in

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa menjadi Penyebab Kamu Gagal Menikah

Dengan usia yang sudah cukup matang dan hubungan pacaran yang sudah lama kamu jalani pasti membuat kamu sudah terbiasa dengan pertanyaan “kapan menikah”. Pertanyaan seperti ini merupakan pertanyaan yang sangat wajar diterima oleh orang-orang yang sudah masuk usia dewasa sepertimu.

Sebenarnya kamu sudah memiliki cukup modal untuk melanjutkan hubunganmu ke jenjang yang lebih serius. Tetapi rasanya kamu masih belum siap untuk menjalani kehidupan rumah tangga yang katanya cukup berat. Belum lagi persiapan pernikahan yang begitu banyak dan pasti akan menyita sebagian besar waktumu.

Bukan tidak mau membawa hubungan ke jenjang pernikahan terlebih dahulu. Saat ini kamu masih membutuhkan waktu yang cukup untuk membulatkan tekadmu. Ada banyak hal yang terkadang sedikit mengganggu pikiranmu.

Kamu harus selalu waspada, ada banyak hal yang bisa membuat pernikahanmu akhirnya batal. apa saja sih penyebabnya? Berikut ini adalah 5 hal yang biasanya menjadi penyebab gagalnya sebuah pernikahan. Semoga kamu tidak mengalaminya.

1. Adanya Pertengkaran dengan Pasangan

Adanya Pertengkaran Dengan Pasangan
Adanya Pertengkaran Dengan Pasangan

Menyiapkan segala hal terkait acara pernikahan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan secara terperinci.

Nah, biasanya hal-hal terkait persiapan pernikahan ini juga menjadi penyebab adanya pertengkaran dengan pasangan.

Jika pertengkaran yang terjadi tidak menemukan solusi jalan tengah yang tepat, hal ini juga bisa berakibat fatal. Tidak menutup kemungkinan pernikahanmu bisa saja batal karena perdebatan antara kamu dan pasanganmu.

Baca Juga : 9 Cara Elegan Bikin Pacar Sadar atas Kesalahan yang Dia Lakukan

2. Perasaan Ragu untuk Melangkah ke Jenjang Pernikahan

Perasaan Ragu Ke Pasangan
Perasaan Ragu Ke Pasangan

Mendekati hari pernikahan biasanya hal yang sering muncul dan menjadi masalah adalah timbulnya rasa ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Jika hal ini tidak ditangani dengan cara yang tapat, tentu akibat yang akan ditimbulkan olehnya cukup fatal, yaitu pada pembatalan pernikahan.

Perasaan ragu menjadi hal yang sering muncul dalam hati dan pikiran orang-orang yang hendak menikah.

Mereka akan berpikir ulang tentang apakah pilihannya untuk menikah dengan pasangan mereka adalah hal yang benar. Perasaan ragu ini kemungkinan juga bisa datang menghampirimu saat kamu hendak melangsungkan pernikahan.

Sebenarnya jika kamu merasa ragu dan takut untuk melangsungkan pernikahan, itu adalah hal yang wajar. Mengingat pernikahan adalah suatu prosesi yang sakral.

Setiap orang pasti hanya ingin melakukannya sekali dalam seumur hidup , sehingga perlu ada pertimbangan yang jeli untuk akhirnya memutuskan menikah dengan pasanganmu.

Baca Juga : 10 Keuntungan Nikah Muda Ini Perlu Kamu Pertimbangkan

3. Perasaan Belum Siap Menjalani Hubungan Rumah Tangga

Perasaan Belum Siap Menikah
Perasaan Belum Siap Menikah

Penyebab lainnya adalah perasaan belum siap untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Biasanya perasaan ini akan mudah muncul di benak pasangan muda.

Usia yang belum cukup matang nampaknya juga berpengaruh pada kesiapan mental. Terlebih jika kamu masih memiliki jiwa muda yang menyukai kebebasan.

Memang sih, menikah bukan berarti kamu akan hidup terkekang. Tetapi tentu kamu harus bersikap lebih dewasa saat sudah menikah nanti. Kamu tidak bisa pergi seenaknya atau melakukan segala hal yang kamu suka tanpa mempertimbangkan pasanganmu atau anakmu jika kamu sudah memiliki anak nantinya.

Setelah menikah, ada beberapa hal yang harus lebih kamu prioritaskan. Kamu juga memiliki tanggung jawab sebagai suami atau istri.

Meskipun awalnya kamu sudah merasa yakin untuk menikah, biasanya mendekati hari H pernikahan, kamu akan mulai merasa takut jika kamu tidak cukup siap untuk menjalani kehidupan rumah tanggamu nanti.

Baca Juga : 16 Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah

4. Adanya Masalah yang Datang dari Pihak Keluarga

Masalah Dari Pihak Keluarga
Masalah Dari Pihak Keluarga

Tidak hanya faktor dari dalam diri sendiri yang bisa menjadi masalah. Ada juga masalah yang datang dari pihak keluarga. Misalnya karena faktor perbedaan daerah, perbedaan adat, budaya sampai bahasa. Terlebih jika kamu menikah dengan orang yang berkewarganegaraan berbeda denganmu.

Menikah bukan hanya menyatukan kamu dan pasanganmu saja, melainkan dua keluarga besar. Menyatukan dua keluarga bukanlah hal yang mudah. Perbedaan yang ada di kedua keluarga tersebut memiliki kemungkinan untuk menghambat jalannya pernikahan.

Kamu dan pasanganmu boleh saja sudah mantap menikah, namun kamu juga harus mempertimbangkan pandangan keluarga. Sebisa mungkin kamu dan pasanganmu harus bisa mendekatkan diri pada keluarga satu sama lain.

Baca Juga : Saat Cintamu Tak Direstui, 5 Hal Ini Perlu Kamu Pahami

5. Adanya Perbedaan Agama antara Kamu dan Pasanganmu

Perbedaan Agama
Perbedaan Agama

Penyebab terakhir yang sering mengakibatkan batalnya pernikahan adalah adanya perbedaan agama atau keyakinan.

Saat kamu masih menjalin hubungan pacaran dnegan pasanganmu, mungkin kamu masih berpikiran bahwa masalah agama bukanlah masalah yang besar. Kalian masih bisa memberikan toleransi satu sama lain.

Semakin lama, terlebih saat kamu sudah mulai memikirkan tentang pernikahan, pasti kamu akan mulai memahami bahwa perbedaan agama adalah masalah yang cukup rumit untuk dilalui. Bagaimana mungkin kamu dan pasanganmu bisa saling memahami jika Tuhan dan keyakinan yang kalian miliki berbeda.

Perbedaan agama juga menjadi salah satu penyebab munculnya banyak perselisihan atau perbedaan pendapat dalam hubungan. Jadi, tentu akan sulit jika kamu tetap ingin melanjutkan pernikahanmu dengan dia yang memiliki keyakinan yang berbeda denganmu.

Baca Juga : Cinta Beda Agama, 5 Hal ini yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Itu dia 5 hal yang sering menyebabkan sebuah pernikahan batal begitu saja. Kamu harus lebih waspada, jangan sampai rencana yang kamu miliki justru berantakan karena 5 alasan tersebut. Bulatkan lagi tekadmu dan yakinkan dirimu untuk melangkahkan kaki ke jenjang yang lebih serius dari sekadar pacaran.

Menikah bukan suatu hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelumnya. Persiapan yang kamu perlukan juga tidak sedikit. Kamu memerlukan cukup modal secara materi dan juga mental, agar kamu tidak mudah menyerah saat ada masalah datang menjelang hari H pernikahan.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.