in

Inilah Pentingnya Pendidikan Pranikah Bagi Calon Pengantin Baru

Pendidikan Pranikah
Pendidikan Pranikah

Apakah kamu sudah mnedengar tentang kebijakan baru yang mungkin akan diberlakukan oleh pihak pemerintahan mulai tahun depan tentang pendidikan pranikah?

Pendidikan pranikah ini rumornya wajib diikuti oleh pasangan yang hendak menikah. Tanpa adanya sertifikat sebagai bukti kamu sudah mengikuti pendidikan ini, kamu belum bisa melangsungkan pernikahanmu.

Sebenarnya bukan untuk mempersulit pasangan yang hendak menikah sih. Tapi pemerintah ingin warganya bisa lebih memahami kehidupan pernikahan agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Untuk itu, sebelum melangsungkan pernikahan kamu diwajibkan memiliki sertifikat ini sebagai bukti bahwa kamu sudah mengikuti pendidikan pranikah sebelumnya.

Lalu apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pendidikan pranikah ini? Nah, jika kamu penasarn, langsung saja simak beberapa manfaat beserta penjelasannya berikut ini.

1. Kamu Bisa Lebih Memantapkan Kembali Hatimu dan Memahami Bahwa Pernikahan Adalah Sebuah Proses Panjang yang Harus Kamu Lewati Bersama Pasangan

Lebih Memantapkan Hati
Lebih Memantapkan Hati

Pernikahan bukanlah proses yang singkat. Kamu membutuhkan banyak pengetahuan dan kemampuan untuk bisa terus menjalani kehidupan rumah tangga yang utuh.

Jadi jangan beranggapan bahwa yang kamu butuhkan untuk proses perjalanan panjang dalam kehidupan pernikahan hanyalah sekadar cinta.

Kamu harus benar-benar yakin dengan siapa kamu akan menjalani kehidupanmu dari detik janji pernikahan diucapkan sampai maut menjemputmu.

Untuk melalui semua itu tidaklah mudah. Kamu harus paham bahwa semua orang memiliki perbedaan dalam segala hal. Kamu harus menjunjung sikap menghargai perbedaan tersebut untuk bisa bertahan dalam kehidupan berumah tangga.

Mantapkan hatimu. Jangan sampai kamu mengambil keputusan yang salah. Pernikahan bukanlah hal yang bisa kamu anggap enteng.

Kamu harus mempertimbangkan banyak hal untuk menentukan orang yang benar-benar tepat untuk menemanimu sampai akhir nanti.

2. Kamu akan Mendapat Bekal Ilmu Parenting untuk Merawat Buah Hatimu Kelak

Mendapatkan Bekal Ilmu Parenting
Mendapatkan Bekal Ilmu Parenting

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, tentu saja kamu membutuhkan yang namanya ilmu parenting untuk mendidik anakmu kelak.

Nah, dengan mengikuti pendidikan pranikah ini, kamu juga akan mendapatkan materi tentang parenting loh. Jadi kamu tidak akan kagok saat sudah memiliki anak nantinya.

Kamu harus ingat bahwa menjadi orang tua adalah tugas yang tidak mudah. Kamu memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang cukup besar dalam mendidik anakmu agar bisa menjadi orang yang berguna bagi keluarga, agama, dan negara.

Untuk menjalankan tugas tersebut, kamu butuh belajar tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar.

Kamu akan diberi bekal pengetahuan tentang cara mendidik anak. Kamu juga akan belajar untuk bersikap lebih bijaksana dalam mengasuhnya. Tidak lupa kamu juga akan belajar menjadi sosok orang tua yang penuh dengan kasih sayang.

3. Meminimalisasi Kemungkinan Adanya Perceraian Karena Adanya Masalah dalam Kehidupan Berumah Tangga

Meminimalisir Perceraian
Meminimalisir Perceraian

Sepertinya angka perceraian di Indonesia masih saja tergolong tinggi. Hal tersebut terjadi dengan berbagai alasan.

Misalnya saja adanya orang ketiga dalam hubungan, adanya perbedaan prinsip hidup, kemudian ada juga yang bercerai karena adanya kekerasan dalam rumah tangga.

Semua penyebab perceraian sebenarnya muncul dari sikap masing-masing individu. Jika ada pemahaman tentang cara bertindak dalam menjalani kehidupan berumah tangga sebelum menikah, pasti angka perceraian di Indonesia masih bisa ditekan.

Inilah alasan kenapa pendidikan pranikah penting untuk kamu dapatkan. Kamu akan lebih memahami bagaimana sih kehidupan berumah tangga itu dan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul dalam rumah tanggamu kelak.

Baca Juga : 7 Cobaan Sebelum Menikah yang Mungkin Akan Kamu Hadapi

4. Mengurangi dan Mencegah Keberadaan Tindak KDRT dalam Rumah Tangga

Mencegah Potensi KDRT
Mencegah Potensi KDRT

Pasti kamu sudah pernah banyak mendengar adanya berita tentang kekerasan dalam rumah tangga bukan?

Nah, hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan calon pasangan yang hendak menikah tentang cara mengelola emosi sehingga tidak sampai terjadi kekerasan dalam rumah tangga mereka.

Di setiap kehidupan rumah tangga pasti akan ada konflik. Nah konflik ini seringkali muncul karena adanya misi dan visi hidup yang berbeda. Pengontrolan emosi yang minim membuat para pasangan bisa dengan mudah melakukan kekerasan.

Padahal jika komunikasi antara pasangan bisa dijalin dengan baik, semua masalah bisa diselesaikan dengan cara berdiskusi untuk mencari solusi terbaik.

Sayangnya hal ini tidak banyak dipahami dan dilakukan oleh para pasangan yang sudah menikah. Sehingga pemahaman tentang masalah tidak harus diselesaikan dengan kekerasan tidak banyak dimiliki oleh pasangan yang sudah berumah tangga.

Baca Juga : Sedang Mengumpulkan Biaya Pernikahan? 10 Hal Ini Wajib Diperhatikan

5. Menambah Pengetahuan dalam Menjalani Hidup yang Bahagia Bersama Pasangan dan Tetap Bertahan dalam Suka Maupun Duka

Bekal Menjalani Kehidupan Rumah Tangga Bahagia
Bekal Menjalani Kehidupan Rumah Tangga Bahagia

Yang terakhir adalah untuk menambah pengetahuanmu tentang keharusan dalam kehidupan berumah tangga. Menikah artinya kamu sudah mengikat dirimu pada satu orang, yaitu pasanganmu.

Dengan janji suci yang sudah kamu ucapkan saat menikah, kamu sudah harus bersedia untuk menemani pasanganmu dalam kondisi apapun. Tak peduli kalian harus melewati suka maupun duka.

Kunci dalam sebuah pernikahan adalah berjuang bersama untuk terus menjalaninya dengan hati yang bahagia.

Mungkin akan datang mendung di tengah perjalananmu, tapi ketika kamu bisa saling menguatkan dan melalui semuanya bersama, kebahagiaan pasti akan kamu dapatkan kembali.

Baca Juga : 6 Hal yang Kerap Menjadi Ujian dalam Hubungan Pernikahan

Nah itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mengikuti pendidikan pranikah. Kamu perlu mengikutinya untuk tahu lebih dalam perihal pernikahan.

Tentunya kamu juga akan mendapatkan manfaat yang cukup penting untuk kehidupan rumah tanggamu nanti.

Kamu harus percaya bahwa meskipun terkadang ada cukup banyak masalah dalam kehidupan berumah tangga, semua itu juga akan diiringi dengan kebahagiaan yang tak terkira. Jadi jangan takut ya untuk memulai hubungan yang lebih serius dari sekada pacaran ini.

What do you think?

Dina Novia

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.