Perut Buncit Hilang Dalam 30 Hari Dengan Resep Sehat Ini

Perut buncit bukan lelucon, ya meskipun itu akan terlihat lucu. Bukanlah hal

Ilham Damanik Ilham Damanik · 4 min read >
Cara Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit bukan lelucon, ya meskipun itu akan terlihat lucu. Bukanlah hal yang membanggakan meskipun ramai orang memiliki perut yang berlemak ekstra.

Dan bukan hanya sekedar lucu dipandang mata, membawa lemak yang ekstra di perut akan sangat berisiko bagi kesehatan.

Masalah lemak perut bukan hanya terletak pada lemak subkutan atau lemak yang terdapat dibawah kulit, tetapi juga memasuki inti perut dan mengelilingi organ-organ internal atau juga disebut lemak visceral.

Nah, lemak visceral inilah yang berisiko tinggi bagi kesehatan, diketahui dapat menimbulkan penyakit diabetes tipe 2, kardiovaskular, hipertensi, gangguan tidur, kanker payudara hingga kematian dini oleh sebab apapun.

Lalu bagaimana cara membakar lemak berbahaya itu? Olahraga saja tidak cukup!

Maka demi kesehatanmu, sangat diharapkan agar kamu mengikuti 7 resep merampingkan perut buncit berikut ini:

1. Teh Jahe

Menghilangkan Perut Buncit Dengan Teh Jahe
Menghilangkan Perut Buncit Dengan Teh Jahe

Tutup hari-harimu yang lelah dengan mimunan teh jahe. Sebagai pereda nyeri, teh jahe dapat menghantarkanmu pada tidur yang pulas. Selain itu, menurut seorang ahli diet, Rochela Sirota, mengatakkan “Jahe sangat bermanfaat untuk pencernaan dan sirkulasi”.

Apa hubungannya dengan lemak perut?

Ekstrak yang terkandung pada jahe baik untuk pencernaan dan sirkulasi, dengan alasan itulah jahe meningkatkan kerja metabolisme tubuh.

Logikanya, semakin cepat metabolisme, maka semakin banyak lemak yang terbakar. Nah, dengan cara kerja seperti itulah jahe menurunkan berat badan.

Resep dan Cara:

  • jahe
  • madu
  • lemon

Rebus jahe dengan menggunakan satu gelas air. Tunggu hingga benar-benar mendidih. Sembari menunggu, potong lemon menjadi 4 bagian. Setelah rebusan jahe mendidih, pindahkan kedalam gelas.

Masukkan satu sendok madu (takar sesuai selera) lalu peras air lemon kedalam gelas yang sudah diisi air jahe dan madu. Teh jahe pun siap disajikan untuk merampingkan perut buncit!

2. Rampingkan Perut Buncit Dengan Kentang Panggang

Kentang Panggang Untuk Perut Buncit
Kentang Panggang Untuk Perut Buncit

Kentang diketahui mengandung vitamin C, Vitamin B6, kalsium, zat besi dan kalium yang lebih tinggi dari pisang. Selain itu kentang juga mengandung serat yang membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Sehingga tak salah jika kamu memilih kentang untuk proses diet dan mengurangi lemak tubuh yang tak sehat.

Diet tentu akan terasa membosankan jika kita mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari. Jika kamu kurang menyukai buah-buahan atau makanan mentah, kamu bisa memanfaatkan kentang panggang untuk diet sehat dan menyenangkan.

Bahan-bahan:

400 gram kentang yang masih muda

11/2 sendok teh  minyak zaitun

1/4 sendok teh lada

garam secukupnya/takar sesuai selera

2 ons keju yang sudah dihancurkan

2 helai daun bawang

Cara penyajian:

Panggang kentang muda yang sudah disiapkan, 5 menit kemudian masukkan bahan-bahan lainnya satu persatu. Lalu dibalik dan tunggu higga 30 menit, kentang panggang siap disajikan.

Tips: Dinginkan kentang sebelum memakannya, itu lebih baik untuk diet daripada memakannya selagi panas. Dan selama proses diet, alangkah baiknya memakan kentang muda beserta kulitnya. 

3. Apel Hijau

Apel Hijau
Apel Hijau

Apel adalah buah yang paling kaya nutrisi. Buah apel juga memiliki banyak manfaat seperti melancarkan pencernaan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, mencegah diabetes tipe 2, menyehatkan mata, menyehatkan gigi, menyehatkan hati hingga menyehatkan rambut.

Untuk diet dan membakar lemak, buah ini sudah terkenal dengan metode makan tanpa nasi. Jadi selama diet kamu hanya mengkonsumsi apel, sayur-sayuran, ikan/daging dan buah-buahan lainnya.

Apel dipercaya bukan hanya karena potensinya dalam mengurangi lemak, tetapi juga karena serat makanan pada apel mampu membuat kita merasa kenyang.

Sehingga dapat dipastikan kamu tidak akan tersiksa selama menjalankan proses diet. Demi kesehatanmu, sangat disarankan kamu menjalankan diet apel karena dipastikan tidak ada efek samping lainnya.

Baca juga : Inilah 7 Alasan Kenapa Berat Badanmu Tidak Turun-turun

4. Rampingkan Perut Buncit Dengan Pisang & Susu

Resep Pisang Susu | Banana Milk
Resep Pisang Susu | Banana Milk

Pola diet pisang dan susu didasarkan oleh prinsip sederhana, yaitu makanan rendah kalori dan bergizi tinggi untuk menghilangkan lemak.

Tak perlu takut jika kamu mengetahui susu juga mengandung lemak, karena menurut penelitian, susu penuh lemak sehat yang menurunkan berat badan. Dan justeru, jika kekurangan lemak sehat, kamu akan mudah terserang penyakit.

Lalu, mengapa harus pisang?

Dalam 1 buah pisang mengandung serat hingga 3 gram yang diketahui membantu tubuh membuang racun. Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin, mineral dan terutama kalium, yang sangat penting untuk fungsi normal tubuh.

Ditambah lagi pisang juga membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga aman dikonsumsi selama proses diet.

Sehingga menjadi ombinasi sempurna dengan susu yang melancarkan metabolisme, memperkuat otot dan tulang serta mengurangi lemak tak sehat.

Jadi kamu sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang dan susu secara bersamaan dari satu mangkuk. Caranya, potong pisang kecil-kecil, lalu masukkan kedalam susu yang sudah jadi.

5. Air Kelapa

Air Kelapa
Air Kelapa

Tidak hanya dikenal dengan rasanya yang luar biasa, akhir-akhir ini penelitian membuktikan bahwa air kelapa dapat menurunkan berat badan.

Sebagai teman penyegar di siang hari yang panas, kamu bisa menjadikan air kelapa sebagai pilihan utama untuk merampingkan perut buncit. Selain itu, air kelapa memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan jus buah.

Dengan enzim bio-aktif yang dikenal dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, air kelapa membakar lemak dengan semakin tingginya tingkat metabolisme. Mengkonsumsi air kelapa 3 kali sehari, akan membantu kamu menghilangkan perut buncit itu.

Peringatan: untuk hasil yang lebih maksimal, jangan tambahkan gula.

Baca juga :  8 Menu Sarapan Lezat dan Sehat Bagi Kamu Yang Sedang Diet

6. Ratakan Perut Buncit Dengan Sayur Kol

Sayur Kol
Sayur Kol

Sayur kol?? Ini mungkin tidak begitu menyenangkan.

Diet sup kubis hanya perlu dilakukan jika perut buncit kamu sudah terlalu parah. Sebenarnya, diet sup kubis adalah resep anjuran dokter untuk pasien obesitas. Rebuslah sayur kol dengan air dan garam. Karena perlu diingat juga bahwa kekurangan kadar garam dalam tubuh akan membuat kamu lemas dan mudah diserang penyakit.

Tips lainnya: Kamu tidak hanya dianjurkan memakan sayur kol saja. Disarankan agar menambahkan bawang, daun bawang, seledri, wortel, dan kacang hijau. Untuk rempah-rempah tambahkan lada, ketumbar atau bawang putih. Selama proses diet dengan sayur kol, kamu perlu menghindari kentang dan pisang.

Disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan berikut: Apel, jambu biji, jeruk, melon, semangka.

Minuman : Teh hijau, teh hitam, teh herbal, jus buah dari yang disarankan, dan air kelapa.

7. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh Hijau

Terkenal dengan kandungan kafein yang normal/ tidak berlebihan, teh hijau sangat cocok untuk diet. Menurut berbagai penelitian, kafein adalah stimulan yang diketahui dapat membakar lemak dan membantu meningkatkan kinerja olahraga.

Selain itu, ekstrak teh hijau juga diketahui dapat meningkatkan antioksidan didalam aliran darah kita.

Dan yang paling penting untuk proses diet adalah kandungan EGCG yaitu suatu zat yang dapat meningkatkan metabolisme.

Secara lebih ringkasnya, senyawa dalam teh hijau memproduksi hormon yang mengirim pesan kepada sel-sel lemak untuk memecah lemak. Sehingga banyak lemak yang pecah lalu dilepaskan lewat aliran darah dan mengkonversinya menjadi energi.

Tips: Sebelum olahraga, disarankan meminum teh hijau tanpa campuran apapun termasuk gula. Sebab penelitian lainnya juga membuktikan bahwa pria yang meminum teh hijau sebelum olahraga berhasil membakar 17 % lemak dibandingkan mereka yang hanya langsung berolahraga saja.

Baca juga : 6 Jenis Teh yang Paling Baik Dikonsumsi Beserta Manfaatnya

Ringkasan: 

Sekianlah pembahasan kita tentang perut buncit dan cara mengatasinya. Untuk menegaskan, perut buncit bukanlah lelucon karena lemak yang terdapat pada perut sangat berisiko bagi kesehatan.

Maka demi kesehatan dan demi kebahagiaan kamu, sangat menyarankan untuk mengikuti tips-tips yang sudah tertulis diatas. Sangat dianjurkan juga untuk berolahraga atau mengikuti panduan lainnya. Semoga bermanfaat.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile