in

5 Cara Menghilangkan Cinta yang Berlebihan Kepada Pacar

Menghilangkan Cinta Yang Berlebihan

Mencintai seseorang secara berlebihan adalah fenomena umum yang sudah lama terjadi, bahkan sejak jamannya Layla & Majnun: yaitu sebuah kisah klasik dari masa lampau tentang dua orang yang saling jatuh cinta sebegitu hebat hanya saja tidak direstui orang tua.

Namun semua orang tahu betapa gilanya cinta Majnun! Ia mencintai Layla sampai ajal menjemputnya. Nah, hanya saja di era kini cinta yang seperti Layla Majnun sudah bukan jamannya lagi.

Seiring kemajuan pola pikir kita semakin sadar akan artinya mencintai diri sendiri, sehingga kita tidak hanya menjadi tabah melihat kenyataan yang ada tetapi berusaha membuatnya menjadi lebih baik.

Jika kamu sedang mencari cara mengurangi atau menghilangkan rasa cinta kepada pacar agar hidupmu lebih baik, simak penjelasan berikut!

1. Belajarlah Menempatkan Cinta Ditempat yang Tepat

Belajarlah Menempatkan Cinta
Belajarlah Menempatkan Cinta

Jika dengan mencintai seseorang secara berlebihan dapat menumbuhkan dirimu kearah yang lebih baik, maka apa masalahnya? Lanjutkan saja. Sebab memang begitulah hakikat cinta, menyerap dan menebarkan energi positif.

Namun jika cinta sudah mulai membuat dirimu berperilaku buruk,gila dan tidak terkendali, mungkin sudah saatnya untuk berhenti. Karena hal itu sudah jauh dari hakikat cinta yang sebenarnya.

Sejak masa lampau orang-orang sering bertanya “Apalah arti hidup tanpa cinta?”, memang tiada artinya hidup jika tak ada cinta. Namun apalah artinya mencintai jika hal itu membuat dirimu kesulitan sendiri?

Maka sangat penting bagi kita semua untuk mulai belajar menempatkan cinta di tempat yang tepat agar tidak membuat hidup menjadi rumit dan sulit. Cinta didalam hatimu sangatlah besar dan kamu harus cerdas untuk membaginya kepada banyak hal.

Artinya, jangan memberikan seluruh cinta yang ada dalam hatimu hanya untuk satu orang saja, sebab hal itulah yang membuat dirimu menjadi gila. Coba lihat sekitar, lihatlah dunia, ada banyak hal yang membutuhkan cintamu.

2. Sadari Bahwa Semua Manusia Memiliki Kelemahan

Sadari Bahwa Manusia Memiliki Kelemahan
Sadari Bahwa Manusia Memiliki Kelemahan

Kamu mungkin masih sering terbayang pada tawa dan kesenangan yang engkau bagikan bersama orang tercinta. Namun sekarang juga, bisakah kamu bayangkan kelemahannya atau hal-hal buruk ketika kamu bersamanya?

Setelah kamu sudah bisa membayangkan keburukannya, maka otomatis kamu sudah memiliki alasan untuk berhenti mencintainya dan fokuslah pada apa yang membuatmu mengambil keputusan itu!

Pikirkan tentang bagaimana kasarnya dia terhadap kamu, membuatmu malu di depan teman-temanmu atau kesalahan-kesalahan lainnya yang sulit untuk kamu tolerir.

Namun jangan pernah berpikir untuk membencinya. Ingat, kamu hanya perlu belajar menempatkan cinta ditempat yang tepat, bukan membenci. Dan ingat, semua manusia memiliki kelemahan maka wajar saja jika seseorang yang begitu kamu cintai justru malah menyakitkan hati.

3. Batasi Dirimu, Beri Ruang Untuk Dirimu dan Dirinya

Memberi Ruang
Memberi Ruang

Kata orang cinta itu datangnya dari mata lalu turun ke hati. Jika hal itu memang benar adanya, maka untuk berhenti mencintai seseorang kita perlu mengontrol mata agar tidak melihat orang tercinta.

Jadi bukan hanya sekedar tidak bertemu saja, tetapi bahkan kamu tidak boleh sekalipun melihatnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Terlebih di era teknologi sekarang, kita bisa melihat siapapun yang ingin dilihat lewat media sosial.

Maka jika kamu masih berteman dengannya di media sosial, sekarang juga berhentilah mengikutinya atau cara yang lebih baik: BLOKIR!

Cara ini mungkin terlihat kejam, kekanak-kanakan atau mungkin juga terlihat seperti membodohi diri sendiri. Namun tujuan dari semua ini bukanlah untuk saling bermusuhan atau saling benci, tetapi agar kamu lebih mudah menghilangkan rasa cinta yang berlebihan kepadanya.

Setelahnya, jika kamu merasa ada kepentingan dengannya atau jika kamu merasa berteman jauh lebih baik daripada tidak berteman, maka silahkan. Asalkan hal itu tidak lagi mengganggu pikiranmu dan tidak mengurangi produktivitas kamu.

Nah, pasti kamu jadi dilema, kan? Kalau begitu pikir-pikir saja dahulu dengan menjawab pertanyaan berikut:

“Manakah yang lebih kamu jaga, cintamu atau kehidupan pribadimu?”

“Manakah yang lebih kamu kejar, cintamu atau cita-citamu?”

“Dan manakah yang harus kamu penuhi lebih dulu, cintamu atau kebutuhanmu untuk hidup?”

Jika kamu sudah yakin untuk lebih memprioritaskan impian dan diri sendiri daripada orang lain, maka blokir dia di media sosial dan jangan bertemu dengannya lagi dalam waktu yang lama.

4. Belajar Mencintai Diri Sendiri

Belajar Mencintai Diri Sendiri
Belajar Mencintai Diri Sendiri

Kemungkinannya adalah seseorang yang tercinta selalu masuk dalam pikiran kamu setiap saat. Untuk menghilangkannya, kamu perlu melatih diri dalam bermeditasi.

Meditasi adalah sebuah alat yang bisa menjernihkan pikiran kita dari berbagai macam gangguan yang datang dari luar. Tentukan waktu setiap hari untuk duduk rileks, menutup mata dan fokus pada napas yang keluar-masuk.

Ingatlah, musuh terbesar adalah dirimu sendiri, yaitu pikiran dan perasaanmu. Maka tak perlu fokus pada hal-hal yang ada diluar dirimu, sebab jika kamu sudah berhasil mengendalikan emosi dan pikiranmu maka semua masalah yang datang dari luar akan lebih mudah untuk diatasi.

Nah, setelah kamu berhasil menjernihkan pikiran dari hal-hal yang negatif, maka secara otomatis energi positif akan berkumpul di dalam dirimu sehingga kamu merasa lebih ringan, bebas dan nyaman.

Jika kamu sudah berada di fase ini, maka akan lebih untuk mencintai diri sendiri. Artinya kamu sudah berdamai dengan hatimu akan hal-hal yang selama ini merugikan dirimu sendiri.

Cara ini akan sangat efektif untuk menghilangkan rasa cinta yang berlebihan kepada pacar, sebab pada akhirnya kamu akan memiliki pola pikir yang kuat bahwa dirimu sangat berharga sehingga perlu dirawat dan dijaga agar tidak rusak.

5. Bentuk Dunia Seindah yang Kamu Mau

Membentuk Dunia Yang Kamu Inginkan
Membentuk Dunia Yang Kamu Inginkan

Proses menghilangkan cinta yang berlebihan butuh waktu yang panjang dan menyulitkan, bisa jadi akan ada tantangan yang berasal dari dirimu sendiri, seperti ingin kembali padanya lagi.

Maka untuk tidak menjadikan hidupmu dan pikiranmu semakin berantakan, kamu perlu membentuk kebiasaan yang lebih baik.

Isilah waktumu dengan berbagai hal positif seperti membaca buku yang menambah wawasan, pergi liburan atau menghabiskan beberapa malam untuk nge-camp, atau sekadar ngopi lalu berbincang untuk menerima saran dari orang-orang yang kamu anggap positif.

Pada intinya, apapun yang ingin kamu lakukan, bentuklah kehidupanmu seindah yang kamu mau. Jangan biarkan dirimu tenggelam dalam emosi negatif yang bisa menghancurkan mood kamu setiap waktu.

Saat kamu sudah berhasil membentuk dunia yang indah, maka akan lebih mudah bagi dirimu untuk mencintai kehidupan yang kamu jalani. Cara ini tentu saja akan membantu kamu untuk menghilangkan perasaan yang berlebihan pada seseorang.

Pelajari Juga Artikel Tips Hubunga Yang Sehat Lainnya Berikut Ini:

Cinta yang berlebihan kepada seseorang bisa jadi berasal dari kurangnya kepedulian terhadap diri sendiri. Ditambah lagi, kita memiliki budaya populer yang menjunjung tinggi cinta romantisme sehingga besar sekali peluang bagi kita menjadi seorang budak cinta.

Sekarang jika kamu ingin hidupmu menjadi lebih damai dan hatimu menjadi tenteram, dekatkanlah dirimu kepada Sang Maha Pemilik Cinta. Jangan lupakan sisi spiritual dalam dirimu, sebab dari sanalah asalnya kebahagiaan yang sejati.

Sekianlah artikel tentang cara mengurangi rasa cinta kepada pacar. Semoga bermanfaat!