5 Pertanda Bahwa Kamu Belum Siap Memulai Hubungan yang Baru

Kandasnya sebuah hubungan tentu bukan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Bagaimana

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Pertanda Kamu Belum Siap Memulai Hubungan Yang Baru

Kandasnya sebuah hubungan tentu bukan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Bagaimana mungkin orang mengharapkan hubungan yang sudah dia bangun dari nol hancur begitu saja karena alasan tertentu. Namun sayangnya ada saja kondisi dimana seseorang tidak dapat berkelit sari adanya perpisahan dalam sebuah hubungan.

Pasca perpisahan, seseorang membutuhkan waktu yang cukup untuk bisa bangkit kembali dari keterpurukan. Kehilangan orang yang pernah ada dalam hatimu pasti akan membuatmu merasakan kesedihan juga kekecewaaan.

Beberapa orang berusaha bangkit dari hubungannya yang lalu dan membuka hatinya kembali untuk orang yang baru. SSayangnya tak sedikit dari mereka justru merasakan kesedihan yang lebih mendalam.

Ya, memulai hubungan yang baru memang tak semudah membalikkan telapak tanganmu. Kamu butuh waktu yang cukup untuk menguatkan hati dan kembali mencoba mencintai seseorang dengan hati yang tulus, bukan berdasarkan keterpaksaan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menandakan bahwa kamu belum siap menjalin hubungan asmaramu setelah kandasnya hubunganmu yang lalu.

1. Kamu Masih Kurang Optimis untuk Menjalin Hubungan yang Baru

Kamu Masih Kurang Optimis
Kamu Masih Kurang Optimis

Setelah kandasnya hubunganmu yang lalu dengan mantanmu, kepercayaan diri yang kamu miliki pun akhirnya mengalami penurunan. Kamu masih ragu dengan hubungan baru yang akan kamu jalani.

Ada rasa ragu tentang apakah kamu memang sudah bisa menjalani hubungan dan perpisahan yang pernah terjadi tak akan kembali terulang.

Di saat seperti ini, kamu harusnya memang lebih berhati-hati. Jangan sampai keputusan yang kamu buat justru membuatmu menyesal di kemudian hari. Boleh saja belajar untuk membuka hati, tapi kamu harus mempertimbangkan kesiapanmu sendiri.

Jangan mengambil keputusan terlalu cepat. Jika memang menurutmu kamu masih butuh waktu untuk berpikir, maka ambillah jeda untuk bisa berpikir sejenak.

Terkadang hanya bermodalkan keyakinan pun masih tidak bisa menjadi jaminan bahwa hubunganmu ke depan akan selalu baik-baik saja.

Baca Juga : Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

2. Di dalam Hatimu Masih Ada Kesedihan atas Hubunganmu yang Dulu

Didalam Hatimu Masih Ada Kesedihan Masa Lalu
Didalam Hatimu Masih Ada Kesedihan Masa Lalu

Meski kamu berusaha terlihat tegar, kamu masih saja menyimpan kepedihanmu sendiri. Kamu berusah menunjukkan bahwa kamu dalam kondisi yang baik-baik saja.

Padahal kenyataannya, kamu masih sering meratapi apa yang sudah terjadi terhadap hubunganmu dengan pasanganmu yang dulu.

Jangan membohongi dirimu sendiri. Jika memang kamu masih bersedih atas kandasnya hubunganmu yang dulu, artinya kamu memang belum sepenuhnya bisa beralih untuk menjalin hubungan yang baru.

Kamu masih butuh waktu untuk bisa melupakan segala yang terjadi di masa itu. Perpisahan memang menyedihkan, tapi memaksakan diri untuk memulai hubungan yang baru akan jauh menyedihkan untukmu.

Jadi, jangan pernah memaksakan dirimu untuk secepatnya menerima cinta yang dari orang baru. Jangan membohongi hatimu sendiri. Saat kamu belum siap menjalani sebuah hubungan lagi, maka berhentilah.

Kondisimu masih belum memungkinkan untuk memulainya. Jika kamu memaksakan dirimu, jelas itu justru akan membuatmu tersakiti lagi dan lagi.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Memaksakan Diri Melupakan Mantan

3. Kamu Terlalu Mengejar Target Usia untuk Menikah

Kamu Terlalu Mengejar Target Menikah
Kamu Terlalu Mengejar Target Menikah

Beberapa orang memiliki target usia untuk menikah. Mungkin kamu pun termasuk salah satunya. Sayangnya hubunganmu yang kandas membuatmu kehilangan satu harapan untuk bisa menikah di target usia yang kamu miliki. Ya, hal ini kadang menjadi masalah yang cukup besar bagi beberapa orang.

Mungkin setelah putus, kamu bisa dengan mudah dekat dengan beberapa orang dan memulai hubungan jika kamu menginginkannya.

Namun kamu juga harus mengerti, bahwa hubungan yang kamu jalani bukan untuk kamu jadikan mainan. Jangan sampai kamu menikah hanya karena kamu tak memiliki kesabaran yang cukup untuk menyembuhkan luka lamamu.

Memilih pasangan bukan hal yang sederhana dan mudah. Kamu tak bisa asal dalam mengambil keputusan untuk menjalin hubungan sedangkan sebenarnya dalam hati kecilmu kamu masih belum siap untuk melakukannya.

Jangan hanya karena target usia untuk menikah yang kamu miliki, kamu lantas berani menjalin hubungan percintaan lagi.

4. Kamu Tak Ingin Merasa Sendirian dan Kesepian

Kamu Tak Ingin Merasa Sendirian
Kamu Tak Ingin Merasa Sendirian

Kamu hanya ingin menjalin hubungan yang baru agar kamu tak merasa kesepian lagi. Tak bisa dipungkiri, setelah kandasnya hubunganmu dengan pasanganmu yang dulu, kamu merasa kehidupanmu hampa.

Akhirnya kamu mencoba mencari satu hal untuk mengisi kekosongan dalam hidupmu.

Mungkin dengan adanya pasangan yang baru kamu memiliki teman baru dalam hidupmu. Namun sebaik apapun hubunganmu yang baru, jika pada nyatanya hatimu masih belum siap untuk mencintai, maka hubungan itu pun akan terasa sia-sia.

Kamu pasti akan merasa hubungan barumu seolah tak bernyawa.

5. Kamu Masih Sering Memikirkan Hubunganmu yang Dulu

Kamu Masih Sering Memikirkan Hubungan Yang Lama
Kamu Masih Sering Memikirkan Hubungan Yang Lama

Tak hanya bersedih karena hubunganmu yang dulu, kamu pun masih sering memikirkannya. Kamu kerap teringat dengan segala kenangan yang kamu miliki dengan mantanmu. Entah itu kenangan yang indah maupun kenangan yang buruk.

Banyak hal yang sudah kamu dan dia lewati bersama. Semua itu membuatmu sulit untuk bisa melupakannya. Baik dan buruknya, kamu tahu. Sebaliknya baik dan burukmu pun dia sangat memahami itu.

Sayangnya semua telah berakhir. Ada beberapa alasan yang membuatmu tidak bisa lagi menjalin hubungan dengannya.

Pikiran tentang hubunganmu yang dulu masih saja sering mengganggu. Jika sudah seperti ini, lebih baik kamu tidak menjalin hubungan yang baru.

Kamu hanya akan membuat hubunganmu yang baru kembali berantakan karena pikiranmu masih tersita pada hubunganmu yang pernah kamu jalani dulu bersama mantanmu.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Balikan dengan Mantan

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja hal yang menandakan kamu memang belum siap untuk menjalin hubungan yang baru. Jangan memaksakan dirimu sendiri. Tunggulah sampai kamu benar-benar siap untuk menjalani hubungan baru yang lebih baik daripada hubunganmu yang sudah berlalu.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile