in , ,

9 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Setiap orang pasti pernah mengantuk ketika bekerja. Rasa kantuk yang berlebihan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kurang tidur, padatnya aktivitas, rendahnya kadar gula darah, dehidrasi dan kurangnya kadar oksigen dalam otak.

Jika sudah terserang rasa kantuk apabila tidak diatasi maka akan berpengaruh terhadap kualitas dan produktifitas kerja kita.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu menyimak 9 cara menghilangkan rasa ngantuk ketika berada ditempat kerja.

1. Minum Air Putih

Minum Air Putih
Minum Air Putih

Rasa kantuk ketika bekerja disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh dehidrasi. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan cara minum air putih.

Air putih mampu mengatasi kantuk saat bekerja karena air putih memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak. Ketika kamu minum air putih maka kamu juga akan membawa masuk oksigen ke dalam tubuh.

Tubuh manusia membutuhkan air putih minimal 8 gelas setiap hari. Oleh sebab itu jangan sampai kamu lupa untuk minum air putih sehingga asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh sedikit.

Sebaiknya kamu menyiapkan air putih di meja kerja kamu supaya ketika rasa haus dan kantuk mulai menyerang, kamu bisa langsung menghilangkannya.

Meskipun dapat menghilangkan rasa kantuk, kamu sebaiknya minum air putih tidak hanya saat merasa mengantuk, namun saat sebelum dan sesudah makan juga, Kamu juga bisa minum di sela-sela aktivitas padat kamu.

2. Melakukan Olah Raga Ringan di Lingkungan Kerja

Olahraga Ringan Ditempat Kerja
Olahraga Ringan Ditempat Kerja

Olah raga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu kamu tidak boleh melupakan olah raga. Sesibuk apapun kamu, kamu harus meluangkan waktu untuk olah raga.

Olah raga dapat dilakukan dimana saja, termasuk di kantor. Kamu bisa melakukan olah raga ringan di kantor untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja.

Sebenarnya pada beberapa perusahaan sudah menerapkan senam atau perenggangan di sela-sela jam kerja dan seluruh karyawannya wajib melakukannya. Namun jika di perusahaan tempat kamu bekerja belum menerapkannya, kamu bisa melakukan olah raga ringan sendiri.

Kamu bisa melakukan perenggangan tangan, bahu, punggung dan kaki. Selain menghilangkan rasa kantuk ketika bekerja, olah raga ringan juga mampu menghindarkan kamu dari cidera saat bekerja.

3. Makan Camilan yang Bergizi

Makan Cemilan Yang Bergizi
Makan Cemilan Yang Bergizi

Salah satu cara yang mungkin sangat kamu sukai untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja di tempat kerja adalah dengan makan camilan. Akan tetapi perlu diingat bahwa camilan yang dimakan haruslah camilan yang bergizi atau sehat karena ada beberapa jenis camilan ketika dikonsumsi justru akan membuat kamu tambah mengantuk.

Contoh camilan yang dapat membuat kamu semakin mengantuk adalah camilan yang mengandung kadar lemak tinggi serta makanan yang memiliki gula berlebih. Contoh camilan dan minuman sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi rasa kantuk ketika bekerja yaitu kacang-kacangan, roti atau biskuit gandum, buah-buahan, dan teh hijau.

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang mampu membuat mata kamu tetap segar. Kopi juga bisa kamu minum namun sebaiknya kamu minum kopi asli yang memiliki kadar gula yang sedikit.

Jika kamu minum dan makan camilan sehat kamu bisa menghilangkan rasa kantuk dan memberikan manfaat kesehatan serta energi bagi tubuh kamu.

4. Mengubah Rutinitas Pergi dan Pulang Kerja

Mengubah Rutinitas Pergi dan Pulang Kerja
Mengubah Rutinitas Pergi dan Pulang Kerja

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang mengantuk di kantor adalah karena melakukan sebuah rutinitas atau pekerjaan yang sama namun berulang. Kamu bisa mengatasi rasa kantuk di kantor dengan mengubah kebisaan pergi dan pulang kerja. Mengubah rutinitas bukanlah hal yang mudah karena butuh perjuangan.

Pertama, kamu dapat mengubah rutinitas kamu misalnya seperti jika kamu sering menggunakan kendaraan pribadi saat ke kantor, maka sekali-kali kamu menggunakan kendaraan umum. Menggunakan kendaraan umum akan memaksa kamu berjalan kaki sejenak.

Jika menggunakan kendaraan umum kurang memungkinkan, kamu bisa parkir kendaraan kamu jauh dari kantor sehingga selanjutnya kamu bisa berjalan kaki menuju ke sana.

Kedua kamu bisa menggunakan tangga untuk naik ke ruangan daripada menggunakan lift. Jika tidak ada tugas lembur, kurangi pulang kerja saat larut malam untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Dengan begitu kamu akan mendapatkan tidur yang cukup.

Melakukan kegiatan-kegiatan yang baru tersebut merupakan sebuah terapi untuk mendapatkan energi kembali.

Dengan mengubah rutinitas kamu akan mendapatkan sebuah suasana yang baru sehingga membuat kamu segar saat bekerja dan tidak mengantuk.

5. Mengobrol dengan Rekan Kerja

Mengobrol Dengan Teman Kerja
Mengobrol Dengan Teman Kerja

Cara ampuh lainnya yang dapat mengatasi rasa ngantuk kamu saat bekerja adalah mengobrol dengan teman kerja. Namun untuk bisa mengobrol dengan rekan kerja, kamu harus memperhatikan situasi dan kondisi. Cobalah mengobrol dengan teman kerja saat dia benar-benar tidak sibuk.

Selain itu hal lain yang harus dipertimbangkan adalah durasi mengobrol.

Jangan terlalu lama mengobrol. Jika kamu terlalu lama mengobrol maka kamu dan rekan kerja bisa mendapat teguran dari atasan.

mengobrol dapat membuat pikiran kamu kembali segar. Bahkan barang kali jika obrolan kalian dapat mendatangkan keberuntungan bagi kalian. Misalnya kalian mengobrol tentang makanan lalu muncul ide untuk bisnis makanan.

Selain bisa mengurangi rasa kantuk, mengobrol dapat membuat  kamu dan rekan kerja kamu semakin akrab.

6. Menyalakan Musik

Menyalakan Musik Ketika Bekerja
Menyalakan Musik Ketika Bekerja

Menyalakan musik lalu mendengarkannya dapat membuat kamu semangat dan tentunya membuat kamu tidak mengantuk. Cara tersebut sering dilakukan oleh beberapa karyawan saat sudah merasa mengantuk karena cara ini terbukti efektif untuk mengalahkan rasa kantuk.

Lagu yang disarankan untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja adalah lagu yang berirama semangat. Kamu bisa menggunakan headset untuk mendengarkan lagu supaya rekan kerja kamu lainnya tidak merasa terganggu.

Mendengarkan musik ketika bekerja sangat dianjurkan. Namun jika kamu berada di departemen yang berhubungan dengan customer, kamu sebaiknya tidak mendengarkan musik karena dapat mengganggu pekerjaan kamu.

7. Mencuci Muka

Mencuci Muka
Mencuci Muka

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa mencuci muka dapat menghilangkan rasa kantuk. Tidak hanya karyawan, siswa atau mahasiswa sering melakukan cara ini supaya tidak mengantuk.

Ketika kamu merasa mengantuk, segeralah pergi ke toilet untuk mencuci muka. Gunakanlah air dingin untuk memberikan rasa segar di area wajah kamu.

Jika wajah kamu ingin terlihat lebih bersih dan segar, kamu bisa mencuci muka menggunakan sabun wajah. Resiko yang diperoleh setelah cuci muka adalah make up yang telah kamu pakai luntur. Oleh sebab itu ketik kamu ke toilet untuk cuci muka jangan lupa sekalian membawa alat make up.

8. Menata Meja Kerja dan Memasang Aroma Terapi

Dekorasi Meja Kerja
Dekorasi Meja Kerja

Menata meja kerja dapat menghilangkan rasa kantuk saat bekerja karena aktivitas ini memaksa kamu menggerakkan otot-otot tubuh dan berfikir di sisi mana sebaiknya benda-benda kamu diletakkan. Dengan menata ulang meja kerja, rasa kantuk kamu dapat hilang dengan sendirinya.

Kamu bisa menata meja kerja mulai dari merapikan tumpukan kertas dan memilah kertas mana yang sudah tidak terpakai. Setelah itu kamu rapikan alat tulis dan laci meja kerja. Setelah meja kerja telah rapi, kamu bisa menaruh aroma terapi di meja kerja kamu.

Aroma terapi yang dapat kamu pilih adalah aroma bunga dan buah-buahan. Aroma terapi dapat membuat suasana hati kamu menjadi baik dan mencegah kamu mengantuk.

9. Jalan-Jalan di Kantor

Jalan-Jalan di Kantor
Jalan-Jalan di Kantor

Kamu dapat menghilangkan rasa kantuk dengan cara berjalan-jalan di sekitar kantor. Jika ruang kerja kamu berada di atas, kamu bisa berjalan menuju jendela atau roftop untuk melihat pemandangan di luar. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi rekan kerja kamu yang ada di lantai lain.

Dengan berjalan kaki, badan kamu akan terasa lebih segar dan yang pasti menghilangkan rasa kantuk. Jika kantor kamu memiliki taman, kamu bisa berjalan menuju taman dan melihat tanaman-tanaman disana.

Terkait masalah produktivitas anda ditempat kerja, coba pelajari beberapa tips dibawah ini:

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk ketika sedang bekerja. Rasa kantuk yang datang sebenarnya adalah hal yang wajar dan pernah dialami oleh siapa saja, namun bukan berarti kamu harus membiarkannya terus menerus karena dapat membuat kinerja kamu buruk.

Selagi ada solusi untuk mengatasinya, maka lakukanlah. Jika memang sudah tidak dapat ditoleransi dan terjadi terus menerus maka istirahatlah sejenak. Jika masih belum bisa teratasi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menyelesaikan masalah kamu.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi