in ,

Jadi Pertimbangan, Ini 8 Peluang Kerja Lulusan Bahasa Indonesia

Peluang Kerja Kuliah Bahasa Indonesia

Jurusan bahasa Indonesia pasti sudah nggak asing dong di kalangan orang Indonesia. Meski terkadang jurusan ini dipandang remeh karena dianggap sebagai jurusan yang mudah dan akan sulit mendapatkan pekerjaan nantinya, namun nyatanya pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebagai penutur asli Indonesia, pasti bukan hal yang sulit untuk belajar bahasa Indonesia. Tapi untuk bisa menguasai bahasa Indonesia juga bukan hal yang mudah. Kamu harus tetap berusaha keras sama halnya ketika kamu mempelajari disiplin ilmu lainnya.

Nah, berbicara tentang peluang kerja nih. Apa saja sih peluang kerja yang ada bagi lulusan bahasa Indonesia? Kalau kuliahnya di jurusan pendidikan bahasa pasti akhirnya jadi guru dan kalau di sastra pasti jadinya sastrawan. Eitss, belum tentu ya.

Sebenarnya lowongan kerja yang bisa kamu miliki setelah mendapat predikat lulusan bahasa Indonesia cukup banyak. Hanya saja tidak banyak orang mengetahui hal itu. Penasaran? Langsung saja yuk simak 8 peluang kerja bagi lulusan bahasa Indonesia berikut.

1. Pengajar Bahasa Indonesia

Pengajar Bahasa Indonesia
Pengajar Bahasa Indonesia

Peluang kerja sebagai pengajar bahasa Indonesia adalah peluang paling umum jika kamu sebelumnya mengambil program studi pendidikan bahasa Indonesia. Banyak orang berpikiran jika kamu kuliah di bidang pendidikan, ya paling mudah kamu jadi pengajar nantinya.

Sayangnya masih banyak orang hanya berpikir lulusan bahasa Indonesia hanya bisa menjadi pengajar bahasa Indonesia di negeri sendiri. Padahal saat ini sudah banyak sekolah atau universitas di luar negeri yang membutuhkan pengajar bahasa Indonesia.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa di luar negeri sudah banyak orang yang berminat untuk belajar bahasa Indonesia. Nah, untuk gaji gimana nih? Nggak tanggung-tanggung, beberapa lembaga atau instansi pendidikan di luar negeri berani menawarkan gaji tinggi loh.

2. Pengembang Kurikulum dan Pembinaan Bahasa

Pengembang Kurikulum
Pengembang Kurikulum

Yang satu ini merupakan peluang pekerjaan yang nggak main-main ya. Kamu juga bisa berkarir di kementerian. Jadi jangan pernah insecure dengan jurusan yang kamu miliki saat masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kamu bisa memanfaatkan ilmu di bidang bahasa dengan menjadi pengembang kurikulum dan pembinaan bahasa di Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. Gimana nih menurutmu? keren banget pastinya.

3. Content Writer

Content Writer
Content Writer

Perkembangan teknologi saat ini memang sudah sangat baik. Perkembangan tersebut juga berimbas pada perkembangan bisnis yang pesat yang ditandai dengan banyaknya bisnis startup. Nah, kamu yang lulus dari jurusan bahasa Indonesia juga bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Saat ini ada cukup banyak lowongan pekerjaan sebagai content writer baik untuk sebuah perusahaan atau sebuah website. Meski nampak mudah, tapi pekerjaan yang satu ini tetap memerlukan kemampuan yang khusus loh di bidang kepenulisan.

Baca Juga : 7 Tips Memulai Karir Sebagai Freelancer Pemula Yang Sukses

4. Editor

Editor
Editor

Selanjutnya ada peluang kerja sebagai editor atau penyunting. Peluang kerja yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang sangat jeli dan menyukai disiplin ilmu linguistik. Ilmu linguistik kamu butuhkan untuk dapat menyunting sebuah naskah.

Tidak hanya ilmu linguistik saja, kamu juga harus memiliki ketelitian dan wawasan yang luas untuk bisa menjadi editor yang andal. Namanya juga jadi editor, pasti harus teliti untuk mengoreksi kesalahan bahasa sekecil apapun di dalam naskah.

Nah, jika kamu ingin melamar pekerjaan sebagai editor, kamu bisa menyertakan juga contoh naskah yang sudah kamu sunting. Dengan begitu, pihak perusahaan atau lembaga tempat kamu melamar pekerjaan bisa melihat secara langsung kemampuan yang kamu miliki.

5. Jurnalis

Jurnalis
Jurnalis

Peluang kerja keren lainnya yang bisa kamu miliki sebagai lulusan jurusan bahasa Indonesia adalah jurnalis. Meskipun di perguruan tinggi sudah ada jurusan jurnalistik, tapi untuk kamu yang lulus dari jurusan bahasa Indonesia tidak perlu khawatir. Ada banyak jurnalis yang berlatar belakang pendidikan non-jurnalistik.

Jurusan bahasa Indonesia masih cukup aman untuk melamar pekerjaan sebagai jurnalis karena pekerjaan jurnalis sendiri tidak jauh dari kegiatan kebahasaan. Kamu yang lulus dari jurusan bahasa Indonesia juga memiliki kelebihan khusus dari segi kepenulisan.

Terbiasa menulis dengan aturan penulisan bahasa Indonesia membuat kamu lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang jurnalis. Jadi kamu yang ingin menjadi seorang jurnalis tidak perlu khawatir ketika ijazahmu adalah lulusan bahasa Indonesia.

6. Penerjemah Bahasa

Penerjemah Bahasa
Penerjemah Bahasa

Peluang kerja yang cukup bagus selanjutnya adalah sebagai penerjemah bahasa. Tentu saja untuk mnejadi seorang penerjemah bahasa kamu tidak hanya harus menguasai bahasa Indonesia saja, tetapi juga harus bisa menguasai bahasa asing.

Jika kamu memang berminat untuk menjadi penerjemah bahasa, kamu juga harus belajar bahasa asing sebanyak yang kamu bisa. Kemampuan berbahasa asing juga sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang penerjemah bahasa.

7. Leksikografer

Leksikografer
Leksikografer

Mungkin beberapa orang sedikit asing dengan istilah leksikografer. Leksikografer ini adalah orang yang bekerja sebagai penyusun kamus. Untuk menjadi seorang leksikografer, sebelumnya kamu harus memiliki pengetahuan yang baik dari segi bahasa dan juga teknik penyusunan kamus.

Profesi yang satu ini cukup menarik dan keren loh. Kamu yang lulus dari jurusan bahasa Indonesia juga memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi seorang leksikografer asal kamu mau belajar ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan profesi yang satu ini.

8. MC atau Pembawa Acara

Pembawa Acara
Pembawa Acara

Yang terakhir adalah pembawa acara. Pekerjaan ini mungkin tidak terlalu diminati oleh beberapa orang. Tapi jangan salah, jika acara yang kamu pandu adalah sebuah acara yang besar, bayaran yang bisa kamu dapatkan juga pasti cukup besar.

Tapi harus diingat bahwa tidak ada hal yang bisa kamu dapatkan secara cepat. Untuk bisa menjadi seorang pembawa acara terkenal dan dipanggil di banyak event, kamu harus memulainya dari bawah.

Kamu yang merupakan lulusan bahasa Indonesia tentu memiliki peluang yang lebih besar di bidang pekerjaan yang satu ini. Kenapa? Karena kamu sebagai lulusan bahasa Indonesia harusnya memiliki kemampuan berbahasa yang cukup baik untuk bisa memandu sebuah acara.

Baca Juga : 9 Kampus Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Itu dia 8 peluang kerja bagi kamu yang lulus dari jurusan bahasa Indonesia. Tidak usah bingung lagi harus bekerja apa dan di mana setelah lulus dari jurusan bahasa Indonesia. Ada banyak peluang kerja yang kamu miliki kok asal kamu mau mencoba dan berusaha untuk mendapatkannya.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.