in ,

7 Kiat Ampuh Menjalani Kehidupan Sehari-Hari Tanpa Stres

Mungkin ini terdengar klise, tapi stress adalah kenyataan dalam hidup yang tak bisa dihindari. Bahkan di era digital ini, dimana segalanya tampak mudah dan instan, seharusnya tak ada tekanan berat yang membuat kita stress bukan?

Tapi ironisnya, dibalik semua kemudahan yang tersedia di masa sekarang justru semakin membuat kita semakin mudah stress, hingga gangguan anxiety, overthinking bahkan depresi.

Masalah utama yang sedang kita hadapi di era ini adalah kesehatan mental. Tentunya ini merupakan tanda bahwa generasi kita tidak cukup tangguh untuk mengelola stress yang datang setiap harinya.

Jika saja kita mampu mengatasi stress-stress ringan, maka tak akan ada gangguan mental jika kita mampu mengelola stres dengan baik. Nah, berikut ini adalah 7 cara mengatasi stress dalam kehidupan sehari-hari!

1. Cari Tahu Apa Penyebab Kamu Stress

Mencari Tahu Penyebab Stress
Mencari Tahu Penyebab Stress

Kita tidak bisa mengatasi sesuatu jika tidak tahu apa masalahnya bukan? Begitu pun kita tak akan bisa mengelola stress, jika kita tidak tahu apa akar masalah yang menyebabkan stress.

Hanya saja kebanyakan orang mengalami stress disebabkan oleh keretakan hubungan atau ketidakharmonisan dalam suatu hubungan, lingkungan kerja yang buruk, suasana yang tidak sesuai keinginan hati atau masalah kesehatan.

Semisal, kita menginginkan keheningan dan ketenangan, lalu tiba-tiba terdengar suara gaduh atau keributan, lalu tubuh kita pun secara otomatis mengeluarkan hormon stress. Apakah hal seperti ini yang terjadi padamu?

Jika iya, maka cobalah perhatikan pola yang terjadi setiap harinya. Ingat kapan, dimana dan dengan siapa kamu paling sering mengalami stress kalau perlu dicatat.

Setelahnya akan lebih mudah bagimu untuk menghindari tempat-tempat tertentu, waktu-waktu tertentu atau orang-orang tertentu sebelum stress muncul. Artinya, kamu akan mencegah stress bukan mengobati stress.

Baca Juga : 7 Penyebab Adanya Keinginan Bunuh Diri Pada Seseorang

2. Membuat Sedikit Perubahan

Membuat Sedikit Perubahan
Membuat Sedikit Perubahan

Suatu kebiasaan membuat kita merasa nyaman untuk melakukannya berulang-ulang, hanya saja terkadang ada hal-hal eksternal yang membuat kita merasa terganggu hingga mengalami stress. Jika hal ini terus terjadi, alangkah baiknya kita membuat sedikit perubahan bukan?

Semisal, sepulang kerja kamu terbiasa lewat jalan A dan diwaktu-waktu tertentu jalan tersebut macet. Sementara kemacetan di jalan raya membuat kamu stress, maka untuk menghindari stress alangkah baiknya kamu mencari tempat santai terlebih dahulu sebelum pulang ke rumah.

Atau jika kamu harus segera pulang ke rumah, cobalah mencari jalan yang sepi dan tidak macat. Membuat sedikit perubahan dapat membantu kita terhindar dari stress, bukan?

Ada banyak lagi hal-hal sederhana dalam, kehidupan sehari-hari yang membuat kita stress, tampaknya memang sepele, hanya saja jika terus menerus mengalami stress maka seiring waktu kita akan menjadi lemah secara fisik mau pun mental.

3. Membangun Batasan Diri

Personal Boundaries

Terkadang kita melakukan sesuatu lebih dari apa yang kita bisa, tapi setelah menyadarinya kita kewalahan. Kita selalu berusaha jadi yang terbaik di pekerjaan, pertemanan atau keluarga, hanya saja kita kewalahan dan diserang stress setiap hari.

Ini sangat berbahaya, karena sudah banyak kasus dimana seseorang depresi karena masalah pekerjaan dan hubungan. Membangun batasan diri, menghindarkan kita dari stress sehingga jauh dari depresi.

Jadi cobalah kenali dirimu, ketahui batasanmu sehingga mudah bagimu untuk mengatur seberapa banyak waktu dan energi yang dihabiskan untuk pekerjaan, seberapa banyak untuk pertemanan dan keluarga juga seberapa banyak untuk diri sendiri.

Nah disinilah pentingnya agar kamu membuat daftar aktivitas sehari-hari. Disaat kamu sudah menetapkan jadwal untuk menyelesaikan pekerjaanmu, maka katakan tidak pada teman atau keluarga jika mereka meminta waktumu.

Sebaliknya disaat kamu sudah memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga maka kamu harus berani berkata tidak pada pekerjaan. Awalnya memang berat, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dan bisa menikmatinya.

Baca Juga : Personal Boundaries, Terapkan Untuk Hidup Lebih Bahagia

4. Tertawalah

Tertawa
Tertawa

Setiap harinya kita menuntut diri untuk serius terhadap banyak hal, tentunya ini sangat melelahkan bagi jiwa dan membuat kita sangat mudah stress. Maka sangat penting untuk tertawa sesekali untuk sedikit mengobati stress.

Inilah faktanya, bahwa tertawa atau tersenyum bisa melepaskan hormon endorfin dalam tubuh kita. Tahukah kamu apa gunanya hormon endorfin? Hormon ini dapat mengurangi rasa sakit apapun dan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks.

Tertawa bisa menipu sistem saraf bahwa kita bahagia. Dengan kata lain, disaat kamu memaksakan diri untuk tersenyum atau tertawa tanpa sebab pun, tubuhmu akan dibanjiri oleh hormon endorfin sehingga kamu merasa lebih rileks.

5. Temukan Keindahan Darimana Saja

Temukan Keindahan Darimana Saja
Temukan Keindahan Darimana Saja

Hidup ini isinya keindahan semua, hanya saja tidak semua orang bisa melihatnya. Ada banyak warna-warni yang indah, suara-suara yang indah, hanya saja kita tidak memperhatikannya.

Kita terlalu fokus pada hal-hal negatif yang terjadi dalam hidup ini sehingga mudah stress. Maka sangat penting agar kita belajar menemukan keindahan darimana saja, sangat penting untuk jatuh cinta pada setiap lekukan kehidupan.

Semisal, cobalah pandangi langit, rasakan hangatnya matahari, rasakan angin menyentuh wajahmu dan bernapas dalam-dalam. Jika kita memberi perhatian pada semua aspek kehidupan, maka kita akan menemukan keindahannya.

Disarankan agar kamu mencari tempat rekreasi seperti gunung, air terjun atau pantai, namun jika itu terlalu sulit untuk kamu temukan, maka cobalah keindahan alam darimana saja. Menyatu dengan alam adalah cara terbaik untuk membuat jiwa tetap stabil!

6. Olahraga, Makanan Sehat dan Tidur Berkualitas

Olahraga
Olahraga

Mental dan fisik kita saling terhubung. Maka sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik untuk menyeimbangkan mental. Sementara kunci dari keseimbangan tubuh adalah olahraga yang cukup, makanan sehat dan tidur berkualitas.

Olahraga apa yang harus dilakukan tentunya merupakan pilihan masing-masing, makanan sehat apa yang harus dikonsumsi juga sesuaikan saja dengan keinginan masing-masing.

Perkara tidur yang berkualitas, tentunya kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas jika sudah mengkonsumsi makan sehat dan berolahraga, sebab sebenarnya ketiga hal tersebut saling berhubungan.

Baca Juga : 7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Psikologis Manusia

7. Relaksasi

Relaksasi
Relaksasi

Setiap hari kita menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang serius dan setiap hari kita juga perlu sedikit menyisihkan waktu untuk relaksasi. Tentunya cara ini bertujuan untuk menenangkan otot-otot yang tegang seharian.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan relaksasi, seperti yoga, meditasi, atau melakukan ritual ibadah menurut keyakinan masing-masing. Jadi kembali lagi pada pilihan masing-masing, cara mana yang lebih nyaman bagimu.

Namun relaksasi yang paling mudah adalah dengan menarik napas panjang, menahannya sebentar lalu menghembuskannya perlahan. Memang terdengar klise sebab cara ini sudah di lakukan oleh nenek moyang kita sejak jaman dahulu.

Setiap kamu merasa tertekan, cobalah menarik napas panjang, tahan sebentar sebelum melepaskannya. Lakukan berulang-ulang sampai kamu merasa rileks.

Baca Juga : 10 Pilihan Aromaterapi Untuk Rileksasi, Cara Ampuh Hilangkan Stres

Ada banyak cara yang telah di uji coba untuk mengatasi stress, terakhir adalah cara self hypnosis atau menghipnotis diri sendiri. Yaitu dengan mendengarkan afimasi atau kalimat-kalimat positif berulang-ulang yang ditujukan pada diri sendiri.

Kamu boleh mengetik di kolom searcing youtube untuk menemukan afirmasi yang akan membantumu mengatasi stress. Sekianlah artikel tentang 7 cara mengatasi stress dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!