Tanpa Disadari, Ternyata Inilah Penyebab Hubungan Terasa Membosankan

Setiap hubungan tidak akan pernah terasa mulus-mulus saja. Pasti ada saatnya kamu

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Penyebab Hubungan Membosankan

Setiap hubungan tidak akan pernah terasa mulus-mulus saja. Pasti ada saatnya kamu dan pasangan melalui yang namanya fase bahagia, kecewa, sedih, marah, sampai bosan sekalipun.

Rasa bosan memang hal yang wajar adanya dalam menjalin sebuah hubungan. Namun jangan biarkan kebosanan itu berjalan terlalu lama.

Kamu harus coba untuk mencari solusi agar hubunganmu tetap aman-aman saja karena pada kenyataannya sudah banyak hubungan yang kandas karena rasa bosan yang dibiarkan berlarut dalam jangka waktu panjang.

Nah, untuk bisa menghindari hal yang tak diinginkan dalam hubunganmu dengan pasangan akibat dari rasa bosan, kamu perlu memahami apa saja hal yang menjadi penyebab munculnya rasa bosan itu sendiri.

Berikut adalah beberapa penyebab kebosanan dalam sebuah hubungan.

1. Hubungan yang Dijalani Terlalu Nyaman

Hubungan Yang Terlalu Nyaman
Hubungan Yang Terlalu Nyaman

Jangan salah, hubungan yang terlalu nyaman nyatanya tak bisa menjamin seseorang tak merasakan yang namanya rasa bosan di dalamnya. Kenyamanan tak bisa dijadikan satu-satunya tolak ukur untuk mengetahui sebuah hubungan memang dalam keadaan yang sehat dan aman-aman saja.

Dalam diri setiap orang sudah pasti ada keinginan untuk berkembang dan jiwa haus akan tantangan.

Nah, jika dalam hubungan itu justru yang dirasakan hanya kenyamanan tanpa adanya hal berbeda di dalamnya tentu akan jadi penyebab munculnya rasa bosan atau titik jengah. Rasa nyaman yang tiada hentinya bisa saja berubah menjadi rasa bosan yang menyebalkan.

Baca Juga : Alasan Kenapa Mengumbar Kehidupan Pacaran Tak Baik untuk Dilakukan

2. Hobi yang Bertolak Belakang dengan Pasangan

Hobi Yang Bertolak Belakang Dengan Pasangan
Hobi Yang Bertolak Belakang Dengan Pasangan

Bukankah hal yang menyenangkan jika kamu memiliki pasangan yang memiliki hobi sama denganmu.

Kamu bisa pergi untuk melakukan hobi kalian bersama dan satu sama lain pasti memahami dengan baik hobi yang dimiliki masing-masing karena tidak ada perbedaan yang jauh antara kalian berdua.

Namun apa jadinya jika kamu dan pasanganmu memiliki hobi yang sangat bertolak belakang? Alhasil ketidakpahaman atau ketidaktahuan pasangan tentang hobi satu sama lain bisa menjadi penyebab adanya sikap yang sulit memberikan pengertian.

Hal itulah yang bisa menjadi pemicu adanya pertengkaran dan menyebabkan adanya kebosanan dalam menjalani hubungan.

3. Terlalu Pasrah dengan Alur Hubungan

Pasrah Dengan Hubungan
Pasrah Dengan Hubungan

Ada yang berkata bahwa dalam menjalani hubungan yang perlu dilakukan adalah mengikuti ke mana arus akan membawanya. Namun terlalu pasrah dengan alur hubungan juga bukan hal yang baik untuk kamu lakukan.

Dalam sebuah hubungan sangat dibutuhkan yang namanya usaha dan pengorbanan. Bagaimana kamu mau berusaha dan berkorban jika kamu hanya diam dan menikmati arus yang membawamu ke mana pun ia pergi.

Meski hubunganmu terlihat baik-baik saja, tidak lantas membuatmu bisa diam tanpa berbuat apa-apa.

4. Menghindari Adanya Perbedaan Pandangan

Menghindari Adanya Perbedaan Dengan Pasangan
Menghindari Adanya Perbedaan Dengan Pasangan

Salah jika kamu menikmati hubunganmu yang berjalan tanpa adanya perdebatan argumen atau pendapat. Banyak pasangan menghindari perdebatan ini karena merasa hal itu akan membahayakan hubungan yang tengah dijalani.

Padahal perbedaan pendapat memang harus ada untuk membuat hubungan kalian lebih sehat.

Tapi perdebatan tentang perbedaan pandangan ini bisa menjadi baik jika frekuensinya jarang ya, bukan setiap hari adanya.

Baca Juga : Pilih Jalani Backstreet Relationship, Kamu Wajib Pahami Risiko Ini

5. Rela Mengorbankan Tujuan Hidup Demi Pasangan

Melupakan Tujuan Hidup
Melupakan Tujuan Hidup

Berjuang untuk orang yang kamu cintai memang hal yang patut untuk dilakukan. Tapi jangan sampai kamu mengorbankan tujuan hidupmu. Jika kamu melakukannya dan mengikuti apa yang menjadi tujuan hidupnya, yang ada hubunganmu akan terasa sangat membosankan untukmu.

Jangan sampai mengorbankan apa yang menjadi impianmu, terlebih jika hubunganmu masih sekadar pacaran saja. Kamu tentu tak ingin mengorbankan masa depanmu untuk orang yang belum tentu jadi pasanganmu selamanya, bukan?

6. Adanya Perbedaan yang Tak Diiringi Dengan Sikap Saling Pengertian

Tidak Saling Pengertian
Tidak Saling Pengertian

Setiap orang memiliki sifat dan pandangannya masing-masing sehingga sudah pasti dalam menjalin hubungan ada yang namanya perbedaan. Perbedaan itu akan nampak sangat indah jika dibarengi dengan adanya sikap saling pengertian.

Namun jika tidak ada pengertian dalam memandang perbedaan, hubunganmu tidak akan berjalan lama. Hal seperti ini hanya akan membuat hubungan terasa datar dan membosankan.

7. Memiliki Waktu yang Kurang untuk Me Time

Tidak Ada Waktu Me Time
Tidak Ada Waktu Me Time

Seperti yang pernah dikatakan oleh seseorang, cintai dirimu sendiri untuk dicintai oleh orang lain. Sempatkanlah waktumu untuk memanjakan dirimu sendiri dan melakukan apa yang ingin kamu lakukan.

Jangan terlalu fokus dengan pasanganmu sehingga kamu melupakan kebutuhanmu untuk memiliki me time. Kamu butuh waktu untuk mendapatkan moodbooster agar tak terlalu merasakan kebosanan dalam hubungan kalian.

8. Komunikasi yang Terjalin Tidak Lagi Selancar Dulu

Komunikasi Sudah Tidak Lancar
Komunikasi Sudah Tidak Lancar

Komunikasi adalah salah satu kunci untuk menjalani hubungan. Kamu tak bisa menjalani hubungan yang sehat tanpa adanya komunikasi yang baik dengan pasangan.

Jika kini hubunganmu sudah terkesan membosankan, bisa jadi hal itu disebabkan oleh komunikasi yang tak selancar dulu. Kamu sudah jarang menghabiskan waktu dengan pasanganmu.

9. Terlalu Sibuk dengan Urusan Masing-masing

Terlalu Sibuk Dengan Urusan Masing-masing
Terlalu Sibuk Dengan Urusan Masing-masing

Kamu memiliki kegiatan yang semakin hari terus bertambah, begitu pun dengan pasanganmu. Dia juga memiliki kesibukannya sendiri. Karena terlalu sibuk, akhirnya kalian pun jarang bisa menghabiskan waktu bersama.

Terkadang kamu hanya bisa berkomunikasi dengannya saat malam hari, itu pun hanya beberapa saat sebelum kamu dan pasanganmu pergi tidur. Sedang di pagi harinya kalian sudah disibukkan kembali dengan urusan masing-masing.

Tentu saja hal ini akan membuatmu merasa bosan dalam menjalani hubungan yang terkesan sangat datar. Layaknya tak ada beda antara sendirian dan memiliki pasangan.

Baca Juga : Sampaikan 5 Pertanyaan ini Sebelum Menjalin Hubungan Yang Serius

Itulah beberapa hal yang sering menjadi penyebab munculnya rasa bosan dalam menjalin hubungan. Bosan termasuk salah satu ujian memang. Jadi, jangan sampai kamu kalah dengan ujian itu, ya.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile