in

5 Alasan Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Alasan Mengapa Mengenal Diri Sendiri Itu Sangat Penting

Mengenal diri sendiri adalah pepatah paling tua yang sudah ada sejak jaman yunani kuno. Terbukti, diatas-atas pintu di gedung-gedung suci pada bangunan milik orang-orang ter-dahulu selalu ada tulisan “Kenali dirimu, maka kau akan mengenal Tuhanmu.”

Para ahli ilmu spiritual juga selalu mengatakan bahwa ada suatu kekuatan yang luar biasa di dalam diri kita masing-masing, namun kebanyakan kita tidak mengenal diri sendiri sehingga tak kuasa untuk mengakses kekuatan itu.

Beralih ke era baru seperti sekarang ini, para pakar psikologi modern juga menyarankan agar kita belajar mengenal diri sendiri. Pertanyaannya adalah apa sebenarnya yang ada di dalam sini sehingga kita perlu untuk mengenalinya lebih dalam?

Tentu saja kita harus berusaha untuk bisa memahaminya dengan benar. Berikut adalah 7 alasan penting mengenal diri sendiri!

1. Mengenal Diri Menumbuhkan Banyak Cinta

Seringkali cinta tumbuh setelah kita mengenal baik seseorang, pastinya “cinta” yang dimaksudkan adalah cinta yang lebih luas untuk semuanya, bukan hanya untuk pasangan saja.

Sebaliknya, kadang-kadang cinta itu tidak tumbuh karena kita terlalu ego, membangun dinding yang memisahkan antara satu dengan yang lain sehingga sulit untuk mendapatkan koneksi secara emosional.

Sama hal kepada diri sendiri, sebagaimana kau takkan jatuh cinta pada seseorang yang belum kau kenali, kau pun takkan jatuh cinta pada dirimu sendiri sebelum mengenalnya dengan baik.

Setelah kau mengenal diri sendiri, maka kau akan jatuh cinta pada setiap lekukan kehidupan. Pada setiap hitam dan putih, siang dan malam juga terang dan gelap. Kau akan jatuh cinta pada semuanya dan melihat keindahan di setiap sisi kehidupan.

Mungkin kau pernah melihat seseorang yang ia mudah tersenyum, selalu lebih dulu menyapa dan selalu terlihat ceria? Seperti itulah ciri-ciri orang yang sudah mengenal dirinya sendiri, hatinya penuh cinta sehingga hidupnya bahagia.

2. Lebih Mudah Berkompromi

Mengenal diri sendiri pada akhirnya juga membuat kita menjadi lebih menomorkan duakan ego, dengan kata lain kita tidak lagi memikirkan kepentingan diri sendiri. Artinya, semakin kau mengenal dirimu, semakin kau mudah berkompromi dan beradaptasi dengan apapun atau siapapun.

Kebanyakan orang, semakin ia mengenal diri sendiri, semakin ia menganggap dirinya tidak begitu penting. Dalam arti, ada sesuatu yang lebih penting dari sekedar memperdulikan keinginannya sendiri.

Pergeseran pola pikir ini menjadikan kita lebih bijaksana dalam bergaul dengan siapapun. Bijaksana disini berarti kita lebih memikirkan jalan tengah yang membawa manfaat paling banyak dan tidak lagi memikirkan kesenangan pribadi.

3. Lebih Mudah Menghadapi Masalah

Satu lagi alasan pentingnya mengenal diri sendiri adalah karena kita jadi lebih mudah menghadapi setiap permasalahan dalam hidup. Seseorang yang mengenal diri sendiri selalu tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan.

Jika kita bersikap seperti itu dalam hidup, bukankah kita akan jauh dari segala masalah? Bahkan ketika suatu masalah datang, kita bisa menghadapinya dengan mudah.

Jadi sangat penting untuk mengenal dirimu sendiri agar kau pun tahu apa yang seharusnya kau inginkan dan dilakukan. Banyak orang keliru dalam menginginkan sesuatu sehingga melakukan hal-hal yang keliru pula dalam hidup.

Jika kita mengenal diri sendiri, pastinya kita akan berhati-hati dalam menginginkan sesuatu, sehingga kita juga terhindar dari perbuatan yang membawa masalah.

Baca Juga : 10 Tujuan Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 30

4. Lebih Dekat Dengan Kesuksesan

Seseorang tidak akan pernah sukses sebelum ia mengenal dirinya sendiri. Bagaimana mungkin seseorang dapat berhasil mewujudkan impiannya jika ia tidak tahu apa yang sebenarnya-benarnya ia impikan?

Kebanyakan impian atau keinginan yang kita miliki berasal dari orang lain bukan berasal dari dalam diri sendiri, hal ini dikarenakan kita tidak mengenal diri sendiri.

Seseorang yang sudah mengenal dirinya, pastinya benar-benar tahu apa yang ia impikan dan apa gairah dalam hidupnya. Ketika kamu merasa bahwa hidupmu akan dihabiskan untuk suatu hal yang bagimu penting, itu adalah satu langkah besar menuju kesuksesan.

Namun kebanyakan orang masih bingung untuk apa ia menghabiskan sisa hidupnya, orang-orang seperti ini biasanya tidak akan pernah sukses dan akan hidup menjadi orang biasa-biasa saja. Maka, kenalilah dirimu agar kamu bisa menjadi orang yang luar biasa.

5. Lebih Bijak Dalam Setiap Pengambilan Keputusan

Pengetahuan akan suatu ilmu tentunya membuat kita menjadi lebih percaya diri untuk melakukan sesuatu, sama hal nya mengenal diri sendiri juga membuat kita menjadi lebih percaya diri dalam melangkah.

Bukan hanya itu, mengenal diri sendiri juga membantu kita menjadi lebih bijak dalam setiap pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan kita bisa lebih berpikir rasional sebelum memutuskan sesuatu.

Semisal, kamu paham bagaimana tidak nyamannya menjadi orang bodoh, kamu sangat kenal dirimu bahwa ia merasa tidak nyaman ketika tidak bisa menyelesaikan sesuatu,  maka kamu memutuskan untuk belajar lebih banyak agar bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Setiap keputusan yang kamu ambil selalu berdasarkan pemahaman yang jelas dan nyata, dengan kata lain setiap langkah yang kamu ambil selalu dilandasi oleh analisa yang matang dan rasional.

Baca Juga : 7 Cara Mengenali Diri Sendiri Untuk Menentukan Tujuan Hidup

Mengenal diri sendiri tampak seperti misteri bagi yang tidak memahami maknanya, ini seperti sesuatu yang sangat gila dan tidak berguna. Namun faktanya, jika dipikirkan lagi benar  bahwa kita memang belum mengenal diri sendiri.

Coba saja kau merenung sejenak dan pikirkan apakah kamu sudah mengenal diri sendiri, pastinya kamu ragu untuk mengatakan sudah. Maka, coba pelajari cara mengenal diri sendiri sekarang juga!

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati