in , ,

People Pleaser, 8 Cara Berhenti Untuk Menyenangkan Orang Lain

People Pleaser
People Pleaser

People pleaser atau dikenal dengan orang yang ngga enakan bisa menjadi kerugian bagi diri sendiri. Merasa terus menerus menyanggupi permintaan dari orang lain yang sebenarnya kita sendiri tidak sanggup untuk melakukannya hanya akan membuat diri kita sendiri lelah.

Namun masih banyak orang yang berkomentar “Ya mau gimana lagi” padahal dirinya sendiri sudah tidak sanggup.

People pleaser tidak akan merugikan jika dilakukan dengan tepat dan tidak berdampak negatif pada diri kita sendiri.

People pleaser adalah kecenderungan seseorang untuk selalu menyenangkan orang lain. Salah satunya adalah menyanggupi segala permintaan tolong dari orang lain meski rasanya tidak sanggup.

Dengan kata lain people pleaser adalah orang yang ngga enakan. People pleaser bertindak berdasarkan bagaimana orang lain berespon terhadap segala hal yang dilakukannya.

Bahkan seorang people pleaser bisa saja mengambil keputusan berdasarkan respon dari orang lain. Padahal belum tentu keputusan tersebut adalah yang paling tepat bagi dirinya sendiri.

Anda akan merasakan kerugian dalam diri sendiri sehingga terkadang anda tidak bisa bahagia tanpa pendapat orang lain. Hal ini akan memengaruhi anda secara fisik dan mental.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk berhenti menjadi people pleaser?

1. Berani Menolak

Mengatakan Tidak
Mengatakan Tidak

Jika anda menolong orang lain dengan keyakinan bahwa anda sanggup untuk menolongnya, maka anda dapat menolong orang tersebut. Namun jika diri anda sendiri sedang dalam masa sulit, sebaiknya berani untuk sesekali mengatakan tidak atau menolaknya.

Ketika seseorang terus menerus dibantu oleh anda, umumnya mereka akan meminta tolong lebih banyak lagi kepada anda.

Anda bisa menolaknya dengan mengatakan tidak dengan sopan namun tegas. Hal ini agar orang tersebut tidak berusaha membujuk anda melakukan apa yang mereka inginkan.

Memang, keinginan untuk membantu ini cukup kuat pada people pleaser. Namun menolak bukan berarti anda melakukan tindakan jahat kepada orang tersebut.

2. Berikan Batasan Yang Jelas

Memberikan Batasan
Memberikan Batasan

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi diri anda sendiri. Sama halnya dengan menjadi people pleaser yang selalu ingin berusaha memberikan yang terbaik secara berlebihan.

Ketika anda melakukan keinginan orang lain secara berlebihan, anda memiliki risiko untuk dikecewakan. Karena seringnya ketika membantu orang lain kita mengharapkan timbal balik.

Apakah anda cukup dengan diucapkan terima kasih atau berharap lebih?

Tanyakan pada diri anda sebelum membantu orang lain. Untuk itu berikan batasan untuk membantu orang lain yang jelas sampai mana anda bisa memberikan bantuan kepadanya.

Dengan begitu orang lain akan lebih menghargai anda dan anda juga akan menghargai mereka yang tahu batasannya untuk meminta bantuan kepada anda.

3. Pahami Situasi

Memahami Situasi
Memahami Situasi

People pleaser dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu anda sebaiknya memahami situasi dan kondisi baik diri anda maupun orang lain yang meminta bantuan.

Anda sebaiknya paham betul tujuan dari seseorang meminta bantuan dan pikirkan matang-matang apakah anda memutuskan untuk membantu atau tidak.

Jika anda merasa ada sesuatu yang tidak beres, maka anda berhak untuk menolak permintaan tolong dari orang tersebut.

4. Stop Overthinking

Overthinking
Overthinking

Salah satu kelemahan dair people pleaser adalah memikirkan omongan orang lain secara berlebihan atau overthinking.

Memikirkan yang seharusnya tidak perlu dipikirkan ini akan membuat anda sakit dan justru akan membuat kebiasaan menyenangkan orang lain bertambah parah.

Jika rasanya anda tidak sanggup untuk membantu orang tersebut, anda berhak untuk menolaknya. Hindari memikirkan apa yang orang lain pikirkan karena menolak untuk membantu orang tersebut.

Meski rasanya pertemanan anda dengan orang tersebut sudah cukup dekat, namun jika anda memang tidak sanggup anda berhak untuk menolaknya dengan baik.

Penolakan yang anda lakukan tidak akan membuat hubungan pertemanan menjadi renggang.

5. Kurangi Meminta Maaf

Mengurangi Meminta Maaf
Mengurangi Meminta Maaf

Karena berada dalam posisi yang tidak enak akibat menolak untuk membantu, sering kali people pleaser merasa harus meminta maaf terus menerus.

Anda boleh meminta maaf ketika menolak tetapi bukan berarti anda harus merasa wajib untuk meminta maaf setiap saat. Apalagi jika anda tidak melakukan kesalahan sama sekali.

Kurangi meminta maaf pada orang yang anda tolak bantuannya. Ucapkan permintaan maaf ketika menolak saja ya, selebihnya anda tidak perlu meminta maaf karena tidak melakukan kesalahan pada orang tersebut.

6. Menjaga Keseimbangan Hubungan Sosial

Keseimbangan Sosial
Keseimbangan Sosial

People pleaser akan berusaha keras untuk dapat menyenangkan orang lain sehingga orang lain tampak tidak melakukan apa-apa untuk dirinya dan kepada anda.

Untuk itu anda sebaiknya memberikan kesempatan bagi orang lain agar dapat berbuat baik secara seimbang dan sama banyaknya. Dengan begitu hubungan anda secara sosial dengan orang lain akan harmonis.

Keseimbangan dalam bersosialisasi akan membuat orang lain juga memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam kebaikan baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain termasuk anda.

7. Menghargai Diri Sendiri

Mencintai Diri Sendiri
Mencintai Diri Sendiri

Anda tidak bisa mengharapkan secara terus menerus bahwa orang lain akan menghargai anda juga.

Untuk itu anda dapat menghargai diri anda sendiri dengan cara berhenti menjadi people pleaser. Anda bisa melakukan segala hal untuk diri anda sendiri.

Ambillah keputusan yang tepat bagi diri anda tanpa adanya pengaruh dari reaksi orang lain hanya untuk menyenangkan mereka. Anda bisa melakukan tindakan pengambilan keputusan yang baik bagi diri anda sendiri dan belajar untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Jadi ketika anda memiliki kesempatan untuk membantu orang lain, anda akan membantunya tanpa ada rasa mengurangi harga diri anda sendiri.

Jika kamu kesulitan bagaimana cara tepat untuk dapat menghargai dirimu, coba pelajari 4 Kunci Dalam Menemukan Cara Mencintai Diri Sendiri.

8. Kita Juga Perlu Bantuan Orang Lain

Kamu Juga Membutuhkan Orang Lain
Kamu Juga Membutuhkan Orang Lain

Untuk dapat berhenti menjadi people pleaser, anda sebaiknya menyadari bahwa masih ada orang lain di sekitar anda yang juga dapat memberikan bantuan kepada diri anda.

Meski rasanya sulit untuk meminta bantuan kepada orang lain karena kerap dimintai bantuan, anda akan membutuhkannya juga suatu saat nanti.

Orang lain yang anda minta bantuan tidak akan risih dan anda tidak perlu takut untuk meminta tolong meski ada rasa sungkan. Terkadang justru orang yang dimintai tolong merasa penting dalam kehidupan anda.

Meski tahap ini berproses, tidak ada salahnya jika pada satu titik anda merasa membutuhkan bantuan orang lain dan anda memintanya. Meminta bantuan pada orang lain tidak akan membuat diri kita terlihat lemah.

Karena manusia makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia hidup berdampingan dengan beberapa orang lain di dalamnya. Salah satunya adalah untuk saling tolong menolong antar sesama manusia. Jadi, mulai sekarang yuk stop menjadi people pleaser.

Kamu juga membutuhkan orang lain dalam kehidupanmu, coba pelajari Inilah Pentingnya Support System Dalam Melewati Masa Sulit.

Akhir Kata

Demikian artikel tips bagaimana kamu terbebas sebagai people pleaser dalam lingkunganmu. Penting mulai dari sekarang untuk menghargai diri sendiri dan menciptakan kebahagiaan untuk kehidupanmu

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.