in

Pasangan Mudah Emosi, Hadapilah dengan 8 Cara Ini

Pasangan Mudah Emosi

Setiap orang memiliki sifat dan karakter masing-masing. Mungkin saja kamu memiliki sifat yang penyabar, tapi sayangnya kamu justru dipertemukan dengan sosok pasangan yang emosinya sangat mudah tersulut.

Hal kecil pun terkadang menjadi hal yang besar karena emosi pasanganmu yang sulit dikendalikan oleh dirinya sendiri, apalagi orang di sekitarnya. Ada kalanya kamu mungkin merasa lelah dalam menghadapi sifat pasanganmu yang sangat mudah emosian atau marah hanya karena hal yang menurutmu bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

Kembali lagi, tidak semua orang memiliki pengendalian emosi yang baik sepertimu. Ada orang yang pemalu, pemarah, dan masih banyak lagi karakter dan sifat yang dimiliki oleh beberapa orang.

Jika kebetulan kamu memiliki pasangan yang mudah marah, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi sifat emosian yang dimiliki oleh pasanganmu.

Tidak perlu memaksakan pasanganmu untuk berubah sesuai dengan apa yang kamu inginkan dalam waktu singkat. Sadarilah bahwa membentuk sebuah karakter baru membutuhkan waktu yang tak sedikit. Intinya kamu harus bersabar dan cobalah ikuti 8 cara menghadapi pasangan yang mudah marah berikut ini.

1. Jangan Ikut-ikutan Emosi Karena Sikapnya

Jangan pernah menghadapi pasanganmu yang mudah emosi dengan ikut-ikutan emosi ya. Emosimu hanya akan memperburuk kondisi antara kamu dan pasangan. Sebisa mungkin kamu harus bisa meredam emosimu ketika emosi pasanganmu sudah sulit dikontrol.

Menghadapi pasangan yang mudah emosian memang bukan hal yang mudah. Perlu kesabaran ekstra dalam menghadapinya. Dan haram hukumnya jika kamu menimpali emosinya dengan emosimu.

Tenangkan dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum kamu menenangkan emosi pasanganmu. Jangan sampai emosimu tidak bisa kamu kontrol dengan baik ketika berhadapan dengannya. Cobalah membuat dirimu sendiri tenang. Dengan begitu kamu pun lebih mudah untuk membantu pasanganmu dalam meredam emosinya.

2. Pahami Penyebab Emosinya

Cobalah mencari tahu tentang hal yang menyebabkan emosi pasanganmu memuncak. Pahami dengan baik penyebab emosinya itu. Jangan hanya langsung menyalahkan pasanganmu yang emosian tanpa mau tahu hal apa yang menyebabkan dia emosi.

Setiap hal yang terjadi pasti memiliki suatu hal yang melatar belakanginya. Mungkin saja masalah yang sedang dihadapi oleh pasanganmu bukan masalah yang sepele sehingga emosinya sulit dia kontrol dengan baik.

3. Tunjukkan Sikap Pengertianmu pada Hal yang Memicu Emosinya

Cobalah untuk memvalidasi emosinya. Misalnya kamu bisa mengucapkan kalimat, “aku tahu kamu marah, kamu pasti tak ingin hal itu terjadi.” atau “aku ngerti kamu saat ini pasti marah banget. Aku pun mungkin akan merasakan hal yang sama jika berada di posisimu.”

Sikap yang satu ini akan membuat pasanganmu merasa bahwa kamu memahami kondisinya saat ini. Kalimat-kalimat yang menunjukkan bahwa kamu mengerti apa yang dia rasakan akan membuatnya secara perlahan tenang.

Terkadang kamu harus mengikuti aliran airnya untuk bisa sampai pada daratan yang kamu ingin tuju. Seperti itulah perumpaan saat kamu menghadapi pasanganmu yang memiliki sifat mudah emosi karena suatu hal.

Tidak perlu melawannya secara terang-terangan. Cukup ikuti saja cara berpikirnya untuk bisa masuk dan mengendalikannya secara perlahan.

4. Berikan Ruang dan Waktu Untuk Dia Mengeluarkan Segala Emosinya

Saat sedang emosi, seseorang biasanya membutuhkan waktu untuk bisa melampiaskan segala emosinya. Nah, untuk itu, biarkan saja dulu pasanganmu mengeluarkan segala emosinya terlebih dahulu.

Jangan langsung merecokinya dengan banyak pertanyaan atau pernyataan. Biarkan dia lebih tenang dulu setelah mengeluarkan segala beban yang membuatnya emosi.

Berikan pasanganmu ruang dan waktu yang cukup untuk melampiaskan segala emosinya. Jangan terburu-buru “kepo” dengan hal apa yang membuatnya semarah itu. Jika menurutmu dia sudah lebih tenang, maka cobalah dekati dia, beri pelukan, dan kalimat yang menenangkan.

5. Tetaplah Sabar dalam Menghadapinya

Cara ini adalah cara paling dasar yang harus kamu lakukan untuk menghadapi pasanganmu yang mudah emosi. Kuncinya ada pada kesabaranmu. Kamu harus bisa sabar dalam menghadapi emosinya yang mudah meledak kapan saja.

Pasti kamu pun akan sangat kesal saat harus dihadapkan dengan sifatnya yang mudah emosi hanya karena permasalahan sepele. Tapi kamu harus bisa berusaha bersabar dalam menghadapi emosinya yang meluap-luap pada saat itu.

Emosi bisa diibaratkan api yang berkobar, sedangkan kesabaran adalah aliran airnya. Untuk bisa meredam kobaran api itu, kamu harus mengalirkan air yang banyak ke arahnya. Artinya kamu harus belajar bersabar dalam menghadapi pasanganmu yang emosinya mudah terpancing.

6. Berikan Responmu Terhadap Masalah yang Sedang Dia Hadapi

Jangan hanya diam saja saat pasanganmu terlihat emosi karena suatu hal. Setelah kamu mengetahui penyebab amarahnya, cobalah untuk memberikan respon terhadap masalah yang sedang dia hadapi.

Cobalah bertanya tentang masalah yang sedang ia hadapi saat ini. Pertanyaan sederhana seperti ini akan memperbaiki mood pasanganmu. Ia akan merasa bahwa kamu selalu mengerti dan memahami dirinya.

Bukankah kita menjadi lebih bahagia jika ada seseorang yang pengertian terhadap kita ?

7. Ajaklah Dia untuk Berdiskusi Bersama

Saat ada sifat atau sikap pasangan yang kurang pas di hatimu, bicarakan secara langsung kepada pasanganmu. Ajaklah dia berdiskusi bersama. Jalinlah komunikasi yang baik untuk menyelesaikan semua masalah yang kamu maupun pasanganmu hadapi.

Diskusikan tentang apa yang sebenarnya dirasakan oleh pasanganmu. Berikan responmu dan saranmu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pasanganmu. Carilah solusi terbaik dengan berdiskusi bersama.

Mengutip ungkapan seseorang, dua kepala lebih baik daripada satu kepala. Artinya, suatu permasalahan akan lebih mudah diselesaikan jika ada lebih banyak orang yang mencari solusi penyelesaiannya.

8. Berikan Pengaruh Positif untuk Dirinya yang Lebih Baik di Masa Depan

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memberikan pengaruh pada pasanganmu agar dia bisa menjadi sosok yang lebih baik di masa depan. Berikan dorongan pada pasanganmu untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Bukan berarti kamu tidak menerima dia apa adanya, ya. Berikan pengertian padanya bahwa kamu ingin dia menjadi sosok yang lebih baik ke depannya. Mintalah dia untuk bisa berusaha bersikap lebih lembut dan sabar ke depannya.

Jangan sampai sifat emosiannya menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Ajari pasanganmu untuk lebih sabar dalam menghadapi suatu hal. Mintalah dia untuk selalu menyelesaikan suatu permasalahan dengan kepala dan hati yang tenang, bukan dengan amarah.

Baca Juga :

Nah, itulah 8 cara yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi karakter pasangan yang mudah emosi. Mungkin memang tidak mudah bagimu untuk melakukan tindakan sesuai dengan cara-cara di atas. Tapi yakinlah, jika kamu mau berusaha untuk mencobanya, kamu pasti akan terbiasa dalam menghadapi karakter pemarah yang dimiliki oleh pasanganmu.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.