in , ,

9 Tips Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa

Tips Menjadi Guru Yang Menyenangkan

Guru yang menyenangkan tentu membuat suasana belajar menjadi lebih bersemangat. Karena tidak jarang siswa ketika berada di sekolah akan merasa semangat belajar jika guru yang mengajar dapat memahami diri siswa dengan baik. Sehingga siswa dapat belajar tidak hanya dengan tenang tetapi mereka juga enjoy dengan pelajaran yang diberikan.

Meski tidak semua, tetapi guru yang memiliki cara pengajaran otoriter dengan cara lama lebih tidak disukai oleh siswa. Siswa menjadi takut untuk mengikuti pelajaran tersebut sehingga mereka akan lebih sering meninggalkan kelas untuk menghindar. Terutama jika diberikan tugas, mereka akan cenderung untuk menyontek pada siswa yang pandai karena takut dihukum jika nilai jelek atau tidak mengerjakan.

Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, tentunya menjadi guru yang menyenangkan tidaklah sulit. Metode pengajaran oleh guru bisa diubah tekniknya agar siswa yang belajar juga merasa senang. Misalnya ketika sedang di kelas, siswa akan tidak segan bertanya tentang hal yang tidak diketahui kepada guru atau ketika diberikan tugas dan ada yang tidak dipahami.

Berbeda ketika guru yang galak dan otoriter, untuk bertanya saja mungkin para siswa takut dan cenderung menjalani pelajaran meski ada yang ingin ditanyakan. Bisa dikatakan guru juga dapat menjadi sahabat bagi siswanya sehingga mereka dapat berkreasi dengan baik karena adanya feedback dari guru mengenai pelajaran.

Jika siswa merasa aman dan dekat dengan anda sebagai gurunya karena cara mengajar yang menyenangkan, siswa dapat mengeksplor diri dengan lebih baik. Selain itu juga tidak akan timbul judgement antara siswa dengan guru di mana dapat memengaruhi faktor suka atau tidak suka kepada gurunya. Untuk menjadi guru yang menyenangkan, anda bisa intip beberapa tips berikut ini.

1. Menguasai Materi Pelajaran

Tips yang pertama agar anda bisa menjadi guru yang menyenangkan tentunya dengan menguasai materi pelajaran. Bagaimana bisa anda menjadi guru jika materi pelajarannya saja tidak dikuasai. Untuk itu dengan menguasai materi yang akan diajarkan dengan baik anda bisa menyasar tujuan pelajaran yang diberikan.

Meski sis dibekali dengan buku, internet dan media lain sebagai bahan pembelajaran, tentu mereka juga ingin mendengarkan langsung penjelasan dari guru yang kredibel dan menguasai materi dengan baik. Jika tidak, tak jarang siswa yang justru meremehkan guru yang tidak menguasai materi. Malah jadi tidak menyenangkan bukan proses belajar mengajarnya.

2. Teknik Mengajar Yang Bervariasi

Proses belajar mengajar dilakukan hampir sepanjang hidup siswa mulai dari sekolah dasar hingga SMA sebelum melanjutkan ke Universitas untuk pendidikan yang lebih tinggi. Tentu sudah bisa dibayangkan rasa bosan yang dapat menghampiri siswa ketika sedang belajar baik di luar maupun di dalam kelas.

Untuk itu anda bisa memberikan teknik mengajar yang beragam kepada siswa agar anda dapat menjadi guru yang menyenangkan bagi mereka. Anda bisa melakukan cara masuk kelas yang berbeda setiap hari atau selingi dengan praktik agar siswa tidak bosan mendengar dan membaca text book.

Anda bisa mengobservasi potensi dan kemampuan siswa terlebih dahulu baru kemudian menyesuaikan dengan kondisi sekolahnya. Bisa juga divariasikan pengajaran dalam bentuk permainan agar siswa tidak tegang selama berada di kelas.

3. Jadilah Guru Yang Humoris

Siapa yang tidak suka bercanda dan tertawa, bahkan siswa pun akan senang sekali jika bisa bercanda dan tertawa bersama gurunya. Menjadi guru yang menyenangkan akan semakin lengkap jika anda juga memiliki jiwa humoris yang baik. pada saat siswa mengingat hal lucu, mereka akan merasa senang dan momen tersebut berkesan.

Namun batasi juga ya humornya agar tidak menyinggung kekurangan dari siswa anda. Gunakan humor yang masih ada kaitannya dengan pelajaran agar siswa tidak bosan dalam belajar di kelas.

4. Mengajar Dengan Hati Yang Tulus

Guru adalah orang tua pengganti siswa selama di sekolah. Untuk itu anda bisa mengajar menjadi guru yang baik dengan ketulusan hati menyayangi mereka seperti anak sendiri. Pengabdian seorang guru untuk memberikan ilmu, menasehati dan memberikan hukuman jika memang perlu adalah hal yang perlu dilakukan dengan hati yang tulus.

Dengan begitu siswa akan merasa disayang dan dianggap oleh gurunya sehingga mereka juga dapat belajar dengan lebih baik dan menyenangkan.

5. Jadilah Guru Yang Ramah

Sikap ramah tidak hanya diterapkan bagi siswa yang sedang belajar saja. Tetapi seorang guru yang menyenangkan juga sebaiknya ramah terhadap siapa saja termasuk siswanya. Keramahan yang dimaksud adalah dengan tersenyum ketika bertemu siswa-siswanya, menyapa siswanya, menanggapi sapaan siswanya dan tidak memberikan siswa rasa canggung ketika bertemu dengan anda.

Hindari memberikan batasan yang sangat ketat pada siswa dengan dalih disiplin. Karena hal itu akan membuat siswa merasa anda adalah orang yang mahal senyum. Sehingga siswa tidak akan sungkan untuk mengutarakan kesulitannya kepada guru.

6. Memiliki Sikap Dinamis

Menjadi guru bagi siswa juga merupakan salah satu jenis pemimpin. Sebaiknya untuk menjadi guru yang menyenangkan anda dapat menghindari sikap memaksa dan lebih terbuka pada cara siswa berdiskusi, voting ketika sedang memilih dan tidak monoton ketika mengajar.

Anda bisa menyelipkan cerita singkat yang menarik ketika pelajaran terasa mulai membosankan yang ditandai dengan siswa yang mengantuk. Dengan begitu siswa akan lebih senang ketika belajar.

7. Bersikap Murah Hati

Guru yang menyenangkan sebaiknya memiliki sikap murah hati terhadap siswanya. Misalnya ketika siswa berkali-kali bertanya mengenai materi yang tidak ia mengerti. Anda bisa menjelaskan secara perlahan sesuai dengan kemampuan siswa dengan sabar. Kesabaran adalah kunci untuk menjadi guru yang murah hati.

Anda juga bisa berkeliling kelas untuk mengecek apakah siswa sudah betul-betul paham mengenai materi tersebut. Jangan ragu untuk membantu siswa anda ketika anda melihatnya kesulitan memahami materi. Bantulah siswa sebaik mungkin agar mereka juga merasa senang dibantu oleh gurunya.

8. Menjaga Penampilan

Penampilan tidak hanya dijaga oleh model dan artis saja lho. Setiap individu wajib untuk menjaga penampilannya. Apalagi sebagai guru yang menyenangkan. Bisa dibayangkan jika anda tidak menjaga penampilan dengan memakai baju seragam guru asal-asalan, tidak memakai wewangian sehingga siswa merasa terganggu dan penampilan rambut juga acak-acakan.

Meski tidak wajib untuk memiliki paras yang cantik atau tampan. Namun dengan berpenampilan bersih, wangi, serasi dan tertata akan memberikan mood yang positif bagi anda sendiri sebagai guru dan kepada siswa yang diajar.

9. Berlaku Adil Pada Siswa

Diperlakukan secara adil tentu menyenangkan. Apalagi di lingkungan sekolah yang terdapat banyak siswa yang beragam latar belakang. Sebagai guru yang menyenangkan, anda bisa berlaku adil kepada setiap siswa yang anda ajar.

Misalnya tidak membeda-bedakan sikap anda sebagai guru kepada siswa yang pandai, siswa yang biasa saja dan siswa yang kurang pandai. Hindari untuk tidak memuji berlebihan kepada siswa yang paling pintar. Dikhawatirkan siswa tersebut akan merasa sombong dan bertindak semena-mena terhadap siswa yang kurang pintar.

Menjadi guru yang menyenangkan memang terkadang adalah hal yang sulit. Hal ini karena banyaknya dan beragamnya karakter dari siswa yang diajar. Untuk itu kesabaran juga diperlukan oleh guru dalam proses belajar mengajar dan menjadi guru yang baik.

Baca Juga : 9 Faktor Penyebab Seseorang Memiliki Perilaku Bullying

Demikian beberapa tips bagi seorang guru untuk menjadi pribadi lebih menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.