in

10 Rekomendasi Pekerjaan Untuk Fresh Graduates Semua Jurusan

Pekerjaan Untuk Fresh Graduated
Pekerjaan Untuk Fresh Graduated

Buat para fresh graduates yang baru lulus kuliah, mungkin sekarang masih mencari pekerjaan yang cocok untuk dijalani. Terutama dapat pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan tentu adalah keinginan semua orang.

Namun demikian, mengingat saat ini lapangan kerja semakin sedikit sementara persaingan semakin ketat, menuntut para fresh graduates untuk bisa fleksibel bekerja di berbagai bidang.

Saking tidak mudahnya mendapat pekerjaan, para fresh graduates harus rela banting setir kerja di profesi yang berbeda dengan latar belakang pendidikan mereka selama ini.

Nah, apa saja sih pekerjaan yang bisa dicoba untuk fresh graduates dari semua jurusan?

Simak rangkumannya dalam artikel di bawah ini!

1 Agen Asuransi

Agen Asuransi
Agen Asuransi

Asuransi masih dipandang sebelah mata oleh banyak masyarakat. Padahal, asuransi penting untuk dimiliki demi investasi dan kenyamanan masa depan.

Kini kesadaran masyarakat akan hal tersebut pun sudah mulai meningkat. Terdapat banyak produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, kendaraan bermotor, properti dan lain – lain.

Nah, kalau kamu fresh graduates yang sedang mencari pekerjaan, kamu bisa melamar untuk menjadi agen asuransi. Apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan dari latar belakang apapun.

Skill utama yang harus kamu miliki adalah kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain dan cepat memahami product knowledge dari produk asuransi yang ditawarkan.

Baca Juga : 8 Tips Interview Kerja Bagi Fresh Graduate Agar Mudah Melewatinya

2 Customer Service

Customer Service
Customer Service

Tim customer service dapat dianggap sebagai menjadi wajah dari sebuah perusahaan. Itu karena pengalaman konsumen ketika mendapatkan pelayanan dan support sangatlah penting.

Customer service juga bertugas sebagai gerbang antar perusahaan dan klien. Hampir semua perusahaan pasti butuh customer service, misalnya perusahaan retail, telekomunikasi, perbankan, dan lainnya.

Pekerjaan ini bisa menjadi pilihan untuk fresh graduates dari semua jurusan. Menjadi customer service yang baik harus mampu menghadapi berbagai macam klien dengan selalu sabar dan murah senyum.

3 Administrasi

Administrasi
Administrasi

Kerja sebagai admin sering disepelekan dan dianggap mudah. Kenyataannya, jobdesk admin sendiri sebenarnya tidak sesederhana itu.

Dalam sebuah perusahaan, tugas admin adalah mengurus hal yang bersifat administratif atau teknis ketatausahaan, contohnya data entry, filing, mengatur perjalanan, mengambil pemesanan dan lainnya tergantung bidang perusahaan tersebut.

Maka dari itu, perusahaan membutuhkan administrator yang dapat bekerja secara efisien sehingga semua hal di balik layar berjalan suksen dan lancar.

Buat fresh graduates dari semua jurusan yang memiliki sifat rapi, teliti, dan cermat, kamu bisa mencoba melamar untuk pekerjaan administrasi. Namun perlu diingat bahwa pekerjaan adminstrasi ini butuh ketelatenan yang tinggi.

4 Pengajar

Pengajar
Pengajar

Pekerjaan selanjutnya yang bisa dilamar oleh para fresh graduates dari semua jurusan misalnya jadi staf pengajar. Bisa pengajar tetap ataupun freelance, serta di sekolah ataupun lembaga pendidikan non formal seperti tempat kursus.

Kalau kamu punya keterampilan di luar latar belakang pendidikan kamu, skill tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pengajar. Contoh, kamu bisa mengajar mata pelajaran bahasa asing, musik, matematika, atau ilmu pengetahuan lain.

Selain itu, kamu perlu melatih kesabaran kamu ketika mengajar karena karakter anak didik akan berbeda – beda.

5 Wartawan

Wartawan
Wartawan

Untuk menjadi wartawan memang membutuhkan latar belakang pendidikan dari bidang ilmu jurnalistik atau komunikasi. Akan tetapi, apabila kamu fresh graduates dari semua jurusan dan ingin mencoba pekerjaan ini, tidak ada salahnya untuk melamar ke perusahaan media.

Kamu pun bisa asalkan punya semangat untuk selalu bekerja keras. Selain itu, skill menulis juga sangat penting karena itu akan menjadi dasar kamu dalam penulisan berita.

Ketika ingin menjadi jurnalis spesialis tertentu, kamu pun harus pandai dalam hal riset. Misalnya, kalau ingin jadi jurnalis olahraga berarti kamu haru tahu semua hal yang berkaitan dengan olahraga agar selalu mengikuti trend yang ada.

6 Staff PR

Staff Public Relation
Staff Public Relation

Perusahaan akan mengutamakan staff public relations atau PR dari mereka yang berasal dari lulusan komunikasi. Namun demikian, kamu yang fresh graduates dari semua jurusan juga bisa saja melamar ke pekerjaan ini.

Syaratnya tentu kamu harus punya skill komunikasi yang baik sehingga mampu membangun koneksi yang luas. Hal tersebut akan sangat penting apabila kamu ingin menjadi seorang PR.

Tak hanya itu, berpenampilan menarik menjadi hal yang penting juga karena termasuk jobdesk seorang PR yakni memberikan citra baik untuk perusahaan dan berhubungan dengan publik.

7 Sales

Sales
Sales

Sales merupakan pekerjaan yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh semua perusahaan. Fresh graduates dari semua jurusan bisa mencoba untuk melamar jadi seorang sales sebab tidak mengharuskan kamu harus lulus dari latar pendidikan tertentu.

Skill utama yang perlu kamu kuasai adalah product knowledge serta komunikasi yang baik. Kamu dituntut untuk mampu menbangun relasi yang luas agar produk dapat terjual.

Kemudian, kamu juga harus memiliki sifat ulet, tekun, serta tangguh. Skill set tersebut dibutuhkan agar kamu selalu dapat memenuhi target penjualan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Baca Juga : 8 Tips Sukses Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

8 Bekerja Di Bank

Bekerja Di Bank
Bekerja Di Bank

Kerja di bank sampai kini masih dianggap bergengsi. Selain itu, fresh graduates dari semua jurusan pun punya kesempatan untuk melamar di bank dan diterima bekerja.

Menjadi seorang banker memiliki gaji yang relatif tinggi meskipun belum berpengalaman sekalipun. Maka dari itu, pekerjaan ini cocok untuk dicoba fresh graduates.

Kemudian, bekerja di bank juga diberi jadwal jam kerja yang pasti, Senin sampai Jumat selama 8 jam sehari dan libur saat Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional lainnya.

9 Account Executive

Account Executive
Account Executive

Lowongan Account Executive atau AE belakangan ini sedang ramai. Bagi para fresh graduates yang sedang mencari pekerjaan, bisa mencoba melamar jadi AE karena biasanya salah satu syaratnya menerima lulusan dari berbagai macam jurusan.

Jobdesk account executive sendiri sedikit banyak sama seperti sales di tim marketing. Tugasnya adalah menjembatani klien dengan perusahaan sehingga menghasilkan sebuah kerja sama.

Untuk berkarir di dunia ini account executive ini, kamu perlu memiliki skill berkomunikasi dan negosiasi yang mumpuni. Sebagian besar pekerjaan kamu akan dilakukan di luar kantor untuk meeting bersama klien demi pundi – pundi perusahaan kamu.

10 Management Trainee

Management Trainee
Management Trainee

Yang satu ini menjadi salah satu lowongan pekerjaan yang menjadi favorit fresh graduates. Management Trainee ini program khusus buat kamu yang baru lulus, nantinya akan dibekali sejumlah pelatihan untuk ditempatkan di posisi strategis.

Program management trainee rata – rata memakan waktu sekitar 2 tahun. Apabila kinerja kamu bagus selama waktu tersebut, kamu akan langsung diangkat ke posisi top misalnya supervisor.

Kandidat yang diterima bekerja lewat program ini lebih singkat dan cepat naik pangkat. Fresh graduates dibentuk untuk memenuhi ekspektasi perusahaan sehingga mereka yang terbaiklah yang diterima dan lulus di program management trainee.

Baca Juga : 9 Soft Skill Yang Harus Dimiliki Fresh Graduates

Itulah tadi daftar 10 pekerjaan untuk fresh graduates semua jurusan. Apapun latar belakang pendidikan kamu, tetaplah meningkatkan kualitas diri sehingga perjalanan karir kamu ke depan pun akan cemerlang. Semangat terus!

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.