in

Mood Swing: Proses, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Perubahaan Mood
Perubahaan Mood

Pernahkah anda merasakan perubahan suasana hati yang cukup cepat dalam jangka waktu dekat.

Jika ya mungkin hal ini ada kaitannya dengan perubahan suasana hati atau mood swing. Hal ini normal jika terjadi sesekali, namun apabila sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, maka anda perlu mewaspadainya.

Perubahan suasana hati ini bisa disebabkan oleh emosi yang kurang dapat dikendalikan dengan baik sehingga anda dapat berubah dalam waktu sekejap. Jika tidak segera diatasi maka hal ini akan mengganggu aktivitas harian.

Anda dapat merasakan mood swing dalam hitungan jam atau hari tetapi jika sudah dihadapkan pada kondisi yang nyaman maka anda akan melupakan hal tidak mengenakkan tersebut dan mood anda kembali normal.

Jika dirasa sangat mengganggu dan sudah membutuhkan pertolongan professional jangan ragu untuk menghubungi dan meminta bantuan.

Mood Swings
Perubahan Suasana Hati Yang Ekstrem

Seringkali mood swing ini di samakan dengan gangguan bipolar.

Sudah tentu berbeda.

Jika bipolar disorder sudah masuk dalam ranah klinis dan sebaiknya diberikan obat oleh psikiater dengan rutin menjalani konseling dengan psikolog.

Sedangkan mood swing dapat diatasi sendiri dengan baik.

Jika anda mengalami hal ini sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu mood swing, bagaimana gejalanya dan apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya.

Berikut proses terjadinya, penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana Proses Terjadinya Mood Swing?

Perubahan suasana hati ini dapat terjadi kapan saja dan di mana saja anda berada. Kejadiannya juga cukup bervariasi dari yang biasa hingga yang ekstrim dengan gejala depresi.

Namun sebagian besar orang dengan mood swing tetap berada dalam perubahan emosi pada level sedang dan normal.

Durasi terjadinya sendiri juga beragam.

S, Nassir Ghaemi, Mood Disorder (2007)
S, Nassir Ghaemi, Mood Disorder (2007)

Menurut S Nassir Gahemi, dalam tulisannya dalam buku Mood Disorders, gangguan seperti ini ada yang bertahan selama beberapa jam atau disebut juga dengan ultrarapid dan ada pula yang berlanjut selama beberapa hari disebut juga dengan ultradian.

Psikolog klinis mengatakan bahwa hanya beberapa orang saja yang bertahan pada tingkat lanjut yang dibarengi dengan hipermanik atau tujuh hari episode mania.

Jika hal ini terjadi maka mood swing ini sudah mulai masuk pada ranah bipolar.

Pada beberapa kasus dapat berlanjut hingga 7 hari atau lebih bahkan berminggu-minggu lamanya. Hal ini cenderung dibarengi dengan munculnya depresi hingga euphoria.

Apa Saja Penyebab Mood Swing?

Tentu tidak enak jika terjadi perubahan mood yang cepat dalam beberapa jam. Tetapi anda perlu mengetahui sebab dari terjadinya masalah ini.

Mood swing dapat disebabkan oleh kondisi hormon dalam tubuh. Umumnya hal ini terjadi pada perempuan.

Kondisi seorang perempuan umum, remaja yang sedang pubertas, wanita yang sedang hamil dan wanita yang mengalami menopause memiliki kecenderungan perubahan suasana hati yang berkaitan dengan hormon.

Penyebab Mood Swings
Couses of Mood Swings Via Monopausenow.com

Karena adanya estrogen ketika dalam masa menstruasi yang naik pada masa akhir. Estrogen ini dapat menurun secara signifikan dan naik sehingga menyebabkan perubahan suasana hati.

Penyebab kedua adalah kemungkinanadanya ketidakseimbangan senyawa kimiawi pada otak yang mengatur perubahan suasana hati misalnya serotonin dan dopamin.

Bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu yang diderita misalnya kerusakan paru-paru, ginjal, jantung, tiroid dan kelainan pada otak.

Penyebab lain yang dapat menimbulkan mood swing adalah kemungkinan terjadinya gangguan klinis. Misalnya depresi, borderline personality, skizofrenia hingga bipolar yang terlihat sama.

Jika anda memiliki riwayat menggunakan obat-obatan terlarang dan minuman keras, anda berisiko memiliki masalah perubahan mood yang ekstrem dari efek samping konsumsi obat dan minuman beralkohol tersebut.

Kurang tidur, adanya trauma pada tubuh terutama bagian kepala, terlalu banyak konsumsi yang mengandung gula tinggi, stres, pengaruh perbahan cuaca dan sistem imun yang kurang baik juga dapat memengaruhi perubahan suasana hati pada diri anda.

Mood Swing Terjadi Karena Adanya Kelainan Pada Otak

Seperti yang sudah dibahas pada penyebab mood swing, adanya kelainan pada otak dapat menyebabkan mood swing terjadi.

Lalu sebenarnya seperti apa sih yang dimaksud kelainan pada otak dari mood swing ini?.

neurotransmitter
Neurotransmitter via qbi.uq.edu.au

Otak memiliki neurotransmitter yang berfungsi untuk menyalurkan senyawa antar neuron-neuron di otak.

Ketika seseorang memiliki level neurotransmitter yang abnormal di otak, maka dapat menghasilkan mood swing hingga mood disorders.

Kandungan serotonin pada neurotransmitter yang berkaitan dengan tidur, mood, emosi dan stres menjadi tidak seimbang di mana dapat menyebabkan depresi.

Sedangkan norepinephrine pada neurotransmitter yang berkaitan dengan pembelajaran, memori dan aktivitas fisik yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan depresi.

Maka ketika serotonin, GABA, dopamin dan norepinephrine produksinya terpengaruhi mood swing akan terjadi stres, cemas, takut bahkan stres yang dapat muncul bergantian.

Terapkan Gaya Hidup Sehat Untuk Atasi Mood Swing

Jika anda mengalami perubahan suasana hati yang begitu cepat, sebaiknya hindari situasi dan kondisi yang dapat menimbulkan perubahan tersebut.

Karena pada dasarnya perubahan suasana hati dapat mereda dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan khusus untuk mengatasinya. Anda bisa melakukan perubahan gaya hidup yang sehat untuk mencegahnya.

Gaya hidup yang sehat dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi dan mencegah mood swing.

Anda bisa menerapkan olahraga teratur, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup dan mengelola stres dengan baik.

Latih Diri Membuat Mood Diary

Mood Diary
Mood Diary

Jika mood swing terjadi terus menerus, anda bisa menelaah penyebab terjadinya dengan mencatat apapun yang anda lakukan di mana hal tersebut kira-kira memberikan kontribusi terhadap munculnya mood swing.

Catatlah waktu munculnya dan apa saja yang sudah anda lakukan sebelumnya.

Hal ini akan memudahkan anda untuk menarik benang merah dari penyebab masa tersebut sehingga dapat diberikan treatment yang tepat.

Mintalah Bantuan Profesional

Konseling
Konseling

Cara selanjutnya untuk mengatasi perubahan mood sebaiknya segera meminta bantuan dari ahlinya ketika anda merasa hal ini sudah mengganggu aktivitas harian anda agar tidak berlanjut menjadi gangguan klinis.

Karena bisa saja perubahan mood yang anda alami ada hubungannya dengan kejadian di masa lalu sehingga sulit untuk disembuhkan jika akar permasalahannya tidak disembuhkan terlebih dahulu.

Untuk itu lah pentingnya meminta bantuan pada professional dalam menangani hal ini. Jika tidak diatasi dan ditolong oleh professional maka dikhawatirkan seseorang yang mendapati mood swing akan mengalami:

  • Tidak bisa mengendalikan diri
  • Tidak rasional dalam mengambil keputusan atau bersikap
  • Memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.

Perubahan mood terlihat sepele jika dilihat secara langsung. Bahkan tidak sedikit yang dengan bangga mengklaim bahwa dirinya mengalaminya. Jika individu tersebut memang mampu dan mengetahui cara untuk mengatasi hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang mengalami mood swing tetapi tidak menyadarinya sehingga akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dari sekedar perubahan mood dapat berimbas pada gangguan psikologis yang serius jika tidak ditangani oleh tangan yang tepat.

Dan juga menjadikan masalah ini sebagai bahan lelucon dan meremehkan juga tidak akan membuat seseorang sembuh dari perubahan suasana hati ini. Justru akan cenderung menjadi toxic positivity jika terus dibiarkan.

Kesehatan mental itu mahal harganya, jadi tetap jaga diri anda agar selalu sehat secara mental dan juga fisik karena dapat berpengaruh satu sama lain. Semoga bermanfaat!

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.