in , , ,

10 Pilihan Parfum Berdasarkan Karakteristik dan Kepribadiannya

Pilihan Parfum Berdasarkan Kepribadian
Pilihan Parfum Berdasarkan Kepribadian

Melakukan aktivitas sehari-hari tentu menyenangkan sekaligus melelahkan bagi kita yang aktif. Seharian berada di luar maupun di dalam ruangan tentu membuat energi kita lambat laun terserap dan lelah. Begitu juga dengan kondisi tubuh yang turut lelah. Hal ini menyebabkan tubuh tidak lagi segar seperti pagi tadi.

Anda dapat mandi lagi jika memang tersedia kamar mandi yang mumpuni. Jika tidak, rasanya hanya dengan mencuci muka dan memakai make up kembali bagi para wanita rasanya sudah dapat mengembalikan kesegaran untuk kembali bekerja.

Tidak lupa wewangian digunakan untuk menambah kesegaran diri dan tidak mengganggu orang lain. Wewangian yang digunakan dapat berupa cologne, eau de toilete atau parfum biasa yang sesuai dengan pilihan anda. Memakai parfum sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini.

Berbagai produk wewangian banyak ditawarkan dengan klaim menyegarkan dan tahan lama. Tentu pilihan awet dan tidaknya juga menjadi list anda untuk menentukan parfum yang akan digunakan dalam beraktivitas. Tidak hanya itu, packaging yang memudahkan anda untuk membawanya kemana pun anda pergi juga menjadi salah satu indikator dalam memilih wewangian tersebut.

Kita tentu tidak mau bukan aktivitas yang padat membuat anda harus bolak balik hanya untuk menyemprotkan parfum. Ukuran yang simpel dan ringan biasanya menjadi pilihan tersendiri walaupun mungkin wangi dari parfum tersebut bukan tipe anda. Menelisik dari aroma wewangian yang tersedia, dari begitu banyak pilihannya lambat laun aroma tersebut dapat mewakili diri anda seutuhnya.

Tahukah anda bahwa ternyata aroma parfum yang sering anda gunakan sehari-hari memiliki arti bagi karakter si pemakainya ?

1. Floral

Wangi Bunga
Wangi Bunga

Wewangian dengan aroma bunga-bunga biasanya paling banyak dipilih oleh wanita. Wangi bunga ini juga terdapat berbagai macam varian. Anda dapat memilih wangi bunga seperti bunga lavender, lily, mawar, jasmine, sweet pea, dan juga anggrek.

Mereka yang memilih parfum dengan aroma bunga ini cenderung memiliki karakter lembut, anggun dan enerjik.

Aroma bunga yang menyegarkan memberikan kesan bijak namun sekaligus glamor.  Karena mayoritas penyuka parfum beraoma floral ini adalah wanita, tidak heran jika kesan lain yang diberikan adalah feminism sehingga sering kali dapat memikat banyak orang.

Baca Juga: 15 Pilihan Jenis Bunga Dengan Makna Mendalam, Hadiah Untuk Pacar? Bisa!

Tidak hanya itu, kesan romantis dan klasik juga dapat muncul pada diri anda yang memakai wewangian beraroma floral ini.

2. Buah-Buahan

Buah-Buahan
Buah-Buahan

Selain aroma bunga, aroma buah juga menjadi salah satu favorit kaum hawa untuk dijadikan wewangian yang menemani aktivitas harian mereka. Berbagai aroma buah seperti apel, anggur, raspberry, strawberry, peach dan buah lainnya cenderung memiliki karakter yang penuh semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Aromanya yang segar dan unik mewakili pemakainya sebagai pribadi yang mudah bergaul, aktif, dinamis, gembira dan bersemangat.

Biasanya orang yang menyukai parfum beraroma buah cenderung optimis dan ramah kepada semua orang. Karena itu penyuka parfum dengan aroma buah umumnya memiliki banyak teman dan dapat bersosialisasi dengan baik.

Mereka memiliki kepercayaan diri yang baik, mau bekerja keras dan pantang menyerah.

3. Woody

Wangi Kayu-Kayuan
Wangi Kayu-Kayuan

Kayu dijadikan aroma parfum ? kenapa tidak. Aroma kayu-kayuan pada parfum ini justru sifatnya menenangkan sekaligus lembut. Orang yang menyukai parfum beraroma kayu-kayuan ini cenderung memiliki karakter yang tenang, rendah hati dan jujur.

Karakter yang dimiliki oleh penyuka aroma woody ini merupakan jiwa petualang karena identik dengan kesan hangat tanah yang sedang berada di dalam hutan.

Jenis dari parfum woody ini juga bermacam-macam. Mulai dari kayu cendana, kayu ek, aras dan juga kayu cedar. Aroma segar dari kayu-kayuan ini dapat dipadukan dengan campuran lain seperti citrus atau bunga.

Selain segar, aromanya dapat membuat pemakainya menjadi lebih percaya diri.

4. Rempah-Rempah

Wangi Rempah-Rempah
Wangi Rempah-Rempah

Rempah-rempah biasanya digunakan untuk memasak makanan kesukaan anda. Selain digunakan untuk memasak makanan. Rupanya rempah-rempah juga dapat digunakan sebagai aroma parfum.

Umumnya rempah-rempah ini akan dicampurkan dengan bunga atau buah untuk menambah kesegaran wewangiannya. Bisa dicampurkan dengan aroma vanilla, citrus, dedaunan hingga aroma ocean untuk menambah wangi yang memikat.

Konon aroma rempah dapat membuat si pemakai merasa lebih langsing. Penyuka parfum beraroma rempah-rempah ini cenderung memiliki karakteristik yang ramah, hangat, selalu bahagia dan dapat memberikan mood yang baik bagi orang di sekitarnya. Jangan sampai salah ambil untuk memasak ya.

5. Vanilla

Parfum Wangi Vanila
Parfum Wangi Vanila

Tidak hanya es krim atau makanan lain yang memiliki rasa vanilla. Parfum juga dapat dibuat dengan memakai aroma vanilla ini. Aroma lembut dan manis ini cenderung mewakili karakter yang lembut, cepat, dan juga manis bagi pemakainya.

Karakteristik lainnya dari si penyuka vanilla ini adalah individunya cenderung periang, ceria dan penuh semangat.

Aroma dari vanilla sendiri menurut penelitian mampu untuk mengurangi stres dan membuat diri menjadi lebih rileks. Tentu anda menginginkan agar stres yang dirasakan hilang untuk dapat kembali menjalani aktivitas harian.

6. Citrus

Parfum Citrus
Parfum Citrus

Parfum beraroma citrus yang menyegarkan ini serasa jadi ingin makan jeruk ya. Aromanya yang segar membuat seseorang yang memakai parfum ini cenderung agresif dan dominan. Saking segarnya mungkin ya, umumnya mereka memiliki kemampuan untuk menjadi leader di tempat kerjanya.

Wangi parfum ini sebenarnya unisex, dapat digunakan untuk laki-laki maupun perempuan. Hanya saja lebih banyak disukai kaum wanita daripada laki-laki.

Karakter dari penyuka aroma citrus atau jeruk ini cenderung optimis dan menyenangkan. Dapat memberikan semangat bagi orang yang berada di sekitar si pemakai citrus. Aroma jeruk ini juga dapat membuat anda terlihat awet muda lho.

Selain itu mereka cenderung menilai segala hal dengan positif dan bersemangat.

Baca Juga: 10 Arti Warna Dalam Psikologi, Ketahui Biar Gak Salah Kostum Lagi

7. Oriental

Parfum Oriental
Parfum Oriental

Oriental ternyata tidak hanya merujuk pada individu saja. Tetapi juga dapat dikategorikan dalam wewangian. Wangi oriental ini biasanya digunakan oleh laki-laki yang memiliki karakteristik berjiwa petualang dan cenderung berani serta tangguh.

Wewangian oriental ini memiliki cirri khas aroma yang hangat dan dapat dipakai ketika acara santai.

Kepribadian dari si pemakai parfum aroma oriental ini cukup unik dan umumnya ingin menjadi pusat perhatian. Rasa percaya diri juga terpancar dari penyuka aroma parfum ini. Mereka memiliki prinsip yang kuat dalam hidupnya.

8. Ocean

Parfum Ocean
Parfum Ocean

Ada juga parfum dengan aroma khas laut yang dapat anda pilih. Kesegaran yang didapatkan dari parfum beraroma laut ini memberikan kesegaran tersendiri bagi pemakainya.

Mungkin mirip dengan aroma linen yang sudah dicuci bersih dengan pewangi. Terbayang segarnya bukan. Orang yang memakai parfum ini memiliki karakteristik mau berusaha, dan berani untuk menggapai impiannya.

Mereka cenderung menyukai kebebasan, enerjik, modis dan to the point. Parfum dengan wangi ocean ini dapat digunakan oleh laki-laki maupun wanita.

9. Green

Parfum Aroma Green
Parfum Aroma Green

Aroma kok hijau ? maksudnya adalah aroma yang didapatkan dari wangi rerumputan dan daun-daun segar. Anda tentu menyukai bau daun hijau setelah hujan bukan. Segar dan memberikan efek rileksasi pada penikmatnya.

Umumnya pemakai parfum beraroma green ini cenderung memiliki karakteristik yang sporty, berjiwa muda dan menyukai hal baru yang menantang.

Selain itu penyuka aroma green ini dapat dikatakan sebagai orang yang ceria, santai, ramah, kalem sekaligus aware terhadap lingkungannya.

10. Teh

Parfum Aroma Teh
Parfum Aroma Teh

Siapa yang tidak suka dengan teh. Tumbuhan yang paling banyak dikonsumsi dalam bentuk minuman ini sudah dapat diolah menjadi berbagai minuman dan makanan yang menyegarkan dan enak. Begitu pula dengan parfum. Teh juga dapat diolah menjadi aroma parfum yang memberikan kesegaran yang membuat rileks si pemakai.

Karakter penyuka aroma teh ini cenderung memiliki sifat lembut, tenang dan mampu membuat orang di sekitarnya merasa kalem. Pilihan yang tersedia dari parfum aroma teh paling banyak adalah green tea.

Efek menenangkan dari aroma parfum ini dapat membuat anda segar sepanjang hari selama beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan.

Itu lah beberapa pilihan wewangian yang dapat anda pilih berdasarkan karakter diri anda. Masih banyak lagi wewangian dari parfum yang dapat anda temukan sesuai keinginan dan selera anda.

Baca Juga: 6 Jenis Teh yang Paling Baik Dikonsumsi Beserta Manfaatnya

Tentunya tidak melabeli diri anda sebagai orang yang tercantum pada penjelasan di atas jika memang tidak sesuai dengan wewangian yang disukai.

Jadi apa pilihan parfum mu untuk beraktivitas hari ini ?

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.