in ,

12 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Memutuskan Berpisah dengan Pasangan

Pertanyaan Sebelum Memutuskan Berpisah Dengan Pasangan
Pertanyaan Sebelum Memutuskan Berpisah Dengan Pasangan

Siapa sih yang berharap hubungannya putus di tengah jalan? Pasti tidak ada yang menginginkan hal itu. Tapi sayangnya tak ada yang bisa menolak juga jika takdir sudah berkata demikian.

Tapi setidaknya sebelum mengambil keputusan ada baiknya kamu pertimbangkan dengan matang. Jangan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa jika kamu tak ingin menyesal pada akhirnya.

Nah, untuk membantumu melakukan sebuah pertimbangan, berikut adalah 12 pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk mengkhiri hubunganmu dengan sang pacar.

1. Apakah Kamu Merasa Nyaman dengan Berada di Sisinya?

Apakah Kamu Merasa Nyaman?
Apakah Kamu Merasa Nyaman?

Hubungan yang berjalan baik-baik saja tentu menyimpan kenyamanan di dalamnya.

Kamu tak akan bisa bertahan lebih lama jika kamu tak merasakan adanya kenyamanan dalam hubungan yang kalian jalani bersama. Lantas untuk apa lagi kamu bertahan?

Baca Juga: Waspada, Inilah Pertanda Pasangan Mulai Merasa Bosan Menjalani Hubungan

2. Apakah Kamu dan Dia Saling Menghormati Satu Sama Lain?

Apakah Kamu Dan Dia Saling Menghormati
Apakah Kamu Dan Dia Saling Menghormati

Dalam sebuah hubungan, sikap saling menghormati menempati salah satu posisi penting. Jika pada kenyataannya kamu dan pasanganmu memang sudah tak memiliki rasa saling menghormati satu sama lain, rasanya hubungan yang kalian jalani memang sudah sulit untuk dipertahankan.

Lebih baik kamu mengambil langkah untuk mundur dari hubungan seperti ini. Bagaimana bisa dia menghargaimu sebagai pasangan jika penghormatan padamu saja tidak ada lagi.

3. Apakah Kamu Merasa Aman Saat Bersamanya?

Apakah Kamu Merasa Aman Saat Bersamanya
Apakah Kamu Merasa Aman Saat Bersamanya

Nyatanya kamu butuh rasa aman untuk tetap tinggal dalam satu hubungan. Rasa aman ini tak melulu tentang keamanan fisik ya, tapi juga keamanan emosi yang kamu miliki. Apakah dengan bersamanya emosimu bisa cukup terkontrol dengan baik?

Apakah kamu merasakan adanya rasa aman dalam membagi pikiran, pendapat maupun tujuan hidup dengannya? Apakah kamu memiliki kebebasan dalam menyampaikan apa yang kamu rasakan tanpa takut dihakimi olehnya?

4. Apakah Hubungan Ini Membawa Dampak yang Baik Untuk Kamu?

Apakah Hubungan Ini Memberikan Kebaikan?
Apakah Hubungan Ini Memberikan Kebaikan?

Hal penting lain yang harus kamu pertimbangkan adalah manfaat dari hubungan yang kamu jalin dengan pasanganmu. Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, tetapi setidaknya dengan bersamanya kamu bisa menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun jika pada kenyataannya justru sebaliknya, ya memang kata putus mungkin menjadi pilihan terbaik untumu. Jangan habiskan waktumu untuk bersama dengan orang yang hanya membawa dampak buruk dalam kehidupanmu.

5. Apakah Saat Berbincang Dengannya Menjadi Hal yang Sangat Kamu Nanti?

Apakah Berbincang Denganya Adalah Sesuatu Yang Kamu Tunggu?
Apakah Berbincang Denganya Adalah Sesuatu Yang Kamu Tunggu?

Tentu saja komunikasi dalam sebuah hubungan juga tak kalah pentingnya. Apakah komunikasimu dengan pasanganmu cukup berjalan dengan lancar?

Apa yang kamu rasakan saat sedang berbincang dengannya? Apakah hal itu sangatlah menyenangkan atau justru selalu menghasilkan perdebatan? Kunci untuk menjadikan hubungan menjadi baik ada pada komunikasi yang dijalin di dalamnya.

6. Apakah Segala Hal Nampak Begitu Menarik Karena Keberadaannya?

Apakah Segala Hal Terlihat Menarik Saat Bersama Dia
Apakah Segala Hal Terlihat Menarik Saat Bersama Dia

Tidak mungkin jika kamu menjalin hubungan dengannya tanpa memandang hal menarik yang ada pada dirinya. Pasti ada yang membuatmu tertarik sehingga kamu mau menjalin hubungan dengannya.

Nah, pertanyaannya apakah sampai saat ini dia masih menjadi sosok yang membuat hidupmu selalu nampak menarik di matamu? Bahkan dengan hal sederhana saja menjadi luar biasa asal kamu melakukannya bersama si dia.

7. Apakah Kamu Bisa Mengembangkan Potensimu ke Arah yang Lebih Baik?

Apakah Kamu Bisa Mengembangkan Potensimu?
Apakah Kamu Bisa Mengembangkan Potensimu?

Selanjutnya adalah tentang kebebasanmu dalam mengembangkan diri. Apakah selama menjalin hubungan dengannya kamu merasa terdorong untuk mengembangkan potensi yang kamu miliki?

Apakah selama ini dia membuatmu untuk terus belajar hal baru sehingga potensi yang kamu miliki dapat berkembang dengan sempurna atau justru dia membuatmu menjadi lemah dan lupa akan kemampuan yang kamu miliki?

8. Apakah Dia Penting Untukmu?

Apakah Ia Sosok Yang Penting Untuk Hidupmu?
Apakah Ia Sosok Yang Penting Untuk Hidupmu?

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah dia memang sosok yang penting dalam hidupmu. Titik utamanya adalah apakah dia orang yang selama ini kamu butuhkan untuk mengisi ruang kosong dalam hatimu?

Yakinkah kamu bahwa dialah orang yang paling ideal untuk mendampingimu?

Baca Juga: Tak Baik untuk Hubungan, Ini Tanda Cintamu pada Pasangan Sudah Berlebihan

9. Apakah Kamu Sudah Mencoba Berkomunikasi Dengannya Tentang Keputusanmu untuk Berpisah?

Apakah Kamu Sudah Mencoba Berkomunikasi Dengannya?
Apakah Kamu Sudah Mencoba Berkomunikasi Dengannya?

Sebelum kamu membuat keputusan final untuk berpisah dengannya, apakah sebelumnya kamu pernah berkomunikasi dengannya untuk membicarakan persoalan tersebut? Lantas bagaimana respon yang dia berikan?

Apa yang sebenarnya menjadi masalah dalam hubungan kalian sehingga kata putus yang harus menjadi akhir dari hubungan yang kalian jalin bersama.

10. Apakah Kamu Yakin Perpisahan Adalah Pilihan Terbaik Untukmu?

Apakah Kamu Yakin Ingin Berpisah Dengannya?
Apakah Kamu Yakin Ingin Berpisah Dengannya?

Pertanyaan yang sulit memang. Tapi pikirkanlah kembali, apa sudah tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan hubungan kalian? Apa keputusanmu memang sudah bulat?

Apa kamu yakin bahwa kamu tak akan menyesal di kemudian hari karena keputusanmu ini? Jika memang kamu sudah yakin dengan apa yang kamu pilih, maka lakukanlah dan ikuti kata hatimu.

11. Apakah Tidak Ada Cara Lain untuk Kembali Memperbaiki Hubunganmu Dengannya?

Apakah Tidak Ada Cara Lain Memperbaiki Hubungan
Apakah Tidak Ada Cara Lain Memperbaiki Hubungan

Yakinkan dirimu dengan keputusan yang akan kamu ambil.

Jika sebelumnya kamu belum berkomunikasi dengannya tentang masalah yang ada dalam hubungan kalian, lebih baik kamu coba bicarakan dengannya. Cari solusi yang mungkin bisa kamu gunakan untuk memperbaiki hubungan kalian.

12. Mengapa Kamu Ingin Berpisah Dengannya?

Mengapa Kamu Ingin Berpisah Dengannya?
Mengapa Kamu Ingin Berpisah Dengannya?

Yang terakhir, apakah kamu sudah sangat memahami apa alasan yang membuatmu mengambil keputusan untuk mengakhiri hubunganmu dengannya?

Apa kamu sudah bisa menjawab pertanyaan ini dengan lantang dan jelas saat ada orang yang mengajukannya padamu?

Ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu penyebab yang akhirnya membuatmu menyerah dalam hubungan ini.

Baca Juga: Jika Ada yang Bertanya Alasanmu Masih Sendiri, Manfaatkan 7 Jawaban Cerdas Ini

Pikirkan dengan matang, ya. Ingat, keputusan yang kamu ambil saat ini sangat berpengaruh untuk kehidupanmu di masa yang akan datang. Jangan sampai keputusan yang kamu ambil justru membuatmu menyesal di kemudian hari.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.