in

Pasangan Punya Selingkuhan, 5 Hal ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Pasangan Punya Selingkuhan
Pasangan Punya Selingkuhan

Sebuah hubungan tidak akan selalu berjalan dengan baik baik saja. Ada kalanya datang sebuah masalah yang tidak bisa diduga sebelumnya.

Masalah-masalah tersebut bisa datang karena kurangnya komunikasi antar pasangan dalam sebuah hubungan. Kamu yang sibuk dengan segala aktivitasmu mungkin ada kalanya lupa untuk memberinya perhatian yang cukup.

Komunikasi yang kurang baik dengan pasangan, akhirnya bisa memancing adanya orang ketiga yang datang. Ada perasaan yang lebih nyaman saat sedang bersama selingkuhan daripada pasangan. Padahal hal tersebut sudah pasti tidak diperbolehkan.

Apapun alasan yang membuatnya akhirnya berani untuk berselingkuh di belakangmu, itu bukanlah hal yang pantas untuk dibenarkan. Lalu bagaimana dan apa saja yang harus kamu lakukan saat kamu mendapati kenyataan dia telah mendua?

Alih-alih meratapi kesedihanmu sendiri, ini 5 hal yang harus kamu lakukan demi kebaikan diri dan hati.

1. Memberi Ruang pada Dirimu Sendiri untuk Menyendiri

Memberimu Ruang Untuk Sendiri
Memberimu Ruang Untuk Sendiri

Saat sedang dalam keadaan yang kalut, sebenarnya hal yang kamu butuhkan adalah waktu untuk sendiri. Kamu butuh waktu dan ruang untuk bisa menenangkan hati. Karena pada kenyataannya diduakan adalah hal yang cukup menyakitkan.

Jangan paksakan dirimu untuk langsung menghadapi segala sesuatu sendirian. Mungkin kamu merasa kamu mampu tapi tentu kamu butuh waktu untuk menguatkan hatimu.

Akui saja bahwa kamu memang sedang terluka dan butuh waktu untuk membalutnya. Jangan ragu untuk meminta waktu padanya agar kamu bisa menjernihkan kembali hati dan pikiran yang kamu punya.

Saat hatimu masih dipenuhi oleh luka, kamu tidak perlu langsung menemuinya. Tenangkan dulu dirimu sebelum kamu memintanya untuk bertemu dan membicarakan kelanjutan kalian.

Sekali lagi jangan memaksakan diri. Take your time untuk bisa kembali memulihkan luka yang kamu miliki.

Baca Juga : Coba Tes Kadar Cintamu, Begini Cara Pasangan Membuatmu Cemburu

2. Tidak Selalu Menyalahkan Diri Sendiri Atas Kegagalan Hubungan yang Terjadi

Tidak Selalu Menyalahkan Diri Sendiri
Tidak Selalu Menyalahkan Diri Sendiri

Hal kedua apa yang harus kamu lakukan adalah berhenti menyalahkan dirimu sendiri. Apa yang terjadi bukan sepenuhnya menjadi kesalahanmu.

Pasanganmu pun ikut bertanggung jawab atas kesalahan yang dia perbuat. Menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu semakin terluka dan jatuh.

Ingat, tidak sepatutnya kamu merasa bahwa kamulah penyebab hadirnya orang ketiga. Jika waktu diputar kembali, pasti akan terlihat bahwa kekasihmu lah yang menduakan hati.

Mungkin kamu memang memiliki kekurangan yang tidak bisa diterima, tapi tetap saja selingkuh bukanlah jalan utama.

Jadi jangan lagi salahkan dirimu sendiri. Justru kamu harus bertanya pada pasanganmu, apa alasan yang membuatnya bertingkah seperti ini.

Jika dia memang cinta, seharusnya dia selalu mencoba untuk setia. Kepercayaan yang kamu berikan kepadanya bukan untuk dihancurkan.

3. Menunjukkan Kesalahan Apa yang Sudah Pasanganmu Lakukan Dengan Terbuka

Ceritakan Perasaanmu Kepadanya
Ceritakan Perasaanmu Kepadanya

Ketika kamu sudah mulai tenang, kamu bisa mengajaknya bertemu dan berbicara bersama. Katakan padanya tentang apa yang kamu rasakan. Biarkan juga dia tahu tentang kesalahan apa saja yang sudah dia lakukan.

Jelaskan padanya alasan kenapa kamu butuh waktu untuk menenangkan pikiran. Secepatnya kamu harus menyelesaikan apa yang kamu jadikan beban.

Tunjukkan an-nur berapa bukti yang menyatakan bahwa dia memang bersalah. Kamu yang selama ini mencoba untuk menjaga hati, nyatanya harus merasakan sakitnya dikhianati.

Saat mengatakan hal ini kamu harus berusaha untuk menguatkan hatimu. Kamu juga harus menyiapkan dirimu untuk menerima segala alasan dan jawaban dari apa yang selama ini kamu pertanyakan.

Jika memang dia sudah memahami apa saja yang menjadi kesalahannya, maka berikan waktu juga untuknya. Biarkan dia merenung apa yang sudah dia perbuat selama ini.

Baca Juga : Hubunganmu Masih Belum Direstui, Cobalah Pegang Teguh Nasihat Ini

4. Beri Dia Kesempatan untuk Bisa Menjelaskan

Beri Dia Kesempatan Untuk Menjelaskan
Beri Dia Kesempatan Untuk Menjelaskan

Kamu tidak seharusnya melemparkan semua amarahmu padanya tanpa memberikan waktu pada dirinya untuk menjelaskan apa yang menjadi alasan dia melakukannya.

Kamu bisa memberikan waktu untuk dia memberikan penjelasan serinci mungkin kepadamu agar tidak ada lagi kesalahpahaman dalam hubungan.

Katakan apa yang ingin kamu katakan jangan tanyakan apa yang ingin kamu tanyakan. setelah itu, berikan dia waktu untuk memberimu jawaban.

Beri dia waktu juga untuk mengambil keputusan tentang hubungan kalian. Apakah dia ingin mencari cara untuk kembali padamu atau justru lebih memilih pergi bersama dia yang juga dia cintai.

Jika kamu berkenan untuk berbaik hati kepadanya, kamu bisa memberikan waktu untuk dia bisa merenungi segala kesalahannya.

Kamu juga bisa memberikan dia kesempatan untuk bisa memperbaiki dirinya. Dengan begitu, di masa yang akan datang dia akan menjadi sosok yang lebih baik lagi.

5. Tenangkan Pikiran dan Pertimbangkan Lagi Nasib Hubunganmu Selanjutnya

Tenangkan Pikiran
Tenangkan Pikiran

Yang terakhir adalah kamu perlu menenangkan pikiran dan mempertimbangkan lagi kelanjutan hubungan kalian. Jangan sampai kamu akhirnya menyesal karena salah dalam mengambil keputusan.

Kembali atau pergi adalah pilihan yang bisa kamu berikan padanya. Dan kamu pun berhak memilih untuk memberikan kesempatan padanya kembali atau justru memintanya pergi.

Lihatlah dengan baik, apakah dia memang memiliki keinginan untuk memperbaiki diri.

Jika memang hubungan kalian masih bisa diselamatkan, maka tidak ada salahnya untuk kembali berjuang.

Mungkin adanya orang ketiga adalah cara Tuhan untuk mengingatkan kalian bahwa sudah saatnya bagi kalian berusaha lebih untuk menguatkan cinta dalam hati kalian masing-masing.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Pacaran Di Kondisi Yang Belum Matang

Itulah 5 hal yang perlu kamu lakukan saat mengetahui pasangan memiliki orang lain yang dia idamkan. Jika memang dia sudah berani mengakui kesalahan apa saja yang sudah dilakukan, maka cobalah untuk memaafkan.

Pikirkan lagi apakah memang dia layak untuk kamu beri kesempatan dalam menjalani hubungan atau membiarkan dia pergi dengan selingkuhan yang dia miliki.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.