in

5 Penyebab Seseorang Sulit Membangun Komitmen dalam Hal Percintaan

Sulit Membangun Komitmen Dalam Hubungan
Sulit Membangun Komitmen Dalam Hubungan

Apakah kamu pernah melihat atau memiliki seorang teman atau kerabat yang sangat sulit sekali memulai sebuah hubungan asmara? Padahal ada banyak orang yang menyukainya dan bermaksud untuk dekat dengannya. Atau justru kamu sendiri juga mengalami hal semacam ini?

Tidak semua orang memiliki kesiapan yang cukup dalam menjalin hubungan. Mungkin di luar sana ada sangat banyak orang yang bisa dengan mudah jatuh hati dan berani membangun sebuah komitmen dalam urusan asmara. Tapi tentu hal semacam itu tidak bisa dibandingkan dengan orang yan tidak mudah dalam memulai sebuah hubungan.

Setiap hal yang terjadi tentu disertai alasan di belakangnya. Jika toh kamu merasa belum siap menjalin hubungan, sebenarnya ada alasan yang kamu simpan dan bahkan tidak kamu sadari sebelumnya. Yang kamu tahu, kamu hanya masih ingin sendiri dan belum siap untuk masuk ke dalam dunia percintaan.

Beberapa orang sulit untuk membangun sebuah komitmen dalam urusan percintaan karena memiliki trauma, atau mungkin hal lain yang berbeda. Nah, berikut ini adalah 5 dari sekian banyaknya alasan yang mungkin dimiliki oleh beberapa orang yang sulit untuk membangun komitmen dalam hubungan asmara.

1. Ada Trauma di Masa Lalu yang Membuatmu Enggan untuk Memulai Hubungan yang Baru

Trauma Masa Lalu
Trauma Masa Lalu

Ada cerita kelam dalam kehidupanmu di masa lalu. Entah itu berdasar pada apa yang kamu alami atau berdasar pada apa yang kamu ketahui dari kisah orang lain. Jika kaitannya sudah menyangkut trauma, ini tentu akan membutuhkan proses yang cukup berat.

Kamu harus bisa mengatasi trauma yang kamu miliki terlebih dahulu sebelum akhirnya siap untuk membangun sebuah komitmen dengan seseorang yang kamu yakini sebagai cinta sejatimu.

Masalahnya, tidak semua orang bisa dengan mudah menyembuhkan trauma yang dimiliki oleh mereka.

Jika trauma ini memang benar kamu miliki, cobalah untuk melepaskan semua masa lalumu yang mungkin cukup menyakitkan untukmu. Maafkan segala kesalahan yang ada di masa lalu.

Mulai lagi langkahmu dengan semangat yang baru untuk mengukir kisah yang baru juga di masa depan.

Baca Juga : Komitmen Harus Dibarengi Dengan 9 Hal Ini, Sudahkah Diterapkan?

2. Kamu Masih Cukup Nyaman dengan Kesendirianmu Saat Ini

Nyaman Sendiri
Nyaman Sendiri

Yang satu ini adalah alasan paling banyak yang dimiliki oleh orang-orang dengan ketakutan tersendiri dalam membangun komitmen. Kamu sudah terbiasa asyik dengan duniamu sendiri. Kamu mencintai kebebasan yang kamu miliki saat ini.

Tidak ada sumber kebahagiaan lain selain dirimu sendiri. Sehingga kamu merasa takut jika rasa nyaman yang kamu dapatkan dari kesendirianmu justru akan hilang saat kamu memutuskan untuk membangun komitmen dalam sebuah hubungan.

Kamu takut hidupmu akan berubah secara drastis. Ada ketakutan dalam dirimu akan nasib kebahagiaanmu saat ini. Padahal bisa saja orang baru dalam hidupmu justru akan menambah rona kebahagiaan dalam kehidupanmu.

Baca Juga : Sudah Siap Menikah, 7 Tanda Ini Membuatmu Gak Ragu Lagi

3. Ada Hal Lain yang Menjadi Prioritasmu dan Cinta Tidak Termasuk di Dalamnya

Kamu Memprioritaskan Hal Lain
Kamu Memprioritaskan Hal Lain

Alasan lain yang mungkin melatarbelakangimu untuk tidak membangun komitmen adalah adanya hal lain yang sedang kamu prioritaskan.

Misalnya saja kamu masih ingin fokus untuk belajar atau membangun karirmu terlebih dahulu. Kamu ingin memiliki masa depan yang baik sehingga saat kamu menjalin hubungan, kamu sudah bisa menjamin kehidupan pasanganmu juga.

Hal seperti ini bukanlah suatu yang salah. Kamu berhak menentukan apa yang harus lebih kamu prioritaskan. Tidak ada salahnya jika kamu lebih mementingkan studi dan karirmu terlebih dulu.

Atau mungkin kamu masih ingin membanggakan orang tuamu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu baru akan mulai membangun komitmen dalam hubungan percintaan.

4. Kamu Takut Terjebak dalam Sebuah Hubungan Percintaan yang Menurut Pandanganmu Sangat Rumit untuk Dipahami

Kamu Takut Terjebak Dalam Hubungan Rumit
Kamu Takut Terjebak Dalam Hubungan Rumit

Setiap orang memiliki pandangannya masing-masing. Boleh saja ada orang yang memandang urusan cinta adalah hal yang biasa dan tidak perlu dipikirkan secara berlebihan. Tetapi pasti juga ada yang memiliki pandangan bahwa urusan percintaan adalah hal rumit.

Mungkin kamu masih belum membangun komitmen karena kamu masih takut untuk masuk dalam kisah rumit dalam urusan cinta. Kamu tidak mau terbebani dengan segala hal yang berkaitan dengan cinta karena bagimu, urusan percintaan adalah hal yang cukup rumit.

Kamu sudah disibukkan dengan banyak hal. Kamu masih belum siap jika harus menambah beban pikiranmu karena komitmen yang sudah kamu bangun dengan seseorang.

Bisa jadi ketakutanmu tentang hubungan percintaan juga karena pengalamanmu dalam menjalani hubungan yang dulu.

Baca Juga : 5 Hal Ini Menandakan Cintamu Hanya Berlaku Sesaat Saja

5. Kamu Masih Belum Menemukan Sosok yang Pas di Hati

Belum Menemukan yang Pas
Belum Menemukan yang Pas

Pasti kamu sering mendapat komentar dari orang lain tentang apa sih kekurangan mereka yang sudah berusaha untuk mendekatimu. Mereka juga sering mengatakan bahwa kamu adalah orang yang suka pilih-pilih sehingga sampai saat ini masih belum memiliki kekasih hati.

Padahal kriteria setiap orang tentu berbeda. Antara satu orang dengan orang yang lainnya memiliki kriteria pasangan mereka masing-masing.

Mungkin bagi orang lain, sosok yang selama ini berusaha mendekatimu adalah sosok yang sempurna untuk dijadikan kekasih, tapi hal itu belum juga sama dengan pemikiranmu sendiri

Jodoh sudah ditentukan Tuhan sejak kamu dilahirkan ke dunia. Jadi, masalah cocok dan tidak cocok itu sudah menjadi jalan dari Tuhan juga.

Jika memang sudah tiba saatnya kamu bertemu dengan orang yang ditakdirkan untuk menjadi pendampingmu, pasti kamu akan siap untuk membangun komitmen bersamanya kok.

Baca Juga : Tak Seharunya Menunggu Terlalu Lama Sebuah Komitmen, Tinggalkan!

Akhir Kata 

Itulah 5 alasan yang sering mengiringi seseorang dengan ketakutannya untuk membangun komitmen dalam hubungan percintaan.

Cinta memang bukan hal yang bisa dipaksakan. Jika memang kamu belum siap untuk menjalin sebuah hubungan, maka jangan lakukan hal itu terlebih dahulu.Tunggulah sampai diri dan hatimu benar-benar siap membangun sebuah hubungan yang sehat dan bisa bertahan sampai akhir hayat. Mengingat cinta adalah satu hal yang tak bisa diperlakukan layaknya sebuah permainan.

What do you think?

Dina Novia

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.