7 Motivasi Positif Yang Membuatmu Bersemangat Memulai Aktifitas di Pagi Hari

Setiap pagi kita perlu memikirkan hal-hal positif untuk mendukung rencana-rencana yang akan kita lakukan hari ini

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Motivasi Positif di Pagi Hari

Selamat pagi, bagaimana matahari hari ini ? Apakah bersinar terang ?

Jika kamu punya impian untuk hari-hari yang akan datang, maka hari ini sangat penting karena saat pagi ini segala prosesnya sedang dimulai.

Namun jika kamu masih terhisap oleh masa lalu dengan semua bayang-bayang penyesalan yang tak sudah-sudah, maka coba bayangkan lagi bagaimana jika hari ini tiada?

Mungkin kamu pernah merasa malas bangun dari tidur dan pikiranmu memunculkan beribu alasan untuk menunda bangkit dari kasur, hingga waktumu habis berjam-jam. Dan selang beberapa jam kamu bangun lagi dengan kepala pusing dan juga mood yang buruk tanpa melakukan apa-apa.

Kebiasaan bertindak dengan cara yang sama akan terus membuahkan hasil yang sama. Cobalah berpikir dengan pola yang berbeda jika kamu inginkan hasil yang berbeda.

Setiap pagi kita perlu memikirkan hal-hal positif untuk mendukung rencana-rencana yang akan kita lakukan hari ini. Berikut adalah beberapa motivasi positif yang wajib kamu tanamkan di pagi hari.

1. Kemarin Sudah Berlalu, Ini Hari Yang Baru

Setiap Pagi adalah Hari Baru
Setiap Pagi adalah Hari Baru

Terlalu hanyut dalam kenangan masa lalu akan membuatmu lupa bahwa hari itu sudah berlalu.

Kebanyakan masalah orang-orang adalah saat mereka ingin melupakan masa lalu, mereka malah melupakan masa kini yang sedang ia jalani. Padahal cara terbaik untuk melupakan masa lalu bukanlah berpikir untuk melupakan, tetapi berfokus bagaimana menjadikan hari ini sebagai prioritas.

Dan meskipun kamu ingin sekali merasakan kebahagiaan yang sama seperti kemarin, sekeras apapun kamu berusaha, tidak akan mengubah apa-apa karena semua sudah berlalu.

Maka alasan pertama untuk menjadikan hari ini penting adalah kemampuan hatimu menerima kenyataan bahwa hari kemarin sudah berlalu dan ini hari yang baru.

2. Hidup Adalah Hari ini, Bukan Kemarin atau Esok

Hidup Adalah Hari Ini
Hidup Adalah Hari Ini

Mindfulnes adalah kesadaran penuh akan diri saat ini, bukan mengawang ke masa lalu atau masa depan. Berfokus pada apa yang sedang dijalani saat dan melakukan yang terbaik untuk menuai hasil yang memuaskan di masa depan.

Ketika kamu menganggap semua yang ada tidak berarti apa-apa sebenarnya kamu sedang berada dititik kebuntuan. Jika kamu sedang mengalami kebuntuan itu, cobalah melatih dirimu untuk sadar sepenuhnya bahwa eksistensimu sedang berada dihari ini bukan dimasa lalu ataupun dimasa depan.

Sadari sepenuhnya bahwa masa lalu dan masa depan hanya ada dalam pikiranmu saja dan bukan realita.

Baca Juga : 5 Tips untuk Hidup yang Bahagia dan Sukses dalam Segala Hal

3. Esok Lebih baik, Jika Hari Ini Engkau Melakukan Yang Terbaik

Hari Esok Tergantung Apa Yang Kamu Lakukan Hari Ini
Hari Esok Tergantung Apa Yang Kamu Lakukan Hari Ini

Sah-sah saja jika kamu berpikir besok akan lebih baik, bahkan jika kamu berpikir seminggu kedepan, sebulan, setahun ataupun dua tahun kedepan hidupmu akan lebih baik, tidak ada salahnya dengan berpikir positif tentang hari-hari depan yang lebih baik.

Tapi awas terjebak dengan pikiranmu sendiri sebab hari-hari yang lebih baik belum juga datang karena kamu belum juga memulai sesuatu.

Pasti kamu pernah berandai-andai seperti “AH, kalau tahu begini ku selesaikan dari kemarin”.  Kamu tahu penyesalan tiada berarti namun semoga saja kekesalan terhadap diri sendiri membawa dampak positif untuk tidak membuang-buang waktu lagi.

Mengubah kehidupan tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak fase-fase yang harus kamu lewati dan mulailah dari berpikir bahwa hari ini sangat penting bagimu.

4. Hari Ini Berdampak Pada Masa Depanmu

Jack Ma 20 Tahun Lalu Saat Memulai Alibaba
Jack Ma 20 Tahun Lalu Saat Memulai Alibaba

Coba ingat lagi di usiamu 5 tahun atau 10 tahun lalu. Ingatlah tentang sesuatu yang ingin kamu lakukan namun masih terpendam dalam khayalanmu saja. Maka apa yang kamu dapatkan?

Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun lalu. Dan waktu terbaik kedua adalah hari ini Click To Tweet

Begitulah pepatah cina menggambarkan berharganya kedua waktu tersebut yaitu masa lalu dan masa kini yang sedang kamu jalani.

Jika yang kamu dapatkan hari ini tidak seperti keinginanmu, itu tandanya kamu tidak berbuat apa-apa selain mengkhayal di masa lalu. Tapi sebenarnya khayalan itu baik jika mampu mendorongmu untuk beraksi.

Maka bertindaklah seperti apa yang ada didalam khayalanmu, jadilah seperti apa yang kamu bayang-bayangkan, dan mulai beraksi hari ini.

5. Tidak Ada Kegagalan Untuk Hari Ini

Hari Baru Adalah Peluang Baru
Hari Baru Adalah Peluang Baru

Saat kau terbangun dari tidurmu hari ini, itu berarti masih ada kesempatan. Membuka mata adalah awal dari semua peluang untuk maju. Jika kamu sadari sepenuhnya, bangun dari tidur adalah sebuah anugerah yang indah.

Kegagalan tidak pernah ada untuk hari ini ataupun esok, sebab kegagalan ada dimasa lalu. Hari ini kamu tidak mungkin gagal.

Kamu tidak akan kehilangan peluang itu selama hari ini belum menjadi kemarin.

6. Hari Ini Tidak Akan Terulang Lagi

Hari Ini Tidak Akan Terulang Lagi
Hari Ini Tidak Akan Terulang Lagi

Sama seperti hari-hari kemarin yang sudah kamu sesali, bukankah itu tidak akan terulang lagi?

Hari ini pun tidak akan terulang. Ketika hari ini berlalu, maka kamu tidak akan pernah bisa mengulanginya, maka sebelum kamu menyesal lagi, jadikanlah hari ini sebagai prioritasmu dalam kehidupan.

Masa depan masih jauh dan belum pasti. Namun hari ini kamu punya dua pilihan, masa depan yang sukses atau masa depan yang dipenuhi penyesalan lagi.

7. Kamu Boleh Menunda Pekerjaan, Tapi Jangan Hari Ini

Jangan Menunda Pekerjaan
Jangan Menunda Pekerjaan

Aku, Kamu dan kita semua tentu pernah melakukan kesalahan besar dalam hidup ini. Tapi jadikanlah kesalahan itu layaknya rambu-rambu lalu lintas yang mengingatkan kita untuk berhati-hati terhadap kecelakaan yang mungkin akan menghantam diujung jalan.

Kesalahan terbesar adalah saat kamu berpikir memiliki banyak waktu - Sang Budha Click To Tweet

Terkadang ada saatnya kamu melakukan kesalahan yang secara tidak sengaja membawamu mengetahui kebenaran.

Dan satu hal yang harus kamu terima adalah waktu yang kamu miliki tidak pasti seberapa lama lagi, maka jangan pernah menunda apa yang seharusnya kamu kerjakan hari ini dan berhenti memikirkan apa yang seharusnya tidak kamu pikirkan.

Baca Juga : Tuhan, Aku Sudah Menjadi Orang Baik. Kenapa Kehidupanku Tidak Berubah?

Demikian beberapa mindset motivasi positif yang perlu kamu tanamkan setiap kamu memulai aktifitas di pagi hari ini. Percayalah, hari ini terlalu berharga dibandingkan penyesalanmu di masa lalu dan kekhawatiranmu di masa depan.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile