in ,

Panduan Investasi Online: Kiat Bagi Pemula Untuk Memulainya

Tips Berinvestasi Online

Investasi sebagai salah satu kegiatan yang menurut berbagai pakar perencanaan keuangan, sangatlah penting untuk dilakukan. Adanya kenaikan inflasi setiap tahunnya, membuat setiap orang tidak lagi bisa hanya mengandalkan tabungan semata.

Namun, di Indonesia sendiri, literasi keuangan khususnya terkait investasi masih sangatlah minim. Banyak orang yang masih menganggap, investasi sulit dilakukan dan beranggapan hanya orang-orang yang memiliki modal besar saja yang mampu berinvestasi.

Padahal, di tengah kemajuan teknologi saat ini, di tengah banyaknya financial technology (fintech) bermunculan, kemudahan akan berinvestasi pun semakin dipermudah.

Sudah banyak website dan penyedia jasa investasi yang memfasilitasi secara online, mempermudah setiap pengguna untuk berinvestasi hanya melalui smartphone yang mereka miliki.

Kelebihan Berinvestasi Online

Kelebihan Investasi Online
Kelebihan Investasi Online

Terdapat beberapa alasan mengapa saat ini investasi secara online semakin banyak ditawarkan dan dapat diminati oleh masyarakat, terutama bagi anda kaum milenial yang menyukai segala sesuatu yang cepat dan mudah, diantaranya:

1. Mudah di Akses

Investasi secara online, tentu akan mudah diakses oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Hanya bermodalkan jaringan internet, anda dapat dengan mudah mengakses tanpa harus bertatap muka secara langsung.

2. Cepat

Investasi online dibuat agar para investor dapat dengan cepat melakukan semua pengurusan, tanpa harus menggunakan kertas-kertas persyaratan, semua dilakukan paperless sehingga prosesnya pun dengan cepat terpenuhi.

3. Tidak Terkendala Batas

Dengan adanya investasi secara online, maka anda dapat dengan mudah mengakses seluruh informasi misalnya saja hingga pasar-pasar saham dunia, karena semua tersedia di internet.

4. Minimum Investasi Terjangkau

Banyak investasi online yang memberikan kemudahan termasuk terkait dana awal investasi, sehingga anda tidak perlu memerlukan modal yang sangat besar untuk dapat memulai investasi

5. Mudah di Monitor

Salah satu keunggulan investasi online, anda dapat dengan mudah mengakses portofolio investasi anda secara real time dan cepat, anda dapat memantau pergerakan investasi dan informasi lainnya.

Tips Berinvestasi Online

Tips Aman Investasi Online

1. Platform dengan Lisensi OJK

Saat ini banyak sekali jasa penyedia investasi online di internet, namun belum tentu semuanya merupakan platform investasi yang tepat dan benar.

Baiknya sebelum anda berinvestasi di suatu platform online, cek terlebih dahulu lisensi dari platform online tersebut, apakah memang ada izin yang dikeluarkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, sebagai lembagai yang mewadahi suatu lembagai finansial.

Adanya lisensi inilah yang nantinya dapat menyelamatkan anda, apakah investasi tersebut merupakan investasi yang benar atau malah investasi bodong.

2. Riset Sebelum Bergabung Investasi

Riset awal merupakan hal yang sangat penting sebelum anda berinvestasi. Kumpulkan berbagai informasi sebanyak-banyaknya sebelum anda memutuskan untuk investasi.

Cek apakah platform dan aplikasi online tersebut telah memiliki ijin secara hukum dari OJK. Bahkan banyak lembaga yang telah mendapat izin dari OJK pun melakukan pelanggaran hukum tersendiri.

Anda harus benar-benar memperhatikan dan menggali banyak informasi di awal. Percayakan investasi anda, platform yang memang telah lama berdiri, dan banyak pengguna yang memilih platform tersebut, untuk memastikan bahwa investasi anda akan aman disana.

3. Pahami Skema Secara Online

Saat ini, semua hal perihal investasi dapat dengan mudah anda akses melalui internet. Anda memahami setiap instrument investasi yang anda lakukan, dari manakah anda akan mendapatkan keuntungan.

Pelajari banyak hal terkait dasar-dasar investasi dan produk investasi itu sendiri. Lihat bagaimana sistemnya bekerja. Bila dirasa ada hal yang aneh dan tidak masuk akal, mungkin leih baik anda segera meninggalkan hal tersebut sebelum dana yang anda miliki hilang.

4. Jangan Mudah Percaya Keuntungan Tidak Masuk Akal

Bila anda ditawari produk investasi dengan imbal hasil yang sangat tinggi dalam jangka waktu pendek, tentu anda haruslah berhati-hati terhadap penawaran tersebut. Alih-alih menghasilkan keuntungan, bisa saja investasi tersebut merupakan investasi bodong.

Pelajarilah setiap produk investasi yang ditawarkan, coba untuk membuat perkiraan keuntungan yang mungkin anda dapatkan di masa depan sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi di produk tersebut.

Perkirakan pula setiap risiko yang ada, imbal hasil yang besar pastinya diikuti oleh adanya risiko yang besar pula. Jangan mudah hanya tergiur dengan iming-iming imbal hasil besar, namun produknya tidaklah jelas. Lakukan banyak riset terlebih dahulu.

5. Lakukan Diversifikasi

Dalam konsep investasi, jangan menempatkan dana anda pada satu instrument saja. Hal ini guna meminimalisir tidak kembalinya dana anda, apabila anda merugi pada satu instrument investasi tersebut.

Sehingga bila satu produk sedang mengalami kelesuan, anda dapat meminimalisir tingkat kerugian investasi dengan keuntungan dari produk investasi lainnya.

6. Mulai Dengan Budget Kecil

Banyak sekali platform online saat ini yang menawarkan investasi online dengan beragam kemudahan, namun tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan anda. Pertimbangkan terlebih dahulu mana yang sesuai dengan profil risiko anda.

Untuk anda yang merupakan investor pemula, mulailah dengan investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang minim.

Sebagai contohnya saja, dalam berinvestasi saham, pilihlah perusahaan sekuritas yang memudahkan anda, misalnya saja dalam penetapan dana awal yang tidak terlalu tinggi, dibandingkan perusahaan sekuritas yang mewajibkan setiap investor menetapkan dana awalnya hingga jutaan rupiah.

Daftar Instrumen Investasi Online Terpercaya

Investasi Online Terpercaya
Investasi Online Terpercaya

1. Reksadana

Reksadana merupakan salah satu instrument investasi yang dapat diakses secara online, platform investasi reksadana yang banyak digunakan secara online, diantaranya:

  • bareksa.com 

Bareksa sendiri merupakan sebuah website online di bawah naungan PT Bareksa Portal Investasi yang sangat terkenal dengan memfasilitasi produk investasi reksadana. Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi seputar reksadana pada portal online ini.

Mulai dari berbagai pilihan reksadana, manajer investasi yang mengelola, serta rating-rating reksadana itu sendiri yang bisa anda filter dalam jangka waktu periode tertentu. Di portal online ini, anda akan dapat banyak mempelajari berbagai investasi khususnya reksadana.

  • Indopremier.com

Produk investasi reksadana yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas indopremier  ini seringkali dikenal dengan nama IPOTFUND. Ada beragam pilihan investasi reksadana dengan banyak manajer investasi yang bisa anda pilih.

2. Saham

  • MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading)

MOST merupakan aplikasi trading saham online yang dibawah naungan PT Mandiri Sekuritas dan banyak menyediakan berbagai kebutuhan seputar investasi saham.

Anda dapat melakukan pendaftaran secara online, mulai dari membuat rekening dana nasabah, hingga nantinya bisa melakukan investasi saham secara mandiri melalui aplikasi ini.

Cukup hanya menyiapkan beberapa dokumen yang dapat di lampirkan secara online, dalam beberapa hari proses, anda sudah bisa mulai berinvestasi saham.

  • IPOT (Indo Premier Online Trading)

Hampir sama dengan MOST, IPOT merupakan aplikasi investasi saham yang dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas PT Indo Premier Sekuritas.

Para investor pemula dapat dengan mudah memulai investasi saham bahkan dengan modal awal yang sangat minim yaitu hanya sebesar seratus ribu rupiah. Aplikasi IPOTGO yang tersedia dapat juga digunakan untuk investasi reksadana.

Sehingga investasi saham dan reksadana dapat anda monitor hanya dalam satu aplikasi.

3. Emas (Logam Mulia)

  • Tamasia.co.id

Tabungan emas tamasia ini sistemnya anda dapat membeli emas di nominal dana yang anda miliki yang nantinya akan di konversikan ke dalam satuan gram emas. Setelah tabungan emas anda telah mencapai pecahan minimal 1 gram, anda dapat mencetak logam mulia tersebut dan dikirim ke alamat anda.

Anda tidak perlu khawatir, emas yang dikirim merupakan 99.99% merupakan logam mulia emas antam. Sehingga anda dapat investasi emas secara rutin setiap bulannya dan mencetaknya bila telah memiliki tabungan emas minimal pecahan 1 gram.

  • Indogold.com

Sistem kerja dari indogold.com hampir sama dengan tamasia.co.id, bahkan dalam website online ini, anda juga dapat menggadaikan emas yang anda miliki.

4. Deposito

  • Aplikasi Jenius

Saat ini, bank BTPN memiliki aplikasi digital banking yang dikenal dengan Jenius. Kehadiran jenius memudahkan para nasabah untuk dapat menghimpun dana mereka dalam deposito atau biasa dikenal dengan maxi saver pada aplikasi ini secara online.

Anda tidak perlu lagi datang ke Bank, menyetor ke teller hanya untuk membuat sebuah deposito. Bunga yang ditawarkan pun tidak kalah dengan Bank-bank lainnya seperti Mandiri, BCA dan lainnya.

Dan yang pasti, aplikasi ini pun dijamin keamanannya oleh LPS atau Lembagai Penjamin Simpanan.

—-

Berbagai kemudahan fasilitas online yang saat ini banyak ditawarkan, tentunya akan semakin memudahkan kegiatan kita dalam berinvestasi dan memonitornya. Lakukan investasi dengan segera saat ini juga ya.

Tips Investasi Lainnya Yang Wajib Kamu Baca

Written by Dinny Amalia

Lifetime learner. An independent woman who live her life to the fullest.