10 Pilihan Aromaterapi Untuk Rileksasi, Cara Ampuh Hilangkan Stres

Ekstrak tanaman tersebut memang sudah terbukti memiliki efek positif bagi seseorang untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional.

Rima Mustika Rima Mustika · 4 min read >
Aromaterapi

Sering kali kegiatan harian anda membuat anda kelelahan dan membuat anda stres. Untuk mengobati kelelahan tersebut tentu anda mencari cara sesuai pilihan masing-masing.

Berbagai cara seperti bersantai di rumah, berolahraga, atau sekedar melakukan perawatan diri di salon. Perawatan diri ini penting dilakukan sebagai salah satu cara pemberian reward terhadap diri sendiri. Tentu nya kita harus menyayangi diri sendiri terlebih dahulu bukan.

Perawatan yang dapat dilakukan seperti lulur, scrubing atau massage dapat dipilih untuk mengobati segala bentuk kelelahan yang anda rasakan.

Jika anda pergi mengunjungi salon tertentu anda akan dengan mudah merasakan sensasi rileks. Terkadang pihak yang menyediakan perawatan memberikan aromaterapi di ruangan untuk membantu menenangkan tubuh dan pikiran bagi yang menghirup aromanya.

Aromaterapi adalah cara yang dilakukan dengan menggunakan minyak alami dari ekstrak tumbuhan untuk meningkatkan kesahatan baik secara fisik maupun psikis. Click To Tweet

Minyak tersebut terbuat dari esensial tanaman obat, bunga, akar, buah dan pohon yang tumbuh di dunia.

Aromaterapi yang sering kita temui tentu nya tidak sembarangan digunakan. Ekstrak tanaman tersebut memang sudah terbukti memiliki efek positif bagi seseorang untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional.

Minyak esensial ini dapat digunakan sebagai aromaterapi dengan bermacam-macam cara. Seperti dengan dijadikan uap, dihirup dengan mengoleskan ke pakaian atau dihirup secara langsung, digunakan sebagai minyak massage, dan juga dapat dijadikan tambahan ketika anda sedang mandi berendam.

1. Bergamot ( Jeruk Purut )

Aroma Jeruk Purut
Aroma Jeruk Purut

Bergamot adalah tanaman yang termasuk dalam buah-buahan dalam kelompok citrus. Bentuknya serupa dengan jeruk limau. Aromaterapi ini diesktrak dari kulit buahnya yakni citrus bergamia. Bergamot banyak tumbuh di daerah tropis dan biasanya digunakan sebagai minyak aromaterapi.

Buah ini mengandung bermacam-macam bahan aktif untuk membantu menjaga dan melindungi kesehatan kulit. Bergamot umum dipakai pada produk kecantikan seperti parfum, sabun, shampoo, lotion bahkan deodorant.

Aroma bergamot banyak digunakan termasuk pada aromaterapi karena ia mampu menyeimbangkan aroma dari semua elemen. Aroma bergamot cenderung segar, manis dan sejuk.

Manfaat lain dari bergamot adalah untuk membantu peredarah darah yang sehat, menjadi anti depresan, menstimulasi perasaan ceria dan semangat. Efeknya dapat membuat rileks dan menenangkan ketika dihirup. Hal ini akan memberikan ketenangan dari rasa cemas dan stres.

2. Sandalwood (Cendana)

Sandalwood
Sandalwood

Sandalwood atau cendana dikenal sebagai aromaterapi yang memiliki bau manis. Umumnya digunakan sebagai wangi dupa, parfum, kosmetik dan aromaterapi.

Aroma nya dapat membuat yang menghirupnya menjadi rileks dan santai. Anda akan sering menjumpai wangi sandalwood ketika melakukan perawatan kecantikan atau di tempat yoga.

Hal ini karena aroma sandalwood dapat membantu mengurangi kecemasan dan kegelisahan. Aroma yang dihirup dari sandalwood ini juga dapat memperbaiki mood seseorang.

Minyak cendana juga dapat membantu untuk penguat memori. Aroma yang dihirup dapat meningkatkan kejernihan pikiran dan memori.

3. Tea Tree

Tea Tree
Tea Tree

Tea tree adalah minyak dari pohon teh dengan nama latin australia melaleuca alternifolia. Pohon teh yang digunakan berbeda dengan tanaman teh ya.

Tanaman yang digunakan adalah tanaman Australia yang biasa digunakan sebagai minya antiseptik dan anti inflamasi. Manfaat yang didapatkan dari tea tree salah satunya untuk mengobati jerawat. Kandungan benzoil peroksida pada tea tree dapat membantu mengurangi jerawat.

Tea tree oil yang digunakan sebagai aromaterapi dapat membantu untuk rileksasi, membantu melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan imunitas tubuh. Bagi yang memiliki masalah pernapasan dapat menghirup minyak tea tree untuk membantu melegakan saluran pernapasan.

4. Peppermint

Papermint
Papermint

Aromaterapi selanjutnya adalah peppermint. Peppermint memiliki manfaat sebagai dekongestan, anti pasmodik dan stimulant. Aroma dari peppermint yang segar dan sejuk dapat digunakan untuk mengatasi mual, kelelahan, dan pusing.

Manfaat lainnya dari peppermint dapat meningkatkan konsentrasi, menambah energi, memperbaiki sistem pencernaan, membantu iritasi dan ruam kulit.

Tidak hanya itu saja, peppermint dapat membantu membasmi bakteri, virus dan parasit yang ada dalam pencernaan. Manfaat lainnya dari peppermint yakni dapat melancarkan penyumbatan sinus dan paru, mengaktifkan produksi minyak dikulit, menyembuhkan gatal-gatal karena kadas atau kurap, herpes, dan kudis karena tumbuhan beracun.

5. Chamomile

Chamomile
Chamomile

Tidak hanya teh saja yang mengandung chamomile. Tetapi juga pada aromaterapi. Aromaterapi chamomile memiliki manfaat seperti merileksasi otot, mengatasi insomnia, menyembuhkan kram saat menstruasi.

Jika minyak aromaterapi ini dioleskan pada tubuh manfaat yang didapatkan adalah untuk meringankan iritasi kulit, mengatasi kulit kering, gatal dan berjerawat.

6. Jasmine

Jasmine
Jasmine

Minyak aromaterapi ini sudah tentu berasal dari bunga melati. Minyak melati memiliki manfaat seperti meningkatkan mood, mengatasi stres dan menyeimbangkan hormon.

Jika dioleskan pada kulit tubuh minyak bunga melati ini memiliki manfaat seperti memengaruhi denyut jantung, suhu tubuh, meningkatkan kewaspadaan, menstabilkan tekanan darah dan pernapasan.

Selain itu aroma jasmine dapat digunakan sebagai obat pegal linu dengan membantu untuk menghapus rasa pegal. Umumnya aroma jasmine digunakan untuk pengharum ruangan di rumah atau di kantor. Hal ini dapat menjadikan anda merasa nyaman untuk beraktivitas di dalam ruang terebut.

7. Lavender

Lavender Aromatherapy
Lavender Aromatherapy

Salah satu favorit penulis adalah aroma lavender. Aroma khas yang wangi nya menenangkan cocok untuk digunakan dalam segala cara terapi. Manfaat dari lavender dapat menenangkan dan membantu anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Selain itu jika dioleskan pada tubuh, dapat membantu untuk mengurangi sakit kepala jika dioleskan ke pelipis dan mengurangi nyeri otot.

Aroma lavender dapat membantu untuk mengurangi stres dengan cara menambahkan minyak aroma lavender pada baskon air hangat ketika mandi.

Uap yang terhirup akan membantu untuk memberikan efek rileks pada tubuh dan pikiran. Selain itu dapat membantu mempercepat penyembuhan dari sakit flu dan luka bakar.

8. Green Tea

Green Tea Aromatherapy
Green Tea Aromatherapy

Lagi-lagi green tea. Tumbuhan satu ini sering kita temui pada produk kecantikan dan perawatan tubuh apa saja. Termasuk aromaterapi.

Aroma yang dihasilkan dari green tea dapat memberikan efek segar dan rileks pada tubuh. Tidak ketinggalan green tea juga memberikan perasaan tenang pada pikiran.

Manfaat lain dari green tea adalah membantu melancarkan peredaran darah dan memperlambat proses penuaan. Aroma green tea yang meyengarkan juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, dan dapat digunakan sebagai pengharum ruangan dengan bau green tea yang khas.

9. Ylang-Ylang (Kenanga)

Ylang-Ylang (Kenanga)
Ylang-Ylang (Kenanga)

Ylang-ylang atau dikenal dengan kenanga merupakan bunga dengan nama latin cananga odorata.

Wangi nya yang khas dari sisi tradisional dapat membantu untuk meredakan stres, meredakan sakit kepala, mual, kembung, menormalkan tekanan darah, menstimulasi pertumbuhan rambut dan mengendalikan produksi kelenjar minyak dalam kulit.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan adalah membantu menghilangkan peradangan, meningkatkan mood, serta meringankan premenstrual sindrom atau PMS.

10. Rose

Rose Aromatherapy
Rose Aromatherapy

Bunga yang satu ini sudah sangat umum ditemui di mana saja. Di sekitar kita mudah sekali untuk menemukan bunga mawar. Selain itu dapat digunakan sebagai anti depresan, pewangi ruangan, sebagai massage oil, mencegah bau badan, bunga mawar paling sering digunakan untuk suasana romantis sebagai simbol cinta.

Ternyata manfaat bunga mawar jika dijadikan aromaterapi dapat memperbaiki metabolism tubuh, memperlancar peredaran darah, menyeimbangkan hormon, dan meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi. Pada wanita dapat memberikan efek untuk menenangkan diri dari rasa marah, sedih dan stres.

Manfaat bunga mawar sebagai kosmetik dapat dibuat menjadi toner yang dioleskan ke wajah untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah. Jika terdapat jerawat di wajah anda, anda dapat mengoleskan satu tetes minyak esensial mawar ke wajah tiga kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan jerawat.

Begitu banyak manfaat dari tumbuhan di sekitar kita bukan. Tentu masih banyak lagi tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan yang mana yang ingin anda coba.

Sesuaikan dengan kondisi tubuh anda ketika ingin mencoba berbagai pilihan minyak esensial ini ya. Khususnya jika anda perempuan yang sedang hamil.

Konsultasikan dengan dokter anda mengenai pemakaian dari minyak esensial ini agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Tentu jika cocok pun tetap digunakan dengan tepat ya, sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik bukan.

Artikel Artikel Lainnya:

Selamat beristirahat dan mencoba aromaterapi baru anda di rumah. Selamat rileksasi dan menenangkan pikiran.

Rima Mustika
Psychology and art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee. Read Full Profile