in ,

8 Menu Sederhana Ini Dapat Dibuat Dengan Rice Cooker

Menu Sederhana Yang Dimasak di Rice Cooker
Menu Sederhana Yang Dimasak di Rice Cooker

Makanan merupakan kebutuhan setiap manusia setiap harinya. Tentu tidak ada yang tidak lapar bukan. Menu makanan sehari-hari sangat beragam dapat kita temukan dengan mudah. Mulai dari masakan ibu di rumah, jajanan pasar, jajanan sarapan pagi yang banyak di jual di daerah ramai lalu lintas orang pergi bekerja. Makan yang ideal dari tiga kali sehari merupakan suatu kebutuhan setiap individu.

Tentu terdapat anggaran untuk makan dari income yang kita dapatkan. Terlebih pada seseorang yang merantau jauh dari rumah. Tidak bisa setiap hari sarapan di rumah untuk menghemat biaya makan selama sehari bekerja. Hal ini terjadi biasanya pada anak kost atau karyawan yang kost jauh dari rumah.

Menyiasati kebutuhan makan dan minum adalah hal wajib bagi anak kost. Berbagai cara dicari seperti mencari kost yang memiliki dapur bersama, atau mencari kost yang banyak dikelilingi warung makan murah yang ramah dikantong.

Selain itu, terkadang mereka juga membawa bekal makanan yang dibawa dari rumah setiap mereka pulang ke rumah. Jika kita lihat, di zaman yang serba modern dan canggih ini, ternyata kita dapat memanfaatkan tenaga listrik untuk mengakali perihal makan bagi anak kost.

Siapa yang tidak tahu kegunaan dari rice cooker. Barang elektronik rumah tangga yang digunakan untuk memasak nasi secara cepat dan mudah ini menyimpan manfaat lain selain untuk memasak nasi. Bisa diterapkan untuk anak kost nih.

1. Memasak Mie Instan

Mie Instan
Mie Instan

Ini dia salah satu sahabat karib anak kost selain warung makan murah. Cara memasaknya yang simpel dan sudah dilengkapi bumbu memudahkan anak kost untuk dapat makan hari ini ya. Bisa juga dilengkapi dengan telur atau sayur sesuai selera.

Rice cooker menjadi jawaban dari cara memasak mie instan tanpa perlu mencari dapur. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menuangkan air secukupnya ke panci penanak nasi, kemudian panaskan dengan memencet tombol cook dan diamkan sebentar hingga mendidih.

Masukkan mie instan beserta bumbu nya, anda juga dapat menambahkan topping lain saat itu juga. Kemudian tutup kembali selama kurang lebih 5 menit. Buka kembali, aduk dan mie instan sudah siap dinikmati.

Baca Juga : Hanya Dengan Modal Goceng, 10 Jajanan Ini Bisa Kamu Nikmati

2. Merebus Telur

Merebus Telur
Merebus Telur

Jika anda ingin berhemat sebagai anak kost, ada cara lain selain makan mie instan. Anda cukup membeli telur di warung kemudian rebus lah telur tersebut dengan menggunakan rice cooker.

Caranya anda cukup menambahkan air pada panci kemudian masukkan telur yang telah disiapkan. Kemudian tekan tombol cook, sesekali dibuka dan diaduk dan tunggu hingga matang kurang lebih 7 menit.

Jika tombol cook sudah naik pindah pada tombol warm namun telur di rasa belum matang, anda dapat menekan tombol cook sekali lagi.

Pastikan air untuk merebusnya tetap cukup ya. Tinggal ditambahkan lagi jika kurang. Telur yang direbus ini dapat bertahan hingga 3 hari di dalam suhu ruangan. Sebaiknya cepat dikonsumsi ya jika tidak ada lemari pendingin untuk menyimpannya.

3. Menggoreng Lauk

Menggoreng Lauk
Menggoreng Lauk

Siapa bilang rice cooker hanya dapat digunakan untuk rebus-rebus saja.

Rice cooker juga dapat digunakan untuk menggoreng loh. Anda dapat menambahkan minyak goreng secukupnya ke panci rice cooker kemudian tutup dan tekan tombol cook. Diamkan hingga minyak panas kira-kira 2 menit, kemudian masukkan telur kedalamnya dan tutup kembali.

Tutup sebentar dan buka sesekali untuk memastikan telur matang dan tidak gosong. Anda dapat membaliknya jika dirasa bagian bawahnya sudah matang. Setelah matang anda tinggal menikmati nya dengan nasi panas. Hal ini berlaku juga untuk telur dadar. Telur yang sudah dikocok kemudian di masak seperti penjelasan di atas dan tinggal tunggu hingga matang.

Jika anda ingin menggoreng lauk lain seperti tempe atau tahu, anda dapat menuangkan minyak sedikit lebih banyak dan tekan tombol cook sampai minyak panas. Bumbui tempe dan tahu tersebut dengan garam dan bawang putih tumbuk.

Goreng di rice cooker yang sudah disiapkan minyak panas. Tunggu hingga matang angkat dan sajikan.

4. Membuat Sup

Membuat Sup
Membuat Sup

Tentu anak kost sesekali harus menyeimbangkan dengan sayur bukan. Anda dapat membeli sayuran sup yang sudah dipacking khusus pada tukang sayur terdekat. Biasanya dalam packingan sudah terdapat beberapa macam sayur untuk sup. Anda tinggal mencuci dan memotongnya sesuai keinginan. Kemudian masukkan sedikit minyak ke panci dan panaskan dengan menekan tombol cook.

Setelah panas, masukkan bumbu sup yang dapat anda racik sendiri atau membeli bumbu yang sudah disediakan. Tumis sebentar dan masukkan air untuk sup secukupnya. Didihkan dan kemudian masukkan sayuran-sayuran tadi dan tutup kembali hingga matang dengan sesekali diaduk.

Jangan lupa untuk menambahkan bumbu tambahan seperti garam dan merica ya, supaya rasanya makin enak. Jika anda ingin sup ayam, anda dapat membeli sepotong ayam kemudian dicuci bersih dan direbus lebih dahulu ke dalam kuah tadi setelah menumis bumbu. Selang beberapa menit masukkan sayur dan tunggu hingga matang.

5. Membuat Bubur

Membuat Bubur di Rice Cooker
Membuat Bubur di Rice Cooker

Sedang tidak ingin makan nasi atau mie instan ? anda dapat membuat bubur dengan rice cooker. Caranya cuci bersih beras kemudian sisihkan. Siapkan garam, merica dan bumbu lain untuk bubur.

Bisa ditambahkan juga ayam atau topping lainnya. Tuangkan minyak untuk menumis bumbu, masukkan topping dan tunggu hingga harum. Aduk-aduk sesekali kemudian setelah harum masukkan air secukupnya dan beras yang telah dicuci.

Tutup sambil sesekali dibuka dan diaduk. Tambahkan lagi air kemudian aduk dan tutup. Ulangi cara ini sampai dirasa cukup untuk tektur dari bubur dan cicipi jika ada yang kurang. Jika sudah bubur cepat ala anak kost sudah dapat dinikmati.

Anda dapat menambahkan topping lain sesuai selera pada bubur yang sudah matang sebagai lauk pelengkap seperti kerupuk, potongan sosis atau lainnya.

6. Menumis

Menumis di Rice Cooker
Menumis di Rice Cooker

Selain membuat kuah dan gorengan, rice cooker juga dapat digunakan untuk menumis masakan. Bisa tumisan sayur atau tumisan lauk. Siapkan bahan-bahan dan bumbu tumisan kemudian potong-potong sesuai selera.

Panaskan minyak goreng secukupnya pada panci rice cooker dengan menekan tombol cook. Masukkan bumbu terlebih dahulu dan adukaduk lalu tutup sebentar.

Setelah wangi masukkan bahan tumisan dan berikan sedikit air. Tambahkan garam atau merica atau bumbu kaldu bubuk sesuai selera. Aduk rata dan tunggu hingga matang. Dan tumisan ini sudah dapat dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

7. Nasi Uduk

Memasak Nasi Uduk di Rice Cooker
Memasak Nasi Uduk di Rice Cooker

Bosan dengan nasi putih ? anda bisa memasak nasi uduk di rice cooker. Siapkan bahan-bahannya seperti beras, santan, lengkuas, daun salam, garam, sereh dan jahe secukupnya. Cuci bersih beras kemudian masukkan air secukupnya.

Masukkan bahan yang telah disiapkan bersamaan kemudian aduk rata dan masaklah seperti memasak nasi biasa pada rice cooker.

Sesekali buka rice cooker dan aduk agar rasa nasi uduk nya merata. Setelah matang anda dapat menikmatinya dengan lauk telur atau tempe tahu goreng yang telah anda masak dengan rice cooker juga.

8. Nasi Goreng

Memasak Nasi Goreng di Rice Cooker
Memasak Nasi Goreng di Rice Cooker

Nasi goreng yang banyak ditemui di mana saja ini juga menjadi salah satu pilihan makanan yang mudah dan murah. Kita dapat membuatnya dengan rice cooker juga. Caranya siapkan bahan berupa nasi, topping seperti telur sosis dan bakso atau sesuaikan dengan budget anda, dan bumbu instan nasi goreng.

Tuang minyak secukupnya kemudian panaskan dengan menekan tombol cook dan tumis toping terlebih dahulu. Masukkan kecap manis kemudian aduk sebentar. Setelah itu masukkan nasi dan bumbu instan nasi goreng. Aduk-aduk hingga rata semua bumbu ke lapisan nasi hingga matang. Kemudian sajikan dan siap dinikmati.

Itulah beberapa menu umum yang dapat anda buat sendiri dengan menggunakan rice cooker. Tidak hanya untuk anak kost, tetapi jika anda kehabisan gas untuk memasak di rumah, anda dapat menggunakan rice cooker sebagai alternatif.

Tentu disesuaikan dengan bahan yang ada dan budget anda ya. Memang memerlukan lebih banyak waktu dan usaha untuk memasak. Namun dapat menghemat sekaligus meningkatkan keterampilan memasak anda bukan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jajanan Car Free Day, Olahraga Sekalian Kulineran

Resep yang ada adalah referensi dari penulis. Tentunya anda dapat mencari resep lain yang sesuai dengan keinginan masing-masing. Jadi, hari ini mau coba menu yang mana di masak rice cooker ?

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.

Tinggalkan Balasan