in ,

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Bekerja

Penyebab Tidak Fokus Bekerja

Bagaimana bisa kamu menjadi produktif dalam bekerja jika kamu selalu mengalami kesulitan untuk fokus pada pekerjaanmu. Kamu harus memahami apa saja yang menyebabkan kamu tidak fokus dan cara mengatasinya sebelum kamu menderita lebih banyak kerugian karena ketidakfokusanmu dalam bekerja.

Ada kalanya kita tidak bisa mengontrol otak untuk tetap fokus dalam kondisi tertentu. Hal itu tentu memiliki penyebab khusus, tidak terjadi tanpa sebuah alasan. Misalnya kamu sedang kurang enak badan atau banyak pikiran.

Sebuah hal yang wajar untuk manusia hidup memiliki banyak beban pikiran atau stres karena banyaknya tekanan. Hal ini memang menjadi salah satu hal yang cukup riskan. Bagaimana tidak, stres bisa mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan seseorang.

Ketika kamu stres, kamu akan kehilangan titik fokusmu. Kamu tidak bisa konsentrasi dengan baik. Alhasil, pekerjaan yang kamu lakukan pun akan lebih sulit diselesaikan atau selesai dengan hasil yang kurang memuaskan.

Apa Saja Penyebab Tidak Fokus Ketika Sedang Bekerja?

Ada beberapa penyebab yang sering membuat seseorang tidak bisa fokus dalam bekerja. Langsung saja, berikut rinciannya.

1. Jam Tidur yang Kurang

Seringkali orang sibuk bekerja hinggu lupa untuk mengistirahatkan tubuhnya. Hasilnya, jam tidur pun cenderung sangat minim. Padahal kurang tidur akan membuat tubuhmu sulit berkonsentrasi pada pekerjaan yang kamu lakukan.

Ketahuilah bahwa tubuh membutuhkan paling tidak 7 sampai 8 jam untuk tidur dalam sehari. Jika jam tidurmu kurang dari kebutuhan waktu tidur tersebut, maka fokusmu dalam bekerja pun akan terganggu.

Sebisa mungkin penuhi kebutuhan tidurmu dengan baik. Setiap malam pergilah tidur lebih awal jika keesokan harinya kamu harus sudah siap bekerja di pagi hari. Selain tidur malam, kamu juga bisa menyempatkan diri untuk tidur siang entah hanya 15 atau 30 menit. Hal itu dapat membantumu untuk kembali fokus dalam bekerja.

2. Kurang Olahraga

Tidak hanya kurang tidur saja yang bisa mengganggu konsentrasimu dalam bekerja, kurang olahraga juga bisa menyebabkan hal yang sama. Jadi, sebisa mungkin sempatkanlah dirimu untuk melakukan olahraga secara rutin, ya.

Merujuk pada artikel yang dipublikasikan dalam jurnal literasi olahraga, ada hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani dengan tingkat konsentrasi yang dimiliki seseorang. Kegiatan olahraga dapat meningkatkan stamina dan memperbaiki kualitas tidur sehingga tingkat fokus yang kamu miliki dalam bekerja pun akan lebih baik.

3. Pengaruh Penggunaan Teknologi

Sudah menjadi hal yang biasa untuk seseorang tidak lepas dari gadget yang mereka miliki. Perkembangan teknologi pada masa ini memang sangatlah pesat. Semua hal bisa kamu lakukan hanya dari layar gadget yang kamu miliki.

Saat di rumah, kamu sudah sibuk dengan ponselmu. Saat di kantor, kamu juga harus dihadapkan dengan gadget berupa komputer untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Hal ini juga dapat menjadi penyebab kamu sulit berkonsentrasi dalam bekerja.

Terlalu sering menggunakan gadget dapat berpengaruh buruk untuk kehidupan pribadimu maupun pekerjaanmu.Jika kamu merasa sering kesulitan untuk fokus bekerja, mungkin ada baiknya kamu mengonsultasikan hal ini pada dokter yang kamu percaya.

4. Adanya Anemia dan Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal dan anemia nyatanya tidak bisa dianggap sepele. Kedua hal ini ternyata juga bisa mempengaruhi fokus seseorang dalam bekerja loh. Para ahli juga pernah memperdebatkan perihal efek kehamilan pada otak yang mengakibatkan masalah inatan dan tingkat fokus yang dimiliki.

Kelelahan dan tingkat fokus yang rendah dapat diakibatkan oleh sel darah merah di mana oksigen tidak diangkut dengan baik ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan penurunan berpikir karena aliran oksigen ke seluruh tubuh mengalami gangguan.

Untuk mengatasi perubahan hormonal dan anemia ini, kamu bisa mengonsumsi suplemen nutrisi dan secara perlahan mengubah gaya hidupmu menjadi gaya hidup yang lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

5. Mengidap Demensia

Demensia merupakan sebuah kondisi dimana terdapat penurunan fungsi kognitif pada otak, seperti emosi, daya ingat, serta fungsi otak lainnya yang jika kondisinya semakin parah, maka akan mengganggu kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk untuk fokus dalam melakukan pekerjaan.

Salah satu jenis demensia adalah alzheimer. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan hilangnya ingatan dalam jangka pendek. Hilangnya ingatan jangka pendek ini tentu saja juga akan mempengaruhi kehidupanmu sehari-hari, baik dalam kehidupan sosial, keluarga, atau pekerjaan.

Baca Juga : 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kamu perlu menjaga kesehatanmu untuk bisa fokus dalam bekerja, baik itu kesehatan fisik maupun mental. Berikut adalah 3 cara yang bisa kamu terapkan dalam keseharianmu agar bisa lebih fokus saat bekerja.

1. Istirahat dengan Cukup

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak beristirahat dengan cukup. Kamu tidak akan bisa fokus dan konsentrasi pada pekerjaanmu jika kamu mengalami kelelahan akibat banyaknya aktivitas dan minimnya waktu untuk istirahat.

Tidur yang cukup akan membantumu dalam meningkatkan kemampuanmu untuk konsentrasi dan fokus saat bekerja. Tidak hanya itu, istirahat yang cukup juga akan membantumu dalam meningkatkan staminamu saat bekerja.

Istirahatlah yang cukup, jangan terlalu memaksakan dirimu untuk bekerja dan bekerja tanpa kenal lelah. Bahkan mesin saja butuh waktu istirahat untuk bisa bekerja dengan maksimal, apalagi tubuh makhluk hidup sepertimu.

2. Menjaga Pola Makan dan Asupan Makanan

Pola makan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi seseorang loh. Bahkan sudah ada studi yang menyatakan bahwa sarapan pagi dengan makanan tinggi nutrisi dapat memperbaiki fokus, konsentrasi dan stamina dalam bekerja.

Jadi, usahakan kamu menjaga pola makan dan asupan makananmu ya, terlebih ketika sarapan pagi. Konsumsilah makanan yang rendah lemak dilengkapi dengan buah dan sayur untuk menu sarapanmu.

Selain itu, kamu juga harus menjaga staminamu dengan mengonsumsi karbohidrat berjenis gandung. Ini akan cukup membantumu untuk fokus dalam bekerja.

3. Mengontrol Tingkat Stres

Jangan abaikan tingkat stres yang kamu miliki loh. Jika kamu tidak mampu mengontrolnya, akan ada banyak dampak negatif yang terjadi, khususnya dalam pekerjaanmu.

Tingkat stres yang tinggi sangatlah berpengaruh pada tingkat fokusmu ketika sedang bekerja. Itulah kenapa kamu perlu mengontrol tingkat stresmu. Kamu bisa mengontrolnya dengan meditasi dan mencoba mengurangi tingkat stresmu secara perlahan.

Baca Juga : 

Sudah paham kan apa saja yang menjadi penyebab kamu tidak bisa fokus dalam bekerja? Kamu bisa mulai menerapkannya agar ketidakfokusanmu itu tidak lagi mempengaruhi produktivitasmu dalam bekerja.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.