in ,

5 Penyebab Kamu Sering Menangis Sendiri Tanpa Sebab

Menangis Sendiri Tanpa Sebab

Semua orang pasti pernah menangis, namun ada hal yang membedakan kita dimana sebagian orang sangat mudah meneteskan air matanya sementara yang lain sulit untuk menangis.

Tipe orang yang mudah menangis ini mungkin akan langsung meneteskan air mata ketika melihat adegan yang mengharukan dalam sebuah film, bahkan mungkin mereka juga akan meneteskan air mata saat mendengar lagu sedih.

Namun hal itu masih normal di alami oleh banyak orang, bukan? Sebab ada sebagian orang yang sering menangis sendiri tanpa sebab. Ini cukup unik, jarang terjadi, tapi kamu pernah mengalaminya juga kan?

Jika iya, maka kami akan menjawab pertanyaan kamu selama ini tentang mengapa kita bisa menangis tanpa sebab! Langsung saja!

1. Depresi

Depresi bisa merusak mood kita hingga beberapa minggu, membuat kita merasakan sesuatu yang tidak enak di dalam diri sendiri dan sulit untuk menikmati apapun yang ada.

Sesuatu yang menurut kamu menyenangkan berubah menjadi biasa saja, hal-hal yang biasanya membuat kamu gembira dan bersemangat sekarang terlihat tidak menarik lagi. Seperti itulah depresi merampas kebahagiaan dalam hidup kita.

Parahnya tak hanya sampai disitu saja, sebab depresi juga bisa menyebabkan kita jadi lebih mudah menangis. Bahkan seringkali orang-orang yang depresi meneteskan air matanya tanpa sebab yang pasti.

Mungkin kamu baru saja pulang dari bepergian, mungkin kamu baru saja selesai bersenang-senang dan masuk ke kamarmu, namun tak berapa lama tiba-tiba mood kamu berubah tanpa sebab lalu air mata ikut menetes.

Jika hal ini terjadi padamu, maka kamu bisa mencari tahu apakah air mata itu merupakan tanda depresi atau bukan? Caranya adalah dengan mengubah suasana hatimu sendiri menjadi lebih bersemangat.

Kamu boleh mencoba cara apaun untuk mengubah suasana hatimu sendiri, tapi ketika kamu tidak mampu mengubah suasana hatimu sendiri dan tidak bisa mengontrol air matamu sendiri, maka jelaslah sudah bahwa kamu sedang mengalami depresi. Coba pelajari 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidup Bahagia.

2. Kewalahan

Mungkin ini cukup unik tetapi faktanya adalah terkadang kita menangis begitu saja karena kewalahan. Tentunya cukup masuk akal mengetahui di era digital saat ini kita selalu sibuk dengan berbagai hal dan wajar saja jika kita mengalami kelelahan secara fisik dan mental.

Kemungkinannya kamu baru saja pulang kerja atau baru saja pulang dari kampus, tiba sampai di rumah kamu langsung rebahan dan BOOM! air mata langsung menetes tanpa sebab.

Pada saat itu mungkin kamu langsung berpikir seperti ini “Ada apa dengan diriku?!” “Kenapa aku meneteskan air mata? Aku kan sedang tidak bersedih!”

Ssssttt! Tenangkan hatimu sebentar, pikiran-pikiran semacam itu hanya akan membuat kamu semakin cemas dan memperburuk keadaan. Perlu diketahui bahwa di waktu-waktu tertentu tanpa disadari tubuh kita mengeluarkan hormon stress.

Saat kita melaksanakan rutinitas harian tentunya kondisi emosi selalu dalam keadaan baik dan sangatlah wajar jika kita mengalami stress dalam bekerja. Nah, menangis adalah cara alami tubuh kita dalam melepaskan stress.

Dengan kata lain, tidak ada seorang pun di dunia ini yang menangis tanpa sebab. Jika bukan karena depresi, kemungkinan kedua yang paling masuk akal mengapa kita menangis tanpa sebab adalah kewalahan. Coba simak juga 6 Fakta Psikologis Orang yang Mudah Menangis.

3. Ingatan Masa Lalu

Ada suatu memori yang mengendap di luar kesadaran kita, sesuatu yang mungkin kita lupa bagaimana detailnya tetapi kita masih bisa merasakannya. Nah, jika suatu ingatan membuat kita meneteskan air mata maka sudah jelas bahwa ia merupakan kenangan yang menyedihkan.

Mungkin kamu pernah mengalami kehilangan seseorang tercinta, misal kematian orang tuamu. Setelah tragedi itu mungkin kamu belajar menerima kenyataan, mungkin belajar mengikhlaskan dan belajar memahami bahwa kematian merupakan hal yang pasti.

Waktu pun berjalan sekitar 6 bulan sudah dan kamu merasa sudah bisa mengikhlaskan. Namun tanpa disadari, kamu masih sering meneteskan air mata. Uniknya, kamu tidak menyadari bahwa air mata itu menetes karena kesedihan akan kehilangan seseorang yang paling kamu cintai.

Memori masa lalu bisa muncul kapan saja, namun ia tidak selalu muncul dalam bentuk ingatan yang jelas, terkadang ia hanya muncul dalam bentuk air mata. Coba simak juga 5 Cara Mengatasi Penyesalan Masa Lalu yang Berkepanjangan.

4. Gangguan Kecemasan

Anxiety atau gangguan kecemasan adalah kondisi dimana kita sering merasa khawatir dan gugup dalam jangka waktu yang berdekatan.

Nah, mungkin semua orang mengalami kecemasan, tetapi anxiety disorder bisa membuat kita lebih sering merasa cemas, mungkin setiap hari atau bahkan setiap jam.

Gangguan ini menyebabkan kita menjadi sangat sensitif, dengan kata lain mudah marah, mudah sedih dan kesulitan berkonsentrasi. Lebih parah lagi, gangguan ini bukan hanya menyerang psikis tetapi juga fisik.

Tubuh kita jadi lebih gampang lemas, sering mengalami ketegangan otot dan berat di bagian kepala belakang. Ketika kamu mengalami kecemasan dan tidak mampu mengatasinya, maka tubuh akan melepaskan kecemasan itu secara otomatis lewat migrain atau menangis.

Jadi pada intinya, tubuh kita memiliki kecerdasan yang luar biasa. Tangisan yang terjadi secara tiba-tiba bisa di umpamakan seperti luka yang sembuh dengan sendirinya.

5. Pseudobulbar

Mungkin tidak banyak yang tahu, Pseudobulbar (PBA) adalah suatu keadaan dimana adanya gangguan neurologis pada bagian otak yang berhubungan dengan emosional.

Hal ini menyebabkan kita menjadi tidak terkendali, mungkin di suatu waktu bisa tertawa sendirian, setelahnya menangis bahkan dalam situasi yang baik-baik saja kamu bisa tiba-tiba marah.

Emosi yang tidak terkontrol ini seringkali tidak sesuai seperti perasaan yang kamu alami. Orang yang mengalami gangguan pseudobulbar biasanya mengekspresikan emosi dengan cara yang tidak pantas.

Tips: Segeralah mencari bantuan dengan konselor jika kamu merasa mengalami gangguan seperti yang sudah dijelaskan di atas, seperti depresi, gangguan kecemasan, trauma masa lalu dan pseudobulbar. Kamu juga bisa mempelajari 6 Cara Melakukan Self-Healing, Penyembuhan Diri Dari Luka Batin.

Nah, sekianlah artikel tentang 5 penyebab seseorang sering menangis tanpa sebab. Semoga bermanfaat!