in ,

5 Cara Menghibur Teman yang Sedang Menderita Putus Cinta

Ketika melihat teman sedang galau karena putus cinta atau sedih karena kehilangan seseorang, tentu kita sebagai teman ingin melakukan sesuatu untuk menghiburnya.

Memang kita tidak mengalami apa yang dia alami, tetapi sebagai teman yang baik kita pasti bisa merasakan sakit yang ia rasakan. Lebih menyedihkan lagi ketika tahu bahwa kita tidak akan mampu menghilangkan rasa sakit yang dialaminya.

Mungkin kamu bingung harus memberi nasehat apa yang tepat untuk teman yang sedang putus cinta, mungkin bingung harus bersikap seperti apa mendengarkan curhat teman yang sedang galau, dan mungkin kamu takut salah mengambil sikap.

Nah, berikut adalah 5 cara menghibur teman yang sedang putus cinta.

1. Memeluknya, Berada Di sampingnya Menjadi Pendengar

Mendengarkan Keluh Kesahnya
Mendengarkan Keluh Kesahnya

Tak perlu bingung harus berbuat apa, tak perlu juga membebani diri sendiri dengan berusaha menjadi malaikat penolong bagi teman yang sedang putus cinta, sebab tugas kita hanyalah berada di sampingnya.

Apa yang mereka butuhkan disaat sedih adalah seorang teman yang setia berada disampingnya, untuk menjadi pendengar yang baik dan memeluknya ketika dibutuhkan.

Sebab teman kamu yang sedang putus cinta perlu mengekspresikan perasaannya, ia perlu mencurahkan segala isi hatinya, jadi tugas kita adalah mendorongnya untuk meluapkan itu semua.

Jadilah pendengar yang baik ketika teman sedang bercerita, sebab hal itu sudah cukup menjadi penghibur baginya. Bahkan mungkin ia tidak berharap apapun, kehadiran kita saja sudah cukup berarti baginya.

Maka jika kamu merasa dia berusaha memendam kesedihan, beritahu padanya bahwa hal itu hanya mempersulit dirinya sendiri. Beritahu bahwa kamu bisa dipercaya dan bisa menjadi pendengar yang baik baginya.

2. Tunjukkan Bahwa Kamu Empati

Menunjukkan Empati
Menunjukkan Empati

Jangan langsung memberinya nasehat dan jangan pula menyalahkan dirinya sebab hal itu tidak akan membantunya menjadi lebih baik. Hal yang perlu kamu tunjukkan adalah sikap empati, bahwa kamu turut bersedih melihat dirinya.

Alih-alih menghakimi teman yang sedang putus cinta, alangkah baiknya kita mengatakan hal-hal yang membuatnya merasa lebih tenang. Beritahu dia bahwa kamu tahu bagaimana rasa sakit yang ia rasakan.

Selain itu jangan pula memburuk-burukkan mantannya sebab hal itu hanya membuat ia semakin menyesal. Terlebih lagi hal ini akan membuat hatinya semakin penuh dengan rasa benci terhadap dirinya sendiri.

Satu hal yang harus menjadi fokus saat menghadapi teman yang curhat tentang mantan adalah memberitahunya tentang kemungkinan yang ada di masa depan, bukan menyesali apa yang sudah berlalu.

3. Mengecek Kabarnya Secara Berkelanjutan

Memantau Secara Berkelanjutan
Memantau Secara Berkelanjutan

Putus cinta bisa membuat luka yang mendalam dan tidak mungkin sembuh dalam satu malam, maka sebagai teman yang baik kita perlu menanyakan kabarnya secara berkelanjutan.

Jika hari ini ia curhat tentang kesedihan putus cintanya, maka esok coba tanyakan lagi bagaimana kabarnya. Misal, Hai, apa kabar hatimu? sudah membaik? Pertanyaan sederhana seperti ini akan membuatnya tahu bahwa kamu peduli.

Selain itu ingatkan dia bahwa kamu selalu ada kapan pun untuknya dan siap menemaninya melewati masa-masa sulit pasca putus cinta. Cara ini akan membuatnya sedikit terhibur mengetahui bahwa dia tidak sendirian.

Ada baiknya kamu menghubungi teman yang sedang putus cinta lebih dulu, tanyakan bagaimana perasaannya dan jika kamu merasa dia sudah siap menerima nasehat, berikanlah kata-kata motivasi yang bisa membantunya bangkit.

Lalu di akhir setiap obrolan atau setiap akhir pertemuanmu dengannya, ingatkan lagi bahwa kamu selalu ada untuknya sampai ia benar-benar move on.

4. Tawarkan Sesuatu yang Bisa Membuatnya Merasa Lebih Baik Tanpa Merepotkan Dirimu Sendiri

Tawarkan Sesuatu Yang Membuatnya Lebih Baik
Tawarkan Sesuatu Yang Membuatnya Lebih Baik

Setelah beberapa hari atau seminggu berlalu, kamu boleh mengajak dia pergi liburan atau melakukan sesuatu yang bisa membuatnya lebih rileks sejenak.

Jika hal itu tidak memungkinkan maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menawarkan hal-hal kecil yang bisa membuatnya merasa lebih baik. Mungkin kamu bisa menawarkan bantuan untuk mengerjakan sesuatu atau kejutan kecil seperti membelikan makanan kesukaannya.

Namun meskipun kamu ingin menghibur teman yang sedang putus cinta, tetaplah memberi batasan untuk hal-hal yang tidak mampu kamu lakukan. Kamu bisa menawarkan bantuan-bantuan kecil, namun sampai berlebihan juga.

Semisal, katakanlah mereka menginginkan kehadiranmu disaat jam-jam sibuk, maka kamu bisa menegaskan kepadanya dengan mengatakan seperti

“Aku senang menjadi pendengar bagimu, aku senang membantu kamu, tetapi mari kita berbicara nanti setelah aku selesai bekerja. Jaga dirimu baik-baik.”

5. Membantunya Fokus Pada Pertumbuhan Pribadi

Membantunya Fokus Pada Pertumbuhan Pribadi
Membantunya Fokus Pada Pertumbuhan Pribadi

Mungkin ke-empat poin yang sudah dijelaskan tadi sudah cukup menghibur teman yang sedang putus cinta, namun tidak cukup jika kita hanya membuatnya terhibur, kita juga perlu membantunya agar tidak terjebak di masa lalu.

Maka tugas kita sebagai teman adalah mengingatkan mereka agar fokus pada pertumbuhannya ke arah yang positif. Beritahu ia untuk tidak terlalu berlarut-larut dalam kesedihan sebab hal itu hanya akan menghalangi dirinya sendiri bertumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Sarankan ia agar lebih banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya seperti membaca buku yang berkaitan dengan masalahnya atau mencari suatu pencerahan yang bisa membukakan pikirannya.

Namun jika mereka belum bisa bangkit, jangan terlalu memaksanya. Kita juga harus mengerti bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah, maka bersabarlah hingga ia benar-benar siap untuk melangkah lagi.

Baca Juga :

Entah ini terjadi pada teman kita atau langsung mengalaminya sendiri, pada intinya putus cinta selalu menjadi pengalaman yang buruk, namun dibalik itu semua pasti ada hal-hal baik yang bisa membuat kita lebih bertumbuh.

Setiap orang yang menjalin hubungan asmara pasti pernah mengalami putus cinta, maka kita harus menerima hal ini sebagai resiko yang pasti terjadi sehingga kita tidak berlarut-larut meratapi kesedihan. Sekianlah artikel tentang 5 cara menghibur teman yang sedang patah hati. Semoga bermanfaat!