in , ,

Inilah Pentingnya Support System Dalam Melewati Masa Sulit

Support System
Support System

Support system adalah lingkaran yang terdiri dari beberapa orang yang dipercaya sebagai sistem dukungan dalam hidup. Orang-orang tersebut bisa anda percayai untuk berkeluh kesah, bercerita dan mencapatkan insight atas kebingungan anda. Orang-orang yang masuk dalam support system biasanya adalah keluarga dan teman-teman yang dekat dengan diri anda.

Setiap individu pasti memiliki kesulitan dan permasalahannya masing-masing. Untuk itu anda sebaiknya memiliki support system yang kuat agar dapat termotivasi dengan baik menjalani hidup. Karena setiap permasalahan dan kesulitan yang dihadapi tentu memiliki solusi.

Adanya support system akan yang kuat akan membantu anda untuk memilih solusi yang tepat. Pemilihan solusi tetap ada pada diri anda tentunya, dukungan dari lingkungan sekitar hanya sebagai jembatan untuk anda memilihnya.

Setiap individu tentu memiliki orang yang dipercayai. Orang-orang yang bisa anda temui pertama kali ketika sedang membutuhkan telinga untuk didengarkan.

Apapun pekerjaan anda dan bagaimana lingkungannya, anda tetap membutuhkan support system yang selalu ada untuk anda. Karena support system ini penting secara psikologis untuk diri anda.

Misalnya jika lingkungan keluarga anda tidak mendukung, anda bisa mendapatkan support system dari teman-teman dekat anda. Begitu juga sebaliknya. Lalu mengapa support system ini menjadi begitu penting dalam kehidupan sehari-hari?

1. Positive Behavior and Decision Making

Membantu Mengambil Keputusan
Membantu Mengambil Keputusan

Lingkungan tempat anda tinggal dan lingkungan tempat anda berada memiliki pengaruh bagi perilaku dan pengambilan keputusan pada masalah yang ada.

Di dalamnya terdapat orang-orang yang bisa menjadi teman dekat yang dipercayai. Orang-orang tersebut akan memengaruhi anda dalam menjalani hidup.

Dukungan yang anda dapatkan dari orang yang dipercayai bisa memengaruhi anda untuk bisa sukses.

Anda akan cenderung mengambil keputusan yang terbaik bagi diri anda secara tepat jika dukungan yang ada juga sama baiknya.

Secara tidak langsung, mereka akan memengaruhi perilaku kita yang akan berdampak pada pengambilan keputusan.

Kerap kesedihan dan depresi adalah buah dari ketidakberhasilan seseorang dalam mengambil keputusan. Kamu perlu mempelajari 5 Kunci Penting Dalam Setiap Pengambilan Keputusan Hidup.

2. Membantu Melewati Stres

Membantu Melewati Stres
Membantu Melewati Stres

Setiap orang yang memiliki kehidupan pasti akan memiliki stres. Namun tergantung pada individu yang merasakannya.

Apakah mereka merasakan stres yang teramat sangat sehingga mengganggu aktivitas, atau stres dirasakan tetapi tidak sampai mengganggu aktivitas.

Jika anda sampai merasakan bahwa stres tersebut memengaruhi keseharian anda, maka anda memerlukan dukungan sosial tersebut.

Pasalnya risiko dari adanya stres dapat menjadi serius jika tidak ditangani dengan baik. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan fisik anda dan sistem imun pada tubuh.

Dengan adanya dukungan sosial yang baik, anda dapat melewati stres dan mengatasinya dengan baik pula.

Dukung sosial yang buruk juga kerap dapat menimbulkan keinginan bunuh diri pada seseorang. Coba pelajari 7 Penyebab Adanya Keinginan Bunuh Diri Pada Seseorang.

3. Meningkatkan Motivasi

Meningkatkan Motivasi
Meningkatkan Motivasi

Dukungan sosial yang tepat akan membuat seseorang termotivasi untuk melakukan segala hal nya dengan lebih baik. Misalnya ketika seseorang ingin melepaskan kebiasaan buruk merokok.

Adanya dukungan sosial dengan orang-orang yang juga tidak merokok akan membuat individu tersebut semakin yakin bahwa ia bisa untuk berhenti merokok.

Tentu akan sulit jika dukungan sosial dari individu tidak memiliki kebiasaan yang ingin dituju.

Misalnya ingin hidup sehat, maka individu tersebut bisa melakukan kegiatan bersama dengan support systemnya.

Dengan berolahraga bersama seperti lari pagi atau senam bersama. Sehingga seseorang tidak merasa sendirian karena memiliki teman yang siap sedia menerimanya.

4. It’s Ok Not To Be Okay

Support System Membantu Menemukan Kebahagiaan
Support System Membantu Menemukan Kebahagiaan

Yang perlu dipahami selain mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar anda adalah bahwa terkadang hidup tidak selalu sejalan dengan keinginan.

Untuk itu setiap manusia memiliki hak untuk merasa sedang buruk pada suatu waktu. Tidak ada yang perlu ditakutkan dari sedang merasa buruk.

Yang anda butuhkan hanya mengembalikan energi agar anda siap menghadapi hari-hari seperti sedia kala.

Cara yang dilakukan bisa dengan beraktivitas sendirian atau justru dengan berada pada support system anda.

Kedua cara ini bisa diterapkan tergantung dengan tipe individu itu sendiri. Karena tidak semua orang bisa merasa baik-baik saja hanya dengan menyendiri.

Begitu juga sebaliknya, tidak semua orang bisa merasa baik-baik saja hanya dengan berada pada support systemnya. Kedua hal tersebut saling melengkapi.

Orang yang berada pada keadaan menyendiri juga butuh dukungan dari lingkungan.

Begitu juga orang yang berada pada support system, mereka juga membutuhkan dukungan dengan diberikan ruang untuk menyendiri.

Dan sedang merasa tidak baik-baik saja adalah hal yang wajar dan tidak perlu ditakutkan.

5. Hindari Lingkungan Yang Tidak Mendukung

Hindari Lingkungan Yang Tidak Mendukung
Hindari Lingkungan Yang Tidak Mendukung

Sering kali lingkungan dapat memengaruhi bagaimana diri kita merasakan sesuatu. Tentu sebagai manusia kita dapat dengan mudah merasakan mana lingkungan yang mendukung dan mana lingkungan yang mendukung.

Jika ditelaah lebih lanjut, apabila anda sering merasa down, tidak bersemangat karena pengaruh lingkungan yang tidak mendukung, sebaiknya sebisa mungkin hindari lingkungan tersebut.

Bagaimana jika lingkungan yang toxic ini adalah keluarga sendiri? Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan aktivitas di luar rumah yang anda senangi selain pekerjaan.

Anda bisa mengikuti kursus atau ikut dalam komunitas tertentu yang dapat mengasah kemampuan diri anda. Dengan begitu anda akan merasa lebih tenang ketika harus berada pada lingkungan tersebut.

Memang, untuk urusan keluarga tidak dapat kita kesampingkan begitu saja. Yang bisa dilakukan hanyalah mencoba untuk tidak terlalu sering bertemu pada lingkungan tersebut.

Tetapi jangan justru mengikuti aktivitas di luar yang negatif misalnya dengan pergi untuk mabuk agar merasa lega dengan permasalahan yang ada. Hal ini justru akan menambah beban pada pikiran anda sendiri.

Coba pelajari artikel berikut : Jauhi Teman yang Tidak Baik Untukmu, Sebelum Menyesal.

6. Menjadi Pribadi Yang Lebih Kuat dan Sehat

Menjadi Pribadi Yang Kuat dan Sehat
Menjadi Pribadi Yang Kuat dan Sehat

Percaya atau tidak, apa yang sedang anda pikirkan dan rasakan saat ini dapat memengaruhi kesehatan anda baik mental maupun fisik. Misalnya orang yang sedang sakit maag akan lebih lama sakitnya jika merasa stres akibat asam lambung yang terus naik.

Untuk itu dukungan sosial yang tepat dapat membawa anda untuk memilih keputusan yang baik dalam hidup anda.

Selain itu dapat membantu anda untuk berpikir secara logis apa yang harus dilakukan demi terwujudnya kesehatan diri dengan lingkungan yang tidak mendukung.

Anda dapat melakukan 5 poin sebelumnya atau memilih jalan anda sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda.

7. Membantu Mengeksplor Diri

Mengeksplor Diri
Mengeksplor Diri

Dukungan sosial yang baik akan dapat membantu diri anda untuk berkembang. Ketika anda mendapatkan support system yang kuat, anda bisa termotivasi untuk mengembangkan kelebihan diri anda yang akan berguna di masa depan.

Dengan begitu, anda akan dengan mudah melewati masa-masa sulit yang membuat anda rentan pada kesehatan mental.

Karena jika support system anda kurang baik, maka anda akan rentan terhadap stres hingga depresi. Support system yang kuat akan menumbuhkan kepercayaan diri sehingga anda dapat mengeksplorasi diri dengan tepat.

Maka anda akan lebih percaya diri untuk membuat keputusan akan perubahan dan keluar dari masa sulit yang sedang dialami.

Lingkungan yang tidak mendukung menjadi motivasi untuk berkembang adalah nyata adanya pada poin ini jika individu yang mengalaminya mampu sesuai kondisinya masing-masing.

Melewati masa sulit membutuhkan proses. Masing-masing orang memiliki prosesnya dan waktu menjalani prossnya sendiri. Ada yang cepat ada pula yang lambat.

Untuk itu kita tidak bisa menyama ratakan dan membanding-bandingkan proses tiap individu. Yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan dukungan yang dibutuhkan kepada diri anda dan orang lain.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.