in

Pasca Putus Cinta, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Tidak Ingin Mempermalukan Diri Sendiri

Meminta Pasangan Untuk Selalu Memberi Kabar

Putus cinta adalah hal yang rasanya tidak diinginkan oleh semua orang. Tapi apa daya jika kondisi dan situasi nya harus berakhir dengan perpisahan. Kamu harus bisa menerimanya dengan sabar. Selanjutnya, kamu juga harus bisa menata ulang kehidupanmu meski tanpa si dia lagi.

Mana ada putus cinta yang tidak menyakitkan. Meski dia mengatakan bahwa dia dalam kondisi yang baik-baik saja, di hatinya yang paling dalam pasti tetap ada luka. Rasa sakit itu mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa benar-benar sembuh.

Beberapa orang yang mengalami putus cinta bahkan tanpa sengaja melakukan hal-hal yang salah. Ujung-ujungnya dia hanya mempermalukan dirinya sendiri di hadapan banyak orang. Apa yang dilakukan biasanya terjadi karena pikiran yang kurang jernih dan emosi yang kurang stabil.

Boleh saja kamu merasa sakit hati. Boleh saja kamu merasa marah dengan kondisi atau keadaan mu saat ini. Boleh saja kamu kecewa karena apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Tetapi kamu harus tetap memahami di mana batas itu semua.

Jadi, jika kamu mengalami sakit hati karena putus cinta, lebih baik kamu menenangkan diri dulu. Jangan sampai kamu melakukan lima hal bodoh ini, karena hal ini hanya akan mempermalukan dirimu sendiri.

1. Menceritakan Masalahmu pada Semua Orang yang Kamu Temui

Menceritakan Masalah Pada Semua Orang
Menceritakan Masalah Pada Semua Orang

Jangan pernah menceritakan masalah pribadi mu kepada sembarang orang. Tidak ada yang bisa menjamin apakah orang tersebut tidak akan menceritakan kepada orang lain. Tidak ada jaminan bahwa ceritamu bisa dia simpan dengan baik.

Kamu bisa menceritakan apa yang menjadi masalah mu kepada orang tuamu, saudaramu, atau teman terdekatmu. Jangan biarkan masalah pribadi menjadi konsumsi publik.

Jadi, jika kamu membutuhkan teman untuk bercerita, lebih baik jika kamu menemui orang-orang yang bisa kamu percaya.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Bangkit dari Kegalauan Akibat Putus Cinta

2. Menunjukkan Kegalauanmu di Media Sosial

Curhat Di Media Sosial
Curhat Galau Di Media Sosial

Kamu boleh saja bersedih, merasa kecewa atau marah. Tapi akan lebih baik jika hal itu kamu simpan untuk dirimu sendiri. Jangan marah menunjukkan kegalauanmu di media sosial dan akhirnya menjadi konsumsi publik.

Lampiaskan emosimu dengan cara yang benar. Misalnya kamu bisa melakukan hal-hal yang dari dulu kamu sukai atau mungkin melakukan apa yang menjadi hobimu dan passion-mu. Jangan malah memposting hal-hal yang menunjukkan buruknya perasaanmu saat itu.

Kamu harus tahu bahwa orang-orang yang melihat postingan mu belum tentu akan merasa iba atau kasihan kepadamu. Bisa saja postinganmu itu justru menjadi bahan bagi mereka untuk menjelek-jelekkan dirimu.

Tidak hanya itu, memposting hal-hal yang seharusnya menjadi privasi justru akan menunjukkan bahwa kamu belum cukup dewasa dalam menyikapi suatu permasalahan.

3. Memposting Kedekatanmu dengan Cowok Lain di Media Sosial

Langsung Posting Foto Bersama Cowok Baru
Langsung Posting Foto Bersama Cowok Baru

Setelah putus, mungkin kamu berpikir bahwa kamu harus berusaha menunjukkan kepada publik bahwa kamu sudah move on dari mantan yang dulu. Tetapi cara yang kamu pilih harus benar-benar tepat. Jangan mengambil tindakan yang hanya akan memperburuk citramu sendiri.

Misalnya, kamu ingin mendapat pengakuan karena sudah move on dari mantanmu dengan cara memposting foto kebersamaan dengan orang lain dalam tenggang waktu yang masih cukup singkat.

Jika kamu melakukan hal ini bisa jadi orang lain justru akan menganggap kamu sebagai orang yang murahan dan mudah berpindah hati atau bisa jadi mereka justru menganggap bahwa kandasnya hubungan kamu dan mantan terjadi karena faktor orang ketiga, dan kesalahan terletak pada dirimu.

4. Menyebarkan Keburukan Mantanmu kepada Orang Lain

Menceritakan Keburukan Mantan
Menceritakan Keburukan Mantan

Mungkin hubunganmu dengan pasanganmu yang judul berakhir dengan hal yang tidak baik dan hal itu menyisakan rasa sakit hati atau benci terhadapnya. Tetapi bukan hal yang benar jika kebencianmu itu kamu jadikan alasan untuk menyebarkan segala keburukan mantanmu di hadapan orang lain.

Mungkin di dalam hatimu memang ada keinginan untuk menjatuhkan martabat mantanmu di depan orang-orang yang kamu kenal atau yang dia kenal juga. Namun jika kamu melakukan hal itu, apa itu sudah membuatmu cukup puas? Rasanya jawaban yang akan muncul adalah tidak.

Dia mungkin sudah melakukan kesalahan kepada. Tetapi sebagai orang yang sudah dewasa, seharusnya kamu juga bisa bertindak secara dewasa. Memperburuk citra mantan kekasihmu di hadapan orang lain hanya akan memper buruk citramu sendiri di hadapan publik.

Baca Juga : 10 Kesalahan Cewek Terhadap Pasangan Yang Harus Dihilangkan

5. Membuang Muka Saat Secara Tak Sengaja Bertemu Mantan di Jalan

Buang Muka Saat Bertemu Mantan
Buang Muka Saat Bertemu Mantan

Apakah kamu pernah bertemu dengan mantan kekasih lalu kamu memalingkan mukamu ke arah yang lain? Sebenarnya tindakan seperti ini justru hanya akan mempermalukan dirimu sendiri. Hal itu menunjukkan bahwa kamu belum bisa hidup bahagia tanpa adanya dia di sampingmu.

Meski kamu sangat membencinya, tunjukkan saja sikap yang normal dan acuh tak acuh terhadap apa yang sudah terjadi di antara kalian. Tunjukkan bahwa kamu saat ini hidup dengan baik-baik saja. Kamu bisa melanjutkan hidup mu meski dia sudah tidak lagi menjadi kekasihmu.

Jangan bertindak kekanak-kanakan. Jika kamu bertemu dengannya secara tidak sengaja di jalan, sapalah saja dia. Tunjukkan bahwa kamu tetap bisa bahagia setelah berpisah dengannya.

Baca Juga : Siapkan Hatimu, Ini Tanda Dia Hanya Sekadar Singgah Sementara Waktu

Akhir Kata

Itulah 5 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat putus cinta. Berpikirlah dengan logika dari pikiran yang jernih. Tenangkan dulu dirimu sebelum mengambil sebuah keputusan.

Jangan sampai langkah yang kamu ambil dalam kondisi emosi yang kurang stabil justru membuatmu menyesal. Cukup berpikirlah dan bertindaklah secara realistis. Jangan melakukan hal bodoh yang bisa mempermalukan dirimu sendiri.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.