in

Pasangan Pernah Selingkuh, 6 Cara Ini Bisa Bangun Kepercayaanmu Lagi

Pernah Diselingkuhi Pasangan

Tidak ada satu pun hubungan yang selalu berjalan dengan lancar. Pasti akan selalu ada masalah demi masalah yang datang bergantian. Berlanjut atau berakhir dengan perpisahan adalah hasil akhir dari perjuangan dalam menjalaninya dan menghadapi segala rintangan yang menghampiri.

Ada banyak godaan yang terkadang membuat sebuah hubungan menjadi renggang. Salah satunya adalah hadirnya orang ketiga dalam sebuah hubungan, ya kita pun sering menyebutnya sebagai perselingkuhan.

Memiliki pasangan punya selingkuhan pasti menjadi ujian yang berat bagimu dalam menjalani hubunganmu dengannya. Lantas, apakah kamu harus memaafkan kesalahan yang sudah dia perbuat, atau justru memberinya satu kesempatan lagi untuk memperbaiki kesalahan tersebut? Semua keputusan ada di tanganmu.

Jika kamu memilih untuk memberinya satu kesempatan lagi, artinya kamu harus siap untuk kembali membangun kepercayaanmu kepadanya. Meski mungkin sulit untuk kembali seperti semula, setidaknya kamu harus berusaha untuk sedikit demi sedikit kembali memberinya kepercayaan.

Ingatlah bahwa rasa percaya sangatlah diperlukan untuk membangun hubungan yang sehat dan dapat bertahan lama. Untuk itu, berikut ini ada rekomendasi 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kepercayaan pada pasanganmu sebelumnya pernah berselingkuh di belakangmu.

1. Beri Dia Kesempatan untuk Membuktikan Kesungguhannya dalam Menebus Kesalahannya yang Lalu

Yang pertama harus kamu lakukan untuk mengembalikan rasa percayamu pada pasanganmu adalah dengan membiarkan dia membuktikan kesungguhannya dalam memperbaiki diri. Lihat saja seberapa besar usaha yang dia lakukan demi mendapatkan kembali kepercayaanmu.

Semakin besar usaha yang dilakukan oleh pasanganmu, maka tidak menutup kemungkinan semakin cepat pula kamu bisa memulihkan kepercayaanmu kepadanya lagi.

Selagi pasanganmu berusaha, kamu juga harus bisa mengapresiasi apa yang sudah dia lakukan untukmu. Jangan terus-menerus bersikap dingin terhadapnya karena kesalahan yang sudah dia perbuat.

2. Bangunlah Komunikasi yang Baik Antara Kamu dan Pasangan

Apakah kamu sudah melakukan introspeksi sebelum kamu memutuskan untuk menerima pasanganmu lagi setelah perselingkuhan yang sudah dia lakukan? Mungkin saja kesalahan yang dilakukan oleh pasanganmu sebenarnya bersumber dari dirimu. Mengingat tidak akan ada akibat tanpa sebab yang menjadi latar belakangnya.

Mungkin saja sebelumnya kamu dan pasanganmu tidak terlalu baik dalam membangun komunikasi dalam menjalani hubungan. Pada akhirnya, ada banyak hal yang tidak bisa dipahami oleh satu sama lain. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu adanya perselingkuhan di dalam sebuah hubungan.

Jadi, jika kamu sudah memutuskan untuk memberi kesempatan kedua pada pasanganmu, kamu harus berusaha untuk menjalin komunikasi yang baik dengannya. Ingatlah bahwa komunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalin sebuah hubungan.

3. Sebisa Mungkin Buanglah Pikiran Negatif Tentang Pasanganmu

Mendapat perlakuan yang tak menyenangkan sudah pasti meninggalkan bekas trauma bagi orang yang mengalaminya. Termasuk denganmu yang pernah mendapati pasanganmu memiliki wanita lain tanpa sepengetahuanmu.

Tetapi harus kamu pahami, ketika kamu sudah memilih untuk memberi kesempatan kedua dan menerima pasanganmu kembali, kamu harus bisa membuang jauh semua pikiran negatif tentangnya. Jangan lagi memiliki banyak ketakutan jika suatu saat dia akan mengulangi kesalahan yang sama.

Jika kamu tak lagi terlalu takut atau khawatir dia akan berselingkuh lagi, kamu tidak akan menaruh kecurigaan terlalu banyak kepadanya. Dengan begitu, hubunganmu akan jauh dari pertengkaran-pertengkaran kecil yang disebabkan oleh kecurigaanmu yang berlebihan kepada pasanganmu.

4. Bangun Kembali Komitmen yang Sebelumnya Pernah Hancur Karena Perselingkuhan yang Pasanganmu Lakukan

Tidak semua orang yang menjalin hubungan bisa benar-benar menjaga komitmennya untuk saling menjaga hubungan yang dijalaninya. Buktinya masih banyak hubungan yang berakhir dengan perpisahan, entah karena masalah internal maupun eksternal.

Pasca adanya perselingkuhan yang dilakukan oleh pasanganmu, sudah pasti komitmen yang dia bangun bersamamu di awal pacaran sudah tidak terselematkan lagi.

Solusinya, kamu dan pasanganmu harus kembali membangun komitmen yang baru. Komitmen yang harus benar-benar dijaga dengan baik ke depannya. Jangan sampai komitmen itu hancur kembali karena kesalahan yang dilakukan salah satu pihak maupun kedua belah pihak.

5. Jujurlah pada Diri Sendiri dan Pasangan Tentang Apa yang Sebenarnya Kamu Rasakan

Sebenarnya dalam menjalani kehidupan, sikap jujur harus kamu tujukan pada dirimu sendiri terlebih dahulu. Jangan pernah memungkiri apa yang sebenarnya diinginkan dan tidak diinginkan oleh hatimu sendiri.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu menjalin sebuah hubungan. Entah di dalamnya ada masalah atau tidak, kamu harus bisa selalu bersikap jujur pada diri sendiri dan pasangan tentang apa yang sebenarnya kamu rasakan.

Jangan memulai dan menjalani hubungan dengan penuh kebohongan. Hubungan yang tidak dilandasi dengan kejujuran di dalamnya tidak akan bisa berjalan dengan baik ke depannya.

Saat pasanganmu pernah melakukan kesalahan seperti mendua pun, kamu harus bisa jujur pada dirimu sendiri. Apakah benar kamu bisa menerimanya kembali? Atau kamu hanya memberatkan egomu yang tak ingin melihat dia bersama dengan orang lain?

6. Jangan Terlalu Memaksakan Diri, Biarlah Kamu dan Pasanganmu Berproses Seiring Berjalannya Waktu

Hati dan perasaan seseorang bukanlah hal yang bisa dipaksakan. Jika kamu merasa beberapa cara sebelumnya tidak membantumu untuk kembali percaya pada pasanganmu, maka tunggu saja waktu yang menjawabnya. Serahkan semua pada sang pemilik kehidupan.

Semua tidak bisa berubah dengan cepat. Ada banyak tahapan yang harus kamu dan pasanganmu lewati sebelum mencapai titik yang kamu inginkan. Mungkin kamu hanya butuh waktu untuk bisa mengembalikan rasa percayamu pada pasanganmu.

Jika waktu akhirnya menjawab kamu tak bisa kembali bersamanya, maka lepaskan dan ikhlaskan. Hatimu mungkin sudah cukup banyak menerima luka untuk bisa kembali disembuhkan seperti semula. Yakinlah bahwa takdir Tuhan adalah takdir terbaik untuk kehidupanmu.

Baca Juga :

Itu dia 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan rasa percayamu yang sempat hilang karena perselingkuhan yang dilakukan oleh pasanganmu. Sadarilah bahwa sebuah masalah tidak hanya muncul dari satu pihak saja.

Jika pasanganmu melakukan sebuah kesalahan, bukan berarti kamu tidak melakukan kesalahan juga. Ada akibat, pasti ada sebab yang melatar belakanginya. Cobalah untuk instrospeksi diri dan lebih mengenal diri sendiri juga pasanganmu dengan lebih baik lagi.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.