in , ,

Demi Mental Sehat, Kelola Energi Emosimu dengan 5 Cara Ini

Mengelola Emosi

Waktu selalu berjalan dengan jumlah yang sama untuk semua orang. Akan tetapi, selalu ada orang yang lebih banyak memiliki waktu bekerja, diam saja, sampai liburan ke banyak tempat indah di dunia.

Segala sesuatu yang dikerjakan memiliki andil dalam menciptakan kondisi mental seseorang. Meski tidak menjadi patokan bahwa setiap orang yang selalu bekerja akan memiliki mental yang buruk dan orang yang selalu liburan memiliki mental yang baik.

Bagaimana cara mental bisa terpelihara dengan baik? Kondisi mental seseorang memiliki kaitan yang erat dengan cara mengelola energi emosi yang dimiliki. Jika kamu bisa mengelola energi emosimu dengan baik, maka mental yang terbentuk pun akan positif. Begitu pun sebaliknya.

Seringkali kita hanya memikirkan cara kita bertahan hari ini, menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan bisa istirahat secepat mungkin setelah segala pekerjaan itu selesai. Nutrisi tubuh terabaikan, jam istirahat amburadul, unsur kebahagiaan dikesampingkan. Alhasil, energi emosi yang tercipta membuat mental menjadi buruk.

Segala energi yang kita dapatkan bersumber dari emosi. Emosi yang kamu miliki akan menciptakan energi, baik itu energi positif maupun negatif yang akan berpengaruh pada kondisi mentalmu. Untuk itu, cobalah untuk mengelola energi emosimu dengan 5 cara ini demi menciptakan kondisi mental yang baik dalam dirimu.

1. Nikmati Hidup dengan Melakukan Hal yang Kamu Sukai

Menikmati Hidup
Menikmati Hidup

Kalimat ini pasti sudah sering terdengar oleh telingamu. Namun apa kamu sudah benar-benar mencoba melakukannya? Atau jangan-jangan kamu belum pernah mencobanya karena alasan klasik “tidak ada waktu” atau “terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lain-lain”.

Cobalah untuk lebih menikmati hidup yang sudah Tuhan berikan kepadamu. Luangkan waktumu untuk melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Jangan terus memaksakan diri melakukan hal yang tidak ingin kamu lakukan.

Kapan terakhir kali kamu melakukan hal yang kamu sukai? Apakah beberapa saat yang lalu, kemarin, minggu lalu, atau bahkan mungkin kamu tidak ingat kapan kamu menikmati hidupmu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai?

Berikan waktu untuk jiwamu bernafas sejenak. Lakukan hal-hal yang kamu sukai dan nikmatilah momen itu. Dengan begitu kamu bisa menghasilkan energi positif dari emosi kebahagiaanmu.

Baca Juga : 7 Hal Sederhana yang Mengubah Hidup Menjadi Lebih Indah

2. Dapatkan Energi Positif dengan Berada di antara Orang-orang yang Positif

Mendapatkan Energi Positif Dari Lingkungan
Mendapatkan Energi Positif Dari Lingkungan

Percayalah, jangan abaikan manfaat dari berada di lingkaran orang-orang yang punya positive vibes. Posisikan dirimu sendiri di antara orang-orang yang bisa membawamu ke arah yang lebih baik.

Tinggalkan dan hindari orang-orang yang berpeluang membawamu ke dalam sebuah toxic relationship. Jika orang-orang itu memiliki hubungan yang tidak bisa kamu hindari, kamu bisa mencoba untuk meminimalisasi komunikasi dengannya. Jika tidak ada hal penting untuk dibicarakan, maka lebih baik jangan membangun interaksi lebih dengannya.

3. Berhenti Merasa Bersalah Ketika Kamu Mengatakan “Tidak” untuk Hal-Hal yang Tidak Kamu Sukai atau Tidak Ingin Kamu Lakukan

Belajar Berkata Tidak
Belajar Berkata Tidak

Apakah kamu termasuk orang yang “nggak enakan” kalau harus menolak permintaan seseorang? Hmm, kalau iya, artinya kamu harus mulai belajar dari sekarang untuk lebih tega pada orang-orang di sekitarmu.

Kamu berhak kok bilang “tidak” untuk hal yang tidak ingin kamu lakukan kepada orang lain. Terkadang kita perlu mengatakan “tidak” kepada orang lain untuk mengikuti apa yang sebenarnya menjadi suara hatimu.

Jangan menjadi pengecut dengan mengatakan “iya” tapi disertai emosi negatif yang memenuhi hati dan pikiranmu. Hal semacam itu hanya akan membuat mentalmu memburuk secara perlahan.

Kamulah yang harus melindungi dirimu sendiri. Jika bukan kamu, siapa lagi? Di dunia ini tidak ada satu pun manusia yang bisa kamu jadikan tempat bergantung. Say “no” bukan berarti kamu jadi sosok yang egois kok. Kamu perlu melakukan itu untuk mengelola energi emosimu demi kesehatan mentalmu.

Baca Juga : People Pleaser, 8 Cara Berhenti Untuk Menyenangkan Orang Lain

4. Stop Under-estimate Diri Sendiri dengan Kata “Tidak Bisa”

Memandang Diri Tidak Bisa
Memandang Diri Tidak Bisa

Sebuah kata memiliki kekuatan yang luar biasa. Kamu harus percaya itu. Jadi, berhenti meremehkan kemampuanmu sendiri dengan mengatakan kamu “tidak bisa”.

Buang jauh-jauh kata-kata negatif dari hidupmu. Sebagai contoh, lets stop to say:

  • “Aku tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang stabil.” Ubah kata itu menjadi “Aku bisa mendapatkan pekerjaan yang stabil. Saat ini akan sedang berproses untuk mendapatkannya.”

Biasakan untuk mengucapkan hal-hal yang positif untuk menanamkan pikiran yang positif juga agar emosi yang terbentuk dalam dirimu dapat menghasilkan energi yang positif.

Wajar jika terkadang kamu merasa gagal dan menyadari bahwa kamu tidak mampu mendapatkan apa yang menjadi tujuanmu. Akan tetapi, bukan berarti kamu benar-benar tidak bisa mendapatkannya.

Ketika kamu merasa tidak bisa melakukan sesuatu yang menjadi tujuanmu, tekankan pada dirimu untuk tidak mudah menyerah. Apa yang harus kamu lakukan adalah introspeksi kekuranganmu, belajar lagi, dan kembali mencobanya.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Rasa Minder Agar Lebih Percaya Diri

5. Lakukan Meditasi untuk Merileksasi Diri

Rutin Melakukan Meditasi
Rutin Melakukan Meditasi

Meski terkesan sepele, namun meditasi memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan mentalmu loh. Meditasi dapat membuatmu mengontrol emosi dalam dirimu dengan lebih baik.

Kamu bisa memberikan ruang pada dirimu untuk melepaskan emosi-emosi negatif dan menggantinya dengan emosi yang mampu menghasilkan energi positif. Meditasi akan memberimu ketenangan jiwa yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan mental yang sehat.

Baca Juga:

Itu dia 5 cara yang cukup efektif untuk mengelola emosimu menjadi energi positif yang tentunya dapat menciptakan mental yang positif juga. Energi positif atau negatif yang ada digenggamanmu, sepenuhnya bergantung pada caramu mengolah emosi dalam dirimu sendiri.

Energi apa yang kamu kamu dapatkan menjadi hasil dari langkah yang kamu buat. Kamu memiliki wewenang penuh dalam mengontrol energi dan mentalmu sendiri. Segala emosi dapat menjadikan mentalmu lebih baik jika kamu mampu mengelola emosi tersebut ke dalam bentuk energi yang positif.

So, akan ke arah mana mentalmu ke depan, kamu sendirilah yang menentukan!

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer