in ,

10 Menu Food Combining yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menu Food Combining

Kombinasi healthy food telah terbukti memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Setiap makanan pasti mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Sadar ataupun tidak, jika memang bisa dikombinasikan dengan tepat, maka nutrisi pada makanan akan bekerja lebih baik karena telah didukung oleh nutrisi dari berbagai makanan lain.

Kombinasi makanan seperti ini sejatinya disebut juga dengan food synergy. Food synergy yaitu mengkombinasikan makanan yang bisa untuk menghasilkan nutrisi lebih ataupun manfaat ekstra bagi tubuh.

Lalu, kombinasi makanan seperti apa saja sih yang bisa untuk menghasilkan manfaat ekstra bagi tubuh kamu semua? Berikut ini ada beberapa menu food combining yang bisa kamu ketahui, supaya kamu bisa merasakan manfaat ekstra buat tubuh.

1. Ikan dan Bawang Putih

Sumber : lapaknasa

Kombinasi antara ikan dan bawang putih memang tak asing dalam olahan makanan seafood. Bukan hanya akan menghasilkan cita rasa yang lebih sedap, maka ternyata kombinasi makanan ini bisa dianggap mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida yang ada dalam tubuh.

Hal ini tentu sudah pernah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di University of Guelph di Canada. Selain bisa untuk dikonsumsi dalam bentuk olahan healthy food, maka kamu juga bisa untuk mengkonsumsi bawang putih mentah serta suplemen minyak ikan. gimana tertarik mencoba?

2. Apel dan Cokelat

Sumber : travel.tribun

Sama seperti halnya kombinasi ikan serta bawang putih, maka kombinasi apel dan cokelat ini juga sering ditemui dalam sebuah olahan dessert. Menurut sebuah studi, maka kulit apel ini mengandung quercetin–flavonoid yang bersifat antiradang yang bisa membantu untuk menangkal serta mempercepat pemulihan berbagai macm penyakit. Sedangkan, untuk cokelat mengandung polifenol katekin yang merupakan sebuah antioksidan guna membantu untuk mencegah pengerasan arteri.

Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, maka berbagai senyawa yang ada di dalamnya yang bisa untuk memperbaiki kondisi pembuluh darah sekaligus untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Apel dan Raspberry

Sumber : kumparan

Selain bagus untuk dikonsumsi bersama dengan cokelat, maka apel juga bisa memberikan manfaat yang ekstra jika dikonsumsi bersama dengan raspberry. Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan Journal of Nutrition, maka asam ellagic ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang terdapat di dalam raspberry. Antioksidan ini bisa mendukung kerja quercetin yang terdapat di dalam apel untuk membunuh sel kanker.

4. Teh Hijau dan Lemon

Teh Hijau
Teh Hijau

Pernah mengkombinasikan healthy food yang satu ini? Jika belum, cobalah kamu konsumsi teh hijau serta lemon bersamaan. Kombinasi antara teh hijau dan lemon ini bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Teh hijau diketahui mengandung polifenol aktif yang disebut dengan katekin atau epigallocatechin-3-gallate (ECGC). Terbukti bisa untuk memerangi sel kanker serta penyakit kardiovaskular.

Begitu pula dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Purdue University di Amerika Serikat, dengan menambahkan perasan sari lemon ke dalam secangkir teh hijau maka bisa membantu penyerapan teh hijau secara lebih baik di dalam tubuh.

Baca Juga : 6 Jenis Teh yang Paling Baik Dikonsumsi Beserta Manfaatnya

5. Bawang Bombay dan Kacang-kacangan

Sumber : indozone

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Terdapat senyawa sulfur yang ada di dalam bawang bombay ini bisa untuk meningkatkan cara kerja tubuh dengan cara menyerap lebih banyak zat besi serta seng dari makanan biji-bijian ataupun kacang-kacangan.

Zat besi ini berperan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itulah, maka tak heran jika kamu mudah merasa kelelahan jika tubuh kekurangan zat besi.

6. Kunyit Dengan Salmon

Kunyit dan Salmon
Kunyit dan Salmon

Kunyit ini ketahui mengandung zat anti-inflamasi. Sedangkan untuk ikan salmon rendah karbohidrat dan sangat tinggi protein.

Jika keduanya digabungkan, maka kandungan asam lemak Omega-3 yang biasa terdapat  ada didalam salmon akan cepat untuk diserap tubuh digunakan untuk menjaga sistem saraf dan mencegah penuaan.

Selain itu juga akan dengan mudah memperlambat pertumbuhan tumor dengan cara mencegah perkembangan sel kanker.

7. Tomat dan Minyak Zaitun

Tomat dan Minyak Zaitun
Tomat dan Minyak Zaitun

Tomat ini banyak mengandung vitamin C dan lycopene. Lycopene itu merupakan antioksidan ini akan bisa membantu untuk menurunkan resiko katarak, osteoporosis, kanker serta efek penuaan.

Antioksidan ini juga akan mudah diserap oleh minyak zaitun untuk bisa menyehatkan jantung. Kombinasi healthy food ini juga bisa meningkatkan fungsi hati serta mengurangi resiko hipertensi.

8. Biji-bijian dengan Bawang

Biji-Bijian dan Bawang
Biji-Bijian dan Bawang

Jagung, beras, barley dan gandum itu sangat kaya dengan kandungan  zat besi dan zinc.

Mineral ini akan sangat mudah diserap oleh tubuh dengan bantuan dari senyawa sulfur yang biasa ada didalam bawang.

Kandungan antioksidan serta vitamin C dalam bawang juga akan bisa membantu untuk penyerapan zat besi yang biasa terkandung dalam biji-bijian

9. Brokoli dan Mustard

Brokoli dan Mustard
Brokoli dan Mustard

Brokoli itu merupakan sumber dari vitamin C, antioksidan serta senyawa sulforaphane. Senyawa anti kanker dan juga anti-diabetes ini bisa dengan mudah diserap oleh sebuah enzim yang biasa terdapat didalam mustard.

Kombinasi olahan makanan sehat bernutrisi ini bisa untuk membantu kamu mengatasi gangguan saluran kemih, sistem sekresi serta sistem pencernaan.

10. Kacang-kacangan dan Sayuran Hijau

Kacang-Kacangan Dan Sayuran Hijau
Kacang-Kacangan Dan Sayuran Hijau

Kacang itu sangat kaya sekali akan protein serta zat besi. Jika dipasangkan dengan sayuran yang sangat kaya akan vitamin C seperti halnya bayam, kubis dan kentang maka dipercaya bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Vitamin C ini juga sangat berperan dalam penyerapan zat besi.

Baca Juga : 9 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Inilah beberapa kombinasi dan salah satu manfaat healthy food yang bisa kamu ketahui. Dapatkan manfaat ekstra buat kesehatan tubuh dengan terus mengkonsumsi olahan makanan sehat.

Written by Rini Rahmawati

Freelance Writer, Penulis Buku, Ghost Writer