang hampir selalu ada dalam rumah tangga. Perbedaan karakter inilah yang akhirnya memicu konflik dalam kehidupan berumah tangga.Terlebih jika kamu memiliki seorang istri yang keras kepala.

Terlepas dari perbedaan karakter yang ada antara suami dan istri, seorang suami tetap berkewajiban untuk membimbing istrinya menjadi pribad yang lebih baik dari sebelumnya. Kenapa?  Layaknya apa yang dibicarakan banyak orang, istri adalah cerminan dari suami sehingga suami memiliki kewajiban untuk mendidik istri dengan baik.

Jadi, ketika sang istri menunjukkan sikap keras kepalanya, suami tidaklah patut jika menghadapinya dengan emosi. Saat istri bersikap keras kepala, maka 8 hal inilah yang harus kamu lakukan sebagai seorang suami.

1. Mencoba Mencari Tahu Penyebab Sikap Keras Kepala Sang Istri

Mencari Tahu Penyebab Keras Kepala Istri
Mencari Tahu Penyebab Keras Kepala Istri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu alasan atau penyebab istrimu bersikap keras kepala. Kamu harus bisa mengenali akar permasalahannya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk berlaku bijak terhadap masalah tersebut.

Coba pikirkan kembali, apakah sikap keras kepala istrimu itu muncul karena kesalahan yang kamu perbuat atau tidak. Bisa saja justru kamulah yang membuat istrimu bersikap seperti itu. Jika memang kamulah yang salah, maka segeralah meminta maaf kepadanya.

Baca Dulu : 5 Alasan Pentingnya Perjanjian Pranikah Sebelum Menikah

2. Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Istri

Menjaga Komunikasi Yang Baik
Menjaga Komunikasi Yang Baik

Komunikasi adalah salah satu kunci suksesnya sebuah hubungan. Kamu harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan istrimu. Bersikap saling terbuka adalah salah satu cara untuk bisa membangun komunikasi yang baik.

Jangan memendam semua hal seorang diri. Ingatlah bahwa saat ini kamu sudah memiliki istri. Ketika kamu bersikap tertutup, justru kesalahpahaman yang akan sering datang dalam rumah tanggamu. Ujung-ujungnya, sikap keras kepala istrimu bisa lebih menjadi-jadi.

3. Tidak Menggunakan Bahasa yang Kasar untuk Mengingatkan Istri Ketika Melakukan Kesalahan

Tidak Menggunakan Bahasa Yang Kasar Dengan Istri
Tidak Menggunakan Bahasa Yang Kasar Dengan Istri

Jangan mudah mengeluarkan kata-kata yang kasar kepada istrimu. Usahakan untuk tidak menyinggung perasaannya. Gunakanlah kata-kata yang lebih halus untuk mengingatkan istrimu ketika dia melakukan sebuah kesalahan.

Dengan bersikap lebih lembut, istrimu tentu akan bersikap lebih tenang dan memahami maksud dari perkataanmu. Sebaliknya, jika kamu berbicara dengan bahasa yang kasar, istrimu akan lebih sakit hati dan bersikap lebih keras kepala.

4. Mempererat Hubungan Sebagai Pasangan

Mempererat Hubungan Suami Istri
Mempererat Hubungan Suami Istri

Ada yang bilang bahwa sikap pasangan saat masih pacaran akan berbeda dengan sikapnya setelah menikah. Hal ini memang sudah dirasakan oleh sebagian besar orang. Namun hal itu tidak selalu karena alasan yang buruk.

Terkadang tanggung jawab yang besar cenderung memaksa seseorang, khususnya suami untuk lebih giat bekerja demi keluarga sehingga waktu dan perhatiannya pada pasangan berkurang.

Untuk menghindari jarak antara suami istri yang semakin jauh, kamu harus mulai memikirkan cara agar hubunganmu dengan istrimu tetap dalam zona aman.

Kamu bisa memberinya kejutan-kejutan kecil atau perhatian yang lebih banyak dari biasanya kepada istrimu. Sebelum itu, coba baca juga 7 Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Istri Tercinta

Dengan memberikan perhatian yang lebih, perlahan sikap keras kepala istrimu pasti bisa kamu atasi.

5. Bersabar dalam Menghadapi Sikap Keras Kepala yang Dimiliki Istri

Bersabar Menghadapi Sikap Keras Kepala Istri
Bersabar Menghadapi Sikap Keras Kepala Istri

Mungkin saja sikap keras kepala istri muncul karena alasan tertentu. Adakalanya sikap ego istri meningkat karena faktor lelah atau faktor lainnya. Kamu harus bisa memakhlumi hal tersebut.

Sebagai suami, kamu harus bisa lebih bijak untuk menghadapi sikap istrimu. Kamu harus bisa mengimbangi sikap keras kepalanya dengan sabar agar tidak terjadi konflik yang lebih besar dalam rumah tanggamu.

6. Memberi Istri Kesempatan untuk Berbicara

Memberi Waktu Istri Berbicara
Memberi Waktu Istri Berbicara

Ketika istrimu mulai menunjukkan sikap keras kepalanya dan ingin untuk didengarkan setiap perkataannya, lebih baik kamu diam saja. Berikan dia kesempatan untuk mengungkapkan apa yang ingin dia sampaikan kepadamu.

Jangan pernah sekali-kali memotong pembicaraannya saat dia sedang dalam keadaan yang kurang stabil. Biarkan dia menyelesaikan apa yang dia ingin ungkapkan. Jika dia sudah terlihat lebih tenang, barulah kamu bisa menyampaikan tanggapanmu tentang apa yang sudah kamu dengar dari istrimu.

Terkadang istri bersikap keras kepala karena ingin mendapat perhatianmu. Dia juga ingin didengarkan. Hal inilah yang jarang disadari oleh suami.

7. Jangan Menggunakan Nada Bicara yang Tinggi Saat Istri Emosi

Tidak Menggunakan Nada Yang Tinggi
Tidak Menggunakan Nada Yang Tinggi

Kondisi istri saat menunjukkan sikap keras kepalanya adalah kondisi yang cukup sensitif. Kamu perlu berhati-hati dalam menghadapinya. Jangan sampai niatmu untuk meredam keras kepalanya menghasilkan hal yang sebaliknya.

Sensitivitas yang tinggi membuat istri cenderung lebih mudah tersinggung saat sedang emosi. Usahakan untuk tidak menggunakan nada bicara tinggi saat menghadapi istrimu yang bersikap keras kepala.

8. Tidak Ikut-ikutan Bersikap Keras Kepala

Tidak Ikut-Ikutan Bersikap Keras Kepala
Tidak Ikut-Ikutan Bersikap Keras Kepala

Bagaimana kondisi bisa membaik jika kamu justru ikut bersikap keras kepala seperti istrimu. Salah satu dari kalian harus rela mengalah. Jika terlihat istrimu sudah tidak bisa mengalah, maka kamu yang harus menjadi pihak yang mengalah.

Selesaikan segala masalah dengan kepala yang dingin. Cobalah untuk lebih tenang dan kontrol emosimu sendiri. Dengan begitu, sikap keras kepala istrimu pasti akan lebih mudah mereda.

Baca Juga : Cara Membuat Hubungan Pernikahan Suami-Istri Semakin Kuat

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja hal yang harus kamu lakukan untuk menghadapi sikap keras kepala istrimu? Mulai sekarang jangan hanya mengandalkan ego dan emosimu saja saat menghadapi sikap keras kepala istrimu itu. Kamu harus lebih bijak dalam bersikap sebagai suami.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.