in

7 Perkataan Suami yang Kerap Membuat Istri Menangis

Perkataan Suami Yang Membuat Istri Menangis

Sebagai seorang suami, kamu memiliki beban yang cukup berat. Tidak hanya tanggung jawab yang besar, kamu juga harus bisa memberikan ketenangan hati bagi istrimu. Ketahuilah, pada kenyataannya tidak hanya perbuatan yang bisa membuat istri menderita, terkadang ada juga perkataan suami yang membuat istri menangis saat mendengarnya.

Kata-kata bisa jadi senjata yang mematikan. Seperti kata pepatah, “mulutmu harimaumu”. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kamu lebih berhati-hati dalam berucap. Terlebih lagi, seorang istri memiliki hati yang lembut dan cenderung lebih sensitif dengan segala hal yang diterimanya, baik perbuatan maupun ucapan.

Perlu kamu ketahui, meski menurutmu 7 perkataan ini biasa untuk diucapkan, namun bisa sangat menyakitkan bagi istrimu saat mendengarnya. Jangan mengatakannya jika kamu tak ingin membuat istrimu terluka.

1. “Apa Kamu Tidak Bisa Merawat Diri Sendiri dengan Baik?”

Perkataan Suami Tentang Istri Tidak Merawat Diri
Perkataan Suami Tentang Istri Tidak Merawat Diri

Beban seorang istri tidak sesederhana yang kamu pikirkan. Cobalah untuk introspeksi diri terlebih dahulu sebelum mengatakan perkataan ini kepada istrimu. Apakah kamu berpikir tampilan fisik istrimu berubah dan menjadi lebih buruk ketika dia sudah kamu nikah?

Jika seorang istri menjadi lebih buruk setelah kamu nikahi, bukankah itu berarti juga merupakan kegagalan bagimu? Setelah menikah, dia harus lebih hemat biaya karena penghasilanmu yang mungkin tidak seberapa. Setelah menikah, dia harus mengurus segala urusan rumah karena kamu tidak sanggup menggaji seorang pembantu rumah tangga. Setelah menikah, dia harus mengurus anak dan juga mengurus kebutuhanmu.

Lantas, setelah melihat apa yang dilakukan istrimu, apakah kamu masih ingin mengucapkan perkatan yang menyakitkan ini? Jangan salahkan istrimu jika tampilan fisiknya telah berubah. Ingat kembali, apakah kamu sudah memberinya cukup uang untuk membeli perlengkapan kecantikan dan melakukan perawatan? Apakah kamu sudah memberinya cukup waktu untuk melakukan hal-hal yang dia butuhkan dan inginkan layaknya sebelum dia menikah denganmu?

Baca Juga : Mengenal Body Positivity, Menerima dan Mencintai Keadaan Diri

2. “Kenapa Rumah Bisa Berantakan Seperti Ini? Kamu Ngapain Aja di Rumah?”

Perkataan Kasar Suami Tentang Kondisi Rumah Yang Berantakan
Perkataan Kasar Suami Tentang Kondisi Rumah Yang Berantakan

Mengurus rumah mungkin terlihat mudah. Namun ketahuilah, hal itu sangat melelahkan. Bayangkan saja, dari pagi hingga malam hari, istrimu harus selalu melakukan pekerjaan rumah yang tidak habisnya. Belum lagi jika kamu dan istrimu sudah memiliki anak.

Di pagi hari dia harus bangun terlebih dahulu untuk memasak dan menyiapkan kebutuhanmu juga anak-anakmu. Setelah kamu pergi bekerja dan anakmu pergi ke sekolah, istrimu masih memiliki tugas untuk mencuci pakaian juga membersihkan rumah.

Tidak hanya itu, istrimu juga harus menyiapkan makan siang dan makan malam untuk kamu dan anak-anakmu. Belum lagi jika kamu masih memiliki anak balita. Meski sudah dibersihkan, kemungkinan besar rumah akan kembali berantakan karena si kecil yang hobi mengacak-acak barang-barang di rumah atau mainan-mainan miliknya.

Baca Juga : Rumah Tangga Tak Bisa Lagi Dipertahankan, Ini 8 Penyebabnya

3. “Aku Makan di Luar Saja Nanti”

Suami Yang Tidak Mau Makan Dirumah
Suami Yang Tidak Mau Makan Dirumah

Perkataan ini bisa sangat menyakitkan bagi istrimu loh. Dia sudah berusaha memasak makanan untukmu, namun apa yang kamu lakukan? Kamu malah mengatakan bahwa kamu akan makan di luar.

Cobalah untuk lebih menghargai apa yang sudah dilakukan oleh istrimu. Jangan berucap dan bertindak seenakmu saja. Istrimu sudah berusaha melakukan yang dia mampu lakukan untuk bisa menjadi istri yang baik untukmu. Jangan mengabaikan usahanya dengan mengucapkan perkataan semacam ini.

Baca Juga : 5 Cara Meluluhkan Hati Suami Yang Keras Kepala

4. “Jangan Berisik, Aku Mau Istirahat”

Perkataan Kasar Suami Tidak Mau Diganggu
Perkataan Kasar Suami Tidak Mau Diganggu

Perkataan yang satu ini menjadi perkataan suami yang membuat istri menangis berikutnya. Mungkin kamu memang sudah benar-benar lelah setelah seharian bekerja. Namun, bukan berarti kamu harus mengatakan hal semacam ini kepada istrimu.

Jika kamu bisa lelah, istrimu juga  bisa merasakan hal yang sama. Berisiknya istrimu pasti ada penyebabnya sendiri. Kamu juga harus menjadi pendengar yang baik untuknya.

Berikan pengertian kepada istrimu dengan perkataan yang lebih lembut jika kamu benar-benar butuh istirahat. Sebagai suami istri, sudah seharusnya kamu dan istrimu bisa saling mengerti satu sama lain, bukan hanya memikirkan ego diri sendiri.

5. “Gak Usah Pergi-Pergi Lagi dengan Teman-Temanmu.”

Perkataan Kasar Suami Melarang Istri Bergaul
Perkataan Kasar Suami Melarang Istri Bergaul

Bagaimana bisa kamu melarang istrimu pergi dengan teman-temannya jika ada kalanya kamu punya keinginan untuk pergi dengan teman-temanmu. Jadilah sosok suami yang bijak dan mampu berlaku adil.

Berikan waktu bagi istrimu untuk melakukan apa yang dia ingin lakukan. Berikan waktu untuknya berkumpul dengan keluarga atau teman-temannya. Isi dunianya bukan hanya kamu seorang. Dia juga butuh waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan juga teman-temannya.

Baca Juga : 10 Tips Menjadi Istri Idaman untuk Suami Tersayang

6. “Kamu Tidak Perlu Bekerja, Aku Bisa Memenuhi Kebutuhanmu.”

Perkataan Kasar Suami Melarang Istri Bekerja
Perkataan Kasar Suami Melarang Istri Bekerja

Memang benar, istri sudah sepatutnya menuruti perintah suami. Namun, kamu juga harus memahami keinginan istrimu dengan baik. Tidak semua perempuan bersedia menjadi ibu rumah tangga seutuhnya dan meninggalkan impian di masa mudanya dalam dunia karir.

Asalkan istrimu bisa membagi waktunya, berikan kesempatan baginya untuk berkarir sesuai dengan keinginannya. Pahamilah bahwa perempuan bekerja tidak semata-mata demi rupiah saja. Mengerjakan sesuatu yang menjadi passion-nya merupakan kebahagiaan untuknya.

Oleh karena itu, hindari ucapan bahwa kamu bisa memenuhi kebutuhan istrimu sehingga dia tidak perlu lagi bekerja. Kamu akan membuatnya terluka jika mengatakan hal tersebut.

Baca Juga : Bikin Dilema, Pilih Jadi Wanita Karir atau Ibu Rumah Tangga?

7. “Jangan Terlalu Ikut Campur dengan Urusanku.”

Perkataan Kasar Suami Melarang Istri Ikut Campur
Perkataan Kasar Suami Melarang Istri Ikut Campur

Menikah dan membangun rumah tangga adalah keterikatan dua orang. Suka dukamu akan menjadi suka duka istrimu juga. Jadi jangan pernah mengatakan kepada istrimu untuk tidak ikut campur dalam urusanmu.

Apa yang menjadi bebanmu juga akan menjadi beban istrimu, begitu juga sebaliknya. Berbagi dan berdiskusi adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh suami-istri.

Itu dia 7 perkataan suami yang membuat istri menangis. Jaga lisanmu semaksimal yang kamu bisa. Sebagai suami, kamu harus bisa memberikan ketenangan batin bagi istrimu. Berusahalah untuk tidak membuatnya mengeluarkan airmata akibat perkataanmu yang menyakitkan. Jika kamu memiliki masalah yang mulai melelahkan dengan suami, coba konsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer