in , ,

Merasa Tidak Pantas Dicintai, Ingatlah 5 Nasihat Bijak Ini

Merasa Tidak Pantas Dicintai Seseorang

Jika kamu sering duduk dan merenungkan tentang dirimu sendiri dengan perasaan bahwa kamu tidak layak dicintai, percayalah kamu tidak sendirian. Tidak jarang seseorang mengalami perasaan tidak berharga, tidak pantas dan tidak layak.

Hal ini memang benar-benar buruk dan menggerogoti kepercayaan diri kita hingga habis, namun tampaknya semua orang juga mengalami hal yang sama seperti kamu.

Lalu apakah kamu tidak melihat perbedaan yang jelas antara dirimu dengan orang-orang yang berhasil diluar sana. Entah ia berhasil dalam karirnya, berhasil dalam hubungannya atau apapun.

Ini masalahnya. Kamu harus tahu bahwa bedanya dirimu dengan mereka hanya satu, yaitu mereka tidak mau berlama-lama dengan perasaan tidak pantas yang membuatnya tidak percaya diri dalam melangkah. Mereka segera bangkit dari perasaan itu sehingga berhasil dalam hidupnya.

Nah, sekarang untuk mendapatkan hubungan atau cinta yang kamu dambakan, percayalah bahwa kamu layak mendapatkannya. Berikut 5 hal yang harus kamu ingat saat merasa tidak layak dicintai!

1. Jangan Biarkan Dirimu Terkunci Di Masa Lalu

Jangan Biarkan Dirimu Terkunci di Masa Lalu
Jangan Biarkan Dirimu Terkunci di Masa Lalu

Rasa tidak layak tak muncul secara tiba-tiba, kita bisa melihat sampai ke akarnya hingga ke masa kecil saat pertama kali diperlakukan seolah kita tidak bernilai. Mungkin di bangku SD saat pertama kali kita dijauhi teman hingga merasa tidak cukup baik.

Hal-hal kecil yang berbau penolakan di masa lalu ini terus terjadi berulang-ulang dalam hidup sehingga membentuk pola pikir kita yang sekarang dan juga memengaruhi pandangan kita terhadap diri sendiri.

Pada akhirnya kita terkunci di masa lalu dan mempercayai hal itu. Kita percaya bahwa kita tidak layak untuk diterima oleh siapapun. Sehingga dalam hubungan asmara juga kuat pengaruhnya, membuat kita merasa tidak layak dicintai.

Selama pola pikir kita masih dipengaruhi oleh masa lalu atau pengalaman-pengalaman buruk, selama itu pula kita akan terus merasa tidak layak dicintai. Maka keluarlah dan bebaskan dirimu, lihatlah bahwa masa depan penuh dengan begitu banyak kemungkinan.

Masa depan tidak pasti, sementara masa lalu itu sudah pasti, jadi berhentilah berpikir bahwa apa yang akan terjadi di depan nanti hasilnya sama seperti apa yang sudah terjadi di masa lalu.

2. Terima Bahwa Merasa Tidak Layak Merupakan Bagian Dari Proses

Merasa Tidak Layak Adalah Bagian Dari Proses
Merasa Tidak Layak Adalah Bagian Dari Proses

Sebelum kita meyakini sesuatu, kita harus melewati tahap dimana pikiran yang penuh kebingungan. Sebelum mampu menjadi orang yang percaya diri, kita juga harus melewati fase dimana kita merasa tidak layak.

Artinya, merasa tidak layak bukanlah sesuatu yang mutlak buruk, sebab ada sisi baik di dalamnya yang nanti akan membawa kita pada kepercayaan diri.

Maka tak perlu terlalu menyalahkan diri sendiri juga saat kita merasa minder, insecure atau tidak berharga. Sebab hal ini memicu kreativitas otak untuk berpikir mencari jalan keluarnya.

Sekarang mari menganalisa apa penyebab kita merasa tidak layak dicintai. Apakah karena penampilan? Apakah finansial? Atau hanya karena takut penolakan? Setelah menemukan penyebabnya maka lebih mudah untuk mengatasinya.

Percayalah bahwa tidak ada hal yang lebih membuatmu bahagia selain menemukan solusi dari keresahanmu sendiri lalu mengetahui bahwa kamu sedang berada di jalur yang tepat dalam menuju pertumbuhan kamu ke arah yang lebih baik.

3. Ubah Persepsi Dalam Memandang Makna Cinta

Mengubah Makna Tentang Cinta
Mengubah Makna Tentang Cinta

Merasa tidak layak dicintai bisa jadi disebabkan oleh kekeliruan kita dalam mengartikan cinta. Coba pikirkan lagi, apa makna cinta menurutmu pribadi? Lalu pikirkan lagi apakah pemahamanmu akan cinta lebih mengarah ke positif atau negatif?

Saat kita mengartikan cinta sebagai sesuatu yang berkaitan dengan nafsu fisik, kemewahan dan uang, sementara kita tidak memiliki cukup daya untuk memenuhinya, maka wajar saja kita merasa tidak layak dicintai.

Jelas berbeda jika kita mengartikan cinta sebagai ketulusan dan penerimaan, tentunya hal ini membuat kita lebih percaya diri dan merasa layak dicintai, sebab tidak ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Kembali lagi pada bagaimana kamu memandang cinta. Jika kamu percaya bahwa cinta harus memenuhi berbagai syarat, maka tingkatkan kualitasmu dalam berbagai aspek seperti karir dan lain-lain.

Sementara jika kamu bisa cukup yakin bahwa cinta itu penerimaan tanpa syarat, maka seharusnya kamu merasa layak-layak saja untuk dicintai meskipun kamu tidak memiliki kualitas dalam hal apapun.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Hal Apapun

4. Mencintai Diri Sendiri

Self Love
Self Love

Saat kita merasa tidak layak dicintai oleh pasangan atau siapapun bisa jadi penyebabnya karena kita membenci diri sendiri. Artinya, kita tidak bisa berdamai dan menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri.

Coba lihat ke cermin, pandanglah mata orang yang ada didalam cermin itu, lalu amati perasaanmu sendiri. Apakah kamu merasa bahagia atau justru sebaliknya? Jika kamu tidak bahagia dengan dirimu, wajar saja ketidaklayakan itu muncul.

Jadilah orang yang bahagia dengan dirimu sendiri, maka secara otomatis akan muncul perasaan bahwa kamu layak di cintai dan layak diinginkan. Namun jika kamu masih merasa belum cukup bahagia dengan dirimu, cobalah penuhi apa yang bisa membuat dirimu sendiri bahagia.

Jangan biarkan dirimu terlalu lama berada dalam perasaan yang negatif, semakin lama kamu berada dalam kondisi itu maka semakin sulit untuk mengubahnya. Segeralah bangkit!

5. Ubah Self-Talk Negatif Menjadi Motivasi yang Membangun

Mengubah Self Talk Negatif
Mengubah Self Talk Negatif

Merasa tidak layak dicintai dan merasa layak dicintai kerap ditentukan oleh bagaimana kita berbicara dengan diri sendiri. Nah, bagaimana kita bisa nyaman berkomunikasi dengan orang lain jika kita tidak nyaman berkomunikasi dengan diri sendiri?

Saat orang lain membuat batas setelah berkomunikasi dengan kita, maka ini suatu tanda bahwa ada sesuatu yang salah dari cara kita berkomunikasi. Mungkin apa yang kita bicarakan nuansanya sangat negatif bagi mereka sehingga memilih untuk menjauh.

Sekarang cobalah berlatih untuk berbicara positif pada dirimu sendiri. Ketika pikiran-pikiran negatif muncul, cobalah berikan alasan yang logis agar pikiran negatif itu pergi. Hanya dengan cara itu kita bisa merasa layak dicintai.

Baca Juga :

Saat kamu melihat ke cermin dan merasa tidak suka dengan yang kamu lihat, maka itu merupakan tanda bahwa kamu belum mencintai diri sendiri. Namun kamu bisa menumbuhkan perasaan itu dengan self-talk positif yang memotivasi dirimu untuk bangkit.

Percayalah bahwa kamu adalah orang pertama yang bisa menolong dirimu sendiri. Jangan menunggu malaikat datang menolongmu dan meningkatkan derajatmu di mata orang-orang, sebab hanya kamu yang bisa mengubah dirimu.