in ,

7 Hal Sederhana yang Mengubah Hidup Menjadi Lebih Indah

4. Makan dan Minum yang Baik Bagi Tubuh

Berbicara tentang makan dan minum yang baik bagi kesehatan di era ini sepertinya lucu, sebab kita sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang asal lezat saja.

Pernahkah ketika membeli suatu makanan atau minuman kemasan kamu memperhatikan bahan-bahan apa saja yang ada di dalamnya lalu mencari tahu apa dampak baik dan buruknya bagi tubuhmu?

Kita selalu mengeluh biaya rumah sakit mahal, tetapi tidak mencegah agar tidak dibawa ke rumah sakit. Kita mengeluh bahwa biaya hidup sekarang naik, tetapi kita tidak melawan keinginan hati untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat-sehat saja.

Jika kita membiasakan diri untuk makan dan minum yang baik-baik bagi tubuh saja, maka perubahan-perubahan ke arah yang positig akan terjadi. Jadi anggap saja ini tantangan untuk dirimu sendiri, coba saja untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat selama satu bulan ke depan. Berani?

5. Bersikap Ramah Kepada Siapapun

Kita seringkali terkurung dalam dunia kecil di pikiran masing-masing, padahal semesta ini adalah sekumpulan energi yang saling terhubung. Artinya, kamu terhubung dengan orang lain, kamu terhubung dengan gunung, danau, laut atau apa saja.

Ironisnya kita terlalu cuek terhadap lingkungan sekitar. Cobalah ubah kebiasaan ini dan bumi pasti akan berubah menjadi tempat yang lebih baik. Bersikaplah ramah kepada oran-orang yang kamu temui, bersikaplah ramah kepada hewan, tumbuhan atau apa saja sebab kita semua sama.

Kita semua mengalami penderitaan yang sama, mengalami perjuangan yang sama dan merasakan kebahagiaan yang sama, sebab kita semua hidup di dalam galaksi yang sama.

6. Membaca Buku

Jika kamu masih sekolah atau kuliah tentunya setiap hari hidupmu dipenuhi dengan membaca buku, tapi yang jelas disini hakikat membaca buku adalah memperbanyak ilmu dan menambah pengetahuan. Sebab banyak orang membaca buku tetapi tidak mengambil pelajaran apa-apa di dalamnya.

Belajar adalah proses seumur hidup. Setelah kita lulus dari pendidikan formal, bukan berarti kita berhenti belajar. Tetaplah belajar, tetaplah membaca buku atau menonton video yang menambah ilmu, namun soal seberapa lama kamu menghabiskan waktu untuk belajar, itu kembali pada pilihanmu.

Sebab kita sudah sama-sama dewasa dan sudah sama-sama tahu mengatur waktu masing-masing, jika kamu hanya memiliki 30 menit untuk membaca buku dalam sehari itu tak masalah, lakukan saja asalkan rutin.

Memang tampaknya sepele, tapi setahun saja kamu melakukannya hidupmu pasti akan berubah menjadi lebih baik. Sebab semakin banyak ilmu, semakin baik pula kita melakukan segala sesuatu.

Kamu bisa mengetahui 5 Manfaat Membaca Yang Tidak Pernah Kamu Duga Sebelumnya.

7. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Kita terlalu sibuk dengan dunia luar sehingga dengan apa yang ada di dalam. Sampai pada akhirnya kita seringkali merasa cemas, overthinking dan mudah mengalami emosi negatif seperti marah, benci, atau dendam.

Hal ini tentunya terjadi karena kita tidak mendapatkan ketenangan jiwa setiap harinya. Padahal sangat penting untuk memperhatikan hal ini. Mendapatkan ketenangan jiwa berarti kamu memperhatikan sisi spiritual dalam dirimu.

Caranya tentu saja kembali pada keyakinan masing-masing. Jika kamu meyakini agama tertentu, maka ikutilah ajarannya. Jika kamu mempercayai suatu ajaran tertentu, maka lakukanlah sesuai ajaran itu.

Seperti perut yang akan merasa kenyang setelah di beri makan, jiwa hanya akan tenang setelah kita memberinya makan pula. Sementara makanan jiwa adalah kedamaian dan cinta.

Akhir Kata

Mulai sekarang jangan pernah bertanya mengapa hidupmu tidak pernah menjadi lebih baik, sebab hal-hal kecil yang kamu lakukan itulah yang membentuk alur hidupmu. Bahkan jika kamu sukses, ketika kamu melihat ke belakang maka yang ada hanyalah langkah-langkah kecil.

Jadi jangan pernah memandang remeh hal-hal kecil yang kamu lakukan setiap harinya, sebab itulah yang menentukan kualitas hidupmu di masa depan. Sekianlah artikel tentang 7 hal kecil yang menjadikan hidup lebih baik. Semoga bermanfaat.