7 Pilihan Relaksasi Yang Dapat Menghilangkan Capek Setelah Bekerja

Kelelahan yang anda alami dapat memicu berbagai macam penyakit pada tubuh seperti sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot.

Rima Mustika Rima Mustika · 4 min read >
Menghilangkan Capek Setelah Bekerja

Seringkali pekerjaan dan kegiatan kita sehari-hari membuat kita lelah. Pikiran yang melayang ke segala urusan membuat kita menjadi tidak fokus menjelang sore hari. Rasa ingin cepat sampai di rumah dan segera istirahat membayangi anda setiap hari. Berharap akhir pekan segera tiba untuk dapat menikmati hari-hari di luar pekerjaan.

Kelelahan yang anda alami dapat memicu berbagai macam penyakit pada tubuh seperti sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot. Hal ini dapat mengakibatkan anda menjadi lebih mudah untuk marah dan pikiran tidak dapat santai. Hal kecil rasanya selalu bisa membuat anda merasa terganggu.

Ketika anda tersadar bahwa anda harus melakukan sesuatu untuk melepaskan rasa lelah baik fisik maupun non-fisik ini, anda tentu memikirkan hal apa yang anda sukai untuk dapat melepaskan rasa lelah setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Tentunya dari beberapa pilihan tersebut ada sebagian yang memerlukan biaya lebih.

Nyatanya ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan atau tanpa biaya tambahan yang menggunung. Beberapa alternatif mungkin memerlukan biaya tetapi dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tergantung pemakaiannya.

Beberapa hal ini dapat anda lakukan di rumah untuk dapat membantu melepaskan rasa lelah anda setelah seharian berada di hiruk pikuk aktivitas.

1. Mandi Air Hangat

Mandi Air Hangat
Mandi Air Hangat

Salah satu cara untuk dapat memberikan rasa rileks kembali adalah dengan mandi air hangat. Mandi dengan air hangat selepas kerja mampu memberikan efek positif tersendiri bagi tubuh.

Dengan mandi air hangat terdapat beberapa manfaat yang berdampak baik bagi tubuh anda. Efek yang didapatkan dengan mandi air hangat adalah mampu menyembuhkan flu dan sakit kepala.

Uap dari air hangat ini dapat menjadi dekongestan alami bagi tubuh anda. Sakit kepala yang anda rasakan juga dapat berkurang dengan air hangat ini. Karena air hangat tersebut dapat membantu mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh yang memberikan efek meringankan sakit kepala. Selain itu mandi dengan air hangat juga dapat melemaskan otot-otot tubuh yang kaku, tegang atau bahkan nyeri.

Manfaat lain mandi dengan air hangat yakni dapat mengurangi stres dan cemas. Ada penelitian yang mengatakan bahwa air hangat cenderung panas dapat merangsang otak untuk menghasilkan hormone oksitosin.

Hormone ini akan membantu anda merasa lebih senang dan positif. Yang menarik, mandi air hangat ternyata juga ampuh untuk membantu seseorang yang terkena insomnia atau gangguan tidur tertentu.

2. Berendam dengan Bath Salt

Bath Salt
Bath Salt

Selain mandi dengan air hangat seperti biasa, anda juga dapat berendam dengan bath salt yang di campurkan dengan air hangat. Bukan sembarang garam yang dapat anda ambil dari dapur ya.

Bath salt adalah garam khusus yang diproduksi untuk dapat digunakan dengan cara mencampurkan air ke dalamnya. Manfaat dari menggunakan bath salt ini juga beragam. Misalnya mengeluarkan racun dari tubuh dengan menarik ion positif ke dalam tubuh.

Berendam dengan bath salt juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan nyeri otot. Bath salt akan memberikan bantuan berupa menenangkan nyeri sendi dan meringankan kejang pada otot. Manfaat lainnya dari bath salt adalah membantu meredakan stres yang akan menenangkan saraf dalam tubuh.

3. Menyalakan Aromaterapi

Menyalakan Aroma Terapi
Menyalakan Aroma Terapi

Manfaat aromaterapi sudah tidak diragukan lagi. Efek calming yang diberikan mampu membuat kita merasa lebih rileks. Ternyata tidak hanya memberikan efek rileks saja, namun juga dapat digunakan sebagai anti-depresan.

Aromaterapi yang dinyalakan dan dihirup dapat meningkatkan energi dengan cara meningkatkan sirkulasi darah. Aromaterapi juga dapat menciptakan suasana menjadi lebih nyaman di dalam rumah.

Tidak hanya itu, menghirup aromaterapi juga dapat mengurangi stres dan cemas. Jika anda sering tidak dapat tidur di malam hari, cobalah untuk menyalakan aromaterapi ini. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi gangguan tidur atau insomnia sehingga tidur kita menjadi lebih berkualitas.

Rasa lelah yang anda alami juga dapat berkurang jika menghirup aromaterapi. Selain itu aromaterapi dikatakan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, infeksi, sakit kepala hingga nyeri pada tubuh.

Baca Juga : 10 Pilihan Aromaterapi Untuk Rileksasi, Cara Ampuh Hilangkan Stres

4. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Merendam Kaki Dengan Air Hangat
Merendam Kaki Dengan Air Hangat

Kaki yang digunakan untuk bergerak sehari-hari juga memerlukan perhatian ekstra. Umumnya rasa lelah dirasakan kuat pada kaki setelah seharian beraktivitas. Suhu yang dianjurkan untuk merendam kaki juga sebaiknya hangat, bukan dengan air hangat yang cenderung panas.

Merendam kaki dengan air hangat dapat membantu melonggarkan persendian kaki. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan atau rasa sakit yang dialami.

Selain itu kaki yang direndam dengan air hangat pada malam hari dapat menguatkan ginjal dan membuat tidur lebih nyenyak. Pembuluh darah dapat terbuka dan lancar yang dapat membantu mengurangi rasa lelah sehari-hari. Efek lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Lakukan dengan dibarengi pijatan ringan pada kaki. Perlu diketahui bahwa merendam kaki sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki riwayat penyakit jantung akut, diabetes, dan darah rendah. Selain itu sebaiknya tidak dilakukan pada saat kondisi sedang terlalu lapar atau terlalu kenyang.

5. Minum Minuman Hangat

Minum Minuman Hangat
Minum Minuman Hangat

Setelah memberikan treatment pada tubuh dengan air hangat, tidak ada salahnya jika sekarang anda memanjakan tubuh dari dalam dengan minum air hangat. Manfaat dari meminum air hangat ini cukup banyak. Air hangat dapat membantu memperlancar metabolism tubuh yang berdampak pada penurunan berat badan.

Selain itu minum air hangat dapat membantu meringankan hidung tersumbat karena flu, demam, batuk hingga radang tenggorokan. Uap dari air hangat yang di minum dapat memberikan efek rileks dan meringankan hidung yang sedang tersumbat.

Bagi perempuan yang sedang nyeri haid, minum air hangat dapat membantu menenangkan otot perut yang nyeri dan kaku. Detoksifikasi tubuh juga dapat dilakukan dengan minum air hangat karena tubuh akan berkeringat dengan sendirinya. Minum air hangat juga dapat membantu membersihkan tubuh sehingga jerawat dan infeksi berkurang.

Sirkulasi darah menjadi lancar dan jantung juga menjadi lebih sehat dengan minum air hangat. Usus dalam perut dapat mudah untuk buang air besar karena air hangat dapat memicu pergerakan usus tersebut dan makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih mudah untuk dicerna. Tidak ada lagi sembelit yang dialami dan racun dalam tubuh ikut dibersihkan.

Anda juga dapat meminum teh atau jahe hangat. Air hangat juga dapat memberikan efek psikologis yang menenangkan sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan sakit kepala atau migraine juga berkurang.

6. Mendengarkan Musik Klasik

Mendengarkan Musik Klasik
Mendengarkan Musik Klasik

Hal lain yang dapat dilakukan di rumah untuk dapat melepaskan rasa lelah dan mendapatkan efek rileksasi lainnya adalah dengan mendengarkan musik klasik.

Dengan mendengarkan music klasik anda dapat merasakan manfaatnya antara lain meningkatkan produktivitas, meringankan rasa nyeri tubuh, membantu seseorang untuk dapat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, menurunkan stres, menstabilkan detak jantung, menurunkan tekanan darah dan membantu proses penyembuhan bagi yang sedang sakit.

Efek yang didapatkan oleh tubuh ketika mendengarkan musik klasik adalah menenangkan tubuh, menstabilkan pernafasan.

Karena musik klasik dapat menstimulasi otak untuk melepaskan endofrin sehingga tubuh menjadi rileks dengan sendiri nya. Musik klasik dapat membantu seseorang lebih emosional dalam mengekspresikan sesuatu.

Selain itu mendengarkan musik klasik juga dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang dan mengurangi kecemasan dengan cara menurunkan kadar kortisol dalam tubuh sehingga menjadi lebih santai.

7. Tidur

Tidur Untuk Relaksasi
Tidur Untuk Relaksasi

Setelah mandi dengan air hangat dan minum air hangat, saatnya kita memanjakan diri dengan mengistirahatkan tubuh. Tidur merupakan cara untuk beristirahat yang umum dilakukan. Ternyata tidur tidak serta merta hanya sebatas tidur saja.

Manfaat dibalik tidur berkualitas yang cukup juga bermacam-macam. Tidur yang cukup sesuai kebutuhan usia dapat meningkatkan mood lebih baik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengeluarkan senyawa sitokin.

Tidur yang cukup juga mampu membantu meningkatkan daya ingat, mengurangi nyeri pada tubuh, hingga dapat membantu menjaga berat badan. Selain itu tidur yang cukup dapat mengurangi stres dan membantu proses penyembuhan.

Baca Juga : 8 Aplikasi Yang Membantu Melacak dan Menganalisa Kualitas Tidur

7 pilihan relaksasi yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah ini ternyata memberikan manfaat lain yang turut hadir, tidak hanya merasa rileks saja. Tidak lupa sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing ya. Selamat mencoba rileksasi di rumah. Semoga selalu sehat.

Rima Mustika
Psychology and art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee. Read Full Profile