in ,

30+ Motto Hidup Orang-orang Sukses yang Sangat Menginspirasi

Motto Hidup Sukses

Setiap hari kita bangun dengan perasaan yang berbeda-beda dan dengan pemikiran yang berubah-ubah. Jika kita tidak memiliki motto hidup yang baik maka mudah sekali bagi kita untuk kehilangan arah, tujuan dan semangat.

Nah, sebelum kita menentukan seperti apa motto hidup yang akan kita pegang, ada baiknya kita memahami lebih dulu apa makna motto hidup yang sebenarnya.

Motto hidup itu seperti sebuah penggaris. Saat kita ingin membuat garis di atas kertas, tanpa bantuan penggaris maka garisnya kurang rapi atau ada sedikit bengkok.

Inilah mengapa kita memerlukan motto hidup, sebab itu bisa membantu kita untuk membuat hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan, sesuai tujuan dan tidak bengkok kesana-kemari.

Berikut adalah kumpulan motto hidup orang sukses yang bisa kita gunakan!

Daftar Isi show

1. “Hal terfavorit saya dalam hidup adalah tidak memerlukan biaya apapun. Ini benar-benar jelas bahwa sumber daya paling berharga yang kita semua miliki adalah waktu” – Steve Jobs

Selama kita masih memiliki napas, masih bisa bergerak dan masih punya akal pikiran yang sehat. maka jangan takut untuk melakukan apa yang ingin kita lakukan, meskipun itu adalah impian yang besar.

Semisal saat kita ingin memulai sebuah bisnis, jangan pikirkan biayanya tapi gunakanlah tubuh, pikiran dan waktu yang kita miliki sebab itu sangatlah mahal harganya. Dengan waktu, kita bisa mewujudkan apapun yang kita inginkan!

2. “Jangan biarkan suara orang lain meredam suara terdalam anda. Dan yang terpenting, beranilah untuk mengikuti suara hati dan intuisi anda!” – Steve Jobs

Sangat penting untuk mendengarkan orang lain jika itu memang membawa manfaat bagi diri kita. Jamun jika omongan orang lain hanya membuat kita putus asa, lupa tujuan dan berbalik arah maka abaikan saja.

Sebab suara-suara sumbang itu dapat meredam suara terdalam dari hati dan jiwa kita. Ada saatnya kita harus mengabaikan omongan orang lain dan belajar mendengarkan suara hati dan intuisi.

3. “Jadilah tolok ukur dari kualitas. Beberapa orang tidak terbiasa di lingkungan dimana keunggulan dibutuhkan!” – Steve Jobs

Kita harus menjadi contoh dari sebuah produk yang berkualitas, dan biarkan saja orang lain mengikuti kita. Intinya, kita harus membawa dampak dan perubahan, bukan hanya sekedar ikut-ikutan.

4. “Jika anda tidak dapat menundukkan ego anda, maka ego anda akan menundukkan anda” – Napoleon Hill

Ego itu sifatnya liar, suka mengendalikan dan ingin menang sendiri. Maka kita perlu belajar untuk menundukkan ego, sebab jika tidak maka egolah yang akan menundukkan kita.

5. “Pencapaian besar pada umumnya lahir dari sebuah pengorbanan besar, bukan keegoisan!” – Napoleon Hill

Jika kita bersikap egois, mungkin kita bisa mencapai apa yang kita impikan, tetapi sesuatu yang didapat dari keegoisan tidak akan membawa manfaat, perkembangan dan peningkatan, sebab keegoisan selalu sejalan seiring dengan kerugian.

6. “Orang-orang bijaksana, pada umumnya tidak mau menonjolkan diri dan tidak banyak bicara” – Napoleon Hill

Orang-orang bodoh biasanya banyak bicara dan selalu menonjolkan dirinya untuk mendapatkan perhatian, mereka bertingkah seperti orang pintar tetapi sebenarnya orang-orang yang melihat itu mengetahui bahwa mereka bodoh,

Sebaliknya, orang-orang yang bijaksana tidak banyak bicara, jika ditanya mereka akan menjawab secukupnya dan tidak berusaha menonjolkan dirinya.

7. “Orang bodoh seringkali beralasan sabar dengan segala sesuatu yang sebenarnya dia pasrah pada keadaan tanpa pernah berusaha” – Albert Einstein

Memiliki motto hidup sabar itu baik, tetapi selain sabar kita juga perlu sadar. Sehingga kesabaran itu berjalan seiring dengan kesadaran yang pastinya membuat kita tetap berusaha dalam kondisi apapun.

8. “Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah untuk menjadi manusia yang berguna” – Albert Einstein

Untuk menjadi orang kaya itu mudah, terutama di era informasi sekarang ini rahasia menjadi kaya itu sudah tersebar dimana-mana. Tetapi apa artinya berhasil dan kaya raya kalau tidak membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain?

9. “Beri nilai dari usahanya bukan dari hasilnya. Baru kita bisa menilai kehidupan” – Albert Einstein

Jika kita ingin menilai sesuatu, kita perlu melihat setiap prosesnya dari usaha-usaha yang dilakukan. Hasilnya itu masalah lain. Sebab hanya dengan cara itulah kita bisa memahami arti hidup.

10. “Kebencian adalah seperti kamu meminum racun tapi berharap musuhmu yang terbunuh” – Nelson Mandela

Banyak motto hidup yang perlu kita pegang dan salah satunya adalah cinta. Sebab cinta akan membawa manfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Sementara kebencian itu hanya membawa kerugian bagi diri kita sendiri, bukan orang lain. Sebab jika orang yang kita  benci membalasnya dengan cinta, maka ia beruntung dan kita sendiri yang merugi.

11. “Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tetapi mereka yang menaklukan rasa takut” – Nelson Mandela

Jadilah seseorang yang berani menaklukan rasa takut. Pegang kata-kata ini sebagai motto hidupmu agar setiap ketakutan muncul kamu memiliki keberanian untuk mengatasinya. Sehingga pada akhirnya rasa takutmu berkurang satu persatu.

12. “Kunci hidup bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang mengawasi dan berbicara seolah semua orang mendengarkan!” – Nelson Mandela

Inilah salah satu kunci untuk memasuki inti kehidupan, ya, kita harus bertingkah seolah tidak ada orang lain yang mengawasi agar kita tidak merasa malu, takut di kritik atau ingin pujian.

Lalu, jika kamu berbicara, jangan ada ketakutan bahwa orang lain tidak akan mendengarmu, berbicara saja dan katakan apa yang ingin kamu katakan seolah semua orang mendengarkanmu.

13. “Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, tapi tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah” – Mahatma Gandhi

Kita tidak boleh serakah. Jangan jadikan keserakahan sebagai motto hidupmu, tetapi jadilah seseorang penuh kesadaran dan penuh syukur bahwa karunia yang kamu dapatkan dalam hidup ini sudah berkelimpahan.

14. “Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak!” – Mahatma Gandhi

Apa artinya emas dan perak jika itu tidak membawa manfaat bagi diri kita? Mari pikirkan lagi, seberapa banyak manfaat yang kita dapat dari kesehatan? Mungkin tak terhitung lagi jumlahnya.

Maka jadikanlah ini sebagai motto hidup, bahwa kesehatan adalah harta paling berharga yang harus kita jaga.

15. “Lebih baik berdoa dengan hati tanpa kata-kata daripada berdoa dengan kata-kata tanpa menggunakan hati” – Mahatma Gandhi

Saat kita berdoa dengan merangkai kata-kata yang indah, terkadang kita jadi menggunakan ego dan pikiran yang sempit hingga lupa menggunakan hati. Lantas, bagaimana doa bisa sampai ke langit?

Sebab hanya dengan hati kita bisa menyentuh langit. Meskipun kita tidak mengucapkan kata-kata, jika kita menggunakan hati dan merasakannya dengan penuh kesadaran, maka apa yang kita inginkan pasti terkabul.

16. “Kesalahan orang-orang pandai adalah menganggap orang lain bodoh, kesalahan orang bodoh adalah menganggap orang lain pandai” – Pramoedya Ananta Toer

Jadikan kebijaksanaan sebagai motto hidupmu. Sebab menjadi pandai atau bodoh itu sama saja kosong dan tak ada artinya, sebab mereka tidak bisa berpikir bijak.

17. “Kehidupan ini seimbang, Tuan. Barangsiapa hanya memandang pada keceriaannya saja, ia orang gila. Barangsiapa hanya memandang kesedihan saja, ia sakit!” – Pramoedya Ananta Toer

Jangan memandang hidup ini sebagai keceriaan, jangan pula memandang hidup penuh kesedihan. Jadikan keseimbangan sebagai motto hidupmu, sebab menjadi seimbang adalah hal yang penting agar kita bisa terus maju.

18. “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, maka ia akan hilang di tengah masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” – Pramoedya Ananta Toer

Satu lagi motto hidup yang harus kita pegang adalah membawa manfaat sebanyak-banyaknya. Salah satu caranya adalah dengan menulis atau membuat suatu karya yang akan bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain juga anak cucu kita nanti.

19. “Hati hanya akan tentram jika kita berbuat kebaikan untuk orang lain” – Lao tzu

Kita perlu menjadikan kebaikan sebagai pedoman hidup. Sebab hanya kebaikan yang bisa membuat hati kita merasa lebih tenteram dan ingatlah bahwa kebaikan itu tidak akan pernah hilang.

20. “Pandanglah dunia sebagai dirimu sendiri. Temukan iman pada segala sesuatu sebagaimana mestinya. Cintai dunia sebagai dirimu sendiri, maka kau akan bisa menyayangi segala sesuatu” – Lao tzu

Lihatlah pohon-pohon, hewan, dan segala hal di bumi ini yang membantu menjalankan ekosistem, semua itu adalah bagian dari diri kita. Sebab jika semua itu tidak ada, mungkin kita sudah mati bahkan mungkin tidak pernah dilahirkan.

Maka cintailah bumi ini dan seisinya seperti kamu mencintai dirimu sendiri, seperti kamu menjaga dirimu sendiri. Sebab semua yang ada di alam semesta ini adalah satu kesatuan.

21. “Ketenangan merupakan sumber kekuatan yang besar” – Lao tzu

Jadikan ketenangan sebagai motto hidup. Sebab dari sanalah muncul kekuatan yang besar. Kamu bisa melatih diri untuk menjadi tenang dengan beberapa cara seperti berdoa, beribadah dan bermeditasi.

22. “Jika kita tidak memiliki cinta dan rasa hormat terhadap orang lain, di titik itulah pada akhirnya kita mati” – Maya Angelou

Salah satu prinsip hidup yang perlu kita pegang adalah cinta dan rasa hormat terhadap orang lain. Sebab kita manusia adalah makhluk sosial yang dari sanalah kita saling mendapatkan keuntungan.

Jika cinta dan rasa hormat sudah hilang, maka kita tidak mau lagi bersosial dan itu sungguh membawa kerugian.

23. “Jika kau tidak menyukai sesuatu, maka ubahlah. Jika kau tidak bisa mengubahnya, maka ubahlah cara pandangmu” – Maya Angelou

Dalam hidup pasti ada banyak hal yang tidak sesuai ekspektasi kita, itulah mengapa setiap orang berjuang untuk melakukan sesuatu yang menurutnya baik dan benar.

Tapi setelah kita berusaha untuk mengubahnya dan tidak juga bisa diubah, maka kita harus berhenti memaksakan diri dan mulai belajar menerima kenyataan, mengubah sudut pandang.

24. “Kamu tidak bisa mengendalikan semua hal dalam hidup, tetapi kamu mengendalikan diri untuk tidak kehilangan semangat karena kejadian tersebut” – Maya Angelou

Motto hidup yang paling semua orang harus miliki adalah kesadaran diri. Dalam arti, kita harus menyadari apa yang ada dalam kendali kita dan apa yang ada diluar kendali kita. Sebab menyadari semua itu membuat kita tidak mudah kehilangan semangat dan tidak mudah bersedih.

25. “Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang kau sendiri tidak menyukainya orang lain mengatakannya kepadamu” – Ali bin Abi Thalib

Berkata-kata yang baik dan empatik adalah satu prinsip hidup yang kita semua harus miliki. Kita perlu membayangkan berada di posisi orang lain, sehingga kita tidak asal-asal dalam berbicara.

26. “Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak membutuhkan itu dan yang membencimu tidak akan mempercayai itu” – Ali bin Abi Thalib

Kamu tidak perlu menjelaskan dirimu, kecuali ditanya. Biarkan saja orang-orang yang menilai kita, sebab kita jelaskan juga percuma.

27. “Apabila yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi” – Ali bin Abi Thalib

Jadikan rasa syukur dan penerimaan sebagai pegangan dalam hidup, sebab seringkali hal-hal yang terjadi dalam hidup ini bukanlah apa yang kita senangi. Dengan bersyukur, maka segala sesuatu yang awalnya tidak kita senangi bisa terlihat indah.

28. “Seperti sebuah lilin yang tidak dapat terbakar tanpa api, manusia tidak dapat hidup tanpa kehidupan spiritual” – Buddha

Salah satu hal yang sering dilupakan di era ini adalah spiritual. Jangan biarkan kehidupan modern mengubah kepercayaan kita terhadap suatu kekuatan yang lebih besar, entah kita menyebutnya Tuhan, Sang Pencipta atau apapun itu, tetaplah percaya.

Sebab hidup tanpa spiritual itu seperti lilin yang tidak menyala, tidak membawa cahaya dan tidak menerangi sekitarnya. Akhirnya kita hidup dalam kegelapan.

29. “Kebahagiaan itu bukan tergantung pada situasi, tetapi kondisi pikiran kita” – Buddha

Jangan biarkan hal-hal yang terjadi diluar kendali kita membuat hati bersedih. Tetaplah kontrol emosi sebab kebahagiaan sejatinya ada di dalam diri kita masing-masing dan tergantung bagaimana cara kita berpikir.

30. “Kebahagiaan datang ketika pekerjaanmu membawa manfaat bagi dirimu sendiri dan orang lain” – Buddha

Membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain harus menjadi prioritas nomor satu. Sebab hanya dengan cara itulah kita bisa mendatangkan kebahagiaan yang sejati, yaitu kebahagiaan yang tiada putusnya.

Baca Juga :

Kita tidak harus berpegang pada satu motto hidup saja, sebab hal itu akan membuat kita menjadi kaku dan monoton. Seharusnya kita menyerap semua motto hidup dari orang-orang yang lebih dulu berhasil dan mempraktekkannya dalam segala kejadian yang berbeda-beda.

Situasi hidup ini terus berubah-ubah, kondisi pikiran kita pun berubah-ubah, dan motto hidup yang kita gunakan juga relatif tergantung dengan situasinya. Intinya, selama hal itu membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, maka peganglah!