in , , ,

6 Cara Menghancurkan Penghambat Kesuksesan Dalam Hidup

Penghambat Kesuksesan Hidup

Dunia kita digerakkan oleh ego. Kita sibuk membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kita sibuk mencari celah agar bisa menjadi lebih baik dari orang lain. Kita terus menekan diri untuk mengejar finansial dan karir, namun mengkritik diri sendiri atas kegagalan.

Memang di usia dewasa sekarang ini sudah waktunya bagi kita untuk memikul tanggung jawab yang besar, seperti mencukupi kebutuhan, menaikkan derajat keluarga, dan memberi sesuatu yang berharga untuk sesama.

Pertanyaannya, apa yang menghalangi kita mencapai tujuan? Apa yang menghalangi kita untuk sukses? Kita sudah bekerja keras untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, tapi mengapa semuanya tidak berubah?

Jika kamu sedang berada di fase ini, kamu perlu tahu 6 cara menghancurkan penghambat kesuksesan dalam hidup!

1. Singkirkan Pikiran Negatif

Menyingkirkan Pikiran Negatif
Menyingkirkan Pikiran Negatif

Hasrat untuk membahagiakan orang-orang tercinta seperti orang tua, keluarga, teman, atau pasangan adalah niat baik yang patut dihargai. Namun sayangnya, niat baik yang kita miliki ini seringkali diiringi oleh pikiran negatif.

Kekhawatiran, kecemasan yang berlebih, ketakutan, keraguan, dan kritik diri merupakan buah dari pikiran negatif. Inilah yang seringkali menjadi penghalang kita untuk mencapai kesuksesan, menghambat langkah kita dan membuat kita lupa tujuan.

Seringkali ketika kita sudah menetapkan suatu tujuan yang besar, namun ditengah jalan kita lupa dengan apa yang ingin kita tuju. Banyak pikiran-pikiran negatif muncul sehingga mengalihkan arah mata kita dalam memandang dunia.

Jika kamu mengalami masalah ini, belajarlah untuk berdamai dengan dirimu sendiri dan berteman dengan pikiranmu agar tidak menjadi liar. Latihlah dirimu untuk mengarahkan fokus pada pikiran positif dan tujuanmu saja!

Setelahnya kamu akan merasa lebih bebas dan lebih mudah menjalani setiap hal apapun yang datang. Dengan begitu, tujuan yang kamu buat akan lebih mudah untuk didapat!

2. Buang Kebiasaan Buruk

Membuang Kebiasaan Buruk
Membuang Kebiasaan Buruk

Penghalang kesuksesan kita ada dalam diri sendiri, yaitu cara berpikir juga kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Jika kita tidak bisa mengubah hal-hal buruk yang ada di dalam diri sendiri, bagaimana mungkin kita bisa mengubah kehidupan?

Sejak masa lampau orang-orang selalu percaya bahwa segalanya di mulai dari diri sendiri. Maka kita tak berhak untuk menyalahkan takdir atau menyalahkan siapapun atas kegagalan yang dialami, tetapi cobalah untuk mengoreksi diri.

Lihat lagi seperti apa kebiasaan yang terus kita lakukan setiap harinya, apakah kita masih sering menunda-nunda pekerjaan? Apakah kita masih sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bagi masa depan?

Setelah kita mengetahui dimana letak salahnya, jangan tunda-tunda lagi untuk segera memperbaikinya sebab waktu terus bergerak maju dan orang-orang sekitar sudah terlalu bosan menunggu untuk dibahagiakan.

3. Perbarui Pola Pikir dan Keyakinan

Memperbaharui Pola Pikir
Memperbaharui Pola Pikir

Pola pikir adalah sekumpulan memori di dalam diri kita yang memengaruhi cara kita dalam menilai sesuatu dan memberikan kesimpulan. Bagaimana cara kita memandang diri sendiri, memandang hidup, dan memandang segala hal yang kita alami akan memengaruhi tindakan.

Menurut para pakar, seseorang tidak akan bisa mencapai apa yang ia inginkan dalam hidup jika masih ada pola pikir yang salah dalam dirinya. Sementara dari sisi spiritual dan fisika kuantum, pikiran seseorang dapat menarik energi dari alam semesta.

Percaya atau tidak, kesuksesan kita sebenarnya terhalangi oleh pola pikir yang tertanam di alam bawah sadar. Sebab pola pikir membentuk suatu keyakinan dalam diri kita terhadap suatu hal.

Maka cobalah untuk memeriksa lagi tentang segala hal yang kamu percayai dan tentang sudut pandangmu dalam menilai segala sesuatu, sebab dari dalam sanalah semuanya dimulai.

Jika kamu memiliki masalah dengan kepercayaan dan pola pikir, kamu bisa menghapusnya dan memperbarui pola pikirmu dengan beberapa teknik self-healing.

4. Jadilah Lebih Jelas Dalam Menentukan Tujuan

Jelas Dalam Menentukan Tujuan
Jelas Dalam Menentukan Tujuan

Apa arti kesuksesan bagimu? Apa arti kebahagiaan bagimu? Siapa yang ingin kamu bahagiakan? Dimana batas akhir dari semua pengejaranmu? Dan mengapa kamu harus melakukannya?

Semua pertanyaan-pertanyaan itu bisa memperjelas tujuan kita dalam hidup. Sebab bagaimana mungkin kita bisa mencapai sukses jika tujuan masih belum jelas?

Cobalah persempit lagi jalurmu dan jadilah lebih jelas dengan apa yang kamu inginkan dalam hidup. Seseorang yang belum memiliki kejelasan akan tujuannya tidak akan pernah mendapatkan apapun yang ia inginkan.

Semisal, tujuanmu adalah membelikan rumah untuk orang tuamu. Fokuslah pada tujuan itu dan jangan biarkan ada hal-hal lainnya yang mengganggu. Sebab jika kita fokus pada satu hal, alam semesta akan membantu kita mewujudkannya.

Penghalangnya bisa jadi seperti tujuan-tujuan lainnya yang kita masukkan ke dalam tujuan besar. Akhirnya muncul keragu-raguan dan keinginan lain yang membuyarkan tujuan yang sebenarnya.

5. Jangan merasa Hebat dan Melupakan Sisi Spiritual

Tidak Melupakan Sisi Spritual
Tidak Melupakan Sisi Spritual

Satu hal yang kita fokuskan sekarang ini adalah kerja keras serta berpikir keras. Kita seolah hanya mengandalkan diri sendiri dan lupa bahwa ada sesuatu yang lebih besar dan lebih kuat daripada diri sendiri, yaitu Sang Penguasa Alam Semesta.

Sisi spiritual merupakan aspek penting yang seringkali dilupakan di masa sekarang. Merasa hebat, sombong dan melupakan sisi spiritual juga bisa menjadi penghalang kesuksesan kita. Untuk itu, kita perlu terhubung kembali dengan suatu kekuatan yang lebih besar untuk memudahkan langkah kita.

Tak peduli apapun agama atau kepercayaanmu, kamu pasti meyakini bahwa ada suatu kekuatan yang besar di alam semesta ini. Jika kamu benar-benar meyakini hal itu, mengapa kamu masih berjuang sendiri?

Rendahkanlah dirimu dan mintalah bantuan dari kekuatan yang paling hebat itu dengan cara bermeditasi, beribadah atau berdoa sesuai adab dan cara kita masing-masing. Jika kamu meyakininya dengan sungguh, maka kesuksesan akan segera datang.

6. Perbaiki Hubungan Dengan Sesama

Memperbaiki Hubungan
Memperbaiki Hubungan

Untuk berada di puncak, kita perlu mendaki. Untuk berada di atas, kita perlu tangga. Untuk mencapai sukses, kita perlu memperbaiki hubungan dengan sesama. Sebab mereka adala tangga yang menghantarkan kita ke puncak kesuksesan.

Jika kita memiliki musuh dimana, menebar kebencian dimana-mana, maka apa yang kita inginkan dalam hidup akan terhalangi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita.

Sementara jika kita memperbaiki hubungan dengan sesama, membagikan cinta dan kebaikan dengan tulus maka dimana pun berada kita akan melihat  peluang untuk sukses.

Jadi ingatlah, saat kamu memberi atau berbuat baik sebenarnya kamu adalah orang pertama yang akan mendapatkan keuntungan. Orang-orang yang pelit dan terlalu kikir dalam berbuat baik sebenarnya sedang membangun tembok yang menghalangi kesuksesan untuk dirinya sendiri.

Oleh karena itu, tersenyum dan bersikap ramahlah kepada siapa saja yang kamu temui, doakan yang baik-baik untuk siapa saja dan bantulah siapapun yang kamu lihat kesusahan dengan semampumu.

Akhir Kata

Satu hal lagi yang penting untuk diingat, jangan biasakan diri untuk mengeluh. Bersyukurlah dengan apapun yang terjadi sebab dibalik keburukan selalu ada hikmah dan pelajaran yang bermanfaat untuk kedepannya.

Kamu juga bisa mempelajari beberapa artikel tentang kesuksesan berikut :